Yang Istimewa pada Peringatan 13 Tahun Komunitas Blogger Makassar

Yang Istimewa pada Peringatan 13 Tahun Komunitas Blogger Makassar – Berada di antara anak-anak muda, rasanya usia kembali muda. Merasa awet muda dan selalu bersemangat. Seperti itulah rasanya ketika saya berada di antara para member komunitas blogger Makassar – Anging Mammiri (AM).

Sejak bergabung dengan komunitas ini pada tahun 2011, saya menyaksikan pergantian pengurus beberapa kali. Menyenangkannya, mereka selalu saja punya ide baru yang segar. Itulah juga sebabnya komunitas ini masih bertahan sementara banyak komunitas bloger yang seusianya sudah tidak aktif lagi.

Maka tak berlebihan kalau saya mengatakan bangga kepada para pengurus komunitas Anging Mammiri, termasuk yang di periode sekarang ini. Untuk periode ini, kumpulan bloger Makassar ini dinakhodai oleh Herviana Kamaluddin atau yang akrab disapa Evhy. Susah ya membacanya hahah.


Saya selalu merasa ribet membaca nama pendek ini. Selalu ingin menuliskan EVI saja tetapi jadi ndak enak sendiri karena semua kawan juga menyebutnya EVHY. 😅

Pada periode kepengurusan kali ini, senantiasa ada ide segar yang dikeluarkan oleh teman-teman pengurus. Salah satunya adalah Duduk Baca Bercerita Bersama Blogger Anging Mammiri, berafiliasi dengan sebuah gerakan bernama Lingkar Cerita.

Pada acara puncak 13 tahun AM kali ini, ada beberapa hal yang istimewa. Mulai dari workshop fotografi oleh Winarni, tantangan ngeblog 13 tulisan sejak 15 – 29 November, kerja sama blogger dengan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) lokal.

Faryl sebagai MC.

Juga ada pemutaran video ucapan selamat dari para member yang berhalangan hadir, dan pemberian penghargaan untuk blog ter-update.

Workshop Fotografi oleh Winarni


Winarni alias Inart, yang biasa saya sapa Inar ini andalan dalam hal fotografi makanan dan produk. Sekarang dia sudah mem-branding diri sebagai fotografer profesional di samping sebagai food blogger. Dalam workshop ini Inar beberapa kali menekankan bahwa yang penting itu kita memberdayakan alat yang kita punya meskipun hanya berupa HP.

Konsep harus dipikirkan baik-baik berikut lighting, composition, angle, menampilkan karya unik, terus latihan, dan editing. Oya, ingat untuk memberikan benefit, yaitu bahwa melalui sebuah foto, kita bisa memberikan gambaran kepada orang lain tanpa harus berbicara. 

Winarni, pemilik winslicious.com

Kerja Sama dengan UMKM Lokal


Belasan UMKM mendaftarkan diri kepada pengurus karena tertarik mendapatkan review oleh para bloger. Saya ikut serta dalam proyek amal ini. Dua UMKM yang saya review adalah Sarabba’Cika dan Roti Conses.

Adapun usaha-usaha lainnya yang di-review teman-teman adalah Roti Maryam Filly, Monday Healthy Drink, Pisang Goreng Gepeng, Salad Dinaya, Cani’ta

Pemutaran Video Ucapan Selamat kepada AM


Teman-teman yang tak hadir di acara puncak yang berlangsung di Go-Food Festival, di kawasan Lapangan Karebosi ini mengirimkan video ucapan selamat. Yang tak pernah ketinggalan adalah Kak Rara (Irayani Queencyputri) yang disebut juga sebagai “mamaknya Pacca”.


Pacca adalah nama maskot komunitas AM. Mengapa Kak Rara disebut sebagai “mamaknya Pacca”? Karena beliau inilah founder AM. Jika sedang berada di Indonesia, Kak Rara biasanya menyempatkan diri hadir – panggilan naluri keibuan ketika anaknya berulang tahun, mungkin seperti itu analoginya.

Kalau perlu dia terbang dari Jakarta mepet ke hari H atau pas di hari H selama masih bisa hadir di acara puncak peringatan ulang tahun AM. Kali ini beliau sedang berada di Jepang namun masih menyempatkan diri membuat video ucapan selamat ulang tahun.

Bloger-bloger lain yang mengirimkan video ucapan selamat adalah Ndy, Unga, Daeng Adda, Teh Awie, Ntan, dan Nanie. Walaupun yang hadir di Go-Food Festival hanya belasan orang karena banyak yang sudah telanjur punya agenda, acara puncak berlangsung seru dengan adanya kiriman video dari mereka. 😍

Tantangan Besar Ngeblog 13 Tulisan



Dua puluh satu bloger mendaftar untuk mengikuti “tantangan ngeblog 13 tulisan” yang berlangsung pada 15 – 29 November. Saya salah satunya. Motivasi saya adalah untuk menantang diri menulis lebih banyak lagi.

Selama ini saya memang punya target menulis 15 tulisan per bulannya, atau minimal 10 tulisan. Namun makin lama, target 15 tulisan makin jarang terpenuhi. Barangkali saja dengan mengikuti tantangan ini saya bisa termotivasi untuk lebih rajin lagi.

Tantangan pribadi saya di penghujung tahun ini makin besar karena menggunakan laptop bergantian dengan si sulung. Sebanyak 3 kali dalam sepekan dia membawa laptop ke kampus untuk praktik. Praktis saya makin jarang menggunakan laptop. Apalagi kalau dia pulang kuliah, dia sibuk lagi dengan tugas-tugas kuliahnya. Sering kali saya menungguinya selesai menggunakan laptop sampai tertidur.

Evhy dan Raya.

Kalau dipikir, dengan aktivitas ibu rumah tangga yang tak ada liburnya dan tantangan berkurangnya waktu penggunaan laptop, sepertinya saya sulit mengikuti tantangan ngeblog 13 tulisan. Belum lagi ada topik yang ditentukan secara mendadak oleh pengurus.

Syukurnya saya bisa melalui semua tantangannya. Pst, sebenarnya saya terbantu karena ada 2 tulisan yang sudah jadi nganggur di hardisk: yang satunya batal dimasukkan ke sebuah website dan yang satunya batal ikut lomba.



Eh, ada 1 lagi tulisan yang batal ikut lomba blog Cagar Budaya. Tulisan itu kemudian saya pecah menjadi dua tulisan. Alhasil saya punya lebih dari 13 tulisan di akhir periode tantangan. Well, ini dia tulisan-tulisan yang tayang di blog untuk tantangan tersebut:
  1. Ati Raja: 8 Hal Menarik dari Film yang Berkisah Tentang Lelaki dalam Pusaran Rasa
  2. Mama Juga Marah-marah, Toh?
  3. Identitas Diri dalam Ingatan Sejarah
  4. Merawat Ingatan Sejarah Melalui Cagar Budaya
  5. Dia yang Sudah Tiada Namun Tetap Dicinta
  6. Mau Kacamata Minus Satu
  7. Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Perjalanan Bandung – Soekarno Hatta
  8. Workshop Remaja: Menghadapi Baligh Tanpa Labil dan Panik
  9. 5 Jenis Masakan Ikan Favorit di Makassar
  10. Masa Remaja Terus Mencela, Ketika Dewasa Akan Jadi Apa?
  11. Jika Keraguanmu Berjilbab Dikarenakana 3 Hal Ini Maka Tepislah
  12. Drama Ojek Online: Kejar-kejaran dengan Pak Driver
  13. Catatan Hari Guru: yang Dicinta yang Dibenci
  14. Halu-Halu Delusi
  15. Berlabuh di Anging Mammiri

Praktik foto produk.

Yes, saya berhasil upload 15 tulisan dalam waktu yang ditentukan. Alhamdulillah total ada 22 tulisan yang berhasil di-upload selama November 2019. Hal ini merupakan pencapaian tersendiri bagi saya mengingat terakhir bisa upload 15 tulisan dalam sebulan itu pada Maret lalu dan bisa upload lebih dar 15 tulisan terakhir pada Januari 2019.

Saya dan Siska Dwyta menjadi 2 peserta yang beruntung melalui tantangan ngeblog 13 tulisan AM pada tanggal 30 November itu.

Coba-coba foto produk dan ... foto Inar, Ifa, dan Echy hihi

Ah, terima kasih ya, para pengurus. Melewati tantangan seperti ini sama sekali bukan buat gaya-gayaan. Tantangan ini sangat bermanfaat buat saya dalam menggeser patok-pa tok keterbatasan. Saya memang membutuhkan tantangan ini setelah merasa stagnan sekian lama.

Penghargaan Blog Ter-update


Satu lagi yang istimewa di acara puncak 13 tahun komunitas blogger Makassar adalah pemberian penghargaan kepada blog ter-update. Semacam piagam yang dikemas dalam photo frame diberikan kepada .... saya untuk hal ini. Selama ini saya keranjingan mengisi update form link yang pernah diberikan pengurus di grup hehe. Alhamduillah.


Terima kasih para pengurus AM, sungguh kreativitas yang jempolan hingga semua rangkaian acara terlaksana. Mari terus menulis dan menebar kebaikan untuk menyumbangkan cahaya kepada Makassar dan Sulawesi Selatan, melalui peran kita sebagai bloger.



Makassar, 13 Desember 2019

Baca juga:

Catatan: foto-foto dari dokumentasi pribadi, Susan, Ayi, dan pengurus AM.


Share :

6 Komentar di "Yang Istimewa pada Peringatan 13 Tahun Komunitas Blogger Makassar"

  1. Terlove selalu blognya kakak niar. Salam cinta dari pengurus AM kak 💖

    ReplyDelete
  2. Wah selamat nih ya Mbak sebagai blog terupdate bulan 2019 ini

    ReplyDelete
  3. Keren banget nih Mbak acaranya ini. Selain itu bisa langsung praktek nih

    ReplyDelete
  4. Wah enak banget nih. Pasti seru banget acaranya ini. Ada workshop fotografernya juga

    ReplyDelete
  5. Wah happy anniversary nih ya Mbak untuk komunitas blogger Makassar ini :D

    ReplyDelete
  6. Wah selamat nih Mbak, blognya terpilih menjadi salah satu juara hihi. Makin semanat nih ya Mbak pastinya buat ngeblog :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^