UMKM Go Cashless dengan SPOTS

UMKM Go Cashless dengan SPOTS - Dua puluh tahun yang lalu tak pernah terbayangkan ya kalau keadaan di tahun 2019 ini semakin mudah pada beberapa hal berkat kemajuan teknologi. Jika pada dua dekade yang lalu, untuk membeli makanan masih harus datang sendiri sekalipun menggunakan kendaraan umum untuk memperoleh makanan yang diidamkan maka sekarang tak perlu lagi.


Sekarang, HP kita bisa digunakan untuk membeli makanan. Malahan handphone kita, nih sekarang sudah bisa jadi media untuk membayar makanan yang dibeli. Kalian yang pernah berbelanja di outlet yang bekerja sama dengan sistem financial technology tertentu pasti tahu.

Atau jika kalian pernah jalan-jalan ke GO-FOOD Festival pasti paham deh dengan apa yang saya maksud. Di outlet-outlet demikian, pembayaran dilakukan cukup dengan scanning kode yang tampak di HP kita saat aplikasi dipergunakan.

Bersyukur sekali di dekat rumah kami kini banyak merchant GO-FOOD. Senangnya, penjual martabak dan terang bulan (martabak manis) langganan kami pun sudah menjadi mitranya. Tinggal pencet-pencet tombol, pesan makanan, lalu duduk manis. Tak makan waktu lama, pesanan diantar ke rumah oleh driver.


Kadang-kadang juga kami membeli langsung ke tempatnya saat pengen jajan. Cuma kadang terpikir, andai bisa pakai GO-PAY kan asyik ya. Tinggal sodori HP saja, saldo GO-PAY terpotong. Sayangnya, penjual martabak favorit kami itu belum memfasilitasi kedainya dengan cara pembayaran ini.

Beberapa hari yang lalu suami saya mampir ke kedai martabak langganan dan mengajak si mas penjual ngobrol. Saat itulah baru si mas menunjukkan kalau kedainya sudah punya stiker penanda QR code uniknya. Oalah, rupanya tak dia sosialisasikan kepada para pelanggannya. Kami pun tak memerhatikan keberadaan stiker itu.

Obrolan pak suami dan mas penjual martabak berlanjut ke topik “aplikasi kasir”. Si mas itu terlihat masih manual saja sistem pembayarannya padahal pembelinya membludak. Setiap ke sana kami pasti harus antre. Sembari tangannya sibuk bekerja, si mas mengaku dirinya terlalu sibuk sehingga tak sempat menggunakan aplikasi online.


Padahal si mas ini sudah tahu tentang sebuah aplikasi kasir bernama SPOTS – sistem Point of Sale (POS) untuk mengelola pesanan. SPOTS yang multi fungsi ini dipersembahkan GOJEK dalam upaya memenuhi semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia.

Saya koq membayangkannya, kalau jadi si mas ini saya akan menggunakan aplikasi untuk memudahkan mencatat detail pemasukan dan pengeluaran harian soalnya saya malas mencatatnya secara manual.

Sebagai blogger dan influencer, saya sudah terbiasa sibuk menggunakan gadget untuk pekerjaan yang berhubungan dengan konten setiap harinya. Membayangkan diri menjadi pelaku UMKM, tentunya gadget akan sangat membantu pencatatan keuangan.


Soalnya berdasarkan penelusuran saya di website SPOTS, beberapa fitur SPOTS ini sangat membantu jika dimanfaatkan sebaik mungkin:

1. Mengatur menu.

Bisa isi manual atau impor menu GO-FOOD ke SPOTS. Juga mengatur jumlah, foto, harga, serta kategori menu sesuai kebutuhan.

2. Menerima pesanan GO-FOOD.

Bisa mendapatkan notifikasi real time setiap menerima pesanan dari GO-FOOD (berlaku bagi mitra GO-FOOD yang sudah terdaftar).

3. Menerima pembayaran GO-PAY.

Pelanggan dapat membayar hanya dengan memindai kode QR dan dana langsung masuk ke akun GO-PAY pemilik akun SPOTS.

Video yang menjelaskan apa itu SPOTS

4. Mencatat ragam tipe pembayaran.

Melalui SPOTS POS, pelaku UMKM dapat mencatat dan mengetahui tipe pembayaran (tunai atau GO-PAY) yang digunakan oleh pelanggan.

5. Bisa mencetak resi.

Perangkat SPOTS dilengkapi dengan printer sehingga tak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi.

6. Memperoleh laporan harian.

Laporan harian bisa dipantau melalui aplikasi kasir ini atau melalui email yang dikirim setiap hari. 


Dengan keenam manfaat pada fitur SPOTS ini, memadai sekali biaya aktivasi Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900 per hari. Siapapun dapat menjalankan usaha, memantau, dan memanajemeninya dengan baik.

Lagi pula, trend masyarakat modern makin bergeser ke cashless society kan. Kepraktisan bertransaksi yang lekat sebagai identitas modernitas telah difasilitasi dengan baik oleh fitur SPOTS. Boleh dibilang di jaman now, setiap orang punya HP.

Manusia masa kini lebih memilih tidak membawa uang kontan ketimbang lupa membawa gawai. Maka mengapa tidak, sebagai pengusaha memudahkan pelanggannya? Mengapa tidak memudahkan pembayaran dengan memfasilitasinya dengan aplikasi kasir?


Sebagai konsumen, secara perlahan saya sudah mulai menggunakan GO-PAY untuk bertransaksi di merchant tertentu. Alangkah mengasyikkan jika para pelaku UMKM di sekitar rumah kami pun memfasilitasi penggunaan GO-PAY ini.

Namun salah satu masalahnya seperti yang dituturkan mas penjual martabak yang saya ceritakan di atas. Katanya dia terlalu sibuk sehingga merasa ribet menggunakan “mesin kasir online”. Padahal barangkali saja masalah utamanya bukan di keribetan yang dia maksud.

Bisa jadi masalahnya adalah karena dia belum terbiasa menggunakan aplikasi kasir sebagai alat bantu atau belum melihat apa pentingnya mencatat dan mengetahui dengan detail semua transaksi hariannya. Bagaimana menurut kalian?

Makassar,  14 April 2019





Share :

81 Komentar di "UMKM Go Cashless dengan SPOTS"

  1. Aplikasi seperti ini memang akan sangat memudahkan pedagang, apalagi yang terafiliasi dengan go -food. Selain itu, dengan aplikasi ini kan ngga perlu lagi melakukan pembukuan manual. Jadinya lebih praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kak Gifta. Praktis banget ya bila sudah banyak para pelaku UMKM yang memanfaatkan aplikasi kasir seperto SPOTS ini. Jadi lebih memudahkan usaha mereka juga dalan pencatatan keuangan.

      Delete
    2. Iya, Mbak.
      Malahan yang tak terafiliasi dengan GO-FOOD pun bisa memakainya.

      Delete
    3. @Siska iya benar, memudahkan ini :)

      Delete
  2. SPOTS keren bangeeet! Alat mungil tapi lengkap!
    Hepi deh kalau para UMKM punya alat pembayaran yg kayak gini, jadi gak perku seria banyak2 uang cash 😁

    Semoga toko2 dan abang jualan pinggir jalan mulai banyak yg pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di pinggir jalan juga perlu ya Mbak.

      Delete
  3. Oh ini aplikasi dari Gojek di? Tawwa kerennyami juga Gojek. Eh pernah ka baca, Gojek sudah termasukmi juga decacorn.

    ReplyDelete
  4. Tentu hadirnya aplikasi kasir seperti SPOTS ini sangat memudahkan mereka yang bergelut di bidang UMKM atau para pedagang kecil. Ya, bukan tidak mungkin ke depannya semua pelaku UMKM atau pedagang akan beralih dan memanfaatkan tekonologi SPOTS dan tentu aplikasi ini kan lebih memudahkan masalah yang terkait dengan financial ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups maaf kak typo. teknologi maksud saya.

      Delete
    2. Menurut saya memudahkan sekali tapi memang harus terbiasa supaya tidak merasa ribet :)

      Delete
  5. SPOTS ini berfaedah bgt buat UMKM ya Mak.
    Duuuh, hepi bgt ada inovasi macem gini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. penjual sayur langgananku kak niar bisami pake go pay bayarnya hahaha, ketinggalanku ku rasa hahha..

    dan SPOTS ini paling bagus dipake untuk UMKM yang baru merintis kak di'

    ReplyDelete
  7. SPOTS ini emang mbantu banget para pelaku bisnis UKM. Temanku pun yang jual bubur pake SPOTS ini.

    ReplyDelete
  8. wah makin mantap aja GOJEK ya mba Niar, keluar rumah sekarang ga perlu bawa uang banyak..mampir makan tinggal sodorin HAPE ya..semoga makina banyak gerai GOFOOD yg pakai SPOT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin praktis ya Mbak.
      Tanpa jadi gerai GO-FOOD bisa kalau mau pakai SPOTS ini

      Delete
  9. penjual makanan yang usaha kecil jadi makin dimudahkan dengan adanya spots ini. gak usah bayar mahal-mahal untuk aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, layak harganya, catatan keuangan lebih rapi ya.

      Delete
  10. Aplikasi kasir keren buat para UMKM makanan nih. Apalagi sekarang udah terintegrasi sama gofood juga, jadi makin gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, buat kita sebagai customer pun memudahkan ya Mbak.

      Delete
  11. Sepertinya si mas penjual martabak sudah nyaman sama kesehariannya yang manual mbak.. mungkin memang butuh edukasi lagi ya supaya beralih ke teknologi baru yang memudahkan seperti SPOTS ini.. sayang banget lhooh, bisa lebih efektif padahal kalau pakai SPOTS ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak .... pikir saya juga begitu. Sama, sih kalau saya juga menyayangkan :D

      Delete
  12. Dengan adanya SPOTS, pelaku UMKM akan sangat terbantu. Selain itu sudah bisa bayar melalui Gopay, kan makin mudah juga. Dan yang terpenting, bisa juga diprint, jadi kita bisa membuat file-nya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, bisa minta nota ya kita sebagai customer.

      Delete
  13. Praktis dan multifungsi banget ya spots ini... Bisa membantu memudahkan para umkm untuk menjalankan bisnisnya...

    ReplyDelete
  14. merchants GOFOOD itu bener2 ngebantu. Apalagi kalo lagi sakit dan nggak bisa masak sendiri. Kslo merchants pakai aplikasi gini bisa lebih cepet ya karena gak pake nunggu uang kembalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya ya, tidak nunggu uang kembalian, gak perlu pusing.

      Delete
  15. wahh ini aplikasi penting buat pedagang nih.

    ReplyDelete
  16. Keren yaaa kalau pakai SPOTS ini walaupun jajannya bukan di Mall bisa bayar pakai non-tunai. Ah, kalau begini aku jadi pengen jajan terusss hingga gopayku habis tanpa sadar..hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, pernah baca, penjual kuliner di pimggir jalan sudah ada yang pake lho

      Delete
  17. Pas aku lagi trisemester pertama, pusing, susah gerak, susah makan yang biasa, Alhamdullilah ada GOFOOD tinggal goleran klik klik bisa stalking aneka kuliner

    ReplyDelete
  18. Woow...kan kita udah dimanja ya sama digital ecomony, jd alhamdulillah apapun kita mampu deh utk bertransaksi secara cashless. Salam hangat buat Niar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bundaa, iya. Memudahkan banget. Salam kangan, Bunda.

      Delete
  19. Kereeeen inovasinya. Bikin UMKM pun kekinian ya. Bisa ngatur dan ngelola segala pemasukan dengan ini. Semoga banyak yang merasakan manfaatnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagus banget ini. Semoga UMKM kita bisa maju ya bersama SPOTS

      Delete
  20. Wah mantap banget yah kak, sekarang sudah ada aplikasi kasir yang memudahkan pemilik resto atau warung tnpa harus punya perangkat kasir yang lumayan ribet 😁

    ReplyDelete
  21. Saya juga sangat terbantu dengan sistem yang lebih efisien ini. Bahkan selam bulan ramadhan tahun lalu saya seringkali memesan makanan untuk sahur melalui aplikasi penyedia layanan serupa, Gofood atau Grabfood.

    ReplyDelete
  22. Keknya emak2 tipe aku ini hrs byk belajar spy cashless. Msh penganut cash banget krn lingkungan menuntut bgt. Hihi. Tp dg adanya spots ini segalanya jd enak n mungkin ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pelan2 ke cashless, sih. Belum sepenuhnya hehe

      Delete
  23. Deh gojek mulai tommi merambah ke operasional bisnis. Percaya ma saya kalau aplikasinya anak bangsa. Kalau misalnya beli SPOTS ini bisa ji dikirim kak? atau bemana di soalnya jauh bela di Jakarta. Atau adami kantornya di Makassar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kantornya di Makassar toh? Bisa tanya di kantornya atau melalui media sosialnya dulu

      Delete
  24. Inovasinya makin mantep nih, boleh dicobain bos pinya UMKM.

    ReplyDelete
  25. Bermanfaat banget ni spot buat pebisnis kuliner biar rapi ya pembukuan kita kak

    ReplyDelete
  26. Kehadiran Teknology memang sgt memudahkan apakah pada jaman sekarang hehe.. tp kehadiran teknology seperti gojek maupun Spot ataupun pembayaran ataupun fasilitas online lainnya hanya berlaku pada region yg terbatas sj misalnya di Kota besar, dan belum menyentuh ke ranah daerah, apalagi ke pelosok2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. itu tantangan ke depannya. Semoga akan merambah kota kecil atau desa

      Delete
  27. Aplikasinya keren banget mba! Bisa membantu agar urusan hitung menghitung ala para penjual cepat beres ya. Ngaps!

    ReplyDelete
  28. Senangnya tau ada aplikasi yang sangat membantu UMKM.
    Semoga makin banyak para pengusaha bertumbuh di era industri 4.0

    ReplyDelete
  29. Aplikasi SPOTS kasir seharusnya lebih memudahkan transaksi usaha kuliner apalagi berhadapan dengan banyak pembeli yang bikin pusing kalau pake manual, mungkin si masnya perlu mendapat pelatihan lebih lanjut ttg SPOTS ini ya mba :)

    ReplyDelete
  30. Ini aplikasi yang sangat bermanfaat dan menguntungkan bangeet ya mba

    ReplyDelete
  31. SPOT ini fiturnya lengkap ya mbak. Transaksi bisa tersimpan rapi dan kita bisa kroscek dg baik. Tanpa buka2 banyak buki atau sheet saat koreksi ulang pembukuan kita

    ReplyDelete
  32. Bermanfaat banget nih aplikasi untuk para pelaku UMKM. Memudahkan pembelinya juga! Sudah sering dengar tentang SPOT ini tapi baru ngeh kalau ini dari GOJEK. Keren ih!

    ReplyDelete
  33. Keren nih dengan adanya SPOTS, jadi tambah mudah dan tambah maju dalam proses jual beli makanan. Tapi di Bengkulu belum ada kayaknya ya.

    ReplyDelete
  34. aplikasinya sebagus itu yah.. sangat memudahkan para pembeli dan pedagang dalam bertransaksi.

    ReplyDelete
  35. saya sudah beberapa kali liat mesin spots ini di kafe kafe dekat rumah saya di jogja. btw; emang mantap banget kok si spots ini karena dia bisa menghandle berbagai macam transaksi cashless. salut sama inovasi dari gojek memang.

    ReplyDelete
  36. Semoga bapaknya mau pakai aplikasi SPOTS ke depannya biar bisnis makin lancar jaya :)

    ReplyDelete
  37. Bener mbaa semakin kerennya jaman ini jadi cashless itu ga mustahil lagi ya.
    Kemarin pengalaman aku makan mie ayam gitu, abang-abang nya udah pake SPOTS ini. Keren abis!

    ReplyDelete
  38. Aplikasi SPOTS ini, dari segi penjual, dananya apakah langsung otomatis ke rekening atau ke saldo Gopay?

    ReplyDelete
  39. Ohhh yg kmren aku liat di tkng martabak tuh spots ya namanya. Lumayan sering liat tukang jajanan pakai ginian, jd lebih ringkes ya.

    ReplyDelete
  40. Asyik asyiiikk kalo udah ada SPOTS, pengusaha UKM makin semangaaattt
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  41. Sebagai pelaku bisnis kuliner kecil-kecilan Saya seneng banget dengan kehadiran SPOTS ini. Bisa punya mesin kasir digital dengan harga sangat terjangkau.

    ReplyDelete
  42. oh ini persembahan GOJEK ya, memang seringkali yang ribet dari para UKM ini bukan cuma mengelola produk mereka tapi juga kas mereka. Sementara pengelolaan kas yang adalah koentji sukses pengusaha

    ReplyDelete
  43. keresahanku juga ini kalau mau mampir di warung2 kecil yang enak2 massipa tapi gak bawa uang cas, akhirnya spot dari GOJek menjawab tawwa hehehe

    ReplyDelete
  44. padahal mah kalau pake SPOTS jadi makin cepet ya, :D

    ReplyDelete
  45. Siap nih untuk cashless di bisnis kuliner..

    ReplyDelete
  46. Dunia ternyata begitu cepat berubah.. Era cashless itu emang benar-benar bisa merubah segalanya, termasuk UMKM.. Kebayang banget itu kalau abang martabaknya udah pake SPOTS, pasti pengunjungnya juga lebih senang karena bisa cashless.. Dan rekapan martabaknya juga lebih rapih dan mudah.. :-D

    ReplyDelete
  47. Hahaha.. saya jadi ingat kejadian pas baru pertama kali emrantau ke Jakarta, Mbak.
    Saya kan pengin beli Terang Bulan. Eh penjual bingung.
    Ternyata namanya martabak manis hehehe.

    Tapi memang, Mbak. Pelaku bisnis zaman now harus fleksibel ya, dan mengikuti perkembangan zaman. Termasuk soal kasir ini. jadi pelayanan cepat dan mudah.

    ReplyDelete
  48. keren banget aplikasinya. aku liat sendiri ampe kagum. jadi ga perlu beli mesin kasir gede yg harganya lumayan itu :)

    ReplyDelete
  49. Saya termasuk yang suka malas bawa uang tunai. Kadang-kadang suka ceroboh menyimpan uang. Jadinya lupa, deh. Makanya enakan cashless begini

    ReplyDelete
  50. nah betul mba..aplikasi spots ini memang praktis dan memudahkan tapi ada baiknya kalo ada sosialisasi langsung tentang aplikasi kasir ini. kayaknya banyak penjual makanan dan pengusaha umkm yang belum pada ngeh sama aplikasi kasir online ini. saya juga baru ngeh hehe

    ReplyDelete
  51. oo jadi ini rahasia tenant-tenant go-food. aku sebagai pembeli juga lebih suka cashless, nggak ribet sama kembalian, banyak promo, dll

    ReplyDelete
  52. Pesanan go food aja sudah menggunakan spots yah, pantas saja lebih cepat transaksinya, nggak pakai lama

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^