Blogger Anging Mammiri Berbagi di Bulan Ramadan

Bukan hanya rasa kangen kepada adik-adik pengurus komunitas blogger Anging Mammiri yang terobati dalam kunjungan ini. Ada yang berbeda dalam kegiatan yang bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Makassar Event ini. Kali ini pertemuan komunitas mengajak serta anak-anak panti asuhan.


Sembari menunggu waktu berbuka puasa, anak-anak ini diajak mengikuti talkshow bertajuk Cerdas Berinternet.  Bertindak sebagai nara sumbernya adalah tiga bloger kece: pak dosen Iyan (Ardian), Bu Eryvia Maronie, dan Bu Unga.

Eh, biasanya saya menyebut nama panggilan saja kepada ketiganya, berasa adik sendiri soalnya hehehe. Oya kedua ibu tersebut entrepreneur yang juga crafter. Ketiganya membagikan pengalaman mereka menggunakan internet selama ini.

Beberapa hal saya catat dari perbincangan itu. Yaitu bahwa dalam berinternet kita memilah mana yang pantas untuk kita konsumsi dan mematuhi batasan waktu. Pun harus sesuai dengan kebutuhan. Butuhnya apa, ya itu saja. Jangan membuka yang tidak penting lagi.


Cerdas berinternet juga berarti memperhatikan etika, tidak menyebarkan berita bohong (hoaks) dan tidak menyebarkan ujaran kebencian.

Dalam mempertimbangkan kebutuhan akan penggunaan internet, tanyakan kepada diri sendiri: apakah menambah pengetahuan, apakah tidak mengganggu hubungan dengan keluarga/teman, dan apakah tidak boros.

Selain mengedukasi mengenai penggunaan internet, ketiga nara sumber juga menjelaskan mengenai apa itu bloger dan apa saja yang dilakukan oleh bloger. Siapa tahu saja di antara anak-anak itu ada yang ingin jadi bloger kelak kan, ya.


Serangkaian acara berlangsung, seperti game berhadiah menarik untuk anak-anak panti dan pemberian hadiah untuk mereka yang hadir, foto bersama, diakhiri dengan buka puasa bersama.

Senangnya. Jarang-jarang saya bisa hadiri acara buka puasa bersama. Beruntung, pada acara yang berlangsung pada tanggal 25 Mei di Mal Phipo ini saya bisa hadir.

Oya, sebelum kegiatan ini, pengurus mengumumkan membuka donasi untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak panti asuhan. Dana terkumpul dalam waktu relatif singkat dari para donatur sejumlah Rp. 7.200.000.


Dana yang terkumpul dipergunakan untuk membeli kado lebaran bagi anak-anak panti, berupa mukena dan baju koko, dan sebagiannya diberikan dalam bentuk hadiah kepada anak-anak dan pengurus pantinya.

Senang sekali bisa hadir untuk menyaksikan terselenggaranya acara ini. Bangga pada para pengurus yang sudah rela berpayah-payah hunting segera kelengkapan acara selama berhari-hari di bulan puasa pula. In syaa Allah akan berbuah amal jariyah bagi mereka nanti.

Usai acara, kami menyempatkan diri untuk makan malam bersama sembari mengobrol santai, masih di dalam Mal Phipo. Berada di antara anak-anak muda yang kreatif dan berjiwa sosial ini sungguh menggembirakan, selalu memantik jiwa muda saya.

Narsum: Ery, Unga, Iyan, dan ketua AM (Evhy).
Foto: pengurus AM

Kedua foto ini bersumber dari pengurus AM

Semoga di tahun-tahun mendatang acara seperti ini bisa terlaksana kembali dan kita semua bertemu kembali dalam suasana yang serupa, dalam kesehatan yang prima.

Makassar, 11 Juni 2019

Baca juga tulisan-tulisan tentang kegiatan komunitas bloger Anging Mammiri berikut ya:




Share :

2 Komentar di "Blogger Anging Mammiri Berbagi di Bulan Ramadan"

  1. Pesan yang swring terlewat itu, tentang batasan penggunaan internet, ya Mbak. Perkara waktu dan memilah mana yg penting dan tidak. Seringnya, kadung penasaran, klik trus. Tau2, waktunya udah lebih dr sejam

    ReplyDelete
  2. Waaaah, kegiatan sosial di bulan ramadan ini, inshaAllah berkah. Berbagi bersama sambil menyimak ulasan cerdas berinternet, ilmunya pasti banyak ya, Kak. Kita harus memerangi hoaks ya.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^