7 Cara Agar Zoom Meeting Aman dan Nyaman

7 Cara Agar Zoom Meeting Aman dan NyamanZoom meeting menjadi istilah yang lazim saat ini. Situasi pandemi Covid-19 memaksa sebagian besar orang untuk beraktivitas di rumah. Dalam sebuah grup kecil, saya dan teman-teman entah berapa kali sudah bercakap tentang aktivitas online meeting ini hingga beli Zoom berbayar alias beli Zoom pro.

Saya mengenal aplikasi Zoom Cloud Meeting tahun lalu sewaktu mengikuti sebuah meeting Access Consciousness yang diikuti oleh banyak orang dari berbagai negara. Saat itu saya terkagum-kagum, walau ada sedikit delay, meeting berjalan lancar dan setiap orang bisa melihat siapa saja peserta meeting dari berbagai negara.


Kerennya, aplikasi ini memang ringan di gadget. Tak ada masalah penggunaan aplikasi selama saya menyimak materi yang diberikan. Saya sih yakin pastinya penyelenggara punya dana untuk beli Zoom meeting saat itu. Yang ikut ribuan orang, bok!

Zoom Meeting
Gambar dari: play.google.com

Seorang kawan di grup mengatakan bahwa lembaga internasional tempatnya bekerja juga hingga saat ini mempercayakan meeting mereka di Zoom. Tak jarang pertemuan daring dilaksanakan bersama para koleganya dari berbagai kota di Indonesia. “Kami memang beli Zoom meeting pro,” kata kawan saya itu.

Banyak yang nyaman dengan Zoom namun ada juga yang tidak sependapat. Mungkin karena gaptek atau ada hal-hal lain yang di luar kendali. Mari kita urai yuk bagaimana agar Zoom meeting aman dan nyaman:

1. Update aplikasi Zoom ke versi terbaru.


Pentingnya update ke versi terbaru adalah untuk mendapat pembaruan terutama fitur terkini dan update security/keamanan.

2. Jangan bagikan tautan kepada sembarang orang.


Link pertemuan daring, termasuk ID dan password, hanya dibagikan kepada orang-orang yang memang berkepentingan hadir pada pertemuan yang dijadwalkan. Hindari untuk membagikan tautan untuk umum, misalnya melalui media sosial kecuali jika siap dengan risikonya.

Beli Zoom Pro
Zoom bisa di-install di laptop juga.

3. Pastikan admin meeting menjalankan fungsinya dengan baik.


Admin bukan hanya sebagai moderator. Pastikan admin menjalankan fungsinya dengan baik, khususnya terkait pengaktifan fitur waiting room. Peserta yang berhasil login Zoom dengan memasukkan ID dan kata sandi, akan masuk ke waiting room, menunggu diizinkan masuk oleh admin.

Jika seluruh peserta  pertemuan sudah hadir, kunci ruang pertemuan dengan fitur "lock meeting" sehingga tak memungkinkan penyusup bergabung dalam pertemuan tersebut.

4. Sebagai peserta, lindungi keamanan perangkat.


Salah satu caranya adalah dengan tidak sembarangan klik link yang diberikan melalui Zoom karena rentan disusupi eksploitasi untuk mencuri kredensial atau adanya malware (www.cnbcindonesia.com).

Ketika mendaftar di Zoom, akun yang diperoleh mendapatkan ID Rapat Pribadi atau Personal Meeting ID (PMI) yang terlihat seperti nomor telepon karena tersusun dari angka-angka. Untuk menjaga privasi menggunakan Zoom, jangan bagikan ID tersebut.

Zoom Cloud Meeting
Salah satu meeting Zoom yang saya ikuti, membahas
vibrasi positif tingkatkan imun tubuh pada masa pandemi.

"Jangan pernah membagikan tautan atau ID rapat pada platform publik dan cobalah untuk tidak menggunakan ID pertemuan pribadi. Tapi izinkan Zoom membuat ID acak untuk setiap pertemuan yang Anda lakukan," kata Jake Moore, spesialis keamanan siber di ESET seperti dilansir Forbes (dikutip dari tirto.id).

5. Efisiensi waktu


Pernah merasakan waktu tak dimanfaat secara maksimal sehingga meeting Zoom terpaksa berhenti sementara masih banyak yang belum terkatakan? Hal ini bukan urusan admin semata, melainkan juga menjadi urusan semua peserta.

Saya pernah masuk ke dalam ruang diskusi. Saat itu sudah lewat 20 menit dari waktu yang disepakati namun pembicaraan masih ngalor-ngidul. Spontan saya keluar karena merasa sudah membuang waktu dan kuota data internet. Untungnya saya masih bisa masuk lagi saat pertemuan sudah benar-benar berlangsung.

Nah, gemasnya kalau waktu tak efisien dipergunakan dan yang dipergunakan penyelenggara adalah Zoom yang gratis. Pertemuan selama 40 menit rasanya menggantung karena banyak hal yang tak selesai dibahas.

Beli Zoom di IDCopy
Aplikasi Zoom di Google Play Store.

6. Cara hemat menggunakan Zoom.


Ingin ikut meeting via aplikasi Zoom tapi takut kuota terkuras? Gampang. Caranya adalah mute video dan audio. Itu jika memang wajah kita tak perlu dilihat oleh semua peserta. Toh sebagai peserta biasa kita hanya menyimak penyampaian nara sumber?

Dengan cara ini, pertemuan selama 30 menit, yang normalnya bisa menguras kuota sekira 1 GB bisa dihemat hingga hanya sekira 200-an MB saja. Lumayan kan, kuota 1 GB bisa kita pergunakan untuk 5 kali meeting selama 30 menit.

7. Beli lisensi Zoom.


Zoom memang bisa dipergunakan secara gratis namun jika ingin meningkatkan kenyamanan dengan pertemuan yang berlangsung lebih dari 40 menit maka pilihan bijak yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Zoom pro.

Nah, saya punya informasi nih, sebagai reseller akun premium Zoom.us Meeting Video Indonesia, IDCopy memberikan garansi, bantuan, dan support secara penuh dengan penjelasan yang mudah dipahami kepada mereka yang membutuhkan kenyamanan lebih ketika mengadakan pertemuan dengan harga terjangkau dan garansi menyertai.

Beli Zoom Pro di IDCopy

Melalui IDCopy, beli Zoom tanpa kartu kredit menjadi hal yang mungkin bahkan kita bisa membayar menggunakan dompet digital seperti GoPay, Dana, ataupun OVO. Beroperasi lebih dari 7 tahun, IDcopy adalah situs yang sangat bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan digital dari situs premium mana pun. Mau tanya-tanya dulu kepada customer service-nya yang ramah, bisa via 08122111657.

***

Well, kita memang harus selalu waspada dalam menggunakan aplikasi apapun, ya. Tapi jangan berlebihan juga karena satu sisi yang harus dipastikan keamanan dan kejeliannya adalah diri kita sebagai pengguna.

Dalam wawancara terbaru, Alex Stamos - mantan Chief Security Officer Facebook yang akhir-akhir ini sibuk sebagai penasihat keamanan Zoom mengklaim bahwa semua layanan video punya masalah keamanan.

"Semua produk video punya isu sekuriti. Mereka sebenarnya merupakan produk yang cukup rumit untuk dibuat secara aman," ungkap Stamos, dikutip inet.detik.com, dari CNBC.

Jadi, selain memaksimalkan usaha keamanan dengan perangkat dan perilaku sendiri, memastikan kita bekerja sama dengan orang-orang yang punya standard keamanan memadai, cara lainnya bisa dengan bekerja sama dengan pihak ketiga sebagai solusi kebutuhan digital.

Makassar, 4 Mei 2020





Share :

105 Komentar di "7 Cara Agar Zoom Meeting Aman dan Nyaman"

  1. Dengan berita yang simpang siur itu jadi serem pake zoom ini ya mbak. Padahal membantu banget terutama untuk kelas virtual anak-anak dengan gurunya. Makasih tipsnya bisa jadi solusi biar bisa ngezoom tapi tetap tenang dan aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membantu banget sebenarnya. Dan yang penting kita menjaga sebaik-baiknya privasi kita ya Mbak

      Delete
    2. iya mba niar, soal privasi ini yang kita belum terlalu aware yaa

      Delete
  2. Wah, terima kasih untuk sarannya mba. Saya beberapa kali juga menggunakan aplikasi ini saat kangen-kangenan bareng keluarga besar. Semoga pandemi ini bisa berlalu, sehingga kita dapat beraktivitas dengan nyaman kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya bisa kangen-kangenan virtual dengan aplikasi ini

      Delete
  3. Aku sebelum issue ini, pakai untuk koordinasi di kantor Kak, tapi sekarang beralih. Eh, baca postingan ini sudah aman berarti ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya kita menjaga diri, sih Tis. Karena ndak ada juga yang seratus persen aman.

      Delete
    2. Betul, harus bisa menjaga diri juga. Setidaknya ada batasan keamanan juga.

      Delete
    3. Nah iya, harus begitu, Tis.

      Delete
  4. infonya bermanfaat mbak. makasih

    ReplyDelete
  5. Saya pake zoom, alhamdulillah aman.
    Yg penting kita jaga dan ikuti tips ini memang terbaik

    ReplyDelete
  6. Duh, aku baru tahu kalau aplikasi Zoom saat digunakan menyedot kuota yang lumayan banyak. Di rumah aku pakai berlangganan koneksi wifi jadi nggak terasa pemakaian berapa banyaknya. Bareng teman-teman kerja, kami juga mengadakan webinar via zoom. Selama ini audio dan video selalu memang diminta dimute saja supaya dari sisi pembicara pun nggak ada noise suara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo pake WiFi aman ya, beda sama yang mengandalkan kuota internet hehe.

      Delete
  7. Nah ini info sangat penting ya karena selama pandemi jadi happening. Aku ya tahu pertama dari adikmu mba yang guru musik tapi tetap wfh. Jadi kami kakak adik suka pakai juga buat silahturahmi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah, ya Mbak kesyukuran kita di zaman ini, bisa nge-Zoom walaupun di rumah saja.

      Delete
  8. Aku belum pernah pakai zoom. Nah batu dapat info banyak yg kena kek penggunaan tak wajar oleh zoom. Jd sungkan mau pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting berhati-hati, Mbak karena tak ada aplikasi yang seratus persen aman.

      Delete
  9. Di pertemuan offline kita juga sering greget karena berputar-putar
    Penyebabnya ada peserta yang bikin pernyataan bukan pertanyaan
    Atau ada yang nanya sesuatu yang sudah dijelaskan, tapi dia nggak nyimak
    Begitulah .... :D

    ReplyDelete
  10. Aplikasi ini jadi booming ya.., apalagi dosen ya mba..untuk melaksanakan perkuliahan daring ..

    Katanya swlama di ponsel gak ada mobile banking tetap aman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya tetap harus melindungi diri ya Mbak

      Delete
  11. Sampai saat ini saya belum pernah pakai zoom...hihi. Memang belum dibutuhkan, paling-paling kalau anak sekolah pakainya edmodo buat ngerjain tugas. Sempet ada yang ngajak pakai zoom waktu itu, tapi nggak lanjut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak materi menarik bisa kita simak melalui Zoom, Mbak. Saya pakenya kalau mau menyimak materi menarik hehe

      Delete
  12. Tips untuk akses zoom meeting oke mbak, trus katanya juga kasih backdrop yang polos gitu ya? Maksudnya agar tidak terlihat tanda dari rumah ruangan dalam rumah kita. Tapi yang penting udah jaga keamanan dengan tidak share id aja ya, semoga aman deh. Saya masih galau gara-gara kemarin ada kabar tentang pembobolan satu toko online oleh hacker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya baca juga ada yang menyarankan begitu supaya latar belakang rumah kita tidak dikenali katanya.

      Delete
    2. Nah, tentang penghematan data ini aku baru tahu, mba
      Lumayan juga ya kalo mute video dan audio bisa menghemat ratusan MB. Aku gak terasa karena pakai wifi di rumah

      Delete
  13. Tulisan ini menghempaskan kecemasan saya dengan aplikasi zoom. Maka zoom akan saya instal lagi di hpku. Makasih Niar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak lama setelah saya instal aplikasi zoom, eh langsung ada rapat sekolah via zoom. Maka tanpa ragu saya katakan, siap pak Kepsek! 🙂

      Delete
    2. Mantap Kak ... iya, pengamanan maksimal dari diri sendiri mutlak.

      Delete
    3. Inilah aplikasi yang paling banyak dipakai saat ini. Tadi siang saya ikut seminar,lagi-lagi melalui zoom. Katanya gampang digunakan, tidak ribet dan memang terbukti.

      Delete
  14. Nggak ada yang ngajakin aku zoom meeting euy :D Tapi anak-anakku pakai ini buat kelas online. Tergantung guru mereka juga sih. Ada yang pakai Google Classroom juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal banyak kelas online untuk umum via Zoom lho Teh hehe.

      Delete
  15. Alhamdulillah dapat info ini. Jadi ndak bingung lagi sama issu-issu yang beredar.

    Kereen dan bermanfaat 💝👍

    ReplyDelete
  16. Saya belum download ini, hp saya terbatas memorinya. Cuma ada googel duo aja bawaan hp. Btw makasih sharingnya,nambah pengetahuan juga buat saya

    ReplyDelete
  17. Saya belum install zoom mbak, jadi belum paham betul seperti apa.
    Tapi emang ya selama WFH ini, banyak banget yang pakai aplikasi ini.

    ReplyDelete
  18. Di sekolahku nih mbak meeting meetingnya pakai zoom, dan aku kalau gak penting2 amat gak ikutin beberapa meeting ha..ha.. Soalnya nguras kuotanya itu lho kagak nahan. Ya untungnya sesuai dg tuliaan, aku suka mute audio dan video. Jadi cukup dengerin pake earphone trus sambil ngerjain yg lain. Jadi kayak dengerin radio...

    ReplyDelete
  19. Sekolah anak saya setiap Sabtu harus pakai zoom buat ketemu teman-teman dan ustadzahnya, kalau saya make zoom buat ikutan seminar online :)

    Cuman nggak enaknya sinyal kadang kurang bersahabat, jadinya sering timbul tenggelam :)

    ReplyDelete
  20. So far aku masih pake zoom sih mba Niar utk kegiatan meeting sm tim di kantor
    Cm mmg udah santer berita soal keamanannya jd lg cari alternatif nih

    ReplyDelete
  21. Soal ngalor ngidul sebelum rapat mungkin kebiasaan buruk +62 kali ya bunda.. gak di offline gk di online ��

    ReplyDelete
  22. Saya lumayan sering nih pakai zoom selama #dirumah aja. Mulai dari menyaksikan nikahan adik, sampai reuni teman-teman kampus. Alhamdulillah so far gak ada masalah berarti seperti yang banyak diberitakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah manfaat banget ya mbak. JAdi walaupun di rumah saja bisa menyaksikan nikahan adik dan lainnya. Kalau aku paling pake zoom ini untuk materi daring anak-anak saja.

      Delete
  23. Nahh aku akhirnya lebih sering mute suara dan video wkwkwk..karena hanya menyimak aja...apalagi kalo pas jam sibuk di dapur..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku mute video aja, soale suka ga hijaban.
      terkecuali kalo yang urgent butuh penampakan, baruuu..hiii

      Delete
  24. Memang aku rasakan yang paling nyaman pake Zoom, belom pernah yang lain. Meski isu banyak negatifnya balik lagi ke diri masing2 aja. Trus lebih disarankan memnag yang berlisensi ya Mak, jadi aman dan banyak fitur yang memadai sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  25. Saya belum pernah pakai Zoom, jujur agak terpengaruh sama thread yang beredar kalau zoom rentan dan nggak aman. Tapi baca artikel ini, saya jadi tahu cara aman menggunakan zoom. Nanti kalau ada kelas online pakai zoom, jadi gak ragu deh mau ikutan.

    ReplyDelete
  26. Zoom yang sempat beberapa ortu di grup sekolah anakku bikin panik. Akupun memberikan masukan kepada ortu di grup untuk email yang digunakan, dan beberapa aplikasi yang mereka gunakan. Kadang kalau ngomong sama ibu-ibu yang kurang pahamkan kudu panjang kali lebar jelasinnya.

    ReplyDelete
  27. Terima kasih infonya, sangat membantu

    ReplyDelete
  28. Makasih sharenya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  29. Wah penting banget ini mb tipsnya. Saya baru tahu ternyata non-aktif video dan audio pengaruh ke kuota ya mb. Soalnya sering banget zoom meeting dari kantor memang sih akan diganti kuota kita cuma tetep aja kan reimbers hahaha kuota buat yang lain jadi terpakai dan cepat habis.

    ReplyDelete
  30. kepake banget ya aplikasi zoom di masa pandemi ini. tadinya buat meeting aja skr buat ketemuan sama temen2 sekolah dan gurunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat belajar online juga skr banyak ya via zoom. jadi bisa tatap muka langsung dengan pemberi materi :)

      Delete
  31. Peran admin meeting bener-bener penting ya, Mbak, tak sekedar moderator pertemuan, tapi juga semacam keamanan juga.

    ReplyDelete
  32. Saya baru 2x pakai zoom. Masih agak gaptek karena baru kali ini pakai. Tetapi, memang membantu banget ya kalau harus ada meeting

    ReplyDelete
  33. Nah peran admin besar pun peserta meet juga tahu nih poin poin diatas agar acara meet berjalan nyaman aman deh

    ReplyDelete
  34. wah sempat heboh ini pakai zoom gak aman, tapi kalau diikuti tipsnya seperti di atas ini bisa aman ya.

    ReplyDelete
  35. aku sampai saat ini masih khawatir pakai zoom aplikasi mbak, jadi selama ikut kelas pakai zoom masih pakai laptop

    ReplyDelete
  36. Saya jujur sebelumnya tisak tau aplikasi zoom ini, Mbak Niar. Taunya malah pas masa pandemi ini. Dan memang bagus sekali. Bahkan banyak digunakan juga oleh penulis untuk saling sharing. Bahkan penerbit juga menggunakan zoom untuk acara talk show bincang penulis.

    ReplyDelete
  37. Aku juga sempat rada takut pake zoom kemarin gara gara ada isu kebocoran data itu. Dan baru tau juga kalau zoom ada yang versi pro.

    ReplyDelete
  38. Hampir tiap hari pakai zoom. Suami buat kerja, anak buat belajar kdng saya pkai juga buat kopdar. Makasih tipsny mbak, jd merasa lebih aman pakai zoom

    ReplyDelete
  39. Sudah coba Zoom Meeting untuk acara blogger gathering. Kedua anak di rumah juga tiap hari sekolah pakai zoom meeting dengan guru. Ini sangat membantu kegiatan pembelajaran jarak jauh meski durasi tidak bisa lama karena bukan pakai yang pro.

    ReplyDelete
  40. Mbak...bermanfaat banget sharingnya. Saya pemakai zoom namun beralih ke wa grup dan google meet sekarang. Awal pakai zoom aman-aman, saya pakai lewat hp. Ketika downloud aplikasi via laptop nggak bisa...so akhirnya hanya seminggu pakai dan selanjutnya tidak lagi, kerena persoalan jaringan di daerah tempat mahasiswa. Dan saya baru tahu klo bisa menghemat dengan memute video dan audio. Thanks ya Mbak.

    ReplyDelete
  41. Aku belum pernah pakai Zoom hihi miskin kuota, ternyata bisa mute video dan foto ya jadi lebih hemat Kak..

    ReplyDelete
  42. Kemarin sempat heboh adanya hacker yang berasal dari aplikasi zoom. Jadi ragu untuk ikut menggunakannya. Tetapi sekarang lebih tenang, karena ada caranya agar zoom meeting bisa digunakan secara aman ya, Mbak

    ReplyDelete
  43. betul banget mba, untuk room yang lebih private lebih nyaman digunakan jadi tahu siapa aja yang login

    ReplyDelete
  44. Aku sering pake zoom dan yang versi pronya juga udah menjajali. Keren deh fiturnya tapi emang iya kita harus tetep lakukan prosedur keamanan ganda kayak sistem waiting room dan wanti-wanti member baut ga bagiin link gitu, ya

    ReplyDelete
  45. Nice share ini Mbak Mugniar, saya hampir tiap hari ada meeting pake Zoom ini, Untungnya bs mute video dan recording, jadi bs disambi mengerjakan yg lain dan kl ada yang penting tinggal muter rekamannya aja

    ReplyDelete
  46. baru tau dan kenal Zoom meeting ini sejak pandemi corona marak di Indonesia dan adanya anjuran di rumah aja. dipakai cuma buat kajian online biasanya atau meeting sekolahan anakku

    ReplyDelete
  47. perlu banget ya untuk melakukan prosedur keamanan sebab ini akan bahaya sekiranya bocor-bocor, gaswat dan bisa merugikan. yah teknologi sebagus apa pun kalo disalahgunakan pasti ngefek kerugian

    ReplyDelete
  48. Pas ortu anak-anak ngajak ngezoom, saya pikir nggak ada aplikasinya, eh ternyata ada di hape, jadi anak-anak bisa deh ngobrol sama temen-temennya via zoom

    ReplyDelete
  49. wah keren bgt infonya bermanfaat bgt buat mahasiswa kaya aku yg belajarnya online

    ReplyDelete
  50. Awalnya anak-anak pakai Zoom buat tugaa sekolah. Sejak berita zoom gak aman jadi uninstall semua deh dari semua perangkat. Ternyata aman juga ya mbak kalau kita ngerti caranya yang aman

    ReplyDelete
  51. Dua bulanan ini saya pakai zoom untuk berbagai keperluan. Terima kasih untuk semua tips nya ya Mba :)

    ReplyDelete
  52. aku undah unstalla saja tapi ini malah sadar kalo pengen bangey moto2in makanan yang serba praktis

    ReplyDelete
  53. Amannya emang beli lisensi ya mba... Kebayang deh kalau lagi zoom lalu bocor seperti rapatnya bapak2 yang itu... paniknya ga kebayang deh, malunya. Semakin kita protektif semoga semakin aman ya mba. Soal waktu bener banget deh, sering menemukan zoom meetinng yang boros waktu di awal, terlalu banyak persiapan tapi udah live..

    ReplyDelete
  54. Karena waktu itu menonton video yang disebar di grup-grup WhatsApp tentang bahaya atau tidak amannya aplikasi zoom maka kami pun tidak menggunakannya.

    ReplyDelete
  55. Setuju, pakai aplikasi apapun sebenarnya kita harus waspada. Tokped & bulapak aja yg keamanannya tinggi bisa bocor.

    ReplyDelete
  56. Sekarang pakai Zoom uda kaya pakai WA yaa, kak Niar.
    Tiappp ketemuan dan belajar, prefer zoom meeting, hingga ada isu tak sedap yang menerpa. Bahwa Zoom ini ga amanlah, mudah diretas laah...
    Alhamdulillah,
    Semoga semakin banyak penggunanya, semakin tinggi sekuritas yang diberikan.

    ReplyDelete
  57. Wah terima kasih tipsnya tentang aplikasi zoom awalnya sih aku tertarik mau menggunakannya namun banyak berita miring tentang zoom jadi nggak berani memakainya dan setelah baca artikel kamu aku jadi tahu lebih banyak lagi

    ReplyDelete
  58. Ohhh ternyata kalau di mute audio dan video bisa hemat kuota ya? Wah info penting nih, soalnya aku lagi banyak ikutan kelas zoom dan berasa banget kuotanya. makasih infonya, mbak.

    ReplyDelete
  59. Trimakasih untuk infonya kak

    ReplyDelete
  60. Ada beberapa kajian di group menggunakan aplikasi Zoom, mupeng pengen ikutan tapi belum berani install aplikasi ini. Alhamdulillah, info ini sangat bermanfaat banget mbak. Terimakasih banyak!

    ReplyDelete
  61. Wahh infonya bermanfaat banget nih mba. Aku beneran baru tau soal cara aman pakai zoom ini. Biasanya cuma pakai buat keperluan sekolah anak-anak. Setelahnya ngga dipikirin. Ternyata ada cara aman yaa kalau mau pakai zoom

    ReplyDelete
  62. Nah ini yang sempat meresahkan kak, kemarin saya sempat uninstall aplikasi zoom saya, karena ada berita yang aneh- aneh terkait zoom ini, di hack-lah, segala macam. Dan setelah saya unistall aplikasinya saya jadi kebingungan sendiri gimana asistensi skrips ama dospem, wkwk,.. dengan artikel ini saya sangat terbantu kak untuk mengatasi kekhawatiran saya dalam menggunakan aplikasi zoom, makasih kak!

    ReplyDelete
  63. Alhamdulillah selama berkegiatan menggunakan zoom blm pernah ada kendala. Paling admin yang yg keteteran nge mute peserta yg baru masuk hehehe

    ReplyDelete
  64. Sempet terminated apps Zoom ini mbak, karena baca kabar kabur yang menginformasikan ketidak amanan apps ini. Tapi instal ulang lg ketika harus ikut workshop. Well, setelah baca ini agak lega rasa nya, selama kita lebih waspada dan hati2 dalam menggunakannya. Makasih yah mba :)

    ReplyDelete
  65. karena aku bukan orang yang shd gak kerja lagi, jd gak pakai zoom, tapi bakal aku coba setelah anakku bilang yuk zooman bareng keluarga besar di lebaran nanti, biar biasa kumpul saat lebaran bisa bicaar puas dg zoom

    ReplyDelete
  66. Buat saya penting banget tuh kak pendahuluan sebelum miting diadakan, tapi tidak ngalor-ngidul yang gak jelas.
    Harus to the point bahas tema dan narasumber, setelah itu langsung masik ke inti miting agar waktu tidak molor ddan kuota tidak terbuang percuma.

    ReplyDelete
  67. Aku belum pernah pakai zoom Mbak hehe nikir paket data kalo pake Kecuali kalo nurusan bisnis/pekerjaan. Suamiku sering pakai nanti kusampaikan ke dia. Btw nomor 5 setuju banget haha

    ReplyDelete
  68. Selama ini pakai ini juga mbk, alhamdulillah masih aman karena aku juga jarang sih pakai. Suami rapat kerja juga pakai aplikasi Zoom.

    ReplyDelete
  69. Sudah hampir 3 bulan ini pakai aplikasi Zoom aman-aman saja dan selalu lancar , dipakai olahraga virtual aman, belajar anak-anak bersama gurunya aman, kuliah online juga aman, terima kasih tips-tipsnya mba

    ReplyDelete
  70. Untuk kepentingan pekerjaan dan kegiatan belajar Anak, sejauh ini masih mengandalkan Zoom juga. Harus hati2 dan waspada memang ya dalam menggunakan perangkat apapun termasuk Zoom. Tapi so far Alhamdulillah aman. Terimakasih tips-nya ya Mbaa, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  71. Wah setuju banget kak, karena sampai hari ini, selain webex sebagai zoom pun dipilih untuk digunakan saat perkuliahan dan meeting. Agak riskan sih karena banyak peretasan, tapi semakin kesini jadi semakin safety baik admin dan juga pesertanyaa hehe

    ReplyDelete
  72. Belum pernah sama sekali saya Mba pakai zoom. Ooh, ternyata tetap harus memperhatikan keamanan ya? Wah, semoga ga ada apa2 ya Mba

    ReplyDelete
  73. Memang bikin deg-degan sih pakai zoom ini karena berbagai berita tentang hal ini. Tetapi, sampai sekarang saya juga pakai Zoom

    ReplyDelete
  74. sempet denger kalau zoom gak aman, ternyata kalau kita menggunakannya gak sembarangan, & ikutin tips di atas so far oke ya, zoom ngebantu banget, bisa meet up virtual :)

    ReplyDelete
  75. Keren, makasih infonya mbaa. Aku juga klo video call tetep suka pake zoom. Oh ya baru ngeh biar hemat kuota video muka kita di off fin aja yaa hehe

    ReplyDelete
  76. Lebaran nanti udh janjian sama keluarga besar utk silaturahmi via zoom

    ReplyDelete
  77. Iya..ni, pada musim 'zoom' di tengah kabar 'efek' negatif yang beredar. Ok, buat bacaan terkini, masukan buat pengguna zoom di masa pandemim

    ReplyDelete
  78. Makasih infonya mba. Meeting pake zoom memudahkan banget ya. Cuman harus hati-hati juga. Aku sendiri baru kemarin uninstal aplikasinya

    ReplyDelete
  79. Oh, mute video audio bisa hemat kuota banget yaa
    aku pakai wifi jadi ga gitu memusingkan urusan kuota internet.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^