Kumpul Blogger di Gathering Komunitas Blogger Anging Mammiri

Acara kumpul-kumpul komunitas blogger Anging Mammiri (AM) kali ini berbeda. Bukan hanya karena berbeda nama – yang dulu biasanya disebut dengan “tudang sipulung”, sekarang diistilahkan dengan “gathering”, melainkan karena kali ini saya jadi salah satu nara sumbernya, bersama dengan Daeng Ipul – salat seorang blogger senior di kota ini.

Sempat minder juga soalnya sewaktu saya mulai serius ngeblog (kembali), Daeng Ipul ini sudah mantap sekali jadi blogger. Saya dulu suka intip-intip blognya. Tapi, ya ... siapa tahu saja saya bisa sharing hal bermanfaat, kenapa tidak. Maka saya memenuhi tawaran Nunu – sang ketua baru komunitas blogger Anging Mammiri. Lalu ke sanalah saya, di Kedai Pojok (KePo) Adhyaksa, di jalan Adhyaksa Makassar, pada tanggal 23 Januari lalu.



Wajah-wajah baru
Cuaca hari itu amat mendukung, tak hujan seperti sehari sebelumnya. Pak suami mengkondisikan waktunya sehingga saya bisa keluar rumah dan beliau menjaga anak-anak. Saya tiba menjelang pukul 14, sebelum acara dimulai. Acara gathering dijadwalkan mulai pukul 14.00.

KePo sudah ramai saat saya tiba. Saya memerhatikan wajah-wajah pengunjung kafe itu. Tak ada yang saya kenali. Hm, atau saya saja yang belum mengenali mereka. Mungkin saja mereka anggota AM yang belum pernah saya temui. Tak berapa lama, Nunu (nama lengkapnya Nur Al Marwah Asrul) tiba di KePo. Fiyuh, syukurlah. Saya tak perlu salah tingkah lama-lama. Berada di antara orang asing sungguh tak nyaman rasanya.

Kami ngobrol ringan sembari berjalan menuju meja paling pojok kanan. Seseorang yang duduk di dekat meja sudut itu menegur saya. Aih, rupanya Bang Nur Terbit yang duduk di situ. Saya nyaris tak mengenalinya. Bang Nur yang berdomisili di Jakarta ini sedang berada di Makassar dan menyempatkan hadir di gathering AM.

Ada yang diskusi, ada yang sibuk dengan gadget (sebelum gathering 
berlangsung)
Saat gathering berlangsung. Sumber foto: Pak Hariyanto
Acara dimulai kira-kira pukul 15. Daeng Ipul menceritakan sedikit tentang sejarah blogging dan Anging Mammiri. Daeng Ipul juga memperkenalkan Nunu sebagai ketua baru AM. Usai Nunu menyampaikan sepatah katanya, Daeng Ipul mempersilakan saya sharing materi Why Blogging.

Sharing saya pada intinya adalah ingin mengatakan bahwa dalam melakukan sesuatu, kita butuh alasan dan manfaat untuk menghadirkan motivasi. Begitu pun dalam dunia blogging. Alasan yang diramu dengan manfaat bisa menjadi kekuatan motivasi besar di dalam diri sehingga tak ada alasan lagi untuk meninggalkan apa yang tengah dilakukan. Pada awalnya, berangkat dengan sedikit alasan untuk menekuni blogging, saya kemudian menemukan 17 manfaat yang membuat saya makin jatuh cinta dengan dunia blogging. Sampai-sampai saya merasa tidak akan resign dari dunia blogging (semoga Allah memberi berkah-Nya, aamiin).

Berikutnya, Daeng Ipul sharing mengenai Masa Depan Blogging. Sejak tahun 2012, Daeng Ipul resign dari pekerjaannya di sebuah perusahaan dan memilih menjadi blogger full time. Kini Daeng Ipul menerima tawaran-tawaran pekerjaan yang ada hubungannya dengan dunia menulis/blogging.

Keseruan gathering komunitas blogger Anging Mammiri
Sumber foto: Bang Nur Terbit
Banyak wajah baru, bahkan ada dari kalang jurnalis
Daeng Ipul menceritakan sejarah perkembangan blogger. Saat popularitas komunitas blogger menurun pada tahun 2010, muncul Twitter. Dalam dunia digital advertising, buzzer Twitter laris-manis. Ketika tarif buzzer makin naik, blogger mulai bertumbuh kembali. Brand/perusahaan pun melirik blogger untuk beriklan karena tarif sebagian buzzer Twitter dianggap tak masuk akal (saking besarnya). Selain itu, konten di blog bertahan lama ketimbang tweet yang hanya sekali waktu.

Masa depan blogging di Makassar, untuk dijadikan sumber penghasilan bisa dikatakan akan cerah apalagi buat blogger yang memiliki kekhususan tertentu, seperti food blogger, techo blogger, atau fashion blogger. Soalnya Makassar nyaris tidak punya blogger dengan kekhususan tersebut. Peluang besar, lho buat yang mau mengkhususkan diri.

Namun Daeng Ipul berpesan: “Jangan mulai ngeblog dengan harapan dapat uang. Ngebloglah karena memang mau ngeblog.” Saya setuju. Baru-baru ini saya juga menuliskan status Facebook serupa – ngebloglah karena ngeblog itu menyenangkan dan bermanfaat. Mengapa? Sebab kalau hanya mengharapkan akan mendapatkan penghasilan, kelak jika dihadapkan pada masalah tidak turunnya rezeki melalui blog, kita bisa stres sendiri.

Percayalah, blogger-blogger keren yang sekarang kita lihat ketiban job review terus itu bisa bertahan karena mereka ngeblog dengan senang hati, entah itu ada atau tidaknya hasil berupa materi atau ketenaran. Di gathering komunitas blogger Anging Mammiri itu saya menyampaikan pula bahwa kalau ingin memantapkan diri di dunia blogging, bermimpilah, berkomitmenlah, dan konsistenlah!


Makassar, 31 Januari 2016


Share :

38 Komentar di "Kumpul Blogger di Gathering Komunitas Blogger Anging Mammiri"

  1. Komunitas bloggernya eksis ya Mba di sana.. Enak ya bisa kumpul2 sharring berbagai hal seputar dunia perbloggeran.. Semoga makin bnyk nambah pengetahuannya..

    ReplyDelete
  2. Ngebloglah sebelum ngeblog itu punah
    Saya setuju dengan rekomendasinya daeng ipul sewaktu memberi wejangan bahwa di makassar niche blog itu masih kurangNah disiulah titik terang bagi yang berminat sekali kembangkan blognya.

    Untuk saya sendiri masih sebatas gado-gado dengan 3 rasa dengan bumbu evergreen content, sangat sulit memang untuk fokus tapi saya berharap apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi yang baca saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Walaupun gado2, insya Allah akan ada manfaatnya, ya Bimo.

      Delete
  3. kalo awal ngeblog niatnya mau dapat uang, bakalan kecewa nantinya...,
    smoga saja blogger Makassar bisa semakin berkibar dikancah per-blogger-an Indonesia....
    keep happy blogging always, salam dari Makassar - Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, mudah kecewa. Dan akan lebih mudah merasa bosan.

      Aamiin aamiin aamiin.

      Delete
  4. kayaknya bisa berbagi dan lebih banyak kawan melalui blogger gathering akan lebih baik dan kayaknya bisa menambah wawasan juga dalam dunia blogging. maju terus blogger anging mamiri... salam sahabat blogger dari bengkel blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar Mbah Dinan. Jadi makin bermanfaat ngeblognya. Terima kasih sudah membaca.

      Oya, saya sudah ke blognya tapi tidak berhasil berkomentar. Gagal terus. Diminta menuliskan e-nail utk verifikasi, sudah saya masukkan tapi gagal terus.

      Delete
  5. Lakukan dengan hati dan tanpa merasa terbebani. Agar selalu dapat job review. Xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar selalu dapat job review? Hihi.
      Asal tidak terbebani dan tetap dengan senang hati, ya, Mbak Nisa :D

      Delete
  6. kadang kita sudah banyak bermimpi tapi kurang bekomitmen, saya sering begitu. jadi kalo ada komunitasnya jadi saling menyemangati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Dengan berkomunitas bisa saling menyemangati.

      Delete
  7. Ah, kangen ngumpul-ngumpul dengan kakak-kakak AM :)

    ReplyDelete
  8. rame dan akrab banget mba acaranya :) Tetap bermimpi dan selalu konsisten ya mba kuncinya hehehe

    ReplyDelete
  9. Sepakat dengan kalimat "nge-blog karena nge-blog menyenangkan", kalau dapat pemasukan, katakan itu hanyalah bonus dari hobi nge-blog

    ReplyDelete
  10. aduh keren ta kak deh... banyaknya komunitas kt ikuti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang ini, saya harus ikut Rahma, karena di Makassar. SUpaya bisa banyak kenal dengan blogger Makassar. Sudah begitu banyak kegiatannya pula :)

      Delete
  11. Saya suka kata-kata ini: bermimpilah, berkomitmenlah, dan konsistenlah!
    Jadi teguran banget buat saya yg masih suka males nulis di blog. Moga ke depan sy juga makin konsisten ngisi konten blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah perasaan Mbak Vhoy rajin update blog, deh :)

      Delete
  12. keren ey komunitas AM kompak dan solid...keep ngeblog ya cess....

    ReplyDelete
  13. Wah..enaknya ngumpul bareng blogger. Mba, kalau mau gabung di AM gimana caranya ya? Saya di Palopo. Belum tau di sini ada komunitas blogger atau nggak. :)

    ReplyDelete
  14. Sayang banget saya gak bisa hadir di acara ini kemarin...
    Sukses ki!

    ReplyDelete
  15. Klo saya ngeblog buat have fun. Kadang2 ikutan lomba. Kadang2 berbagi pas lagi jalan-jalan di suatu tempat...
    Kadang tempat curhat...
    Ah macem2lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bermanfaat buat kita. Mudah2an pula buat orang lain. Daan menyenangkan pula buat kita, ya Arin :)

      Delete
  16. Iya juga, di Makassar kurang blog yg punya niche

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Pernah ada yang nyari food blogger, kesulitan ki.

      Delete
  17. Seingat saya ...
    komunitas blogger anging mammiri ini termasuk salah satu komunitas yang cukup lama berdiri
    Pada tahun-tahun awal saya ngeblog ... logo blogger anging mammiri sudah berkibar dimana-mana

    salama saya Niar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usianya sudah 9 tahun, Om :)
      Terima kasih sudah mampir ke sini ...

      Delete
  18. Serunya tawwa. Giliran Kak Niar yang isi acara, sayanya malah ndak di sana :( hiks hiks

    ReplyDelete
  19. Untung saya awal kenal dunia blogging saat kerja, jadi bisa dibuat sambilan aja walaupun ga menghasilkan tetep dinikmati hehe. seelah udah menghasilkan walaupu harus nunggu 1 tahun Allhamdulillah menyenangkan heheh bisa buat tambahan makan :D

    ReplyDelete
  20. Mantap emang kalo punya komunitas gini ehehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^