Selamat 11 Tahun Anging Mammiri

Saat menghadiri acara pada tanggal 1 Desember itu saya tak seperti biasanya. Saat itu, diselenggarakan syukuran 11 tahun komunitas blogger kesayangan – Anging Mammiri di lantai 2 Sophie Makassar E-Training Center namun saya tak mencatat hal-hal penting yang saya dengar ke dalam buku catatan saya. Padahal ada banyak hal penting mengenai sejarah dunia blogging dan komunitas blogger Anging Mammiri yang disampaikan oleh Daeng Ipul. Ndy Pada pun menceritakan mengenai bagaimana para blogger berkomunitas pada tahun 2006 dan sebelum saat itu (andai saya mencatat semua hal penting, tulisan saya akan jauh lebih panjang daripada tulisan ini).

Saya ngeblog sejak tahun 2006 (masih ada blog lama saya, kalau mau lihat, ini link-nya: https://mugniar.blogspot.com) namun saya baru bergabung di AM pada tahun 2011 dengan komunitas blogger yang berbasis di kota Makassar ini. Hampir saja saya tidak hadir karena menjelang berangkat mata saya terasa berat. Cuaca yang mendung dengan awan gelap menggantung di mana-mana membuat badan makin berat untuk beranjak. Ditambah lagi, badan yang pegal-pegal tidak enak dibawa pergi. Namun dua anak terkecil – Athifah dan Afyad yang sudah tahu bakal saya ajak pergi begitu bersemangat. “Ayo mi Mama, ke Sophie,” kata mereka. Mereka bahkan sudah merencanakan hendak membawa camilan dan barang apa saja ke sana. Sempat saya bercandai hendak memesankan mereka taksi online, biar saya tidur saja di rumah. 😄


Setelah bergelut dengan kata hati, kata badan, dan rayuan anak-anak, singkat cerita akhirnya kami berangkat juga. Saya yang selalu kangen berkumpul dengan teman-teman blogger ini tidak kuasa membatalkan pergi. Mana pula dorongan kedua anak terkecil ini sedemikian kuatnya. Kalau tak jadi berangkat, mereka akan meneror saya sampai malam hari sementara saya tentu tidak mungkin memberangkatkan mereka berdua tanpa saya, kan? 😜

Saya pun berangkat dengan dua bocah yang wajahnya bersinar gemilang. Kami peserta pertemuan ketiga yang datang. Dua peserta pertemuan yang datang sebelum kami adalah Nunu – sang ketua Anging Mammiri (AM) dan Tari – salah seorang pengurus AM. Seperti biasa, ngaret adalah kelaziman 😆 padahal saya saja datangnya sudah lumayan ngaret. Saya datang menjelang pukul 3 siang sementara acara dijadwalkan mulai pukul 2 siang.

Rasanya sudah cukup lama menanti hingga akhirnya hadirin yang datang telah mencukupi untuk menjadi alasan dibukanya acara. Tak cukup banyak sih, jika dibandingkan dengan syukuran 10 tahun AM tahun lalu (baca di: Happy-Happy di 10 Tahun Anging Mammiri).

Well, ada sedikit wajah baru di antara kami – belasan orang di dalam ruangan berkapasitas 100 orang itu. Saling berkenalan menjadi agenda wajib, sambil menyebutkan alasan bergabung di AM, hal yang berkesan, dan harapan untuk AM. Saya menyampaikan rasa suka cita saya bertemu teman-teman yang seminat dan sekota. Berada di antara mereka membuat saya selalu merasa jauh lebih muda. Saya menyampaikan rasa bangga, AM sudah bertahan selama ini sebab tak banyak komunitas blogger sepantarannya yang masih kerap berkegiatan. Kepada beberapa perusahaan yang menghubungi dan meminta saya mencarikan blogger-blogger kota ini untuk bekerja sama, saya arahkan untuk menghubungi pengurus saja, disertai perkataan, “Komunitas kami merupakan salah satu komunitas blogger tertua di Indonesia, lho!”


Daeng Ipul (www.daenggassing.com) yang pernah menjadi ketua AM mendapatkan giliran sharing terakhir. Menurut Daeng Ipul, trend berkomunitas di kalangan blogger saat ini bergeser, bukan lagi berdasarkan kesamaan daerah/tempat domisili melainkan berbasiskan ketertarikan atau minat. Misalnya komunitas blogger yang anggotanya perempuan semua, yang minat traveling, dan sebagainya.

Nunu mengatakan, harapan di awal dia menjabat sebagai ketua Anging Mammiri adalah semakin bertambahnya jumlah blogger baru. Menurut Nunu, harapannya telah terpenuhi karena dalam banyak kegiatan, selalu saja ada wajah-wajah baru bermunculan. Termasuk pada kegiatan Klinik Blog yang diselenggarakan awal bulan lalu. Satu pencapaian yang membanggakan adalah disusunnya sejumlah tulisan blogger yang menulis Pesta Komunitas Makassar (PKM) menjadi E-book. Sedikit terkejut namun senang, ternyata nama saya termasuk di dalamnya.

Oya, satu pencapaian luar biasa komunitas blogger Makassar ini adalah saat menjadi tuan rumah pada kegiatan Kopdar Blogger Nusantara di penghujung tahun 2012 (Baca di Meriah, Kopdar Blogger Nusantara 2012). Kopdar akbar yang dihadiri oleh 500-an peserta tersebut merupakan kopdar blogger terbesar pertama yang diselenggarakan di luar pulau Jawa. Saat itu, Anging Mammiri dibantu menyelenggarakan kegiatan ini oleh komunitas-komunitas lain seperti Jalan-Jalan Makassar dan Makassar Berkebun. Kolaborasi dari beberapa komunitas itu pun menjadi cikal-bakal diselenggarakannya Pesta Komunitas Makassar pertama kali, pada tahun 2013. Selanjutnya, setiap tahun PKM diselenggarakan, dengan jumlah komunitas partisipan yang semakin banyak. Selain hal-hal di atas, Nunu menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan ada pergantian ketua dan pengurus AM.

Ndy (www.ndypada.com), satu-satunya saksi terbentuknya komunitas AM pada tahun 2006 yang hadir saat itu menceritakan zaman dulu, informasi mengenai kapan diselenggarakannya kopdar ditulis di kotak chat pada widget blog. Kalau tak ada yang merespon, maka anggota-anggota yang lain akan dikirimi SMS. Bagi Daeng Ipul, Ndy adalah seniornya karena ia baru bergabung di AM beberapa bulan setelah Ndy.

Seru juga, acara kali ini walaupun kami hanya belasan orang dan Rara (Irayani Quincy Putri) – founder Anging Mammiri tak bisa hadir di acara sederhana ini 😞. Bagi saya, acara kali ini mengingatkan mengenai perlunya berkomunitas dalam menggeluti dunia blogging. Yang paling seru adalah bagian akhir acara, ketika kami makan tumpeng dan kue-kue sepuasnya. Sedikit yang hadir mendatangkan hikmah menyenangkan buat kami: bisa makan sepuasnya 😅

Makassar, 3 Desember 2017

Baca juga, yaa:



Share :

29 Komentar di "Selamat 11 Tahun Anging Mammiri"

  1. Sayang sekali tidak bisa ka ikut acaranya kemarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nih Mukhsin, kenapa ndak datang?

      Hapus
  2. Deh ultah pertamanya AM rasanya baru kemarin, eh tahu-tahu sudah 11 tahun hihi.

    Terima kasih kak Niar sudah bergabung dengan AM dan jadi salah satu panutan buat teman-teman utamanya yang masih muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga Daeng, saya banyak belajar dari Daeng _/\_

      Hapus
  3. Baru tahun ini sy melewatkan hepi hepi di ultah AM :’(

    Tulisannya kak Niar selalu keren!
    Panutanquee 😘😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iih iyaa, Veby ndak hadir. Veby sibuk yaa.

      Hapus
  4. Saya datang pas sudah bubar 😥 untung masih banyak makanan 😂

    Selamat 11 tahun AM. Sebentar lagi mau naik SMP #eh semoga tetap keren dan kompak #makan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pun, setelah kakak Anbhar, kakak Nanie, dan kak Unga makan, masih banyak yang bersisa yaa

      Hapus
  5. Wah keren acaranya yaa.. Sayang saya gak hadir.
    Btw untuk e-booknya bisa dibaca di mana kak? Bagi linknya donk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pu di-publish, Mami Ery, masih dirampungkan dulu, masih mau diedit-edit dulu kata Nunu.

      Hapus
  6. Terima kasih tulisannya kak Niar.. Saya justru tidak sempat foto-foto di acara ini, karena asik menikmati perayaan ulang tahun AM yang bikin saya makin dekat dengan para bloggernya AM :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perasaan saya foto-foto banyak, tapi kenapa sedikit ji hasilnya ya Ndy. Eh malah nanya hahaha. Foto sama saya cuma dua ini yang bagus, Ndy. Entah mana yang lainnya

      Hapus
  7. Terima kasih kak Niar telah mengabadikan acara kemarin di blog ini 😍 saya jadi bisa mengikuti acara tersebut walaupun hanya melalui postingan blog haha.

    Baru kali ini saya melewatkan ultah AM huhu. Sayang sekali memang perencanaannya dadakan jadi saya tidak dapat mengalokasikan waktu untuk datang karena sudah punya janji di tanggal tersebut 😭

    Happy anniversary Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri, semoga terus menjadi komunitas yang menginsipirasi dan menjadi rumah para blogger di Makassar 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Kak Rara, sayang ya pas dengan agenda yang sudah direncanakan sejak lama. Semoga tahun depan bisa hadir yaa, dan aamiin, semoga AM terus menginspirasi dan jadi rumah yang nyaman.

      Hapus
  8. Deh serunya..ndak terasa sudah 11 Tahun di Komunitas ini.

    Selamat ulang tahun AM :)

    BalasHapus
  9. kak niaaar~
    Aak, Blogger kesayangan yang selalu menjadi sosok ibu sosok kakak,tempat belajar banyak orang. InsyaAllah semuanya bernilai ibadah kak :")

    Terima kasih sudah mengabadikan lagi lewat tulisan~
    Kak lain kali ajak bocah-bocah hebatta lagi kakak..
    Senang rasanya dalam acara anak-anak berkeliaran bersosialisasi sksd dengan semua orang hahaha..

    Bahagiata bacanyaaa ini kaak :")
    Love love love love love love :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Nunu, ketua kesayangan. Aamiin, aamiin. Semoga kita semuanya bisa lebih baik yaa.

      Hahaha, bocah-bocahku pasti senang kalau diajak lagi ke acara kayak ini.

      Love you too :*

      Hapus
  10. Selamat Ulang Tahun Anging Mammiri... :)

    BalasHapus
  11. Wah seru ya acaranya. Sekali waktu saya pulang kampung ke Makassar, pas ada acara Anging Mammiri di satu kafe di Pa'nakkukang. Alhamdulillah bisa ketemu Daeng Ipul dan mbak Mugniar (waktu itu kedua blogger senior ini jadi narsum) dan ketua AM, mbak Nunu (yang satu ini hebat, wkt pertama kali jadi blogger, sdh menang lomba blog).

    Semoga setiap kali saya pulkam, AM bikin acara dan reportasenya bisa saya baca dari tulisan mbak Mugniar. Itu saja komen saya, sukses buat teman2 blogger AM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyye Daeng, pas acara Tudang Sipulung waktu itu.

      Semoga nanti kalo ke Makassar, pas ada acara lagi, ya Daeng.

      Hapus
  12. Selamat ulang tahun Anging Mammiri! Semoga semua blogger Makassar makin sukses dan makin rajin ngeblog! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga. Terima kasih yaa.

      Hapus
  13. Baru kali ini melewatkan ultah AM, sempat datang di akhir dan masih dapat tumpeng, alhamdulillah hahahhaa kebetulan sekali bersamaan dengan jumpa Ammacaki, nda bisa juga dibatalkan karena sdh janjian seminggu sebelumnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih ya, kakak-kakak pengurus mendadak, pada sibuk juga mereka :)
      Untungnya Nanie sempat hadir ya meski di bagian makan-makan. Dan untungnya juga, masih banyak sisanya :)

      Hapus
  14. terimakasih ka kNiar sudah menjadi Inspirasi blogger2 baru seperti saya, belajar menulis yang runut detail tapi santai dari kak Niar. ahhh terimakasih AM mempertemukan kami ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aah QIaah, senang bisa kenal Qiah dan yang lainnya melalui AM, saya juga belajar banyak dari Qiah yang foto-fotonya selalu bagus (meski saya ndak pernah bisa sebagus QIah hihi). Kita belajar bareng ya, moga bisa selamanya. Aamiin.

      Hapus
  15. kenapa Acaranya semakin menyusut pesertanya? Perlu ada pembenahan lagi sepertinya.
    Acara semisal ini lebih baik diadakan di pendopo bupati atau gubernur, akan lebih banyak menyedot perhatian. Dan sekaligus meminta dukungannya.

    BalasHapus

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^