Duduk Baca Bercerita Bersama Blogger Anging Mammiri

Duduk Baca Bercerita Bersama Blogger Anging Mammiri – Sudah lama tidak duduk manis sembari membaca buku diam-diam dalam jangka waktu lama. Sekarang bacaannya kebanyakan artikel di internet, blog, dan media sosial.

Maka timbul kerinduan ketika pengurus AM mengumumkan Tudang Sipulung – kegiatan jumpa-jumpa rutin komunitas bertajuk Duduk Baca Bercerita pada tanggal 29 September lalu. Sepertinya masih tertinggal sedikit bukti pecinta buku dalam diri saya. 😅

Dead line tulisan dan postingan di media sosial, beserta tugas-tugas lain di dunia nyata susul-menyusul menyita waktu. Seperti excuse tapi begitulah adanya. Ini saja ada beberapa niat menulis untuk topik tertentu yang belum kesampaian. Ternyata jadi bloger atau penulis atau influencer juga bisa bikin sibuk, di samping tetap menjadi istri, ibu, dan anak.


Bersyukur saya bisa hadir di acara ini. Tertarik dengan formatnya dan ingin share tentang buku favorit saya yang berjudul Titik Ba. Di sini, para peserta saling berbagi mengenai buku yang dibacanya. Penasaran, seperti apa pelaksanaannya. Apalagi saya belum pernah mendatangi acara yang khusus bagi peminat buku seperti ini.

Bertempat di Bikinbikin Creative Hub – coworking space di Mal Nipah, sore itu acara dimulai molor dari yang seharusnya. Ketika saya tiba, baru ada Evhy – ketua komunitas bloger Anging Mammiri yang hadir. Kami ngobrol lama menunggu para peserta lain datang.

Rasanya lama juga baru acara benar-benar dimulai. Untungnya saya sedang santai jadi masih bisa berlama-lama di sana. Mengikuti acara dari awal, dimulai dengan perkenalan semua yang hadir. Senang melihat wajah-wajah baru dari beberapa komunitas di Makassar yang semuanya masih muda. Ada juga yang masih mahasiswa bahkan ada satu anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar.


Beberapa dari hadirin bukan anggota Anging Mammiri melainkan dari komunitas-komunitas lain di Makassar. Menarik. Pengurus komunitas bloger Makassar yang sekarang ini sering mengundang komunitas lain dalam berkegiatan jadinya bisa mengenal para pegiat komunitas lain juga.

Bagian seru dalam pembukaan acara seperti ini di komunitas blogger Makassar adalah menjawab pertanyaan, “Kapan terakhir update blog?” Pertanyaan ini bagai mengingatkan kembali aktivitas sesungguhnya para bloger bahkan ada yang merasa tersindir karena sudah lama belum update lagi.

Pada acara inti, hadirin dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil beranggotakan 4 – 5 orang. Kami ditugaskan membaca buku yang kami bawa atau pinjam di Bikinbikin selama 10 menit. Selama 10 menit itu ruangan hening. Setelah itu setiap kelompok mendiskusikan bacaan masing-masing anggotanya.

Fira meminta setiap kelompok mempresentasikan apa saja yang telah didiskusikan. Setiap wakil kelompok berbeda cara memaparkan hasil diskusinya. Beberapa orang bisa menggambarkan setiap buku yang dibaca oleh para anggota kelompoknya. Begini rupanya cara yang diadopsi dari gerakan bernama Lingkar Cerita (cek akun IG @lingkarcerita.id) menggiatkan literasi melalui buku cetak.



Di sinilah menariknya acara Duduk Baca Bercerita. Ternyata dari bacaan dan diskusi orang/kelompok lain, kita juga bisa belajar mengenai apa yang mereka pelajari dan update pengetahuan baru. Misalnya mengenai fenomena bahwa setiap orang berpotensi berbohong tentang eksistensi dirinya di dunia maya – berdasarkan buku yang dibaca oleh Anchu yang beken dengan nama Lelaki Bugis.

Dari Tari dan Dwi saya jadi tahu mengenai novel Jepang yang mengharu biru. Mirip-mirip novel psikologis tapi bukan karena katanya banyak yang seperti itu. “Kenapa bisa menyukainya?”tanya saya pada Tari. Jawabannya adalah lebih ke masalah selera katanya.

Acara yang menyenangkan. Saya jadi kembali menikmati kegiatan membaca buku dengan duduk dalam diam selama 10 menit dan berdiskusi banyak hal dengan teman-teman yang semua berusia lebih muda daripada saya. Melihat berbagai sudut pandang dan menyadari saya masih harus banyak belajar lagi.



Makassar, 27 Oktober 2019

Selamat Hari Blogger Nasional.
Kapan terakhir posting blog? 😉


Keterangan:
Semua foto berasal dari pengurus Anging Mammiri.


NB:
Hari ini, Lingkar Cerita menyelenggarakan Duduk Baca Bercerita di Aula SLB-A Yapti Jl. Pierre Tendean Makassar, berlangsung pukul 14.30 – selesai. Langsung saja ke sana jika berkesempatan dan penasaran dengan gerakan ini.













Share :

2 Komentar di "Duduk Baca Bercerita Bersama Blogger Anging Mammiri"

  1. Seru pastinya bisa ngumpul dan berbagi pengalaman sesama blogger. Bisa menjadi obat dikala jenuh ngeblog.

    ReplyDelete
  2. Kegiatan yang seru sekali nih Kah. Coba kalau saya menetapnya di Makassar, pasti nggak pengen ketinggalan ikut acara yang seperti duduk baca bercerita ini. Apalagi kegiatannya bareng Blogger Angin Mammiri. Sayang tinggal di daerah jadi suka ketinggalan juga ikut kegiatan AM.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^