Belajar SEO Mudah untuk Pemula

Belajar SEO Mudah untuk Pemula Memiliki traffic pengunjung yang konsisten tinggi pastinya merupakan impian semua pengelola website dan blog, termasuk blog pribadi. Pengen membuat impian tersebut jadi nyata? Suka tak suka, mau tak mau, salah satu cara jitu yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan teknik SEO alias Search Engine Optimization.

Selain memicu trafik yang tinggi, jika piawai teknik ini juga memungkinkan website atau blog kita menempati peringkat satu pencarian Google dengan kata kunci tertentu. Asyik ya, sesudah itu bagaikan gabut atau duduk manis dan terima bonus.



Pada tulisan ini, mari membahas tentang bagaimana cara penerapan SEO yang benar dan efektif untuk website dan blog. Praktik sedikit-sedikit nih dari apa yang pernah saya pelajari. Bukannya sok jago SEO, yah. Kan lebih bagus berbagi sedikit ilmu, sekaligus menuliskannya supaya bisa diingat terus.

Kalaupun lupa nanti bisa kembali lagi ke sini. You know, menulis itu kan bagian dari aktivitas “melawan lupa”. Nah, uraian yang nantinya dipaparkan akan dimulai dari hal mendasar, sehingga diupayakan mudah dipahami kalangan pemula atau yang benar-benar baru mencoba belajar SEO, ya.

Baiklah, tanpa perlu berpanjang kata lagi, mari kita simak uraian cara belajar SEO untuk pemula sebagai salah satu upaya agar website dan blog kita jadi berkualitas dan ramai pengunjung:

1. Posisi SEO dalam Meningkakan Trafik Melalui Mesin Pencari


Penting untuk diketahui bahwa terdapat sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengunjung yang ramai dari hari ke hari. Di antara yang paling dapat diandalkan yakni dengan membuat konten berdasarkan metode SEO.

Berdasarkan penelitian Ascend 2, teknik SEO mampu menggiring konten website atau blog ke posisi ranking satu atau halaman 1 pencarian dengan pengaruhnya sebanyak 72%. Selanjutnya, pengaruh kata kunci dalam memengaruhi rekomendasi pencarian Google adalah sebanyak 48%.


Faktor lain yang tak kalah penting untuk menaikkan traffic website/blog adalah skala update website sebanyak 34%, pengaruh relevansi link sebanyak 33 persen, optimalisasi peran media sosial sebanyak 28 persen.

Selain itu, faktor-faktor lain yang mempengaruhi trafik adalah keaktifan pengguna atau pengelola dalam melakukan pengelolaan web sebanyak 23 persen, optimalisasi lewat pencarian mobile sebesar 17 persen serta struktur URL pada website sebanyak 16 persen.

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengaruh SEO sangat besar dalam agenda membangun traffic web yang konsisten tinggi. Istimewanya, teknik SEO bisa diterapkan oleh siapa saja, baik pengelola web yang memiliki modal besar, maupun yang sedikit modalnya.

Sifatnya fair, makanya siapa saja yang bersungguh-sungguh selalu punya peluang untuk menempati ranking satu pencarian Google. Beberapa teman personal blogger seperti saya berhasil menerapkannya. Gratis pula ini, cuma ya memang butuh waktu dan konsistensi. Pertanyaannya adalah .... seberapa telatenkah kau?


2. Prinsip Dasar Konten yang Diinginkan SEO


Pada dasarnya, teknik SEO selalu menuntut para pengelola web untuk memproduksi ragam konten yang berkualitas, baik berupa teks, gambar, video dan yang lainnya. Berkualitas, artinya konten tersebut bersifat fokus, lengkap, tidak bertele-tele, menggunakan ejaan yang baik, serta bersifat kekinian.


Jadi, jika Anda berpikir bahwa artikel SEO bisa didapatkan dengan cara plagiat, maka sebaiknya segeralah revisi pemikiran tersebut.

Konten SEO mendukung agenda mesin pencari yang ingin selalu menyuguhkan informasi yang berkualitas untuk publik maya. Makanya, sejumlah teknik dan ketentuan dirancang sehingga hanya website/blog yang kontennya berkualitas saya yang patut direkomendasikan oleh Google.

3. Kata Kunci Berkualitas


Terdapat sejumlah aplikasi yang memungkinkan Anda mendapatkan keyword-keyword yang berkualitas. Di antaranya yakni dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Ketika Anda membuat konten dengan rangkaian kata kunci yang tepat, mesin pencari akan mudah mendeteksi artikel tersebut, dan secara otomatis merekomendasikannya untuk pembaca yang melakukan pencarian di Google.

Dukunglah upaya ini dengan senantiasa rajin meng-update website dan blog dengan konten-konten terbaru. Ini bukan berarti Anda harus membuat artikel setiap hari. Tapi jangan sampai membiarkan website dan blog Anda tidak di-update dalam waktu yang lama, sehingga konten yang ada di dalamnya dianggap tidak segar.

4. Membangun Back Link


Membangun link yang relevan dengan kata kunci yang tepat merupakan satu lagi hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan teknik local SEO. Dalam hal ini, Anda bisa membuat sejumlah link eksternal yang semuanya merujuk pada website utama.

Link-link berkualitas yang saling berkaitan akan membuat mesin pencari cenderung merekomendasikan website Anda untuk dimasukkan ke halaman satu pencarian. Bagaimana caranya supaya dapat back link? Tentunya dengan membuat konten yang berkualitas, bukan abal-abal.


5. Optimalisasi Media Sosial


Jangan abaikan keberadaan media sosial, sebab ia juga rupanya menjadi bagian dari teknik SEO. Ketika Anda banyak mempromosikan link website/blog melalui ragam media sosial, maka peluang publik maya untuk mengunjungi website/blog Anda akan semakin tinggi.

Ini bukan berarti Anda harus membagikan link website Anda sepanjang waktu sehingga orang-orang menjadi jengah. Bermainlah secara cantik, di mana Anda membagikan link dengan kata-kata promosi yang menarik dan membuat penasaran. Nah, di sini nih pentingnya belajar copy writing menggunakan bahasa yang soft selling.

Di sisi lain, perhatikan pula waktu share, di mana Anda bisa membagikan link website di saat orang-orang sedang banyak membuka akun media sosialnya masing-masing. Waktu-waktu tersebut misalnya di jam pulang kantor atau pada malam hari. Namun pelajari dahulu perilaku teman/follower kita, soalnya belum tentu sama dengan pengguna media sosial lain.

Demikianlah sejumlah panduan yang bisa diikuti ketika ingin belajar dan menerapkan teknik SEO untuk website dan blog Anda. Selain lima poin yang barusan disebutkan, jangan lupa memperhatikan intensitas blogging, melakukan optimalisasi pencarian via mobile, serta membuat konten website Anda selalu lengkap dan spesifik.

Cara seperti ini jauh lebih disukai mesin pencari, sehingga website/blog Anda akan dinilai berkualitas untuk direkomendasikan kepada publik maya. Pada akhirnya, ketika sudah dinilai berkualitas, Anda akan bisa merasa puas dan diuntungkan dengan tinggi dan konsistennya trafik website. Tinggal duduk manis dan terima bonus kunjungan, deh.

Makassar, 9 Desember 2019

Baca juga:



Share :

27 Komentar di "Belajar SEO Mudah untuk Pemula"

  1. Wih mantep makasih nih ilmunya yaa

    ReplyDelete
  2. kalau saya menggunakan ubersuggets punya neil patel untuk bikin keyword mbak. nyari keyword itu harus pintar2 sih, ada banyak kombinasi kata yang bisa dibikin, nah pilihlah tingkat persaingan mudah/rendah

    ReplyDelete
  3. Di antara sekian tips seo di atas, kayaknya kekurangan saya di bagian share deh

    ReplyDelete
  4. ini kayaknya kudu dibaca berulang kali Niar, biar pun kelihatannya sederhana, dan gampang hahahahha buat sebagian orang ribet

    oke oke SEO nya akan kuterapkan lagi makasiiiih

    ReplyDelete
  5. aku masih sering cari bacaan tentang SEO, lumayan ini dapat bacaan penting tentang SEO karena aku masih terus belajar juga.

    ReplyDelete
  6. Benerbanget mba, teknik SEO ini sangat membantu banget supaya tulisan di blog mudah diketemukan di mesin pencari seperti Google. Dan seneng banget kalau bisa nangkring di page one :)

    ReplyDelete
  7. Belajar SEO itu sebenarnya gampang kalau mau fokus yamba akupun baru dasarnya Dan coba terus diterapkan d blog alhamdulillah nih PV meningkat

    ReplyDelete
  8. SEO ini masih menyisakan misteri kalo buat aku. Ada tulisan yg diniati dari awal, eh...posisinya ga bagus. Sementara ada yng nulisnya sambil asik-asik aja, tanpa riset kw dsb, malah page one. Jadi makin penasaran buat ngulik

    ReplyDelete
  9. Selama ini saya sering baca tentang SEO, dan tulisan Mbak Mugniar ini yg paling simple dan mudah dipahami.

    Tapi perlu telaten juga ya untuk menerapkan teknik SEO ini. Dan benar, kualitas tulisan tentunya bukan yang abal-abal.

    ReplyDelete
  10. Yg bangun backlink ini sering org sampai membeli atau membayar untk nanem backlink tapi aku blm pernah lakukan. Paling usahaku ya BW2 ke mana2 mbak hehe :D
    Kalau SEO jelas soalnya emang kalau pakai SEO kebukti peringkat tulisna bisa ke page 1 or 2 :D

    ReplyDelete
  11. Untuk membuat blog kita berada di halaman pertama Google memang gak mudah ya, Mbak. Butuh waktu dan konsistensi dari pemilik blog itu sendiri ya ...

    ReplyDelete
  12. Ilmu yang bergizi banget nih Mbak Niar. Aku termasuk blogger yg sampai hari ini masih belum menerapkan SEO sepenuhnya. Padahal udah baca bolak balik tapi selalu belum bisa eksekusi. Smg aku sgra bisa terapkan nih biar ngerasain juga berada di page one

    ReplyDelete
  13. Wah makasih ulasannya mba, aku jd belajar and recharge lagi ilmu tentang SEO.
    Sebagai blogger, ilmu SEO itu kurang lebih harus tau ya

    ReplyDelete
  14. Aku sedih kalo baca soal SEO. Soalnya aku gak ngerti-ngerti masalah ini. Hiks. Dan parahnya aku selow banget orangnya.
    Btw thanks ya Mbak sharingnya. Meski gak ngerti tapi aku baca sampe selesai artikel di atas, sih :)

    ReplyDelete
  15. Saya masih belum khatam nih belajar SEO selalu saja pusing haha, mungkin harus offline belajarnya biar paham kali yah hehe.

    ReplyDelete
  16. Seo ini ya, kaya hantu ya buat blogger. Kepengen skip tapi butuh. algoritma mesin pencari yang terus berubah bikin kita makin males. Untung ada cara simpel. Walopun gak maksimal, Alhamdulillah bisa belajar sedikit

    ReplyDelete
  17. SEO ini emang oenting ya, mbak. Nulis kita memang nomer satu. Tapi SEO sendiri ngga bisa diabaikan ya, mbak

    ReplyDelete
  18. Aku perhatikan selalu kak Niar, tips blogger sukses yang mendulang PV tinggi.
    Selain content is the king, SEO is the queen.
    Cakeepp~

    ReplyDelete
  19. Belajar seo itu emang susah susah gampang ya maaaak. Plus banyak trial and error juga. Huhuhu. Makasi ilmunya ya maaaak, mau coba langsung buat memperkuat SEO di blog. Heheh

    ReplyDelete
  20. Betul sekali mb seo sangat penting apalagi buat yang jualan online hehe

    ReplyDelete
  21. Pengin banget belajar SEO lebih dalam lagi mbak, biar artikel ku banyak dibaca orang
    Hehehhe

    ReplyDelete
  22. aku masih belum mudeng sih mba sama SEO begini pengennya tuh belajar langusng ga bisa baca2 kalau aku harus praktek hahaha

    ReplyDelete
  23. walau udah belajar sana sini tetap saya kurang ngerti. wkwkwk. mungkin saya kudu memaksimalkan yg keyword itu ya, ternyata bikin judul juga bs pakai pengembangan kata kunci

    ReplyDelete
  24. Wah saya sering share di media sosial, tapi nggak pernah memperhatikan waktu share. Share kalau sedang ingat, sedang longgar dan sedang pengen saja

    ReplyDelete
  25. Wah mantul nih tips-tips nya buat aku yang masih abu-abu soal SEO ini. Aku masih merasa ngeblog mah ya ngeblog aja, ternyata SEO juga penting ya. Trus ternyata waktu share juga berpengaruh ya, aku selama ini asal aja kalau share postingan di medsos.

    ReplyDelete
  26. Kak Niarrr makasih ya tips SEOnyaaa, wah banyak hal yang kudu dipraktekkan nih. Penasaran jg bisa nangkring di pejwan.

    ReplyDelete
  27. Tips seperti ini sudah banyak diulas sampai hafal. Tp mmg sulit praktiknya hehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^