5 Jenis Masakan Ikan Favorit di Makassar

5 Jenis Masakan Ikan Favorit di Makassar - Gaes, tahu kan kalau ke Makassar itu tak lengkap tanpa menyantap masakan ikannya? Secara, Makassar itu letaknya di pesisir Selat Makassar yang ikannya berlimpah. Pokoknya rugi kalau ke Makassar belum menyantap lauk yang kaya gizi ini.

Seperti yang kita ketahui, ikan laut kaya protein yang bermanfaat bagi otak. Nutrisi yang ada di dalam ikan laut, misalnya Omega-3 dan DHA atau Docosahexaenoic acid yang terdapat pada ikan telah terbukti mampu mendukung fungsi otak.

Taylor Wolfram, dalam Eatright.org menyampaikan bahwa Omega-3 merupakan lemak baik yang dapat merawat saraf dan kesehatan otak. Sementara DHA berfungsi mencegah penyakit yang menyerang saraf otak, misalnya alzheimer atau demensia.

Ikan bakar

Selain itu DHA di dalam ikan dapat meningkatkan daya ingat. Mengonsumsi DHA secara disinyalir bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit pada saraf otak.

Nah, bagi penggemar ikan terutama atau mereka yang mau mencoba kesegaran makanan ikan di Makassar, boleh nih mencoba 5 jenis masakan ikan favorit ini jika berkunjung ke Makassar:

1. Ikan bakar


Warung ikan bandeng bakar banyak dijumpai di Makassar. Baik itu di pinggir jalan protokol maupun di dalam mal atau bahkan di dalam gang. Namun jangan mencari tulisan “ikan bandeng” jika ingin mencicipi jenis makanan ini karena di Kota Makassar, ikan bandeng dikenal sebagai “ikan bolu”.

Walaupun tulangnya atau biasa juga disebut durinya kecil-kecil namun ikan jenis ini termasuk favorit dan banyak dijual di pasar-pasar Makassar. Oya, ikan bolu ini jenis ikan air tawar bukan ikan air laut, ya.

Selain ikan bandeng tentu saja masih banyak sajian jenis ikan lainnya yang dibakar. Tinggal memilih saja. Ada ikan cepa, ikan layang, dan lain sebagainya. Ada yang tanpa disajikan dengan bumbu, dimakan dengan sambal dan ada yang disajikan dengan bumbu di atasnya.

Bumbunya pun ada yang berupa sambal dan ada dengan bumbu kecap. Banyak tempat makan ikan bakar yang menjagokan sambalnya karena di mana-mana rasa ikan bakar mirip-mirip saja, yang membedakan adalah rasa atau daya tarik sambalnya.

Ah ya, ada satu lagi yang menarik dari rasa khas ikan bakar di Makassar, yaitu karena membakarnya di atas arang, rasa khas arangnya membuat rasa ikannya lebih enak dan unik. Berbeda dengan memanggang dengan menggunakan peralatan modern. Jika ingin membuatnya sendiri tentunya jauh lebih repot.

Tak sulit mencari tempat jual ikan bakar di Makassar. Jika Anda bertanya kepada masyarakat, banyak yang bisa menunjukkanmu di mana saja yang menjual ikan bakar namun tentunya Anda inginnya mencicipi yang rasanya istimewa, kan?

Lalu di mana restoran yang recommended ikan bakar dan sambalnya? Ada beberapa sebenarnya, sih, salah duanya adalah Lae-lae dan Cobek-cobek. Ah ya, Anda juga harus mencoba warung makan Pangkep yang menjual ikan bakar dan sop saudara. Yang terekomendasi adalah Sop Saudara Fly Over dan warung makan Pangkep di jalan Rappocini Raya (depan kampus lama UIT).

Ah, kalau mau mengunjungi rumah makan yang menjual aneka jenis ikan bakar bisa mengunjungi restoran Ratu Gurih, Lae-Lae, New Dinar, Apong, atau Ulu Juku'.

Pallumara.

2. Pallumara


Masakan pindang ikan (ikan yang direbus) ini merupakan masakan ikan yang disukai di Sulawesi Selatan. Rasa khas asamnya yang segar, jika disantap dengan cabe ataupun sambal, sangat disukai. Tak sulit menemukan masakan yang berbumbu dasar bawang putih, bawang merah dan kunyit ini.

Rasa asamnya bisa diperoleh melalui asam Jawa, asam manga, ataupun jeruk nipis. Yang membuat beberapa rumah makan disukai karena rasa pallumaranya berbeda adalah yang mempunyai resep rahasia modifikasi dari resep konvensional.

Contoh warung atau rumah makan yang favorit masakan pallumaranya adalah Warung Mappanyukki milik H. Abdullah dan Ulu Juku, jalan Racing Center.

3. Pallubasa ikan


Kalau biasanya makanan pallubasa berbahan baku daging sapi atau daging kerbau, pallubasa ikan menjadi alternatif yang menyegarkan organ pencernaan. Tanpa perlu khawatir dengan kolesterol karena berbahan baku ikan, Anda layak mencoba pallubasa ikan.

Bumbunya banyak, di antaranya jintan, kelapa sangrai, ketumbar, pala, jahe, cengkeh, lengkuas, dan serai. Untuk lebih lengkapnya, jika ingin praktik, Anda bisa browsing, sudah banyak yang menuliskan resep masakan khas Makassar ini.

Belum banyak warung dan rumah makan yang menjualnya di Makassar. Namun ada rekomendasi yang bisa Anda coba, Pallubasa Kepala Ikan Kerapu Tinumbu.

Pallukaloa.

4. Pallukaloa


Sekilas, pallukaloa mirip dengan pallubasa namun ternyata kedua masakan ini berbeda. Sama-sama kaya bumbu namun perbedaan utamanya adalah pallukaloa menggunakan bumbu keluwak sementara pallubasa tak menggunakan keluwak.

Kaloa dalam Bahasa Makassar dan Bahasa Bugis berarti keluwak, bumbu yang memiliki kulit keras itu. Tahu kan keluwak, bumbu berwarna hitam yang membuat rawon memiliki rasa khas itu? Nah, itulah yang menjadikan ikan yang dimasak ala pallukaloa ini memiliki rasa khasnya sendiri.

5. Gulai Kepala Ikan


Gulai Kepala Ikan yang patut Anda coba adalah yang ada di rumah makan Ulu Juku’, jalan Racing Center. Jika dilihat sekilas, mirip dengan Pallumara Kepala Ikan yang ada di rumah makan ini namun perbedaannya adalah, masakan gulai menggunakan santan sementara masakan pallumara tidak menggunakan bahan santan.

Gulai kepala ikan.

Nah itulah 5 rekomendasi masakan ikan khas di Makassar yang patut Anda coba jika berkunjung ke kota ini. Selain rekomendasi ini tentunya ada berbagai jenis ikan goreng yang enak juga selain kelima jenis masakan ikan ini.

Sebenarnya masih ada jenis masakan ikan lain sih, misalnya jenis masakan ikan dari bagian lain pulau Sulawesi: dari Sulawesi Utara dan Gorontalo dijual di Makassar. Tapi bolehlah mulai dari rekomendasi yang 5 ini dulu, ya.

Makassar 22 November 2019




Share :

7 Komentar di "5 Jenis Masakan Ikan Favorit di Makassar"

  1. Wah saya suka banget nih Mbak sama yang namanya ikan bakar ini Mbak

    ReplyDelete
  2. Banyak banget nih ya Mbak makanan di Makassar yang super enak ini hihi

    ReplyDelete
  3. Menggoda sekali nih Mbak menu makanan yang ada di Makassar ini. Jadi pingin ke sana hihi

    ReplyDelete
  4. Saya jadi makin penasaran nih sama masakan gulai kepala ikan ini Mbak hehe

    ReplyDelete
  5. Wah ada yang lagi ngomongin makanan nih ya. Hmmm enak banget tuh Mbak

    ReplyDelete
  6. Yang paling saya sukai adalah gulai kepala ikan. Santannya itu Lo, bikin gurih.

    ReplyDelete
  7. wah mantap kulienr makasar ini, jd penasaran juag, di cirebon jarang ayng menjual kuliner makasar

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^