4 Sumber Inspirasi Bisnis Zaman Now

4 Sumber Inspirasi Bisnis Zaman Now – Mendengar seorang sahabat bertutur tentang bagaimana dia menggali inspirasi bisnis pada suatu siang yang cukup adem, dalam hati saya kagum padanya. Memutuskan berhenti menjadi bos di kantor orang lalu mengendalikan usaha sendiri baginya adalah bukan untuk menjadi lebih kaya namun agar mampu memberi manfaat lebih besar lagi kepada sesama.

Beberapa kali bertemu dengannya di sebuah kafe yang terletak di sudut sebuah mal, saya tahu sahabat ini sosok yang disiplin. Makanya saya tak mau membuang waktunya ketika kami sudah janjian. Saya berusaha datang tepat waktu dan pamit sebelum waktu yang dia isyaratkan hendak bertemu rekanan ataupun orang yang membutuhkannya.

Di mata saya, dia memang melakukan hal-hal yang memberi manfaat dan maslahat bagi orang lain. Saya pun sering mendapatkannya secara free meskipun dia menemani saya dengan uraian-uraian yang tak lepas dari apa yang telah dia peroleh sebagai seorang profesional selama lebih dari 20 tahun. Sumber ide usaha berdasarkan pengalaman kian lama menjadikannya kian mumpuni dan shining.


Sumber Inspirasi Bisnis

Sumber Inspirasi Bisnis

 

1. Pengalaman Sebagai Sumber Inspirasi Bisnis

 

Sumber inspirasi yang akan selalu ada dan tidak akan pernah mati berupa pengalaman dari sang pejalan kehidupan, seperti sahabat saya itu. Siapapun berhak menggali ide berdasarkan motivasi dari pengalaman kesehariannya.

Banyak orang di sekitar kita yang akhirnya menjalankan usaha berangkat dari hobi. Ada yang bergerak dalam bidang kuliner, crafting, fotografi, tanaman, dan sebagainya. Sumber peluang usaha datang dari hal-hal yang “ala bisa karena biasa”. Berbisnis dengan passion adalah hal yang membahagiakan bagi mereka setiap harinya.

Di banyak wilayah, dalam suatu radius terdapat jajaran penjual jenis makanan atau barang yang sama. Misalnya di Lampung, sejumlah pedagang keripik pisang berjualan di sekitar pekuburan umum. Di Makassar, kawasan jalan Somba Opu dan sekitarnya banyak yang jual oleh-oleh khas Makassar. Tidak perlu bertanya bagaimana menganalisa peluang sebelum dijadikan bisnis dengan bertaburnya pedagang lain. Yang jelas, mereka belajar dari pengalaman.

 

2. Inspirasi dari Buku

 

Sejumlah orang lebih suka mencari sumber-sumber inspirasi bisnis dari buku-buku. Banyak buku yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia yang dapat memberikan gambaran apa saja sumber inspirasi ide bisnis hingga motivasi bagi yang baru mau membangun ataupun yang sedang bertahan membangun bisnisnya dalam gempuran ujian.

Beberapa judul buku yang ditulis dalam bahasa Indonesia semisal Mendobrak Pola Pikir Kolot, Inspirasi Inspired Menciptakan Produk Teknologi Disukai Pelanggan, Berbisnis Untuk Menang Atau Tidak Berbisnis Sama Sekali, Disruption, dan Self Driving, menjadi pegangan para pembacanya.

Tak jarang mereka juga mengoleksi buku-buku karya penulis luar negeri seperti Outliers, The Hard Thing About Hard Things, Think and Grow Rich, Rich Dad, Poor Dad, The 4-Hour Workweek, dan Magic of Thinking Big. Bagi orang-orang seperti ini, berinvestasi dalam bentuk buku adalah sebuah keharusan.


Sumber ide bisnis

3. Inspirasi dari Internet

 

Zaman now memungkinkan banyak hal bisa dipelajari dan disimak tanpa perlu ke mana-mana. Beragam cerita bisa kita simak dari rumah saja, berbekal internet. YouTube menjadi salah satu tempat mencari sumber ide bisnis. Ada beragam artikel dan buku PDF bermutu terkait dari mana sumber ide bisnis yang bisa diperoleh di internet.

Bisnis Cukur Rambut Berhasil Ala Barber Man Presiden RI, Cat Hotel dan Spa, Modal Minyak dan Lilin Bisa Raup Omzet Jutaan, Bisnis Kerajinan Tangan (Merajut), dan aneka ide Bisnis UMKM pada Masa Pandemi hanyalah segelintir dari tontonan berkualitas yang bisa Anda nikmati di YouTube untuk mendapatkan ide bisnis apa yang tidak pernah mati saat ini.

 

4. Inspirasi dari Film Layar Lebar

 

Film Terbang Menembus Langit yang rilis 2018 ini diangkat dari kisah nyata Onggy Hianata adalah salah satu film Indonesia bermuatan motivasi bisnis yang pernah saya tonton. Berkat keuletannya, dari Tarakan (Kalimantan Timur) dia mengadu nasib di Surabaya, Tuhan membebaskan Onggy dari selaksa kegagalan dan akhirnya memberinya kesejahteraan.

Film bisa menjadi media menarik untuk belajar sesuatu, tak terkecuali bisnis. Jika Anda menyukai menimba makna dari sebuah film, coba luangkan waktu membaca artikel 5 Film Indonesia yang Cocok Untuk Pebisnis. Ada 5 film lagi yang layak menjadi referensi dalam menambah pengetahuan. Beberapa film yang direkomendasikan masih bisa ditonton melalui aplikasi nonton.

Melalui kelima film tersebut Anda bisa belajar mengenai opportunity cost, gambaran dalam mengelola bisnis dalam kedai kopi, membangun bisnis sesuai passion, bagaimana balancing kepercayaan terhadap pasangan di tengah situasi bisnis yang juga menuntut perhatian, dan sebagainya.


Film Inspirasi Bisnis

Blog Obsesi Untuk Negeri

 

Mungkin Anda tengah mencari ide bisnis apa yang tidak pernah mati yang bisa dikelola dengan cukup aman selama masa pandemi seperti sekarang ini? Blog Obsesi Untuk Negeri bisa jadi menyimpan jawaban untuk Anda. Artikel berjudul 5 Film Indonesia yang Cocok untuk Pebisnis dan 5 Cara Eksis Jualan di Facebook Tanpa Keluar Biaya hanyalah 2 di antaranya.

Blog ini dari www.ninjaxpress.co ini merupakan bukti nyata bahwa Ninja Xpress memiliki program yang sejalan dengan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Indonesia di masa pandemi ini.

Ninja Xpress hadir di Indonesia sejak tahun 2015. Setia mewujudnyatakan dukungannya terhadap UMKM dan brand lokal untuk berkembang, Ninja Xpress meluncurkan kampanye #ObsesiUntukNegeri dengan melakukan program-program inisiatif seperti Ninja Academy maupun program kolaborasi.

Ninja Xpress juga terus berinovasi untuk menghadirkan ekosistem digital yang mampu mendukung para pengusaha lokal dan menjawab kebutuhan UMKM. Salah satunya adalah blog yang mana di dalamnya terdapat aneka konten eduktif dan inspiratif, seperti penggunaan media sosial untuk tujuan marketing.

Ada pula bermacam sumber peluang usaha yang mudah dikerjakan dalam masa pandemi dan sumber inspirasi bisnis seperti artikel 5 Film Indonesia yang Cocok Untuk Pebisnis.

Makassar, 18 Agustus 2021



Share :

40 Komentar di "4 Sumber Inspirasi Bisnis Zaman Now"

  1. Salut sama yang kayak gini, sudah kerja pasti di kantor orang, tetapi karena beberapa alasan memilih mendirikan bisnis sendiri, good job menginspirasi sekali.

    ReplyDelete
  2. Terkadang yang namanya inspirasi bisnis susah munculnya. Jadi ya yang sebaiknya kita lakukan bukan menunggu sampai inspirasi itu datang. jadi, gerak aja dulu. Lakukan apa yang ada di hadapan. Nah, nanti nyari inspirasinya bisa sambil jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata inspirasi bisnis bs didapat dari mana saja termasuk apa yg ada di depan mata. tinggal pilihan mau bergerak mewujudkan ide dan inspirasi atau diam pura2 tak ada inspirasi. hehe

      Delete
    2. Yes, mau bergerak atau mencari inspirasi terus tanpa gerak ya? Tinggal dipilih :D

      Delete
  3. Baru kepikir juga, bahwa sebenarnya ada juga film yang menginspirasi kita untuk berbisnin.
    Biasanya hanya menginspirasi untuk suatu pola pikiri atau permasalahan hidup saja.

    ReplyDelete
  4. sepakat banget sama mbak Niar. kalau sumber inspirasi bisnis zaman now tuh bisa kita temukan di mana aja. mulai dari buku, film, atau internet. Kudu banyak membaca situasi juga ya mbak sebelum memulai sebuah bisnis. Keren nih ninjaexpres memiliki info menarik buat teman2 yang ingin memulai bisnis.

    ReplyDelete
  5. banyak ya sumber inspirasi bisnis yang bisa didapatkan di jaman sekarang jaman yang serba canggih dengan digitalnya, dan memampukan orang untuk berbisnis dari rumah dengan teknologi digital

    ReplyDelete
  6. Asik yaa, film-film yang menginspirasi untuk berbisnis dan juga bisa kita tilik dari berbagai sisi lainnya. Bahkan meski film itu gak seberat Wall Street atau film-film tentang bisnis dan ekonomi lain, tetep ada inspirasi bisnis yang bisa dilirik di dalamnya.

    5 film yang cocok untuk pebisnis ini recommended banget ya kak.
    Soale selain kasih inspirasi bisnis yang menarik, di film-film itu juga tampilin jalinan cerita dan aktir-aktor yang oke. Buat para pebisnis yang sering stuck, atau nemuin tantangan yang bikin desperado, dijamin relatable deh nonton 5 film itu.

    ReplyDelete
  7. Di zaman pandemi begini, inspirasi merintis bisnis memang sangat seksi untuk ditelusuri karena bisa jadi alternatif solusi ekonomi bagi yang terdampak, ya. Aku udah intip tautan artikelnya dan terpikir ada satu lagi film Indonesia yang membahas bisnis yaitu Tampan Tailor.

    ReplyDelete
  8. Memang yang paling nikmat itu jadi wirausaha ya mbak , tidak mendapat tekanan dari bos dan punya waktu luang yang banyak. Btw film yg cek toko sebbelah itu saya suka banget karena banyak pesan moralnya

    ReplyDelete
  9. Sangat menginspirasi sekali. Memang kadang untuk memulai berwirausaha butuh semangat dan hal-hal uang mengisnspirasi sehingga ada power tambahan untuk bisa memulainya. Terpenting dimulai dengan niat dan dicoba dijalankan

    ReplyDelete
  10. Memang perlu banget nih inspirasi dalam berbisnis. Krn menjalankan bisnis harus beda lah gitu, lain dari yg lain. Demi menarik perhatian konsumen.

    ReplyDelete
  11. Semangat kadang membara krn terinspirasi oleh keadaan atau orang lain. Apalgi bisnis, dalam dunia bisnis banyak pebisnis sukses krn terinspirasi oleh sosok yg sukses.

    ReplyDelete
  12. Sekarang cari inspirasi tuh mudah sih... menurutku lho ya... Tinggal tekan tombol, scrolling, inspirasi auto ngalir. Tapi baiknya disaring nuga, kelebihan inspirasi kadang bisa bikin kita gelisah, untuk mencegah, tiap dapat inspirasi segera catat dan eksekusi.

    ReplyDelete
  13. Ada beberapa film Indonesia tematik yang sangat bagus. Salah satunya ya Cek Toko Sebelah ini. Terkadang saya menonton film Indonesia memang dari rekomendasi teman

    ReplyDelete
  14. Tetanggaku juga ada yang gini nih Mbak Niar. Menurut aku, gaji beliau di perushaan ternama di Kudus tuh udah We O We banget, tapi entah kenapa, beliau sekarang malah mendirikan perusahaan gula sendiri, dan pastinya membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

    Ah iya, ini inspirasi untuk berbisnis sebenarnya bisa dari mana aja ya.

    ReplyDelete
  15. Ada banyak cara untuk menemukan ide bisnis jaman sekarang sih. Paling sering bisa dilihat melalui internet ya. Saya beberapa kali baca-baca dari buku juga menemukan ide membuat sesuatu.

    ReplyDelete
  16. Inspirasi bisnis ini sungguh zaman sekarang bisa didapat dari banyak hal di sekitar kita.
    Aku follow Papa online ((Pak Sandiaga Uno)) dan sering banget dapet konten mengenai bisnis UMKM.

    Terus semangat di masa pandemi.

    ReplyDelete
  17. Saya suka kalau film dengan tema menginspirasi seperti itu. Malah terkadang lebih nempel di dalam ingatan. Apalagi kalau filmnya bagus

    ReplyDelete
  18. Nah iya sekarang banyak inspirasi bisnis yang bisa dicoba juga ya. Awalnya dulu aku buka WO juga, karena terinspirasi dari temen dan baca buku juga.

    ReplyDelete
  19. Banyak inspirasi didapatkan dari berbagai sumber untuk berbisnis zaman now ya mbak. Semuanya bisa digabungkan dan diambil yang paling cocok dengan kita

    ReplyDelete
  20. sekarang ini kalau mau bisnis makin mudah mencari referensi bisnis ya mbak.
    bisa dari mana saja, tinggal dipilih sesuai kebutuhan kita

    ReplyDelete
  21. jadi apa aja 5 film tersebut mak, kalo milly dan mamet aku udah nonton, adalah inspirasi dari sana, aku lebih suka dengar pengalaman pebisnis langsung sih, senang belajar semangatnya

    ReplyDelete
  22. Sumber inspirasi bisnis sekarang banyak sekali ya mbak. Aku pribadi paling ya baca buku dan nonton film. Selain itu ngulik2 youtube atau podcast juga sih. Hehe

    ReplyDelete
  23. aku se[pakat sih mudahnya cari inspirasi bisnis jaman now yang serba digital, akses mudah

    ReplyDelete
  24. aku punya impian bisnis tuh dari kesukaan nyewa mainan, udah dipendam sekitar 7 tahun keinginan ini. yg akhirnya aku buka juga malah pas awal2 pandemi banget.

    ReplyDelete
  25. Inspirasi dari youtube juga bisa nih, karena sekarang banyak chanel yang meliput kesuksesan para pebisnis dengan detail

    ReplyDelete
  26. Di antara semua buku yang disebut saya cuma pernah baca buku terjemahan rich dad poor dad aja kak.. hihihi menjalankan bisnis memang terkadang dibutuhkan pengalaman. Rata-rata mereka pebisnis hebat pernah mengalami pasang surut ya kan kak.

    ReplyDelete
  27. Aku paling suka menggali ide dari buku sih, film juga kadang2. Apalagi sekarang film bagus bagus tuh ngga perlu bayar mahal, legal lagi aksesnya. Ini yang bikin candu buat saya heheh

    ReplyDelete
  28. Saya juga lagi keidean suatu bisnis yang terinspirasi dari film. Masih sekedar ide sih karena sepertinya agak susah direalisasikan di masa sulit seperti sekarang. Tapi one day, I'll try it.

    ReplyDelete
  29. Iya banget, untuk orang yang peka, apa pun bisa jadi super inspirasi ya. Kayak bisnis juga, bisa dari mana-mana inspirasinya. Dari denger-denger langsung cerita orang lain, dari buku, dari internet, dan dari film. Kayak temenku, dia pernah berbisnis makanan karena tergelitik di sebuah film. Walopun gak terus karena pandemi, setidaknya sudah pernah mencoba. Dan ya, untuk bisa berhasil memang tetep kuncinya di telaten dan terus mencoba tanpa berhenti.

    ReplyDelete
  30. Saya ingat waktu memulai usaha toko obat ketika masih tinggal di Perumnas Sudiang, inspirasinya berasal dari adik laki-laki saya yang sudah lama merintis toko obat. lalu mencoba membuka usaha konveksi di mana ini juga inspirasinya dari pengalaman waktu remaja menjadi penjahit baju kodian.
    Untuk sekarang ini, saya sudah kehabisan ide untuk mulai usaha lagi. Disamping waktu yang semakin habis tergerus dengan mengajar dan menulis yang mengasyikkan, fisik saya juga sudah tak mendukung akibat seiring dengan usia yang makin menua.
    eh, curcol jadinya. hahaha.

    ReplyDelete
  31. aku tuh banyak banget impian cuma lagi pusing mikirin yang mana duluan, fokus untuk nemani anak-anak dulu dan semangat lagi berbisnis di era pandemi ini ya dengan banyak ide ini ya

    ReplyDelete
  32. Bookmark deh artikel Kak Niar ini, sumber inspirasi bisnis zaman now itu ada di sekitar kita dan berada di dalam genggaman kok ya... apalagi ninjaxpress blog sumber bisnis yang inspiratif nihh

    ReplyDelete
  33. Setuju sumber inspirasi zaman now banyak dan mudah didapat kapan hari ku juga baca nih ninjaxpress blog sbg sumber bisnis emang inspiratif sih ya

    ReplyDelete
  34. Wah setuju mbak ;) bisa jdi tambahan nih sumber inspirasi dari para influencers yg berbisnis hihi

    ReplyDelete
  35. Sekarang sumber inspirasi memang bisa didapat dengan banyak cara dan bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Hasilnya bikin kita jadi makin tambah semangat untuk melangkah karena serasa punya energi baru.

    ReplyDelete
  36. Sudahmeka nonton juga ini beberapa film-nya
    Banyak inspirasi soal bisnis
    Tinggal kita saja sebenarnya yang mau bergerak, mencoba atau masih takut gagal

    ReplyDelete
  37. Kalau saya biasanya terisnppirasi bisnis dari sosial media mbak..soalnya tiap hari lihat sosmed melulu hehehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^