Modal Minyak dan Lilin Bisa Raup Omzet Jutaan

Modal Minyak dan Lilin Bisa Raup Omzet Jutaan – Sekonyong-konyong aroma khas laki-laki menguar ketika anak bungsu saya mondar-mandir keluar-masuk kamar mandi. Sesaat saya mengernyitkan kening. Rasanya saya tak pernah membelikan barang dengan aroma seperti itu untuk anak lelaki saya.

“Kamu pakai minyak rambut Ato’. Kenapa harum begini?” saya mencecar si bungsu dengan pertanyaan sembari menciumi pipi tembem dan rambutnya.

“Pomade, Mama itu … dia pake pomadenya Ato’. Bukan minyak rambut,” si tengah memberi jawaban bahwa si bungsu mengenakan pomade milik kakeknya.

“Heh, nanti rambutnya putih bagaimana? Kamu pakai minyak rambut kakek-kakek?” saya melemparkan gurauan yang membuat si bontot terdiam. Dia bingung hahaha.

Lagi-lagi saya menyebutnya “minyak rambut” padahal maksudnya pomade. Minyak rambut mah yang dulu saya dipakaikan ibu saat saya kecil. Minyak rambut urang aring 😆.


Michael Nugroho

Eh, setelah saya buka Kamus Besar Bahasa Indonesia, artinya pomade itu ya minyak rambut yang kental, berbau harum. Berarti memang tidak salah dong saya menyebutnya “minyak rambut”. 😄

Pomade sebenarnya lazim di kalangan lelaki. Kak Seto pakai pomade sejak tahun 1960-an. Ayah saya yang sudah berusia kepala 8 saja masih mengenakannya. Anak bujang saya – si sulung juga sesekali menggunakannya. Dia punya pomade yang sampai sekarang belum habis-habis karena jarang dipergunakan.

 

Smith: Pomade Kondang Asli Indonesia

 

Suami saya saja yang sama sekali tidak suka menggunakan pomade di rambutnya makanya khazanah saya mengenai per-pomade-an kurang luas. Saya malah mengira hampir semua pomade yang beredar di Indonesia buatan luar negeri. Perkiraan saya berubah ketika baru-baru ini menyaksikan video tentang sosok muda asal Indonesia yang kondang dengan bisnis pomadenya.

Video yang saya tonton di kanal YouTube Ninjaxpress.co itu berjudul Cuma Modal Minyak Sama Lilin, Tapi Bisa Raup Omset Jutaan! | BERGURU Eps.14 Bersama Kak Seto. Video tersebut menampilkan Michael Nugroho, seorang owner dari jenama pomade “SMITH”.

Sudah sekian kali menyimak video @ninjaxpressid, selalu saja saya menemukan inspirasi dan insight. Sebagaimana ketika menyimak video mengenai barber man langganan Pak Jokowi, ada beberapa pelajaran penting yang bisa diambil dari bincang-bincang Kak Seto sebagai pewawancara dengan Michael.

 

Pelajaran Penting dari Michael Nugroho, Brand Owner Smith

 

Inspirasi dari Michael Nugroho bisa ditonton dalam kanal YouTube Ninjaxpress.co. Saya sudah menontonnya dan menyimpulkan pembelajaran di dalamnya, di antaranya:

 

1. Berani melangkah.

 

Michael dan 9 orang kawannya berani memulai bisnis dengan modal tak sampai 10 juta rupiah ini. Dia yakin, Smith akan selalu dibutuhkan karena lelaki membutuhkan produk khusus lelaki. Produk yang dia buat sudah sesuai pula dengan karakter orang Indonesia, tentunya mudah diterima oleh orang Indonesia.

 

2. Memulai dari hobi.

 

Dari yang awalnya hobi mengenakan pomade, Michael kemudian beralih menjadi pengusaha pomade karena menurutnya, dengan berkreasi sendiri dia bisa membuat custom pomade yang sesuai dengan yang diinginkannya.

 

3. Pantang menyerah dalam berkreasi.

 

Meskipun harus puluhan kali melakukan uji coba terlebih dulu, tak menggoyahkan semangat Michael dan kawan-kawannya hingga menemukan formula yang pas. Michael mulanya sangat awam dengan segala jenis bahan dan alat yang dipergunakan karena tidak memiliki latar belakang dalam bidang kosmetik. Usahanya membuahkan hasil berkat kemauan yang kuat dalam belajar dan pantang menyerah dalam berkreasi.


Berguru Pomade
Michael dan Kak Seto praktik membuat pomade.

4. Inovatif.

 

Setelah memproduksi pomade dengan brand Smith dalam beberapa varian, Michael akan meluncurkan produk-produk lain khusus skincare untuk lelaki, yaitu sampo, sabun, dan facial wash. Keberhasilannya dengan pomade tidak menghentikannya. Uji coba terus dilakukan untuk menghasilkan produk-produk lain.

 

5. Memanfaatkan teknologi dalam marketing.

 

Kini Smith mudah diperoleh melalui akun-akun media sosial dan juga sejumlah e-commerce. Michael memanfaatkan media sosial dan internet dalam memasarkan Smith.

***

Well, modal minyak dan lilin saja memang bisa meraup omzet jutaan rupiah asalkan ada keinginan kuat yang diikuti tindakan konsisten dalam mewujudkannya. Siapapun bisa belajar dari Michael dan sosok-sosok inspiratif lain melalui lebih dari 100 video dalam channel YouTube Ninja Xpress.

 

BERGURU Melalui Video YouTube      

 

Sejumlah video memberikan inspirasi mengenai ide bisnis/UMKM yang bisa dijalankan dengan mudah pada masa pandemi ini. Ragam usaha baru bisa dimulai dari rumah melalui konten BERGURU yang tayang setiap satu pekan sekali.

Dalam video ini, Michael bukan hanya berbagi inspirasi mengenai bagaimana dirinya memulai usaha pomade namun juga berbagi formula pomadenya supaya siapapun yang menonton bisa membuatnya dan menjadikannya ide usaha. Luar biasa bukan, modal minyak dan lilin bisa raup omzet jutaan!

Michael, dalam video di link: https://bit.ly/Berguru_E14_MU mempraktikkan bagaimana memasukkan micro crystal wax ke dalam double boiler dengan panas hingga 100 derajat Celsius, mengaduk-aduknya hingga mencair, dan keseluruhan proses hingga tercipta pomade.


Tips sukses ala Michael Nugroho

Selain Michael dan Smith-nya, di dalam channel YouTube Ninja Xpress ini, siapapun bisa menyimak kolaborasi melalui konten Youtube bersama para kreator lokal untuk mendukung UMKM dan brand lokal serta bermacam komunitas menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru. Nah, salah satu jenis kontennya diberi tajuk BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru).

Melalui konten BERGURU ini sejumlah tips dan tutorial untuk memulai usaha dari rumah dikemas apik dalam bentuk talkshow santai. Kategori konten bertujuan untuk mendorong masyarakat menciptakan usahanya sendiri dan mengubah persepsi jika sesuatu yang terlihat sulit itu sebenarnya mudah jika mau mencobanya terlebih dulu.

Saya kasih bocoran nih, apa saja yang sudah pernah diulas di kanal @ninjaxpressid:

  • Cari Profit dan Hidup Sehat dengan Bisnis Jamu Rumahan
  • Opsi Bisnis Bercuan Tinggi Buat yang Senang Bersepeda!!
  • Mulai Bisnis Baru dengan Belajar Merajut Bersama Papiput
  • Belajar Masak Odading!! Kalau Dijual Untungnya Jutaan!!
  • Tutorial Membuat Tie-Dye di Rumah!
  • Ternak Belatung yang Menguntungkan!!! Ini Cara Budidaya Maggot BSF!!!
  • Dan masih banyak ide lainnya.

Menarik, kan?

Well, you know-lah ya ... sekarang masih masa pandemi COVID-19 yang mengubah pola perilaku masyarakat. Kecenderungan masyarakat banyak yang memilih diam di rumah, mengurangi mobilitas dan menghindari berkerumun.

Nah, hal ini membuat kita melakukan banyak hal yang biasanya dilakukan di luar menjadi dari rumah. Bisa jadi, memanfaatkan waktu dengan ide-ide bisnis juga mendatangkan keuntungan, bukan?

Episode demi episode BERGURU ringan ditonton, hanya sekira belasan menit per episodenya. Kalau sudah masuk kanal YouTube resmi milik Ninja Xpress, ingat untuk subscribe dan like. Kalau punya ide, tulislah di kolom komentar, apa episode BERGURU selanjutnya yang memeberikan wawasan untuk kita pelajari bersama!

                                                                                                                                                                  Makassar 2 April  2021



Share :

133 Komentar di "Modal Minyak dan Lilin Bisa Raup Omzet Jutaan"

  1. Inspiring bangettt kanal YouTube Ninja Xpress ini ya Kak.

    Aku bbrp kali ikuti acaranya....dan barangkali banyak pegiat UMkM yg kudu nonton ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inspiratif ya, Mbak Nurul, bisa jadi ide buat banyak orang.

      Delete
    2. Iyaaaakk, bener bangettt
      dan kadang ide bisnis itu bisa berasal dari hal2 sederhana
      asalkan dieksekusi dgn mantab jiwa ya

      Delete
    3. nahiya kalo cuma ide tanpa eksekusi ya gimana ya..semacam berkhayal aja gitu. Ide bisnis kaum muda memang keren2..padahal dari hal-hal yang receh ya..

      Delete
    4. Ternyata dari yang awalnya hobi memakai malah bisa jadi produsennya. Keren ya.

      Delete
  2. Aku td tonton video pembuatannya, kliatan mudah, tp aku yakin ga segampang itu. Salut utk ownernya yg selalu mau berusaha mencari inovasi, dari pembuatan Pomade sendiri.

    Kak Seto cocok memang dijadikan tamu dalam videonya :D. Kalo udah melihat rambutnya yg ttp hitam dan gaya, lgs inget Pomade memang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Seto meski generasi lawas tapi rambutnya gak kalah sama yang jaman now ya.. Pomade squad juga..

      Delete
    2. Wah iya ya Mbak Fanny, betul juga. 😁

      Delete
  3. Wah keren ya.. perjuangan bisnis Michael dengan Smith-nya sangat menginspirasi. BERGURU memang ok punya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, inspiring banget!
      Apalagi di masa pandemi gini, hal2 kayak gini bisa jadi ide bisnis brilian yak.

      Delete
    2. Ternyata bisa jadi bisnis ya, pomade dibuat sendiri.

      Delete
    3. Saya juga sudah buat sabun dari minyak lo hahaha
      Tapi tidak sehebat minyak lilin di atas
      Masih skala dipakai sendiri

      Delete
    4. Ih kerennya mamak Salfa, rajinnya berkreasi tawwa.

      Delete
    5. Hahaha karena memproduksi tulisan saya rasanya butuh refreshing dulu ke Makassar

      Delete
    6. Semoga ya ... segera setelah coronces pergi atau berkurang.

      Delete
  4. wah inspiratif banget ceritanya ya mbak
    emang paling enak klo membuka bisnis yg berawal dari passion
    menjalaninya jadi hepi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa padahal ini awalnya bukan passion bikin pomade, malah cuma hobi memakai saja, lho, Mbak. Keren ya.

      Delete
  5. Wah, menarik banget nih. Otw mampir ke youtube ninja Xpress ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus, Mbak .... banyak video inspiratif tuh di sana.

      Delete
  6. Selalu kagum dengan proses proses para wirausahawan muda untuk memulai dan mengembangkan bisnisnnya. SElalu ada hal positif yang bisa kita ambil dari semua itu. Salut deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga kagum, Mbak .. luar biasa ya.

      Delete
  7. Karena apapun bisa diusahakan dan diberdayakan selama punya niat dan kemauan untuk benar benar mencobanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya benar, dimulai dari niat dan ketekunan ya.

      Delete
    2. Iye
      Nabilang bapakku sukses itu dari tekun
      Kalau ada yang bilang rezeki yaa sejalan sama usahannya yang kadang tidak terlihat

      Delete
  8. Aku baru tahu kalau ada channel BERGURU ini, Mbak, langsung kucari dan subscribe nih. Lumayan bisa buat list tontonan pas nyuci piring dan masak. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, aku juga baru tahu. Dan langsung deh ke tekape untuk subscribe. Siap ubek-ubek semua videonya 😁

      Delete
    2. Iyaa, saya pun subscribe karena keren kontennya. Terus sering ada kuisnya, hadiahnya lumayan lho.

      Delete
  9. Wuih keren banget. Kreatif dan produktif. Milenial yang patut jadi contoh. Dengan modal minimal bisa untung maksimal ya. Huhu malu deh aku. Aku juga cus ke channel BERGURU ah. Nyari2 yang bisa aku pelajari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih anak-anak muda di channel Ninja Xpress keren-keren, Mbak ... benar, jadi malu rasanya.

      Delete
    2. Iya ya aku baca beberapa review bisnis di channel BERGURU tuh keren banget. Inovatif dan menginspirasi buat survive di masa pandemi

      Delete
    3. Setuju dan kebanyakan masih muda pula.

      Delete
  10. Jadi ingat adik aku (adiknya suami siih...tapi deket banget sama aku), beberapa kali titip belikan pomade yang kekinian.
    Ternyata, gak hanya skincare perempuan loo.. yang kekinian.

    Produk pria juga ada, dan khususnya untuk remaja.
    Salut sama Berguru. Ini bisa mengajarkan interpreneurship pada anak muda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lho, pomade ternyata bisa jadi barang kekinian ya.

      Delete
  11. Ya ampun aku baca daftar ide bisnis yang pernah dibahas NinjaExpress terkejut banget ada ternak belatung haha.. Penasaran jadinya... Semoga sukses semua ini pebisnis2 keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, coba deh ditonton. Seruuu ... grli-geli kagum deh pasti.

      Delete
  12. Seruu banget ya mbak webinarnya. Aku jadi tambah banyak insight juga nih seputar bisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba simak channel-nya, banyak inspirasi lho di sana.

      Delete
  13. Aku malah baru ngeh ada Youtube Ninja Express ini mbak hihihi :) Kelihatannya seru banget dan menarik ditonton. Apalagi menyimak perjuangan Smith ini meraih pundi2 :) Memang harus ada niat ya, BERGURU yang benar seperti ini semoga terealisasi bisnisnya lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kok baru ngeh ya kalau pomade ini minyak rambut? Hehehe kudet amat yak ðŸĪĢ Wah, ga nyangka memang bisnis produk ini ternyata bisa sukses meraup keuntungan nesar.

      Delete
    2. Ternyata "pomade" istilah saja sih buat yang dipake lelaki tapi memang beda sih ya sama minyak rambut perempuan teksturnya.

      Delete
  14. Pomade emang lagi trending banget sekarang. Cara bikinnya juga mudah. Cocok buat bisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ternyata mudah ya cara bikinnya. Michael ini malah awalnya gak tahu caranya tapi belajar terus.

      Delete
    2. Jadi lebih Trendy jaman now tuh kalo pake Pomade yaak.
      Lumayan tuh harganya juga,ternyata bikinnya gampang banget

      Huaaa jadi inget temenku, yang selalu klimiis rambutnya pake

      Delete
  15. Seruuu banget acaranya ya Mbak, banyak insight menarik juga yang disampaikan, tentang gimana memulai & menjalankan sebuah bisnis. Keren ya acara dari Ninja Express ini. :)

    ReplyDelete
  16. Saya juga pernah pake pomade, waktu rambut potong pendek, biar keliatan macho gitu bund hahaha ðŸĪĢ. Sepertinya ninja express ini keren, buat pebisnis cocok, e tapi itu ternak belatung buat apa ya, ngebayangin saja udah merinding ðŸĪŠðŸ˜‚. Ada ada aja ya orang kreatif, semua bisa jadi cuan 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah ya kalau kreatif ... terus membayangkan ada anak gadis pake pomade hihi ...

      Delete
  17. Saya malah baru tahu istilah pomade ini. Ternyata sejenis minyak rambut yang biasa digunakan laki2 ya. Btw keren nih dari modal minyak dan lilin saja bisa menghasilkan omzet besar.. sudah intip videonya juga di channel Ninja Express. Sangat menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, menarik. Istilahnya sudah cukup lama tapi biasanya kita menyebut mereknya bukan istilah "pomade"-nya.

      Delete
  18. Wah wah kalau dipikir-pikir ternyata produk ini juga membawa sisi inspiratif ya mbak, menarik. Jadi ingat si adek di rumah yang dulu suka pake pomade.

    ReplyDelete
  19. Bisnis memang harus berandi dimulai, karena kalau tidak tidak akan jalan2. Semangat wahai calon pengusaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, keberanian memulai ya .. bukan sekadar ide.

      Delete
  20. Dah lama gak denger kata "Sekonyong-konyong" mbak, hehehe...sekonyong-konyong ada tawaran menarik dari BERGURU di youtube ya mak, bikin hidup kita tambah manjah dan semangats...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha ... iya Mbak Eka .. sekonyong-konyong .... iya yah sudah jarang yang pake istilah ini ya. :D

      Delete
    2. Haha saya dulu juga suka pake kata sekonyong-konyong (kayaknya waktu zaman masih suka nulis fiksi) sekarang sudah jarang...

      Btw sekarang memang sudah banyak ya channel youtube yang inspiratif

      Delete
  21. Wow, beruntung saya baca tulisan ini sehingga tahu tentang @ninjaxpressid. Oke. Siap meluncur ke kanal YouTube nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap ... nanti bis alihat ide-ide bisnis menarik, Mbak.

      Delete
  22. Sepertinya menarik dan sangat inspiratif ya ceritanya. Otw ke channel youtubenya ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus, Mas langsung ditengok kanal YouTube-nya.

      Delete
  23. Suami saya seorang barber dan dari dialah saya tahu apa itu pomade ðŸĪ­ Di pangkas rambut miliknya tersedia pomade titipan temannya (bukan iklan 😅) Sebelum menikah, saya sama sekali tidak tahu apa itu pomade.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren, pomade buatan lokal ternyata banyak yah :)

      Delete
  24. Wah terimakasih banyak untuk ulasannya. Lumayan jadi nambah satu referensi youtube channel yang bermanfaat pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap .. banyak yang bisa disimak di channel Ninja Xpress.

      Delete
    2. Semoga aja nih banyak yg mengikuti jejak nya ya mba Dan bisa memberikan Peluang tenaga kerja..apalg bisa untung miliaran kayak gini

      Delete
  25. Aku bebebrapa kali nonton Youtube Ninja Express ini
    Acaranya inspiratif banget. Menghadirkan ide-ide yang anti mainstream
    Dan ya pomade, gak nyangka bisa sesukses ini deh. Kereeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, beberapa idenya anti mainstream, menunjukkan bahwa memang orang harus mencoba ya, Mbak.

      Delete
  26. wahh keren banget ya yang dilakukan oleh ninja express ini
    bikin pelaku bisnis bisa mengembangkan bisnisnya secara optimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada tips-tips selain ide usaha di channel-nya.

      Delete
  27. Inspiring banget mb.. Mendulang emas dengan cara yanh sederhana. Aku aja g kepikiran.. Kreatif hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan krennya, Michael ini rela mencoba sampai puluhan kali sampai mendapatkan formula yang diinginkannya ....

      Delete
  28. Wow inspiratif banget ini ya Kak, modal passion terhadap pomade, berani memulai dengan modal seadanya, juga berani berkreasi akhirnya bisa sukses.. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modalnya kesukaan memakai pomade .. keren ya Mbak Dew.

      Delete
  29. Kreativitas seseorang adalah mesin rezeki bagi pemiliknya. Terima kasih, Mbak Mugniar. Salam untuk keluarga di Mskasar.

    ReplyDelete
  30. Iyaa anak milenial skrg hobinya pake pomade. Anak² sy jg gitu... Keren n kreatif ya bikin produk pomade gini tuk bisnis. Jempol deh 👍

    ReplyDelete
  31. Pomade memang legendaris. Benar2 kreatif ini, hanya bermodal barang yang sederhana dan mudah di dapat bisa menghasilkan omzet jutaan. Chanel yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  32. Wah menarik nih. Sempet kepikiran bisnis reseller pomade. Ada beberapa brand lokal yang jual murah. Bisa di resale lah. Setelah baca ini kok jadi oebgen buat brand sendiri aja ya.. Hmm

    ReplyDelete
  33. bisnis dari hobi itu menyenangkan sekaligus cuan banget ya. makanya kita kudu ngenalin dulu apa yang kita sukai sebelum memulai bisnis

    ReplyDelete
  34. Menarik nih Mbaa, ada tema2nya juga yaa, aku tertarik sama yang kelas merajut sepertinya bakalan asyik tuh. Karena bener, bisnis yg berhasil itu kebanyakan dari hobi yaah

    ReplyDelete
  35. Dulu saya juga kenal minyak rambut doang. Eh sekarang ada istilah pomade. Bahkan keponakan saya yang cowok udah pakai pomade sejak kelas 3 SD. Suka baca kisah sukses pebisnis lokal seperti ini. Apalagi di tengah masa pandemi. Semoga maju terus ekonomi Indonesia dan pebisnisnya.

    ReplyDelete
  36. Anak muda sekarang pada banyak yang kreatif yaa..
    Dan bagi yang kurang ide, bisa banget mencontoh ide di video BERGURU.
    Pomade memang salah satu pendukung penampilan anak muda millenial zaman sekarang. TOP banget.

    ReplyDelete
  37. jadi inget minyak rambut orang aring khas warna hijau haha.. atau minyak rambut lain yaitu minyak kelapa hahaha. Berguru ya.. oke note, ntar dikunjungin :D

    ReplyDelete
  38. Wah kreatif banget ya. Apalagi didukung dengan jasa ninjaxpress, makin mempermudah usaha ya..

    ReplyDelete
  39. Saya udah lama penasaran dengan youtube Ninja Xpress, selalu menayangkan video orang-orang kreatif. Dengan melihat tayangan BERGURU, siapa tau kita bisa dapat inspirasi ya..

    ReplyDelete
  40. Bener ya Kalo sudah digeluti dengan gigih pasti sukses bisa diraih ya.. banyak caranya sebenarya Kalo Kita mau.. gak kebayang awalnya bisa jutaan yg dihasilkan

    ReplyDelete
  41. Bagus nih program BERGURU nya, dan durasi videonya juga nggak terlalu panjang, pas lah buat mamak yang susah bisa pegang hp lama-lama begini.

    ReplyDelete
  42. Wah bikin pomade ya itu
    Wah keren nih Ninja express bikin konten Berguru jd makin menginspirasi org2 utk berwirausaha ya mbak? Penasaran aku sama konten2 lainnya, ntr intip2 ah :D

    ReplyDelete
  43. Wah saya ketinggalan banget nih, baru tau tentang BERGURU. Inspiratif gitu ya konten-kontennya? Makasih sharingnya, Mbak. Bisa ditonton nih besok-besok :)

    ReplyDelete
  44. Minyak rambut.. hahahah.. itu memang bahasa kita, Mba. Kalau anak2 mah pomade.memang kesuksesan kerjaan kita itu pasti berawal dari hal yang kita sukai ya, Mba. Macam hobi. Karena mengerjakan sesuatu yang kita cintai, walau berat tetap terasa indah dan ringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng ya ada platform yang gak pelit membagikan info usaha mau pemasaran di masa kyk sekarang ini mbak. Lumayan jg kalau jd lapangan pekerjaan baru nih.

      Delete
  45. YouTube Ninja Xpress ini memang keren. Buat saya yang punya bisnis juga bisa menginspirasi untuk semakin semangat cuan

    ReplyDelete
  46. Wah keren nih, mulai dari hobi dan usaha kemudian bisa jadi bisnis sendiri sampe punya omset gede ya maaaak.. asal ditekuni dan disukai pasti bisa berkembang dengan baik ya maaaak

    ReplyDelete
  47. jaman sekarang siapa dan apa aja bisa jadi guru yaaa mba dan platform belajar pun merambah hingga akun medsos ya mba. Good to know we have many new skills and choices for learning new things ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting setelah belajar berbagai ilmu baru ini kita juga harus semangat untuk jalankan bisnisnya

      Delete
  48. banyak cara untuk menjadi berhasil dalam suatu usaha, apapun modalnya asal niatnya kuat, bersungguh-sungguh dalam mengerjakannya dan istiqomah alias konsisten

    ReplyDelete
  49. Ninja Xpress memberikan edukasi yang keren banget. Bukan hanya sekedar teori tutorial, tetapi juga diberitahukan cara eksekusi hingga menjadi usaha yang beromset seperti pomade Smith ini ya, mba. Siap meluncur ke channel BERGURU.

    ReplyDelete
  50. Inspiratif sekali ini, mulai dari hobi yang ditekuni, kreativitasnya membuahkan hasil dan terwujud mimpi!...Hingga berkembang terus ke varian produk lainnya. Wah salut dari modal minyak dan lilin jadi bisa beromzet jutaan rupiah!

    ReplyDelete
  51. keren banget idenya ya mba.. bermodal lilin dan minyak bisa raup omset jutaan. sungguh kreatif. jadi mau nontonin episodenya berguru biar dapet banyak inspirasi.. :D

    ReplyDelete
  52. Memang kudu kreatif, inovatif, kontributif ya Kk Niar.
    Ini sebuah upaya untuk bisa survive kapanpun di manapun.
    apalagi pas pandemic ye kan

    ReplyDelete
  53. Video-video di channel Berguru ini memang inspiratif ya, Mbak. Bisa jadi ide untuk yang mau buka usaha. Dan baru tahu juga kalau pomade itu minyak rambut. Suami pakenya hair gel, sama atau beda ya?

    ReplyDelete
  54. Keren dan bermanfaat sekali konten-konten di channel Berguru ini. Kita jadi bisa dapat inspirasi ide-ide usaha dengan modal kecil ya, Mak.. Tentu ini berguna banget, apalagi di masa pandemi kayak gini, kita harus putar otak untuk mencari tambahan penghasilan.

    ReplyDelete
  55. Beneran Mba kalau dimulai dari hobi bakalan mengasyikan enggak akan mudah patah arang kalau gagal..hehe...

    ReplyDelete
  56. Berguru ini kontennya berfaedah semua ya jadi kita bisa mendapatkan inspirasi untuk belajar juga memulai usaha.

    ReplyDelete
  57. Mbak saya pun mikirnya pomade itu sama lho dengan minyak rambut padahal beda hahahha.. Emang sih ya pomade itu aromanya lebih kuat. Pomade Smith bisa didapat dimana ya mak? Mau saya rekomendasikan ke suami

    ReplyDelete
  58. Sama deh mba, saya mikirnya mah masih minyak rambut aja ha ha. Makin banyak orang pakai ya esp anak anak muda. Memang jadi lebih bergaya dan rapi jali

    ReplyDelete
  59. Niat banget ini videonya ya mbak, biasanya ulasan bisnis hanya fokus ke sharing pengalaman, video ini sampai ngasih tutoriallll, saluttttt!

    ReplyDelete
  60. Zaman sekarang memang nih banyak kena PHK kalaupun msh kerja gaji dan tunjangan dikurangin, kudu mikirin cara lain supaya nambah pemasukan. Nonton channel seperti ini sangat bermanfaat pastinya ya mbak

    ReplyDelete
  61. keren banget ini idenya mba lain yah bikin bisnis pomade gini jadinya tahu deh

    ReplyDelete
  62. Dari rumah aja, nyimak channel Ninja Express, jadi bisa dapat banyak sekali inspirasi bisnis yaa kak. Siapa tahu kita pun bisa memulai bisnis sendiri

    ReplyDelete
  63. Baru tahu aku soal berguru ini bun, banyak banget info yang bisa didapatkan dan makin banyak ide buat usaha jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lumayan lama ini channel dan programnya mbak. Alhamdulillah bermanfaat banget jadi inspirasi untuk memulai bisnis, terutama di masa pandemi gini.

      Delete
  64. Awalnya cuma hobby eh malah jadi terkenal jadi bisnis dengan omzet gede. Inspiratif sekali, ini bisa memunculkan ide-ide bisnis di masa pandemi seperti sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, anak-anak jaman sekarang tuh pada kreatif ya mba. Sudahlah pinter medsosan, trus ada aja idenya untuk usaha. Jika tekun maka bisa sukses seperti ini ya.

      Delete
  65. Wah punya usaha pomade, tetapi gak pelit ilmu. Malah berbagi cara bikinnya. Inspiratif ya sosoknya. semoga usahanya sukses terus

    ReplyDelete
  66. Ahaha, perkiraan kita sama, mbak. Saya kira pomade yang dijual-jual itu produk impor lho, ternyata lokal pun sudah mampu memproduksi pomade. Bahannya juga gak sulit dicari, cuma lilin sama minyak

    ReplyDelete
  67. Pak su juga ada pomade tapi nasibnyaa segitu2 aja karena jarang dipakai. Kak seto pakai pomade yaaaa. Minyak rambut dan pomade jadi sama ajaaa tho 😄

    ReplyDelete
  68. Wiwin | pratiwanggini.netApril 9, 2021 at 10:59 PM

    Waduhhh.. rupanya saya kudet banget. Baru tahu sekarang kalo ada program Berguru ini. Semoga semakin bertambah materi-materi yanh dibagikan dan bermanfaat bagi banyak orang.

    ReplyDelete
  69. Keren ya. Dari pomade bisa raih omzet jutaan. Aku inget pomade itu legendaris banget, bikin rambut jadi klimis dan rapi ya..

    ReplyDelete
  70. Orang sukses memang beda. Tekun dan pantang menyerah. Banyak hal yang dapat dipetik dari kisah-kisah seperti ini. Sekadar minyak lilin pun bisa jadi usaha sukses di tangan orang yang inovatif.

    ReplyDelete
  71. Selain dari hobi jadi rezeki, hebat banget dia memanfaatkan peluang yang ada ya. Videonya ninja express banyak banget sampe 100, bisa dijadikan bahan inspirasi nih

    ReplyDelete
  72. Ninja Express ini keren juga ya. Bikin program cerita-cerita inspiratif dari pebisnis semacam ini. Orang lain jadi bisa belajar terutama yang punya bisnis sejenis atau berhubungan. Di era pandemi begini apalagi. Dengan bikin kisah yutub begini Ninja Express juga bantu promosi usaha pebisnisnya lho. Keren, keren.

    ReplyDelete
  73. Keren banget ya pandai memanfaatkan peluang, kreatif meramu bahan yang ada untuk dijadikan produk yang bernilai jual.. Hebatnya tawwa..

    ReplyDelete
  74. duluuu, sepertinya saya pernah baca tentang pomade yg justru dipandang negatif oleh sebagian orang. Maksudnya, kalau pakai pomade itu malah dianggap katro gitu lah..

    Tapi zaman berputar, sekarang pomade juga makin macem2 dan kemasannya keren2. Memakai pomade juga dianggap bagian dr keren. Daaan ada anak2 muda yg keren dalam berbisnis ini...good job

    ReplyDelete
  75. ah iya, sy jg menyebut minyak rambut kak, istilah pomade baru familiar bagi sy blkgn ini. wah kreatif dan inovatif ya kak prosesnya utk membangun usaha. inspiratif

    ReplyDelete
  76. Anak muda sekarang tuh banyak yang inovatif ya mba. Bermodalkan pengetahuan dan skill marketing yang baik, mau bikin apa saja bisa dilakukan. Semangat enterpreneur gini semoga makin meluas di kalangan muda ya, agar jadi pengusaha tangguh semua gitu.

    ReplyDelete
  77. Waah harus diinfo ke anakku yg kelihatan ada minat bisnis nih mba Episode BERGURU di YouTube resmi milik Ninja Xpress ini...banyak inspirasi wirausaha yg keren pastinya kayak Ka Michael Nugroho

    ReplyDelete
  78. sekarang klo mau gigih dan inovatf, banyak ya mbak peluang bisnis yg bisa diciptakan
    termasuk minyak lilin
    bisa jadi peluang bisnis yg menjanjika

    ReplyDelete
  79. sepertinya bagus-bagus nih video di kanal Ninjaexpres, tertarik sama bagaimana budidaya maggot. Meluncur ah ke kanalnya

    ReplyDelete
  80. Dari channel berguru ini kadang kita dapat ide juga ya mbak, apalagi yang mau berbisnih nih

    ReplyDelete
  81. Pantang menyerah dan inovatif emang kunci ya mba buat bisnis suka deh ini kreatif bisa munculin ide buat bisnis

    ReplyDelete
  82. Ternyata Pomade itu bukan jenama melainkan memang sebutan untuk minyak ranbut, rupanya.

    Modalnya nggak sampai 10 juta tapi si udaha jalan dan berkembang pula. Semoga laris manis usaha beliau.

    ReplyDelete
  83. Keren juga bisnisnya. Perlu dipelari nih polanya. Buat motivasi diri sendiri biar tekun dan kreatif bikin usaha.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^