Cara Eksis Jualan di Facebook Tanpa Keluar Biaya

Cara Eksis Jualan diFacebook Tanpa Keluar Biaya – Rumor yang mengatakan bahwa Facebook akan tutup selalu saja terbantahkan. Hingga saat ini, Facebook menjadi media sosial yang seksi bagi banyak orang Indonesia untuk bereksis ria. Sampai-sampai Indonesia menjadi pengguna media sosial dengan logo huruf F terbesar kedua di Asia setelah India.

Dari databoks.katadata.co.id, saya mengutip informasi berikut:

Berdasarkan data Internetworldstats, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta pada akhir Maret 2021. Angka tersebut setara dengan 63,4% dari total populasi yang mencapai 276,36 juta jiwa (estimasi 2021) atau 82% dari pengguna internet di tanah air.

Data lain yang saya peroleh dari databoks.katadata.co.id menunjukkan bahwa:

Indonesia menduduki peringkat ketiga global sebagai pasar terbesar jangkauan iklan di Facebook. Peringkat pertama yakni India dengan pasar sebanyak 310 juta pengguna. Lalu, peringkat kedua adalah Amerika Serikat dengan 190 juta pengguna (berdasarkan laporan Influencer Marketing Hub).

Maka tak heran jika banyak di antara kita melakukan apapun di Facebook termasuk berjualan. Potensinya itu bok, “warbiyasak” kata anak jaman now.


jualan di Facebook tanpa biaya

Namun jika tak berhati-hati dalam memanfaatkan Facebook dalam berjualan, risiko kena banned atau kena tendang bisa diperoleh. Hal ini harus diwaspadai supaya tak buang-buang energi saja. Sayang kan ya kalau waktu terbuang untuk membuat akun baru dan mengumpulkan teman-teman lagi.

Nah, bagaimana sebaiknya jika ingin eksis berjualan tanpa kena suspend media sosial besutan Mark Zuckerberg ini?

Simak yuk tips eksis jualan di Facebook tanpa keluar biaya berikut ini:

 

1. Gunakan Fan Page (Halaman) Facebook, Bukan Akun Pribadi untuk Eksis Berjualan.

 

Pada tanggal 18 Oktober 2018, saya menghadiri event bertajuk FACEBOOK LAJU DIGITAL di The Rinra Hotel. Beruntung Makassar menjadi salah satu kota yang dipilih Facebook untuk ajang ini. Dalam acara tersebut, Pak Aji Ahmad Wahidin dari Facebook Indonesia mengatakan bahwa:

Menggunakan Facebook untuk bisnis, kita disarankan menggunakan “halaman bisnis” di Facebook, jangan gunakan akun pribadi. Mengapa? Alasannya adalah karena memang tujuan penggunaan akun pribadi dan halaman bisnis berbeda. Akun pribadi ditujukan untuk pemakaian personal dan berinteraksi secara pribadi dengan orang-orang lain sementara halaman pribadi memang sebaiknya digunakan untuk selain tujuan pribadi.

Selain itu, total jumlah teman di akun pribadi Facebook dibatasi hanya 5000 saja sementara jumlah suka di halaman Facebook jauh lebih dari itu. Oleh karena itu, potensi perolehan pelanggan baru dan repeat order juga bisa lebih besar.

 

2. Buat Konten Berbobot di Halaman Facebook-mu.

 

Ketika yang like halaman Facebook milik kita, kita perlu sering-sering berkomunikasi dengan mereka. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah membuat konten, baik itu teks, foto, atau video. Untuk foto, halaman Facebook dapat menampilkan slideshow yang terdiri dari beberapa foto.


Halaman Facebook untuk bisnis

Menurut survei, orang menelusuri konten hingga 3 detik sebelum beralih ke konten lain. Sesuaikan konten dengan target market kita. Untuk anak muda, kaum milenial dan generasi Z misalnya, mereka menyenangi konten berupa video pendek atau animasi.

Oya, gunakan gaya soft selling ya, jangan hard selling. Mungkin sesekali hard selling bolehlah ya, asalkan jangan setiap posting menggunakan gaya bahasa yang hard. Bosan dan nyampah! Jangan membuat penyuka halamanmu merasa dipaksa membeli produkmu.

 

3. Gunakan Fitur Facebook Live.

 

Siapa nih pebisnis yang belum memanfaatkan fitur Facebook Live? Sayang banget lho jika belum. Zaman sekarang, manfaatkan sebesar-besarnya fitur Facebook selama itu gratis. Mereka yang melakukan live dan mendapat jumlah penonton dalam jumlah besar bukanlah isapan jempol semata.

Mau tak mau, kita perlu belajar sedikit mengenai public speaking, khususnya dalam membuat tayangan sederhana di Facebook yang menarik hati. Di Instagram, artis sekelas Zaskia Adya Mecca melakukan live untuk menarik minat para follower-nya. Mengapa tidak melakukannya juga di Facebook?


Facebook Live

4. Kenali Kompetitor.

 

Dalam artikel berjudul Ini Dia 5 Cara Eksis Jualan di Facebook Tanpa Keluar Biaya pada situs blog Obsesi Untuk Negeri www.ninjaxpress.co, disebutkan bahwa “kompetitor janganlah dimusuhi, melainkan diamati”. Dalam artikel tersebut dijelaskan mengenai bagaimana cara  mengidentifikasi pokok-pokok bahasan potensial yang bisa dijadikan konten dengan cara “memata-matai” kompetitor.

 

5. Blow up Review Positif Pelanggan.

 

Manfaatkan fitur ulasan dalam halaman Facebook. Dengan demikian secara tidak langsung tercipta ruang bagi konsumen untuk saling terhubung. Semua orang tahu dong ya, hal-hal yang ditampilkan pada ulasan itu nyata, bahkan disertai dengan aspek emosional – perasaan senang atau kecewa—tentu saja alangkah baiknya jika dibarengi dengan respon positif.

Apa alasan review positif perlu digaskan, bisa dibaca dalam artikel Ini Dia 5 Cara Eksis Jualan di Facebook Tanpa Keluar Biaya, ya. Selain itu, Anda bisa membaca tips lain sehubungan dengan penggunaan Facebook untuk berjualan dalam artikel tersebut.

 

Tips eksis jualan di Facebook

Situs Blog.ninjaxpress.co

 

Situs Blog.ninjaxpress.co atau blog Ninja Xpress merupakan situs yang fokus untuk membantu seluruh UMKM di Indonesia sehingga lebih mudah mendapatkan informasi, wawasan dan ide-ide baru dalam mempermudah UKM dalam menjalankan usahanya sehingga mampu mencapai kesuksesannya.

Misi Ninja Xpress adalah menciptakan ekosistem digital untuk mendukung pertumbuhan bisnis lokal. Situs blog Obsesi untuk Negeri, memiliki serangkaian artikel dan video menarik yang bisa Anda jelajahi.

Beberapa artikel yang telah tayang di antaranya: 7 Tips Tingkatkan Penjualan Menggunakan Media Sosial, 5 Hal Wajib Banget Kamu Tahu Sebelum Punya Bisnis Online Sendiri, 5 Rekomendasi Channel YouTube Indonesia Buat Mulai Bisnis E-commerce, dan 4 Alasan Kemasan Lebih Penting Dari Produk Kamu!

Kesemua artikel dan video yang tayang memang memuat strategi pemasaran dan branding. Menariknya pula, beberapa obrolan dibagikan oleh mentor bisnis terpilih negeri ini. Diharapkan melalui situs blog ini, para pelaku UKM dapat memperoleh wawasan dan dapat mengeksplorasi kreativitas mereka.

Makassar, 19 Juli 2021



Share :

112 Komentar di "Cara Eksis Jualan di Facebook Tanpa Keluar Biaya"

  1. Weehh, ternyataaa "daging" banget ini Mbaaa kontennya.
    Karena memang jaman now, banyak org yg di-PHK dan banting setir jadi pedagang online.
    Bisa banget praktikkan tips2 yg ada d sini nih
    Makasii makasiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus banget memmanfaatkan segala macam media sosial, Mbak biar bisa berkarya atau berjualan ya.

      Delete
  2. Aku sekarang udah jarang banget buka facebook mbak tapi bener banget si fitur2nya makin bagus dan lata temenku yg jualan online jualan via facebook tu sangat membantu. Omset dia juga naik dan biaya promo jd ringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya..sekarang emang banyak yang memanfaatkan media sosial buat bisnis..dan platform medsosnya juga makin menangkap kebutuhan penggunanya.

      Delete
    2. Saya sering lihat FB story yang lagi jualan, Mbak ... kayaknya banyak yang juga suka intip, apalagi kalo live hehe.

      Delete
  3. Saluutt bgt dgn Ninja Xpress
    Sampai ada Situs Blog.ninjaxpress.co atau blog Ninja Xpress yang berfokus untuk membantu seluruh UMKM di Indonesia sehingga lebih mudah mendapatkan informasi, wawasan dan ide-ide baru

    Keren banget!

    ReplyDelete
  4. Temenku sering pakai facebook live dan grup buat jualan daster. Maklum barang fashion, jadi harus dijembrengi kalau barangnya berkualitas, pembeli jadi tertarik. Facebook grup juga masih rame peminatnya yg aktif diskusi maupun jual beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, bikin penasaran lho kalau dibikin live begitu.

      Delete
  5. dengan kondisi yang seperti ini kita memang perlu pandai memanfaatkan apa yang ada ya. Thanks for the handy tricksnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, benar banget Mbak Indah, harus jeli kita ya.

      Delete
  6. Nice tips kak..Jualan gak harus selalu ngiklan ya... Ada triknya biar tetep banjir orderan..meski tanpa ngiklan yang biayanya memang ekstra..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Kalo ngiklannya hard, malas bacanya :D

      Delete
  7. jadi ingat aku udah bikin fanpage tapi belum dimaksimalkan nih. Memang baiknya buat bisnis akun harus terpisah ya mbak. makasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bagusnya terpisah dan kalaupun pakai akun pribadi, bagusnya soft selling.

      Delete
  8. Aku termasuk salah satu orang yang jualan juga di facebook hihi. Selain yang dipaparkan di atas, ada juga fitur 'Marketplace' dan grup khusus 'jualan' yang berguna banget untuk orang-orang yang mau jualan. Hehe

    Aku baru tau tentang Blog.ninjaxpress.co ini, bisa nih dicoba fitur-fiturnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya benar, ada fitur Marketplace sekarang di Facebook yah, harus dimanfaatkan itu. :)

      Delete
  9. Woaahh banyak juga ya pengguna Facebook di Indonesia bahkan sampai 82%. Daku mulai jarang sih pakai facebook, tapi kadang-kadang sering mampir buat share artikel blog. Btwe, promosi blog di facebook efektif juga kan yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak, Mbak, saya masih rajin share postingan blog ke medsos karena teman dan keluarga banyak yang pakai Facebook :)

      Delete
  10. Iya biarpun sering diejek sudah ketinggalan, pengguna FB tuh tetap membludak dan kebanyakan para bapak dan ibu ya jualan di FB masih legit, aku harus maksimalkan fan page FB juga nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak yang pakai Mbak. Kalaupun om-om, tante-tante ... eh itu sepantaran kita ya wkwkwk .. ya kalaupun mereka yang pakai, bisa jadi customer kan ya.

      Delete
  11. aku belum pernah cobain jualan di facebook mba, jadi minat deh setelah baca ini apalagi dibantu ninja xpress yah wajib coba nih buat jualan baksoku

    ReplyDelete
  12. Benar kak, sosial media kita bisa di pergunakan untuk menjual sesuatu, bisa hemat biaya dan makin tertarget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, mudah menentukan target penggunanya. Apalagi kalau mau beriklan ya.

      Delete
  13. Mantab mbak.. sesuai bnget sama prinsipku.. modal seminim mungkin, kalau bisa gratisan,, tapi ada hasilnya... Heheh

    ReplyDelete
  14. Bener lho aku ngerasain jualan di FB luar biasa, pun belum sempurna melalui fanpage, awal pandemi #dasterwfh terjual hampir 350 potong ha ha ha mksh ya infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow masya Allah ... sampai 350 potong ^__^

      Delete
  15. Ninja Xpress ini jasa kurir itu ya? Wah bagus juga menyasar UMKM ngga cuma delivery barangnya tapi juga mempromosikannya. Pasti ada imbal menarik n keuntungan kalau ngirim pake ninja xpress untuk UMKM kan ya, guud!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Mas ... di blognya banyak tips buat UMKM, ada juga channel YouTube-nya, banyak hal menarik buat UMKM.

      Delete
  16. Bener juga ya, promosi jualan di socmed seperti Facebook ini sekarang bisa lebih fleksible. Apalagi teman-teman di facebook rata-rata adalah teman yang memang sudah pernah kenal di dunia nyata, jadi kemungkinan untuk lebih laku peluangnya lebih besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mbak, dimanfaatkan apalagi jika banyak yang memang sudah dikenal di dunia nyata kan.

      Delete
  17. Facebook saat ini memang masih jadi salah satu media sosial yang cukup powerfull buat jualan, saya juga dulu pernah ngrasain jualan di facebook pake fanspage, infonya sangat membantu mba, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang makin banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dari fb yah apalagi ad yg mode free

      Delete
    2. Siap, bisa dimanfgaatkan lagi ya Mas Aji.
      Ainhy, benar sekali ada mode free-nya. Kalau buat jawab-jawab komen bisa pakai yang free saja.

      Delete
  18. Saya sudah males sih kak buka fb karena gitu, akun pribadinya yang di pake jualan jadi di beranda fb full promo kayak buka aplikasi shope aja...
    Tp gak tau deh sekarang kalo mereka sudah pake halaman bisnis kayak kak mugni bilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya ya kalau jualan terus tiap hari, orang bisa bosan dan malas buka Facebook.

      Delete
  19. iya ya, salut sama Facebook yang selalu berinovasi
    makanya bisa tetap eksis ditengah banyaknya sosmed baru
    dan ternyata bisa juga ya memanfaatkan Facebook untuk jualan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak diduga ternyata pengguna di Indonesia malah jadi yang terbesar kedua se-Asia, Mbak.

      Delete
  20. Belum pernah coba jualan di FB, belum ada produk yang ingin dijual.
    Semoga dengan Ninja Xpress yang mendukung UMKM ini, makin bertambah wawasan UMKM di Indonesia dan makin sukses bisnisnya.

    ReplyDelete
  21. Facebook masih jadi pilihan untuk jualan ya, karena yg punya akun di facebook tetap stabil, sekarang di fb juga punya fitur marketplace kan. Jadi semakin mudah untuk jualan dan cari penjual di lokasi berdekatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, bisa pakai fitur Marketplace juga. Sangat mendukung yang mau berjualan ya.

      Delete
  22. Kemarin sempet kagok main Facebook lagi. Kelamaan gak login akun Facebook. Mau gak mau balik ke Facebook buat promoin jualan. Belajar dari awal deh. Makasih panduannya ya. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah banyak perubahan sejak beberapa tahu terakhir ya, Mbak. Bagus banget dimanfaatkan buat jualan.

      Delete
  23. Waktu FB launching dulu teman-teman Multiply & blog banyak yg beralih ke FB nih mbak tapi lama-lama kembali lagi ke blog. Cuma sampai sekarang FB masih eksis kok terutama untuk jualan juga ya. Kalau diulik FB bisa membantu jualan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, FB untuk sekadar berhai-hai masih banyak yangpakai, untuk sekadar share kegiatan sehari-hari mereka.

      Delete
  24. Suamiku juga jualannya sekarang di facebook, mbak. Lumayan beberapa kali dapat orderan. Nah kalau aku masih belum berhasil nih jualan di fb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masya Allah ya Mbak .. .kalau pinter memanfaatkan ads-nya juga bisa laku keras, ada yang pernah share keberhasilannya.

      Delete
  25. Ternyata facebook masih menjadi tempat yang asyik untuk berjualan ya...
    Terima kasih tips-tipsnya mbak :)

    ReplyDelete
  26. Aku pernah ada di masa-masa jualan melalui FB, kak Niar.
    Dan memang mashaAllah, keajaiban zaman digital. Pelanggan selalu datang dari arah yang tidak di sangka--sangka.

    Kalau ditekuni dan dipelajari, bisa menjadi ladang rejeki yang berkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah ya Mbak Lendy, kalau tekun bisa panen terus.

      Delete
  27. Ternyata facebook masih sangat diminati oleh masyarakat ya Mam… saya sendiri jarang banget kecuali bener-bener ada perlu di facebook. Teman-teman yang punya bisnis jadi makin punya peluang di dunia digital ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata peluangnya besar banget buat yang mau serius jualan, Mbak.

      Delete
  28. Tambah kaya dari cuan merupakan impian terbesar setiap orang. Jualan lewat Facebook merupakan jawabannya

    ReplyDelete
  29. aku masih belum maksimal pakai fb buat jualan sih. cuma memang ada fanspage buat konek ke ig aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dipergunakan melalui fans page, ya .. iya bisa dikoneksikan dengan Instagram

      Delete
  30. ternyata sekarang lebih enak jualan di fanpage ya mbak. cuman ya gitu sih, kadang sepi fanpage meskipun banyak pengikutnya hehe tapi enaknya di fanpage itu, ada fitur analytiknya yaa. jadi meski sepi, kalau ada yang lihat laporannya di insight kayak di IG gitu ya

    ReplyDelete
  31. Ternyata untuk berjualan bagusnya pakain Famspage aja ya Mba Niar. Selain terhindar dari Banned, Batas like tidak terbatas. Memang dalam berjualan online, jika ingin memanfaaykan fitur live harus bagus juga public speakingnya. Agar banyak yang tertarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Erin, dari Facebook-nya yang bilang demikian. Nah iya harus banyak belajar ternyata ya meski ingin berjualan, jangan sekadarnya.

      Delete
  32. Jualan di Facebook ini sudah banyak dibuktikan oleh tetangga saya di kampung ini. Hasilnya memang bagus. Padahal cuma jualan sederhana, dan lingkungan pertemanan pun warga sekitar kampung dan saudaranya saja.
    Apalagi kalau dikelola dengan baik ya seperti jualannya di FP, dan ikuti tips lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap tetangga Teh Okti. Pasti dia konsisten ya, Teh.

      Delete
  33. Wah ternyata ini step2 kalau mau wmemulai jualan di Facebook yang sampai saat ini masih menjadi sosmed favorit pemilik toko online, sejak pandemi bisnis digital makin di lirik pebisnis yah...

    ReplyDelete
  34. Waah facebook sekarang ada fitur live nya mbaaa... Aku udah lama ga oprek fanspageku lagi nih mba untuk jualan. Dulu sebelum ngeblog, fpku itu aktif kugunakan untuk jualan loh. Sekarang lagi mati suri nih semangat berdagangnya hehehee... Semoga bisa segera bangkit kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah boleh nih dimanfaatkan kembali, Mbak Uniek. Siapa tahu mau colek-colek saya di Facebook boleh juga lho :)

      Delete
  35. Kabarnya malah facebook akan merilis mata uang digital untuk warganya yang 1 milyar penduduk Fb yang notabene akan mengganggu currency dunia terutama dollar US yang selama ini merajai. Jelas Om Mark dengan ide ini akan dijegal habis.

    ReplyDelete
  36. Sekarang jualan online tuh emang ngaruh banget ya maaaak.. termasuk di facebook, biar menjangkau semua konsumen segala lapisan yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipilih pula segmen yang mau kita jangkau Mbak, apakah dari segi usia atau jenis kelaminnya.

      Delete
  37. Noted buat tips-tipsnya. Facebook masih efektif menurutku buat dipakai jualan. Pas banget lagi mau jualan online nih mbak. Iseng-iseng aja buat sampingan, siapa tau kan ya nanti jadi pengusaha beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dirintis sejak sekarang Mbak, cuss :)

      Delete
  38. Sampai sekarang, saya masih setia dengan Facebook Mbak... cuma medsos ini yang paling cocok sama saya hahaha. suka banget sih sama kata kata Ninjaxpress ini "kompetitor janganlah dimusuhi, melainkan diamati"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun masih setia, buat nge-share link blog hihi.

      Delete
  39. Termasuk Aku nih sering banget pakai Fan page Facebook buat jualan mba. Lumayan sih yg beli walaupun masih sekitaran temen2 deket

    Ninja Xpress memng Lebih murah mba dibandingkan dgn yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, ada jalan rezeki ya Mbak Utie.

      Delete
  40. Saya juga punya Fan Page Facebook, tetapi jarang dimanfaatkan. Awalnya saya bikin untuk tugas pelatihan, dan uniknya saya lupa pelatihan apa itu, bhahaha.
    Mengenai live di facebook, saya jadi terinspirasi untuk mengajar menggunakan live. Pertanyaannya, beranikah saya dengan bahasa yang belepotan dan sering okkots?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus beranii, jadikan ciri khas, Kak ... Eh :D

      Delete
  41. Sebaiknya berjualan dengan memanfaatkan fanpage, bukan akun pribadi.

    Nah, ini iya banget. Sebab yang dibangin akhirnya bisnis itu sendiri. Agak nggak nyaman kadang kalau menemukan akun teman lama yang kok isinya jualan melulu.

    Selain itu di fanpage, lebih leluasa dan memudahkan. Seperti insight post yang sudah tayang pun bisa dilihat di sana, biar eungeuh konten seperti apa yang disukai para pengikut di fanpage tersebut ya, Bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya benar, Cha. Banyak yang gak ngeh ya kalau teman2 jenuh lihat dia jualan terus. Nah, kalau pintar softselling ya gapapa, jangan hard selling terus. Tapi itu pun jangan tiap posting jualan mulu.

      Delete
  42. Banyak jg nih temen2ku yg pd ngefacebook live. Baru disadarkan lg,ternyata ada fitur kece ini. Gaptek beneran nih aku😆

    ReplyDelete
  43. Nah sampai saat ini aku belum ngerti cara jualan di fb mba cuma emang iklan selalu muncul apalagi suka ada life. Kalau bener2 belajar bisa optimal sih dagang di fb ini yaa..

    ReplyDelete
  44. Saya pernah jualan di facebook, tapi pakai fitur marketplace nya, belum pernah coba bikin fanpage. Alhamdulillah ada aja yang nyangkut, kayaknya harus mulai mikir untuk bikin fanpagenya ini, biar makin laris

    ReplyDelete
  45. Memang kalau bisa maksimalkan facebook buat jualan byk keuntungannya ya mbak Niar. The power of facebook. Keren nih ninja expres peduli dg umkm, nggak pelit ilmu uy

    ReplyDelete
  46. Bener bangettt... facebook ini sebenarnya bisa banget untuk dijadikan jualan. Pas liat tulisan ini jadi semakin terbuka dan tergambar biar bisa maksimal jualan di fb.

    ReplyDelete
  47. Saya udah lama enggak aktif di Facebook. Sekarang fitur Facebook juga makin menarik. Dengan memaksimalkan fitur yang ada bisa menghasilkan uang juga ya. Jualan online sekarang lebih mudah dan murah.

    ReplyDelete
  48. Bagusnya tawwa ini blog Ninja Xpress di... tujuannya mulia, yang fokus membantu UMKM.
    Semoga UMKM semakin berkembang dengan adanya Ninja Express.

    ReplyDelete
  49. Iyaya banyak juga fitur di Facebook ini yang gratis, kalau dimaksimalkan buat jualan pastinya kenceng banget tuh penghasilannya, tapi saya lihat masih banyak yang jualan pake akun pribadinya jadinya kan gak efektif ya mba

    ReplyDelete
  50. Ada beberapa teman yg postingan jualannya dihapus om marc ini. Rupanaya triknya harus buat fanpage ya mbak. Siap laksanakan, hehehe. Sayang nih FP aku masih sepi. Mau nyoba promosi ah

    ReplyDelete
  51. Jualan di Facebook sekarang makin gampang ya mba. Harga ads-nya bisa kita atur sendiri sesuai kemampuan. Bikin konten berbobot itu paling cepat bikin jualan melesat. Asalkan kreatif, disertai foto-foto yang mumpuni. Facebook LIVE juga membantu sejak Instagram dibeli sama Mark, kita juga bisa link IG ke FB.

    ReplyDelete
  52. Makasih tips nya kak. Facebook mmg masih yg ter-oke tuk promosi jualan ya. So gimana kita aja manfaatinnya

    ReplyDelete
  53. Masih efektif ya mbak suamiku yg sering make kalau aku uda hijrah ke ig sama tiktok mbak wkwk jd fb jarang tak buka :)

    ReplyDelete
  54. sebaiknya berarti kalau mau promosiin produk pakai fb itu di akun bisnis ya kak, hmmm padahal saya pengen nyobain pakai akun pribadi karena temennya banyak, ternyata belum tentu sesuai jg ya begitu hehe xD

    ReplyDelete
  55. Hmm pantesan saya pernah bantu promoin jualan temen, masker connector for hijab user di akun Facebook pribadi, eh malah gak blow up di fb yaa malah disimpen ama sistemnya Om Zuckerberg. Nice info Kak Niar,, thanks

    ReplyDelete
  56. potensi berjualan di FB masih cukup besar, asal benr dilakukan dan cara yang ditulis disini dipraktekkan dengan baik ya kak

    ReplyDelete
  57. Berjualan di Facebook memang menghasilkan banget ini kak. Apalagi sejak masa pandemi dan kita sekarang lebih banyak di rumah sejak PPKM.
    Jualan di Facebook bisa menjadi pemasukan yang menjanjikan juga nih..

    ReplyDelete
  58. Wah kak Niar bener bangett aku belum pernah cobain facebook live sih. Cobain aahh ntar. Siapa tahu bisnis jadi memenuhi target

    ReplyDelete
  59. Ternyata nggak perlu pakai fb ads, pake page aja dulu dimaksimalin bisa tetep maksimal ya asal digunakan fitur-fitur yang ada. Cukup dengan kuota internet jadi bisa lebih hemat tapi tetep bisa mendatangkan banyak calon pelanggan

    ReplyDelete
  60. Saya pengen de berbisnis..
    Tapi gak PeDe dan gak tegaan.
    Kalo ada yang nawar saya suka gak tega nolak.
    Pernah juga berencana jualan via facebook, tapi ya waktu itu dank fokus, jadi ndak jalan-jalan bisnisnya.
    Waktu itu belom tahu kalau ada facebook bisnis gini.
    asik juga ya gak perlu campur-campur antara facebook pribadi dan bisnis..

    ReplyDelete
  61. Aku kadang kalo posting makanan gitu di FB, pasti keluar pop up, are you selling something ?? Sbenernya JD agak kuatir, jangan2 FB bakal ngeblock nih lama2 Krn mikirnya aku jualan. Padahal ya Krn memang seneng aja wiskul, bukan jualan, ga endorse juga. Toh sampe skr aku memang cuma have fun di medsos dan blog ini.

    Tapi syukurnya sih blm pernah sampe di take down ama FB postingan ku. Tapi bakal aku inget2, setidaknya kalo ntr memang niat jualan, aku bakal pake FB fanpage

    ReplyDelete
  62. Coba dulu waktu masih aktif dengan usaha konveksi sudah kenal sama Ninja Express, mungkin tidak gulung tikar, wkwkwk.

    ReplyDelete
  63. Sekarang cara jualan di facebook tidak seribet dulu yang mana saya harus menggunakan kartu kredit punya mama biar bisa beriklan. Kelebihannya yang sudah free ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjaring calon pembeli

    ReplyDelete
  64. Dulu awal-awal FB ada tuh gak dipisah yaa, kak Niar...antara akun bisnis dan akun pribadi.
    Sekarang seterlah dipisah, memungkinkan menjangkau lebih luas.
    Aku salut banget yang bisa bertahan dan senantiasa berinovasi kreatif saat berbisnis.
    Karena bisnis ini adalah seni.

    ReplyDelete
  65. Sejak dulu FB mmg paling efektif utk dagang sebelum ada e-commerce atau gak

    ReplyDelete
  66. jualan di medsos nih memang kudu ada triknya ya, kalau nggak malah dikira nyepam nanti hehe

    ReplyDelete
  67. Akun pribadi ditujukan untuk pemakaian personal dan berinteraksi secara pribadi dengan orang-orang lain sementara halaman pribadi memang sebaiknya digunakan untuk selain tujuan pribadi.

    Nda typo ji itu kak, halaman pribadi, mungkin halaman Facebook harusnya

    ReplyDelete
  68. Aku punya fanpage tapi selama ini hanya untuk promo tulisan blog aja, padahal aku juga punya bisnis makanan. pengen nyobain promo di FP juga ah. Makasih infonya kak Niar

    ReplyDelete
  69. Bermanfaat sekali ini buat para pedagang yg ingin go digital, cara ini efektif banget untuk meningkatkan penjualan produk.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^