Penitipan Kucing: Iba Hingga Cat Hotel dan Spa

Penitipan Kucing: Iba Hingga Cat Hotel dan Spa – Pandemi memang berdampak negatif kepada semua orang namun untuk kepedulian kepada sesama makhluk hidup, bagi Abdul Rahim tak ada pengaruh negatifnya. Malah pada Juni 2020, dia mendirikan panti asuhan untuk anak kucing di Makassar.

Cat Hotel dan Spa

Rasa Iba dan Bisnis Ibra

 

Lelaki berusia 25 tahun yang disapa Ibra ini kasihan melihat anak-anak kucing terlantar di jalanan. Menurutnya, hendaknya manusia memiliki kepekaan untuk tidak memisahkan bayi kucing dengan induknya. Biarkanlah dulu bayi kucing diasuh induknya sampai dia bisa mandiri untuk dipisahkan.

Kalau masih bayi ditinggal di pinggir jalan, bagaimana bisa bertahan hidup sementara untuk berjalan dan mencari makanan sendiri saja belum mampu. Bukan hanya menampung anak-anak kucing yang ditemukannya, Ibra juga membuka jasa penitipan kucing di tempatnya untuk meringankan orang-orang yang memelihara kucingketika bepergian.

Cat House Young
Ibra sedang mengasuh anak-anak kucingnya. Foto:
makassar.tribunnews.com/Muh. Andiwan.

Ibra bahkan menyediakan ASI untuk anak-anak kucing yang dipelihara dan dititipkan kepadanya. Biaya penitipan anak kucing ketika
Cat House Young baru berdiri tergolong murah, hanya berkisar Rp. 10.000 per ekor dan pemilik kucing menyediakan sendiri makanan bagi hewan peliharaannya.

Makin banyaknya pemelihara kucing yang peduli pada kesehatan binatang peliharaannya membuat jasa penitipan kucing makin diminati. Di sisi lain, kepedulian akan kesejahteraan kucing juga meningkat. Komunitas pecinta kucing (cat lovers) berkembang, juga pet shop yang menjual perlengkapan hewan lucu ini.

 

Cat Hotel dan Spa

 

Tak sekadar penitipan kucing saja, sekarang sudah ada bisnis hotel dan pemandian khusus untuk kucing, seperti yang diulas Kekeyi dan “pacarnya” dalam channel YouTube resmi Ninjaxpress.co di link berikut: https://bit.ly/Berguru_E15_MU. Konten video ini menarik karena mengupas tuntas bisnis cat hotel dan spa serta memperlihatkan tutorial cara memandikan kucing berjamur.


Mohammad Febriansyah

7 Poin Pembelajaran Penting dari Bisnis Cat Hotel dan Spa:

 

Setelah menyimak video kategori Berguru berjudul  KUPAS USAHA CAT HOTEL BARENG KEKEYI DAN 'PACAR'NYA | BERGURU Eps.15 dan menonton serta membaca sejumlah video dan artikel mengenai jasa penitipan kucing, ada 7 poin penting yang harus diperhatikan terkait jasa penitipan hewan berbulu ini, yaitu:

 

1. Bermula dari Cinta

 

Kecintaan akan kucing membuat orang mengasihi kucing dengan baik. Hotel kucing milik artis Tia Ariestya ini bermula dari keinginan pemilik sejumlah kucing ini untuk memiliki bisnis yang bisa “menghidupi” hewan-hewannya beserta karyawan yang merawat mereka. Orang yang merawat kucing-kucing yang dititipkan pun haruslah seseorang yang mampu bekerja atas dasar cinta.

 

2. Pola Hidup Bersih

 

Kebersihan adalah salah satu syarat penitipan kucing terselenggara. Terbiasa hidup bersih dan menerapkannya dalam bisnis ini bakal mampu menyejahterakan hewan-hewan yang dititipkan, sebagaimana dibuktikan oleh Arnamir Pet Hotel.

 

3. Telaten dan Sabar dalam Merawat Kucing

 

Dibutuhkan ketelatenan untuk mengurus keseharian seekor kucing dengan baik. Bukan hanya memperhatikan makan, minum, dan mengajak bermain supaya tidak stres terkurung di dalam kamar, seorang perawat kucing harus mampu melihat masalah fisik kucing.

Misalnya jika baru melahirkan, belum boleh dimandikan atau untuk masalah kulit khusus seperti jamur, perlakuannya berbeda dengan kucing sehat. Lalu dalam menggunakan sampo apa yang cocok dipergunakan untuk wajah dan badan tak boleh gegabah. Jangan sampai mata kucing pedih karena kemasukan sampo.

Selain itu, hanya orang sabar yang bisa mengurusi kucing dengan baik. Untuk mengeringkan bulunya sehabis mandi saja misalnya dibutuhkan waktu selama satu jam. Begitu pula dalam menemani kucing bermain, butuh menyediakan waktu khusus.

 

4. Tahu Modal yang Diperlukan dan Peralatan yang Dibutuhkan

 

Untuk membuka bisnis cat hotel misalnya, ada jumlah minimum modal yang dibutuhkan. Harus pula diketahui perlengkapan apa saja yang dibutuhkan dan jenis-jenis layanan yang diberikan. Misalnya seperti hotel milik Tia dibutuhkan modal awal sebesar 3 – 4 juta rupiah.

Dengan jenis layanan kamar single room dan double room yang tarifnya sudah termasuk layanan kebersihan “kamar”, Arnamir Cat Hotel and Spa by Tia Ariestya juga menawarkan layanan mandi bagi tamu-tamunya, yaitu mandi bersih, mandi kutu, dan mandi kutu sekaligus mandi jamur dengan penawaran harga istimewa untuk jenis layanan tertentu.


Memandikan kucing

5. Yakinkan Diri untuk Memulai

 

Jika merasa diri layak memiliki usaha tempat penitipan kucing, yakinlah untuk memulainya. Semua inspirasi usaha yang ada di dalam kanal YouTube @ninjaxpressid menunjukkan bahwa tak ada usaha yang sukses tanpa dimulai dengan langkah nyata. Adapun jika di belakang hari muncul problema, jalani, hadapi, dan cari saja solusinya sebab dalam bisnis toh wajar ada permasalahan, sewajar timbulnya masalah dalam kehidupan pribadi.

 

6. Menjaga Kepercayaan Pelanggan

 

Arnamir Cat Hotel and Spa by Tia Ariestya mempersilakan pelanggannya melihat proses memandikan hewan peliharaannya dilakukan. Hal ini untuk menumbuhkan dan menjaga kepercayaan pelanggan. Dengan melihat sendiri prosesnya, tentunya bisa “dirasakan” bagaimana karyawan hotel merawat kucing mereka dengan baik.

 

7. Tahu Persis Tantangan dalam Membangun Bisnis Hotel Kucing

 

Mengetahui apa saja tantangan dalam bisnis hotel kucing harus diketahui. Misalnya dalam merawat kucing, bagaimana membersihkan telinganya dengan cara yang aman dan bagaimana memotong kukunya supaya tidak menyakiti kucing.

Tentunya harus paham pula mengenai anatomi tubuh dan karakter hewan berbulu nan menggemaskan ini agar tahu kapan dia boleh dimandikan dan kapan tidak karena jika gegabah bisa berdampak pada kesehatannya.


Hotel kucing

Yang Inspiratif dari BERGURU

 

Kategori BERGURU (Belajar Ragam Usaha Baru) yang saya bahas kali ini adalah topik ke-15 dari rangkaian inspirasi yang ada di dalam kanal YouTube Ninjaxpress.co. Kalian mungkin masih ingat tulisan saya yang berjudul Modal Minyak dan Lilin Bisa Raup Omzet Jutaan yang merupakan inspirasi lain dalam kanal ini.

Masih ada belasan cerita inspiratif terkait hobi dan ide bisnis yang bisa dijadikan usaha yang bisa disimak. Selain itu, tersedia pula aneka tips dan wawasan seputar bisnis rumahan yang menjanjikan di masa pandemi.

Adalah Nina Xpress – jasa pengiriman berbasis teknologi inovatif yang hadir sejak tahun 2015 di Indonesia berada di baliknya. Maksudnya adalah untuk mewujudnyatakan dukungannya terhadap UMKM dan brand lokal agar berkembang.

Ninja Xpress meluncurkan kampanye #ObsesiUntukNegeri dengan melakukan program-program inisiatif seperti Ninja Academy maupun program kolaborasi. Tujuannya adalah mendukung pemerintah dalam meningkatkan perekonomian Indonesia di masa pandemi melalui UMKM.

Bukan tidak mungkin, setelah menonton video-video dalam kanal YouTube Ninja Xpress, kalian tergerak menjadi pengusaha hotel kucing dan mendapatkan pendapatan sebesar 8 juta hingga 12 juta per bulan dengan memanfaatkan space dari rumah seperti hotel yang diulas Kekeyi ini!

Makassar, 29 April 2021



Share :

30 Komentar di "Penitipan Kucing: Iba Hingga Cat Hotel dan Spa"

  1. sebagai Ibu dari 6 anak bulu mixed Persians di rumah mba, aku merasakan banget pentingnya perawatan dan tempat penitipan kucing yang baik. Spa kucingnya lucuuuu

    ReplyDelete
  2. Dari cinta menjadi usaha yg mantul ya mba :) bener banget sih kalau ada anak kucing yg baru lahir itu kasian bener untunlah yah ada penitipan kek gini yg mau nampung kucing2 telantar

    ReplyDelete
  3. Sayangnya tidak semua orang suka kucing, kebetulan saya punya kucing juga.. dan pernah "Bersitegang" dengan tetangga...akhirnya saya mengalah membuang kucingnya... dan saya sisakan 1 dari pada hubungan dengan tetangga tidak bagus...

    ReplyDelete
  4. dari kemarin aku liat konten tentang kucinng yang diadopsi trus gak dirawat kutuan huhuhu sedih banget, jadi begitu kucingnya

    ReplyDelete
  5. Saya juga penggemar kucing, walaupun tidak memelihara secara langsung, tapi banyak kucing yang datang ke rumah atau tempat kerja dan menyukai saya.

    Pernah suatu kali kehilangan teramat sangat ketika kucing yang biasa menemani bekerja, harus "pergi" karena sakit. Sempat saya bawa ke rumah perawatan hewan dan ditangani dokter, sayang nyawanya tak tertolong.

    ReplyDelete
  6. Ahhh, keren pisan bisnis yang tak biasa ini, tapi memang lagi happening banget bisnis hotel kucing ini. HUhuuu, secara kucing juga butuh dirawat kek manusia aja ya Mak.
    Jadi inget kucing tetangga yang jatuh ke halaman belakang rumahku ampe asbesnya pecah dan begitu khawatir sama kucingnya langsung di massage dan dibawa ke dokter hewan, segitunyaaa.

    ReplyDelete
  7. Ya Allah, kak Niar.
    Ada Penitipan kucing begini semakin nyaman memelihara hewan peliharaan. Karena kucing di rumahku ini gampang banget hamil, beranak, hamil, beranak. HUhuu~

    Ada layanan steril juga gak, kak Niar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik banget kucingnya...
      Dan bagi pecinta binatang kucing, harus mendapatkan info perawatan kucing seteletan ini. Kalau merawat sendiri, tidak punya peralatan sendiri dan belum punya ilmunya.

      Delete
  8. Ya, ampun. Iya, dong. Mestinya kalau mau lepas anak kucing itu sesudah beres asi dan bisa cari makan sendiri. Ntar juga keliatan kok, kalau dia udah mulai suka ngabur berarti udah mandiri hihihi.. Terima kasih, Ibra.

    ReplyDelete
  9. Cat Hotel nya di mksr itu di kak? Baruks dengar. Bagun pecinta kucing ini kbar baik. Btw salut sama semangat dan motivasi Ibra

    ReplyDelete
  10. Bermula dari cinta ini ya akhirnya bisa ada bisnis cat hotel ini. Merawat kucing memang butuh ketelatenan ya. Di sekitar perumahanku banyak sekali kucing-kucing yang berkeliaran, entah ada pemiliknya atau tidak.

    ReplyDelete
  11. Bisnis penitipan kucing gini perlu banget kalau kita mau mudik atau pergi lama karena anggota keluarga ada yg sakit sehingga kucing di rumah gak keurus, bisa pake jasa penitipan kucing. Lebaran gini juga banyak yang pake jasa spa kucing, biar kucingnya ikutan bersih. Hehe.

    ReplyDelete
  12. Gemes banget liat kucingnya anteng kalau dimandiin. Ibra telaten banget ya bisa menjalankan usaha unik kaya gini. Gak semua orang mau dan mampu pastinya, kudu sayang sama binatang dengan tulus dulu berarti ya

    ReplyDelete
  13. Memelihara hewan apapun memang butuh banyak cinta dan ketelatenan yaa, dan kalau bisnis yang berawal dari hobi biasanya menjalaninya pakai hati, hasilnya bisa lebih maksimal.

    ReplyDelete
  14. Ya ampun Ibra hanya membandrol Rp 10.000,00 ajaaaa, murah banget ya.... Kalau Cat Hotel pada umumnya kan bisa sampai seratusan ribu seperti yang punya Tya tadi ya.... Mungkin tergantung jasa layanan yang ditawarkan juga ya....

    ReplyDelete
  15. Aku seneng deh kalo ada yang peduli seperti ini kepada hewan.. apalagi kucing termasuk hewan kesukaan nabi ya.. jika ada penitipan kucing seperti ini, kucing2 jadi tidak terlantar ya dan mereka jadi terurus

    ReplyDelete
  16. memang ini bisa jadi bisnis yang menguntungkan ya mba, apalagi kalau sambil menyalurkan hobi dan kecintaan kita kepada binatang

    ReplyDelete
  17. aihh gemes lihat kucing-kucingnya
    ini yg namanya bisnis bermula dari passion ya mbak
    sangat menolong bagi para cat lover nih

    ReplyDelete
  18. Beneran ya punya usaha begini kudu bersih terus dan telaten merawat kucingnya.. Tanggung jawabnya besar banget nih merawat anabul kesayangan orang nggak boleh salah urus

    ReplyDelete
  19. wah bikin bisnis penginapan hewan disaat hari raya gini pasti laku berat ya. secara kan jalan-jalan ga boleh bawa hewan. Keren nih ide berguru dari ninja Express. Bikin semangat untuk berusaha

    ReplyDelete
  20. Panti asuhan kucing?
    Ada hotel dan spa kucing juga. bagi pecinta kucing, pasti seneng banget ya ini. Jadi walau ditinggal keluar kota, kucing peliharaannya tetap bisa terawat

    ReplyDelete
  21. Masya Allah pecinta kucing banget ini ya mbak, ada cat hotekl & spa gitu. Kalau sudah cinta pasti lebih dekat ya dengan kucing2nya

    ReplyDelete
  22. Saya baru aja nonton video Berguru edisi ini nih tadi. Awalnya kirain cat untuk ngecat hotel masaaaa..ternyata bukan. Hahahha

    ReplyDelete
  23. Di sini biasanya cat hotel rame kalau lebaran jadi 1-2 minggu gt dititipin kucing yg lucu2. Perawatan dan kenyamanannya juh dijaga

    Kalau aku kesana bisa ga pulang2 nanti wkwk mainan kucing aja

    ReplyDelete
  24. Luarbiasa kecintaannya sama piaraan kucing ya, inspirasi yang extra ordinary, bikin hotel kucing (tempat penitipan kucing). Kalau lihat di film- film, beberapa kali lihat film yg ada part penitipan kucing. Alhamdulillah, sekarang di Indo sdh mulai ada penitipan kucing ini, jd lover cat gak pusing lagi kalau ada keperluan beberapa hari di luar kota.

    ReplyDelete
  25. Aku ga suka karena baunya khas banget, gak kuat. Tapi aku senang lihat kucing lucu, gembul, gemes banget. Di rumah gak pelihara kucing, tapi rumahku jadi transit kucing liar karena anak-anak suka kasih sisa makanan mereka kayak ayam, ikan ke kucing-kucing liar

    ReplyDelete
  26. Dari cerita perjalannya membangun cat hotel, saya yakin sih kalo Mas Febriansyah ini orang yang penyabar dan telaten buwanget! Apalagi ngerti caranya ngerawat kucing liar sampe bisa jadi kucing terlatih yang sehat.

    ReplyDelete
  27. Kalau ada tempat penitipan kucing yang pasti dijamin kasih sayangnya #halah bakalan tenang kalau ditinggal pergi barang sehari dua hari gitu ya.

    ReplyDelete
  28. Pendapatannya lumayan besar juga ya dari bisnis hotel kucing ini. Tapi klo mau mulai usaha ini, bener sih harus telaten dna paham juga sayang banget dulu sama kucing. Sementara aku, agak kurang suka sama hewan peliharaan

    ReplyDelete
  29. Duh kucing aja bisa staycation dan spa masa kita nggak ya hahaha..btw ide bisnisnya keren ya tapi kalau bisnis ini harus krn benar2 suka kucing

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^