3 Hal yang Bikin Penasaran di Lombok

3 Hal yang Bikin Penasaran di Lombok – Sudah 9 tahunan ini saya kenal bloger Lombok bernama Andy Hardiyanti. Paling suka baca tulisan dia tentang Mataram dan Lombok. Tulisannya nyambung dengan saya yang merindukan kota yang jauh lebih tenang. Soalnya sekarang Makassar sudah menjadi kota metropolitan yang hectic.

Sebelumnya, sejak sekira tahun 1995 saya kenal cukup dekat dengan yunior, orang Lombok di fakultas dulu, namanya Baiq Tisniwati. Sebenarnya keinginan menyambangi Lombok itu bermula sejak mengenalnya. Nah, makin menguat ketika membaca tulisan-tulisan Andy, ditambah lagi membaca tulisan-tulisan teman-teman lain yang dari Lombok dan pernah ke Lombok.

Sisi lain diri saya merindukan Makassar tahun 1980-an yang tenang. Yang masih banyak pohon besar rindangnya. Yang tidak ada macet-macetnya sama sekali. Saya merindukan naik pete-pete (nama angkutan kota di Makassar) yang hanya 30 menit ke tempat berjarak 10 km dari rumah. Sekarang mana bisa, di mana-mana macet apalagi kalau ada demonstrasi seperti sekarang ini.


Peta Lombok

Nah, konon kabarnya Mataram kotanya lebih tenang ketimbang Makassar. Jadi makin mupeng deh ke sana. Setiap baca-baca tentang Mataram dan Lombok di blog teman-teman blogger, saya berkhayal mengunjunginya. Sampai-sampai berkelakar sama Andy, “Ajak ke situ ya kalau saya ada rezeki ke Mataram.” Hehehe.

Nah, 3 hal ini yang menurut saya paling bikin penasaran di Lombok:

 

1. Dusun Sade.

 

Dusun ini menjadi daerah tujuan wisata. Aura khas suku Sasak kental di dusun ini. Mulai dari artsitektur rumah adatnya dan bentuk-bentuk lain kebudayaannya bisa disaksikan dari dekat di sini. Dari blog Mbak Tanti Mechta, saya mendapatkan informasi kalau dusun seluas 2 hektar ini dihuni oleh 150 kepala keluarga dengan total penduduk 700 orang.

Ingin sekali melihat dari dekat rumah adat yang dindingnya terbuat dari anyaman bambu, bertiang kayu, dan beratapkan alang-alang kering. Di dusun ini bisa dilihat dari dekat perempuan-perempuan yang menenun kain tenun khas Lombok.

Lantai rumah orang Sade terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan kulit padi. Uniknya, untuk membersihkannya menggunakan kotoran kerbau.

 

2. Tradisi Begibung

 

Di blog Andy ada anjuran untuk melihat tradisi begibung pada hajatan-hajatan yang diadakan oleh orang Lombok. Dipas-pasin saja kali ya saat ada pesta pernikahan ke sananya. Uniknya, dalam tradisi begibung ada nampan berisi nasi putih dan aneka lauk pauk. Yang mana satu nampan diperuntukkan bagi 3 orang, malah bisa sampai 5 orang.

Salah satu isi nampan yang disebut Andy dalam blognya adalah pindangan iga, pepes ikan, jukut ares, ebatan Lombok, urap, sate buntel, sambal, dan nasi putih. Nama-nama yang kebanyakan masih asing tapi saya percaya ketika Andy mengatakan rasanya enak-enak. Iyalah, masakan Indonesia gitu loh.


Tradisi Begibung


3. Kerajinan Mutiara

 

Tempat-tempat yang menyajikan keindahan mutiara Lombok menjadi salah satu daya tarik bagi saya. Sebuah buku cerita anak berjudul Petualangan Seru di Pantai Mutiara yang pernah saya baca pada tahun 2015 membangkitkan rasa penasaran saya mengenai tempat-tempat kerajinan mutiara di Lombok.

Kampung Mutiara Sekarbela disebut-sebut sebagai sentra kerajinan mutiara terbaik di Lombok. Mutiaranya berasal dari air laut dan ada pula dari air tawar.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dieksplorasi di Mataram dan Lombok yang kalau ditulis semua bisa puluhan ribu kata saya habiskan. Jenis-jenis makanan khasnya ingin saya eksplorasi, juga pantai-pantai indahnya, berikut pulau-pulau kecil di sekitar pulau Lombok. Tapi saya kira 3 item di atas itu saja sudah cukup membuat Andy rempong menemani saya keliling Lombok.


Mutiara Lombok

Lagi pula, kalau ada rezeki saya takkan bisa lama-lama meninggalkan rumah maka ketiga hal itu saja yang saya catat dulu. Kerjaan online saya cukup banyak juga. Tapi sebenarnya tidak ada halangan sih ya urusan kerjaan online toh sekarang ada kartu perdana internet #UnlimitedMAX dari Telkomsel.

Dengan #UnlimitedMAX, bisa dapat koneksi internet yang kencang. Bisa internetan dengan puas dengan jaringan tercepat dan terluas Telkomsel secara murah dengan kuota unlimited sehingga tetap bisa terkoneksi. Mulai dari chatting, main medsos, sampai streaming di YouTube sekarang bisa sepuasnya.

Tak ada masalah menerima pekerjaan dari pulau Jawa, mengerjakannya di Lombok. Jadi bisa #GayaUnlimited dan bebas bisa kerja di mana aja. Kalian juga bisa beli kartu perdana internet #UnlimitedMAX di outlet terdekat. Info selengkapnya langsung cek tsel.me/unlimitedmax.

Haha, jauh benar ya perencanaannya. Yah, semoga saja pandemi segera berlalu dan saya dapat sponsor jalan-jalan ke Lombok. Kalau ada sponsor, tinggal bujuk-bujuk Andy supaya mau jadi guide sukarela. Well, kalian sudah pernah ke Lombok?

Makassar, 7 Oktober 2020



Share :

143 Komentar di " 3 Hal yang Bikin Penasaran di Lombok"

  1. Saya pernah sekali ke Lombok mbak, tapi urusan kerjaan. Nggak sempat jalan-jalan ke Gili Gilinya. Jalannya ke beberapa tempat makan dan pusat oleh-oleh aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih pengen ke Lombokkah Mbak Nanik? 😊

      Delete
  2. Saya beberapa kali ke Lombok, bersama ortu liburan waktu masih SD SMP dan waktu kuliah itu ikutan Seminar Nasional Mahasiswa Teknologi Pertanian

    Desa Sade terkenal karena unik, rumah adatnya masih pake dinding dari anyaman bambu, bertiang kayu, dan beratapkan alang-alang kering.

    Banyak perempuan-perempuan menenun kain tenun khas Lombok, ada upacara pukul pukulan pake lidi atau bambu kalap ga salah dan mengenal Islam Waktu Telu,

    ReplyDelete
  3. Mutiara Lombok sangat berkualitas dan dikenal mancanegara. AKu pernah duluuuu jualan mutiara sebentar aja sih. Makanan yang bisa disantap sampai 5 orang, Begibug, unik sepertinya ya. Pas hajatan makan rame2 hihiih seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bakalan seru ya makan rame2 begitu.

      Delete
    2. Kalau suatu hari bisa mampir lagi ke Lombok, aku mau belin kain tenunnya ah :) Mahal ga apa2 buat simpanan kekayaan :D Kalau cukup uangnya, mau juga belanja mutiara2nya yang hitam keren tuh mbak.

      Delete
  4. Wa, semoga tercapai ke Lombok dan ketemu Mbak Andy nanti ya, Mbak Niar
    Saya ke Lombok dua kali saat kuliah dan kerja di Bali. Rencana ke sana tahun ini sama keluarga tapi batal karena pandemi hiks...padahal peasaran sama Desa Sade yang di sana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa terealisasi segera setelah pandemi berlalu ya, Mbak Dian. Oh pandemi, segeralah berlalu.

      Delete
  5. Jadi semakin pengen saya wisata ke Lombok. Pengen puas-puasin kulineran di sana. Beberapa makanan Lombok yang dijual di sini, saya suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Chi suka makanan khas yang mana?

      Delete
    2. yang langsung kepikiran ma saya itu taliwang dan plecing. Pengen cobain kalau rasa aslinya itu seperti apa

      Delete
  6. Saya yang bertahun-tahun di Lombok malah belum pernah ke Sade, kak. Sering lewat, tapi blas belum pernah masuk. Hahaha

    ReplyDelete
  7. Sama mbak..
    Aku juga penasaran dgn desa sage
    Klo ke lombok pengennya itu jadi salah satu deatinasi yg wajib dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Desa Sade desa yang unik ya Mbak ... asli bikin penasaran.

      Delete
    2. Iya ya mbak, apa sempat ikut acara adat setempat mbak saat berkunjung ke desa sage

      Delete
  8. Aamiin... semoga terwujud harapannya kak untuk jalan-jalan ke Lombok

    ReplyDelete
  9. Aku pernah dengar kerajinan mutiara dan memang bagus-bagus. Semoga kita berkesempatan bisa ke sana ya. Aku pengen ke Rinjani juga

    ReplyDelete
  10. Belum pernah ke Lombok. Tapi kepingin banget ke sana. Dusun Sade itu pernah lihat di TV. Rumahnya memang dibersihinnya pake kotoran kerbau. Pake tangan lagi, keren deh mereka ngerjainnya. Kayak ngepel pake kain biasa aja gitu, nggak geli-an.
    Semoga kita bisa bareng² ke sana. Nebeng guidenya heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah biasa ya jadi mereka tidak geli lagi .. yang ngeliat yang geli hehe.

      Delete
  11. Pengen bisa mampir kesana euy. Bali aja belum pernah,padahal suamiku orang Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalo ke Bali langsung ke Lombok, Mbak.

      Delete
    2. Nah..bener, dari Bali bisa langsung deh nyebrang ke Lombok. Naik pesawat juga bisa :) tapi kalau mau lebih seru perjalanannya..ya naik kapal ferry aja.

      Delete
  12. Ke Sade, pernah. Beli mutiara juga pernah. Yang belum itu merasakan tradisi Begibung tapi waktu nikahan aja yaa.
    Lombok itu satu pulau yang aku ingin ke sana lagi, Mbak Niar. Pantainya cakeeep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saat ada hajatan saja baru ada tradisi begibung.

      Delete
  13. Saya belum pernah ke Lombok. Tapi, dari artikel blog ini ada value dan kearifan lokal yang ditawarkan sehingga membedakan dengan wisata di pulau Jawa. Ternyata kerajinan mutiaranya luar biasa di sana

    ReplyDelete
  14. Lombok, ialah tempat wisata impian bagi saya. Semoga suatu saat bisa liburan di sana. Tempat yang indah. Dan kulinerannya juga sedap mantap.

    Saya juga jadi penasaran nih, bagaimana dengan Tradisi Begibung, kayaknya seru dan asyik banget. Apalagi ada nasi dengan lauk pauk yang sangat enak-enak. Bisa dimakan ramai-ramai pula. Hmmm lezaatnyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASyik kelihatannya ... saya penasaran banget.

      Delete
  15. Aku pernah ke Lombok sekali...tahun 2001..udah lama sekali mba... Jaman masih kuliah. Klo diberi kesempatan, pengen juga ke Lombok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayukk mbak, kapankapan ke Lombok lagi. Terus kopdaran deh kita. Pas banget tuh kan emang belum pernah ketemu sebelumnya~

      Delete
    2. Nah ayo, kopdar bertiga hehe.

      Delete
  16. Mertuaku orang Lombok tapi aku belum pernah kesana :( karena beliau sekarang di USA belum bisa pulang karena dapat greencard. Sejak dulu penasaran banget sama Lombok, mudah2an setelah pandemi ini bisa kesana. aamiin

    ReplyDelete
  17. Wah pengen pindah domisili (kalau bisa) ke Lombok mbak? hehe
    Lombok kyknya sebentar lagi akan jd seperti Bali ya, rame juga.
    Budaya lokal Lombok juga sangat kaya.
    AKu jg kepengen suatu saat nanti pindah domisili ke tempat impian :D

    ReplyDelete
  18. Sungguh yang aku inginkan ke Lombok tuh liat langsung mutiara mba. Bagus bagus. Kebetulan pas di Ambon aku ya suka beli mutiara :)

    ReplyDelete
  19. Pingin sekali lihat kampung Sade dan masuk ke dalam rumah adatnya, siapa tahu sedang acara membersihkan lantai.. sepertinya menarik.. apa di sana sudah ada listrik dan sudah menggunakan gadget? mestinya sudah ya..

    ReplyDelete
  20. Buatku yang bikin penasaran di Lombok tuh banyaaaakkk banget kak..hehe dan pengen banget cuzzzz ke Lombok. Mutiaranya juga tuh...huhuhu...cantik-cantik ya....

    ReplyDelete
  21. Belum pernah ke Lombok..Penasaran juga seperti apa kota-kotanya. Memang asyik baca tulisan dari blogger yang tinggal di luar jawa, apalagi kalo cerita tentang desanya. Wah, jadi makin penasaran. Tapi sementara ini saya hanya bisa menjelajah lewat virtual dulu.

    ReplyDelete
  22. Kalau yang ngangenin saya dari Lombok adalah Gunung Rinjani. Belum ada yang dapat mengalahkan keindahan gunung ini Mbak.

    ReplyDelete
  23. lombok selain pantainya yang indah, banyak juga kebiasaan masyarakat yang menarik untuk diperhatikan dan dipelajari ya mak.. pasti indah-indah banget ya mak kerajinan mutiara di mataram dan lombok, jadi penasaram banget nih.. makasi infonya mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga kepengen ke Lombok karena katanya pantainya tak kalah indah dari Bali. Semoga kelak benran bisa ke sana aamiin.

      Delete
  24. Kalo dengar nama Lombok yang saya tahu dari baca2 informasi dari internet katanya Pantai nya indah2. Saya belum pernah ke Lombok dan Mataram. 3 tahun lalu ke Bali dan ada rencana sama teman2 buat sekalian ke sana juga. Ehh gak jadi. Dan sampai sekarang masih masuk wish list. Semoga bisa cepet berlalu ya corona ini, biar bisa jalan2 ke Lombok. AamiinπŸ™

    ReplyDelete
  25. Lombok cakep, kak Niaarr..
    Adiknya Bapak rahimahullah ada yang menikah dengan orang Mataram. Jadi kami kalau jalan-jalan ke Mataram, nginepnya di oom.
    Sepiii....kuliner dan wisata alamnya, seruu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulang dari Lombok wajib banget borong mutiaranya.
      Karena dari segi harga memang beragam dan modelnya pun cantik-cantik.

      Delete
    2. Rencananya kalau ke Lombok berapa hari, kak Niar?
      Hehehe...pengalaman aku seminggu, asa masih ada aja niih..yang belum dikunjungi. Terutama Gili.

      Delete
  26. Belum pernah ke Lombok aku Mba. Cuma sering baca2 doang di blognya temen-temen juga. Akutu paling jauh baru ke Bali hahahha...padahal nyebrang dikit udah sampe ya? Semoga next ada kesempatan plesiran me Lombok lah. Mau makan ayam taliwang di tempat aslinya. Heheh.. amiiin

    ReplyDelete
  27. Lombokk, sudah lama kuidamkan untuk menjejak tanahnya. Sama kayak Kak Niar, saya paling gak tahan baca postingan Kak Andy. Dusun Sade yang paling ingin saja kunjungi, pengin lihat langsung tradisi Sasak. Selain itu pantai di Lombok juga sangat memikat, sayang rasanya jika tak dikunjungi. Ah, jadi iri karena suamiku 2 minggu sekali sidang ke Lombok πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  28. Senangnya membaca tentang lombok yang menyengat pikiran dan bisa aja di rekomendasi nih bila suatu saat ke sana

    ReplyDelete
  29. Salah satu wishlist traveling yang belum kesampaian nih. Maklum anak-anak masih pada kecil. Semoga nanti bisa kesana aamiin

    ReplyDelete
  30. Aku punya banyak teman kuliah asal Lombok, pernah di ajak tapi waktu gak ngepas. Tapi dia masakin aku makanan khas Lombok plecing ayam dan plecing kangkung wuihhh pedas hahahaaa

    ReplyDelete
  31. Saya juga punya beberapa teman yang tinggal di Lombok. Pantainya lebih bagus dari Bali katanya. Suasananya juga lebih tenang. Soal mutiaranya memang bagus banget. Ada beberapa jenis juga mutiaranya dari yang kualitas rendah harga murah sampai kualitas tinggi yang harganya jut-jut bisa bikin terkejut. Saya sendiri belum pernah ke Lombok. Pengen tapi belum kesampaian. Semoga mbak Mugniar segera terwujud impiannya main ke Lombok.

    ReplyDelete
  32. Kalau buat saya, yang ngangenin dari Lombok itu, ramainya jalan jalan desa kalau ada Nyongkolan.

    Kangen pulang jadinya. Udah lama nggak ke Lombok, tempat saya dulu numpang lahir dan besar walaupun saya bukan orang Sasak.

    Kerja dimanapun, asal sinyal lancar, bisa jalan terus.

    ReplyDelete
  33. Kalau denger kata Lombok, yang ada di pikiran itu Rinjani dan pantai yang bersih. Jadi pengen ke Lombok, semoga ada rezeki ke sana

    ReplyDelete
  34. Lombok itu salah satu list destinasi wisata yg ingin saya wujudkan, pantainya indah dan makanannya enak2 sih menurutku kayak ayam taliwang huhu jadi pengen ke sana

    ReplyDelete
  35. Wah ak belum pernah ke Lombok sama sekali nih mbak hehe. Lombok tuh salah satu destinasi yang aku impikan banget loh kak, semoga next bisa kesampean kesana aamiin. Btw, kalo tulisan perjalannya banyak fotonya pasti bakal lebih mupeng nih aku kak hehe

    ReplyDelete
  36. Belum pernah pergi ke Lombok. Habis baca ini jadi penasaran banget tentang keindahan dan destinasi yang ada di sana terutama budayanya

    ReplyDelete
  37. saya sudah pernah ke Lombok mba tapi udh lama bgt lebih dari 10 tahun lalu. Waktu itu saya lebih ke pantai2, baca post mba jadi ingin ke sana lagi utk eksplor budaya

    ReplyDelete
  38. Kudukung jalan-jalan ke Lombok, Kak Niar. Tempatnya memang menyenangkan dan menenangkan. Tanpa macet. Dari bandara ke pusat kota, lancar. Jalanannya mulus di mana-mana. Betul banget, masakan Lombok itu enak-enak banget. Bumbunya melimpah dan pedaaasss ...

    Dari sepuluh jenis masakan di Lombok yang pernah kumakan, nggak ada yang aku nggak suka. Malah dulu pernah loh mau bawa kangkung dari sana. Sayang, buru-buru karena udah dekat sama jadwal terbang ke Jakarta.

    Tapiii ... Aku juga kepengen ke Makasar, loh. Belum pernah sama sekali menginjakkan kaki ke Sulawesi, hihihi ...

    ReplyDelete
  39. Saya juga sangat rindu Lombok. Pengin ke sana lagi.

    ReplyDelete
  40. Setelah baca artikel ini jadi pengen bgt ke Lombok. Masyaallah kota yg begitu indah.

    Jadi inget guru bahasa Jepangku dulu. Beliau orang Lombok, semoga saja beliau saat ini dlm keadaan baik-baik saja

    ReplyDelete
  41. Belum pernah saya mbak ke Lombak..lihat cerita tentang Lombok jadi mupeng..bagus ya wisata Lombok itu..semoga saya bisa berkunjung ke Lombok juga

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah.. Mertua orang Lombok, jadi saya sering makan masakan Lombok hihi.. Kalau Ke Lombokpun, pasti banyak saudara disana. MasyaAllah.. ngangenin emang Lombok mbak :D. Yang nomer 3 saya belum pernah melihat, sisanya udaahh.. Semoga bisa kesampaian ya.. Toh kerjaan Online bisa dikerjakan dimana aja kaann..

    ReplyDelete
  43. Tradisi Begibung kalau di Jawa tuh kaya kepungan gitu. Cuma makannya lebih banyak orang. Kalau di Lombok 3-5 ya. Makan bersama kaya gitu tuh enak, rame

    ReplyDelete
  44. Tradisi begibung cuma ada saat hajatan aja ya, jadi kalau ke Lombok cari tau dulu ada undangan hajatan atau gak hehehe. Duh menu begibungnya ikan-ikanan kesukaan aku banget

    ReplyDelete
  45. Makassar kan emang ud termasuk kota besar di Indonesia. Hmm, sama sih mbak..aku lebih menyukai tggal di kota yg gak hectic

    ReplyDelete
  46. saya juga penasaran pingin ke lombok. dulu digadang2 sebagai Bali kedua. Mutiaranya cakeep

    ReplyDelete
  47. Ke Lombok saat hamil Fahmi tiga bulan. Sepulangnya dari mendaki Gunung Rinjani, saya eksplorasi dulu Lombok dan lanjut ke Bali.
    Semoga suatu saat berkesempatan ke sana lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk teh Okti, urang ngabolang ka Lombok

      saya belum pernah ke sini

      Delete
  48. Eh..ada namaku di sini..hihi.. Trmksh sdh mampir blogpostku ttg Sade wkt itu ya mba.. BTW, mau ikuuut klo ke Lombok, aku masih penasaran dg keindagsn alamnya niih..

    ReplyDelete
  49. Dulu Makassar namanya masih Ujung Pandang ya Mba? Oh ya, soal Lombok saya pun selalu kangen untuk balik dan balik lagi. Sudah dua kali ke sana namun saya belum sempat ke Desa Sade.
    Oh ya Mba kalau ke Lombok jangan lupa makan Sate Rembiga atau Kangkung Plecing :D

    ReplyDelete
  50. Belum pernah ke lombok nih pengen. Ntar kalau kesana aku mau main ke kampung mutiaranya ahhh.

    ReplyDelete
  51. Rata-rata yang komen banyak yang sudah pernah ke Lombok juga. Aku jadi iri pengen ke sanaaa. Ahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang aku temani Des, aku belum pernah ke Lombok, tapi secepatnya kita ke san aya bareng :)

      Delete
  52. Wah saya pengen banget ke lombok, rasanya belum afdol kalau suka jalan² tapi belum ke Lombok. Ok mba, tulisannya oke nih buat referensi jika ke lombok πŸ€—

    ReplyDelete
  53. Oiya di Lombok juga ada mbak Andy. Jadi bisa minta rekomendasi tempat yang asik selama di sana, nih

    ReplyDelete
  54. Lombok itu memang indah, banyak warisan budayanya juga. Makanya, gak anehbkalao Lombok jadi tujuan wisata favorit setelah Bali. Kalo kata aku sih lebih enak di Lombok karena lebih tenang aja...

    ReplyDelete
  55. Lihat peta itu, saya jadi menyadari sesuatu yang tak saya perhtikan. Ternyata saya sudah mengeksplor 2/3 pulau Lombok untuk cari handicraft (20 tahun lalu).
    Saya pernah ke Sade. Memang kental kesukuannya. Bagus pula.

    ReplyDelete
  56. Betul banget. Pada dasarnya, aku sangat penasaran pingin eksplorasi Lombok karena emang belum pernah sama sekali ke sana.

    ReplyDelete
  57. Perjalanan ketiga ke Mataram, keluar kantor aku bukannya buru-buru pesan taksi ke bandara, malah ngobrol sama teman-teman dari kantor lain di lantai bawah. Tahu-tahu eh udah sore banget. Ngebut minta sopir buru-buru sampai. Akhirnya aku ketinggalan pesawat. Begitu sampai meja check in, pesawat sudah posisi mundur. Aku bobo di bandara malam itu sambil nonton film G30S PKI. Besok paginya terbang sambil diam seribu bahasa. Takut orang di kanan kiri kebauan karena aku belum mandi dan gosok gigi kan dari kemarin sore, wkwkwk ...

    ReplyDelete
  58. Pas baca ulasan Mbak Wati sama Mbak Tanti- Mechta tentang Dusun Sade, duh duh duh, ngiler juga, Mbak pengen melipir ke sana. Semoga bisa kesampaian, ya. Soal makanannya, ini masih unik, ya. Kalau di tempatku sini modelnya sudah pada prasmanan semua, nggak ada hidangan khasnya.

    ReplyDelete
  59. pinginnnnnn ...... hihihi 3 destinasi wisatanya bikin pingin ke Lombok

    pantainya juga masih asri ya?

    Lombok udah lama saya incer kalo punya waktu, uang dan umur :D

    ReplyDelete
  60. Wah jadi kangen Lombok. Aku main ke lombok tahun 2018 dan sebelum gempa lombok.

    ReplyDelete
  61. salah satu tempat di indonesia yang ingin dikunjungi bersama suami LOMBOK semoga Allah kasih rezeki umur dan waktu agar bisa kesana suatu saat aamiin..

    ReplyDelete
  62. Kalau saya yang paling dirindukan dari Lombok adalah gili dan Rinjani. Semoga setelah pandemi bisa ke Lombok lagi. Aamiin

    ReplyDelete
  63. Aku pribadi seneng banget sama Lombok karena ada sahabat semasa SD yang tinggal di sana. Pemandangan di Pantai Pink yang bikin saya terpesona sama Lombok. Terima kasih atas info ini ya...

    ReplyDelete
  64. Wahhh Lombok. Sudah lama saya punya impian bisa berkunjung ke Lombok. Tapi belum dikasih izin sama Allah. Semoga keinginan kita bisa terwujud ya mbak. Dan mba bisa ketemu sama mba Andy.

    ReplyDelete
  65. Lombok salah satu pulau yg ingin saya kunjungi
    dusun sade dan mutiara asli lombok mmg bikin penasaran.
    Dulu pernah dikasi oleh2 ..tp ga tahu hilang kemana

    ReplyDelete
  66. Aku juga mupeng bangeettt cuss ke Lombok.
    Semogaaa after oandemi ini berakhir
    Aku ada sodara di Kekalik baru, udah lama ga bersua beliau2

    ReplyDelete
  67. Ah sama banget dengan saya. Ini 3 hal yg pengen banget saya lakukan saat berada di Lombok. Ke dusun Sade untuk liat masjid tradisional dan tertua di sana. Ikut merasakan Begibung terus mengunjungi perajin mutiara. Yang terakhir ini berhubungan dengan kegiatan saya sebagai perajin perhiasan.

    ReplyDelete
  68. Sebagai manusia yang belum pernah ke Lombok, baca tulisan ini rasanya ingin sekali ke sana

    ReplyDelete
  69. Wah jadi kangen lombok. 2015 pernah kesana dari kuliner sampai tempatnya tidak terlupakan. Banyak sekali hal yang bisa diulas disana

    ReplyDelete
  70. Saya penasaran dengan mutiara Lombok. Karena kakak saya pernah dapat oleh-oleh dari temannya anting mutiara Lombok yang cantik banget. Sama pantainya juga pengen banget kesana. Semoga nanti ada rezeki dan kesempatannya.

    ReplyDelete
  71. Saya pernah ke Lombok, tapi belum pernah berkunjung ke Desa Sade. Penasaran pengen bisa lihat langsung keunikan budaya yg masih terawat baik di tempat ini. Semoga suatu saat nanti bisa berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  72. Selain pantai, aku tuh pengen ke Desa Sade mba kalo nanti main ke Lombok, viewnya bagus yaa memang disana tuh

    ReplyDelete
  73. Lombok jadi tempat yg enggak terlupakan mbak. Beberapa kali kesana dan memang suka dengan kerajinan mutiaranya bagus2.

    ReplyDelete
  74. suamiku pengen banget ke lombok mbak, tapi ga tau kapan hahaa sudah pernah bilang beberapa kali tapi belum ada rejeki aja

    ReplyDelete
  75. Daerah yang belum pernah aku kunjungi nih lombok, sama sekali huhu..
    semoga suatu saat di beri kesempatan berkunjung ksana :)

    ReplyDelete
  76. Dari dulu sampai sekarang masih penasaran berwisata di lombok 😊 apalagi pantai pantai dilombok lebih bagus daripada bali, terbaik pokoknya

    ReplyDelete
  77. Makin kepengen deh ke Lombok. Desa Sade emang udah sangat terkenal sekali ya mbak sebagai salah satu desa tradisional yang masih melestarikan kebudayan di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanannya juga enak2
      terutama plecing kangkung
      ga tau yaaa.... Kangkung lombok kok crunchy, beda dgn kangkung di pulau Jawa :D

      Delete
  78. Dulu nyesel banget pas bulan madu nggak sekalian main ke Lombok. Sekarang nggak tahu deh kapan bisa main kesana. Moga2 one day bisa traveling ke Lombok sama keluarga. Penasaran sama pantainya yang kece-kece

    ReplyDelete
  79. Lombok juga jadi salah satu destinasi wisataku. Semoga suatu saat bisa ke lombok. Aku juga suka banget mutiara, kayaknya pas yaa kalau sambil belanja mutiara di sana

    ReplyDelete
  80. Saya pernah ke Lombok, tapi hanya diam di hotel saja, paling menikmati pantai hotel.
    Pengen sebenarnya jalan-jalan berkeliling, tapi dulu lokasi hotel memang jauh banget dari mana-mana.

    ReplyDelete
  81. Alhamdulillah pertama kali aku ke Lombok, pertama kali aku juga datang ke dusun sade. Disana bener-bener indah dan banyak ya pantai yang bagus-bagus

    ReplyDelete
  82. Saya suka sekali Dusun Sade. Berbeda sekali suasananya. Apalagi budayanya, membersihkan lantai dengan kotoran sapi, lalu ada tradisi wanita dianggap dewasa & siap menikah kalau sudah mahir menenun

    ReplyDelete
  83. aku sudah ke lombok dan ke sade, unik desanya asri, cuma kita belum tentu bisa hidup di sana

    ReplyDelete
  84. kemarin ketemu sama anak lombok duh ceritanya dia tentang pantai dan mutiara tuh bikin ngiler. Penasaran juga sama lombok. hihi. sama makassar juga kalo saya mh. penasaran kayak apa itu pete2, haha. Ketemu anak lombok dan anak makassar kmrn pas di pare jd seneng denger cerita2 mereka. Apalagi kalo mengunjunginya yaaa.

    ReplyDelete
  85. Tradisi tradisi khas daerah seperti ini yang harus kita juga pertahanan ya mba. Dan lestarikan tentunya. Kerajinan mutiara lombok tuh tak terkalahkan :)

    ReplyDelete
  86. Aku juga penasaran nih mba dengan Dusun Sade itu. Melihat postingan teman-teman memang bikin mupeng ya ingin menyambanginya. Semoga saja setelah pandemi berakhir, ada rejeki bisa ke Lombok ya mba. Bareng yuuukk...

    ReplyDelete
  87. Lombok memang mengesankan. Meskipun belum sempat ke sana, tapi informasi mengenai Lombok bikin kepengin berkunjung ke sana. Semoga suatu saat bisa menikmati panorama dan budaya yang menawan di sana. Aamiin.

    ReplyDelete
  88. Aku tuh pengen banget ke Dusun Sade huhu mupeng berat kaena temanku udah pernah kesana. Semoga ya bisa ke Dusun Sade dan wisata lainnya juga sekaligus borong kain tenunnya hehe.

    ReplyDelete
  89. Acara makan bersamanya kayak mondulu dulu kalau di Lembah Bada. Memang Lombok selalu dirindu sih. Alamnya, orangnya dan kulinernya

    ReplyDelete
  90. kalo aku pribadi emang udah penasaraan sejak lama ama lombok tapi belum rezeki untuk ke sana. semoga setelah pandemi bisa deh aamiin..

    ReplyDelete
  91. penasaran dengan lantai yang dibersihkan dengan kotoran kerbau.. apa nggak bau yah?

    ReplyDelete
  92. Aku belum pernah ke Lombok nih. Pengin suatu saat bisa kesana. Sepertinya tempatnya memang nyaman untuk disinggahi dan kaya budaya seperti Bali ya..

    ReplyDelete
  93. Lombok jadi salah satu wishlist liburan saya tahun ini tp sayang karena pandemi jd gagal:( abis baca artikel mba makin bikin pengen ke lombok huhu

    ReplyDelete
  94. Lombok dengan segala pesonanya ya mba..Mutiara dan kain tenunny amemang juaraaa, plus makanannya yang enak

    ReplyDelete
  95. Kalau denger kata Lombok bawaan aku jadi pengen jalan-jalan mba hahaha πŸ˜‚. Walaupun aku belum pernah ke sana sih. Aku jadi penasaran ama kampung mutiaranya itu. Penasaran aja ama proses pembuatan mutiara gimana dan lain-lain. Semoga pandemi segera selesai ya biar kita bisa jalan-jalan lagi. Amin

    ReplyDelete
  96. Ingat Lombok ingat pantai sama mutiaranya, semoga suatu saat nanti bisa ke Lombok yang indah

    ReplyDelete
  97. Saya juga belum pernah ke lombok nih mbak, pengen deh nyobain kuliner di sana...

    ReplyDelete
  98. Alhamdullillah sudah pernah ke lombok, dua kali.
    Pertama sebelum gempa dan setelah gempa.

    Kebetulan aku juga sudah pernah ke Dusun Sade, desa yang masih kental dengan aura tradisional.

    ... dan aku juga punya contoh itinerary 4D3N lho.
    Yuk mampir mba :)

    Well, Lombok memang layak dikunjungi, minimal sekali seumur hidup, indeed!

    ReplyDelete
  99. impianku itu bisa liburan atau honeymoon di Lombok sama suami tersayang sambil menikmati keindahan alam di sana trus naik sepeda deh keliling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok ya sama ya Aie, pengin banget bisa liburan berdua dengan suami gitu ke Lombok. Anak-anak udah gede nih, udah bisa ditinggal sebentar gitu. ;)

      Delete
  100. iyaa kerajinan mutiara lombok udah terkenal ke mancanegara... sayangg belum pernah ke sana... padahal tinggal lewat dikit dari bali ya.. di Lombok juga katanya enak buat wisata religi ya karena negeri seribu masjidnya..

    ReplyDelete
  101. Iya Kak, Desa Sade itu menakjubkan, suasananya unik, bahkan rumahnya dilapisi kotoran kerbau, aku jatuh cinta pada kainnyaa...

    ReplyDelete
  102. Menarik sekali 3 hal yang disebutkan mbak Niar di atas. Saya juga penasaran pengen merasakan dan melihat sendiri suasana saat perempuan-perempuan Lombok itu menenun kain tenun yang khas Lombok :)

    ReplyDelete
  103. mba agree with that, but I'm still curious about the food. Even though my brother-in-law and nephew were there, when they returned to Bengkulu they liked to make food. stay curious

    ReplyDelete
  104. Aku belum pernah ke Lombok nih, semoga next bisa mengukirkan jejak di Lombok.

    ReplyDelete
  105. Pengen banget mba ngerepotin mak Andy juga ah klo ke Lombok haha
    Secara belum pernah ke lombokπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  106. waktu tahun lalu adik sama papa pergi ke lombok, lihat foto dan denger ceritanya bikin pengen ikut ke lombok juga. seru kayaknya

    ReplyDelete
  107. Aku kangen Lombok :') kesabaran pertama kalndi tahun 2016 pas honeymoon. Ke Dusun Sade dan wow kagun banget sama pemandangan disana. Serta beragam etniknya .

    ReplyDelete
  108. Wah, samaan saya juga penasaran dengan Dusun Sade. Pengin liat kehidupan masyarakat di sana dari dekat.

    ReplyDelete
  109. Dari dulu pengen banget ke Lombok dan memang yang bikin penasaran adalah Desa Sade...

    ReplyDelete
  110. aku udah pernah di pelabuhan padang baenya bun kwkwk tinggal nyeberang

    ReplyDelete
  111. Saya juga belum pernah ke Lombok dan berharap suatu saat nanti bisa kesana.

    ReplyDelete
  112. aku juga pernah ke Lombok mba tapi cuma ke pntainya saja, mau ke Desa Sade tapi nggak sempat padahal banyak yang bisa dieksplor ya

    ReplyDelete
  113. Saah satu wish list ya nih halan2 ke lombok . Masih alami banget ya . Pengen beli kain tenunnya juga heheh

    ReplyDelete
  114. Belum pernah main ke Lombok nih, asik kali ya kalau bisa jalan - jalan kesana dan beli mutiara langsung disana hehe.

    ReplyDelete
  115. Mutiara Lombok sangat berkualitas dan dikenal mancanegara.
    AKu pernah punya mutiara dari lombok. Dan emang bagus

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^