Eksplorasi Pengalaman Menjual dan Membeli Melalui Free Trial AVANA

Eksplorasi Pengalaman Menjual dan Membeli di AVANAPerkembangan teknologi dewasa ini memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah cepatnya update informasi yang kita terima melalui internet. Misalnya saja informasi mengenai perkembangan Covid 19.

Negara kita sedang prihatin atas meluasnya Corona virus jenis baru ini. Masyarakat mulai menyiapkan stok bahan makanan mereka menyambut imbauan social distancing, menghindari keramaian, dan tak keluar rumah jika tak penting.


Covid 19 sudah menjadi pandemi, meliputi wilayah geografis yang sangat luas hingga ke 173 negara di seluruh dunia. Memang kita harus menyadari hal ini, waspada, dan peduli. Imbauan diam di rumah, kerja dari rumah, dan sekolah dari rumah bagi anak-anak menjadi pilihan untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Peluang Social Media Marketing pada Jaman Now


Namun aktivitas berbelanja tetaplah harus dilakukan. Sesekali ke luar rumah untuk berbelanja dan berusaha untuk tetap menjaga jarak tetap diusahakan. Beruntung kita hidup di zaman sekarang yang mana “belanja online” sudah menjadi kelaziman. Tinggal menggerak-gerakkan jari pada layar gadget, aktivitas belanja bisa dilakukan.

Salah satu tempat belanja online di dunia ini adalah Facebook. Media sosial yang pernah diramalkan oleh sebagian orang bakal tutup ini ternyata masih bertahan dan malah mengalami peningkatan pengguna. Tahukan kawan, pada laporan keuangan kuartal ke-3 tahun 2019, ada sekitar 2,4 miliar pengguna yang mengakses Facebook setiap bulannya?

Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, pantas saja jika Facebook menjadi tempat jualan yang menggiurkan, bukan? Potensi pasarnya itu lho!

Sekadar informasi bagi yang belum tahu, Instagram dibeli oleh Facebook tahun 2012 sedangkan Whatsapp dibeli pada 2014. Menariknya, aplikasi yang paling banyak di-download di seluruh dunia adalah Facebook, diikuti Facebook Messenger, Whatsapp, dan Instagram. Wuih, dia lagi dia lagi.

Jika pandai menggunakan semua aplikasi ini dalam digital marketing maka potensi penghasilan sangat menggiurkan ya, Kawan? 

Memang sudah saatnya lho, media sosial dimanfaatkan semaksimal mungkin. Mengapa?

Sebab berdasarkan data Statista, pengguna smartphone diproyeksikan baru mencapai 28% dari total penduduk Indonesia pada tahun 2019. Angka ini naik 2% dari tahun sebelumnya. Diprediksikan angka ini akan naik hingga 33% dari total penduduk Indonesia dalam 4 tahun ke depan.


Terbayangkan deh, jika semua peluang dan tantangan ini dimanfaatkan maka penjualan apapun akan berhasil. Tapi nyatanya tak demikian. Mengapa? Sebab tak semua pengusaha, termasuk UMKM menggunakannya. Saya beberapa kali bertemu orang yang mengaku tak sempat mengelola akun media sosialnya sebagaimana mestinya.

“Sebagaimana mestinya” di sini maksudnya adalah mengelolanya sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam “ilmu social media marketing”. Tahulah, setiap media sosial itu unik karakternya. Bagaimana bisa memaksimalkan penggunaannya juga punya ketentuan sendiri.

Bagaimana menampilkan foto atau gambar dan caption, bagaimana membidik target market, dan menyesuaikan postingan yang sesuai dengan target market sungguh bukan hal yang mudah untuk dilakukan seorang diri apalagi jika belum terlalu mahir menggunakan media sosial.

Ada cara lain?

Ya. Ada! Yaitu dengan membayar orang yang bisa mengelola akun-akun media sosial kita.

Tapi ... ada tapinya. Tak mudah mendapatkan orang yang menguasai beberapa macam media sosial sekaligus. Urusan caption mungkin bisa kita handle sendiri. Tapi urusan-urusan lain, belum tentu bisa dikerjakan semua oleh satu orang admin. Kalau bertemu admin yang mumpuni, baguslah. Tapi kalau tidak ya bakal terbengkalai juga!

Berkenalan dengan Social Commerce Indonesia bernama AVANA  


Well, sebenarnya masih ada cara lain, lho jika membayar admin akun-akun media sosial tak menunjukkan hasil.

Apa itu?

Bergabung dengan AVANA!

Apa itu AVANA?

AVANA adalah social commerce platform yang mempermudah para pengusaha, pelaku UKM, dan UMKM untuk berjualan online. Dengan memodernisasikan media sosial seperti Facebook, Messenger, dan Instagram, pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial. 

Free trial di https://manage.avana.asia/

AVANA Indonesia ini baru beroperasi di Indonesia namun sejak tahun 2016 sudah beroperasi di Malaysia lalu berkembang ke Singapura dan kini ke Indonesia. Lebih dari 30.000 toko telah mempercayakan AVANA sebagai social commerce mereka dan berusaha menaikkan skala bisnis ke tingkat yang lebih tinggi. Bukan hanya perusahaan besar, skala UMKM pun bisa bergabung di AVANA.

Para pelanggan perusahaan-perushaan tersebut tidak perlu meninggalkan laman media sosial penjual ketika melakukan proses pemesanan dan pembayaran. Mereka bisa melakukan semua proses ini langsung di media sosial penjual.

AVANA seller's story

AVANA mencakup 3 toko online utama yang bisa diperoleh user-nya, yaitu Webstore, Facebook store, dan Messenger store. 

Webstore


Webstore adalah toko online website. Webstore mirip dengan website. Perbedaannya adalah pada website dari AVANA, ditampilkan harga, promosi, kategori produk, sampai melakukan check out di tempat. Tampilannya juga berbeda dengan website biasa. AVANA memiliki dua jenis tema website yaitu, tampilan biasa dan tampilan landing page.

Tampilan landing page. Sumber gambar: Avana.

Facebook Store


Facebook store adalah toko online Facebook page. Konsepnya sama seperti Facebook store. Facebook store ini sepenuhnya terintegrasi ke webstore. Konsep pembayarannya juga bisa langsung di sini. Facebook store page ini tidak punya tema seperti webstore.

Facebook store. Sumber gambar: Avana.

Messenger Store


Bagi yang suka banyak tanya. Cocok nih konsepnya. Messenger store-nya AVANA ini memberdayakan konsep chatting untuk berjualan. Ada yang berbeda untuk konsep di AVANA ini. Biasanya kan aplikasi Messenger hanya digunakan untuk broadcast pesan atau melakukan percakapan online.

Nah, Messenger ini bisa sekaligus jadi katalog bisnis online. Konsepnya sama seperti Facebook store, yaitu bisa melakukan checkout. Pelanggan cukup klik tombol BUY untuk melanjutkan proses pengisian informasi dan pembayaran, atau klik tombol DETAILS untuk melihat informasi yang lebih terperinci mengenai produk yang diincar.

Messenger store. Sumber gambar: AVANA.

Sistem yang Terintegrasi


Semua pembelian yang terjadi di ketiga toko online tersebut bisa di-monitoring dan diproses hanya melalui satu dasbor AVANA. Dasbor AVANA juga berfungsi untuk mengelola toko-toko online tersebut, mulai dari upload barang, ganti tema, buat promosi, rekapitulasi penjualan dan pembelian, dan sebagainya.

Produk yang di-upload di dasbor secara otomatis tampil di tiga toko. Stok, kategori produk, dan deskripsi produk juga akan tampil. Jika ada pertanyaan: bagaimana jika banyak yang membeli produk di webstore, apakah stok barang di facebook store dan messenger store akan berubah?

Pengaturan terintegrasi dari dasbor AVANA.

Ya, stok barang akan secara otomatis berkurang. Bahkan jika sampai stok yang terekam di dasbor kosong (nol) maka pembeli tidak bisa membeli barang tersebut. Seller bisa menambahkan ulang jumlah barang di dasbor. Canggih, ya Kawan?

Pengalaman Mencoba Free Trial AVANA


Waktu tahu ada free trial-nya, saya mau dong mencobanya. Maka saya pun masuk ke https://manage.avana.asia/ untuk membuat toko online. Mudah mempelajarinya. Dalam waktu sebentar saja saya sudah punya toko sendiri yang saya beri nama FAHAZAVANA yang beralamat online di https://fahazavana.avana.asia/.

Oya, harap diingat ini untuk pengalaman mencoba selama 14 hari saja ya, kalau mau bergabung secara profesional tentunya harus mendaftar dulu. Nah, untuk free trial ini kita bisa masuk menggunakan akun Google ataupun akun Facebook.

Buat Toko Fahazavana.

Nama FAHAZAVANA terinspirasi dari istilah PELITA dalam bahasa Malagasy. Pas ya, mendekati nama AVANA. Di dalamnya saya pajang foto produk sirup aren CANNINGRARA yang berasal dari Desa Pattaneteang, Kabupaten Bantaeng.

Nah, yang istimewa dari pengalaman mencoba gratis AVANA saya jabarkan di bawah ini, ya.

Menemukan Keistimewaan AVANA dalam Eksplorasi 

Adanya free trial ini saya jadikan kesempatan untuk bereksplorasi. Saya sampai keasyikan mencoba fitur-fitur yang bisa saya coba, lho. Nah berikut ini keistimewaan AVANA yang saya temukan:

1. User friendly.


Ternyata memang mudah menautkan AVANA dengan akun-akun Facebook (baik akun pribadi maupun laman) dan Instagram. Excited saya karena AVANA user friendly, tinggal klik sana-sini dalam waktu yang tidak lama, Facebookstore pun sudah terwujud. Isinya persis sama dengan yang ada di Webstore.

Eh, mungkin saya merasa mudah karena saya memang pengguna aktif Facebook dan Instagram, ya. Bagi yang masih gaptek bisa menghubungi customer service SAVANA untuk meminta bantuan.

User friendly, bisa upload foto dari komputer ataupun
Instagram.

2. Pengaturan pengoperasian 3 toko online dari satu dasbor.


Jadi nih, begitu kita menghubungkan laman Facebook dari dasbor maka otomatis terbentuklah Facebookstore di laman Facebook kita. Mulanya saya bingung seperti apa itu. Setelah saya coba ... ternyata mudah, tinggal klik untuk menghubungkan lalu produk yang sudah kita upload foto dan deskripsinya di Webstore otomatis muncul di Facebook store.

Orang yang ingin membelinya juga bisa memesan langsung di laman Facebook kita. Bisa checkout (melakukan pengecekan), dan konfirmasi pembayaran juga pengantaran asalkan kita sudah mengeset metode pembayaran dan shipping yang kita inginkan.

Upload foto dari Instagram bisa dari dasbor AVANA.

Aktivitas percakapan juga bisa diatur melalui dasbor, seperti membuat template pesan. Jika ada yang berkomentar juga terlihat di dasbor. Bahkan bisa kita set auto PM reply (jawab pesan otomatis).

Ketika kita membutuhkan tambahan manajer sekali pun, ada tombol di dalam dasbor AVANA yang diklik untuk mengundang seseorang dengan alamat email tertentu bergabung.

Auto PM reply.


3. Terhubung dengan Blogspot.


Dasbor AVANA bisa di-setting untuk terhubung dengan Blogspot. Blogspot ini adalah blog yang di-support oleh Google. Jika memiliki blog usaha, jadinya mudah menautkannya dengan AVANA.

Bisa posting otomatis ke Blogspot.

4. Setting SEO dari dasbor.


Dalam AVANA ada pengaturan untuk menentukan kata kunci (keyword) apa yang kita ingin tetapkan untuk produk kita untuk Search Engine Optimization (SEO). Dengan menetapkan keyword maka akan lebih mudah ditemukan ketika ada yang mencarinya di Google search engine.

Pengaturan SEO dari dasbor AVANA.

5. Langsung tayang.


Meskipun baru free trial, website fahazavana.avana.asia langsung tayang. Jadi bisa langsung saya publish ke media soial dan bisa dilihat dan dikomentari oleh orang lain. Lewat dari masa coba gratis itu, kita bisa memilih melanjutkan atau tidak.

Webstore langsung tayang mekipun masih free trial.

6. Website yang responsif.


Ketika saya mencoba membukanya melalui HP, terlihat bahwa Webstore Fahazavana bisa dilihat dengan nyaman karena responsif dengan ukuran gadget.

Responsif ketika dibuka via gadget.

7. Simulasi belanja.


Pengalaman “berbelanja” ternyata memang mudah. Menggunakan akun Facebook si anak bujang, saya mencoba pengalaman berbelanja melalui laman Facebook Mugniar’s Note milik saya. Saya tinggal klik “ADD TO CART” untuk memasukkan produk yang diinginkan ke dalam “keranjang belanja”.

Eksplorasi pengalaman berbelanja pakai akun anak
bujang melalui page Mugniar's Note.

Pengecekan memang bisa dilakukan dengan tombol checkout. Proses tak bisa berlangsung lebih jauh lagi karena saya belum mengatur fitur shipping (pengiriman) dan metode pembayaran. Andaikan sudah diatur, cus tinggal klik beres deh.

Jika segala setting terkait sudah kita atur notifikasi pembelian kita dapatkan melalui dasbor dan email.

Setelah tersimpan dalam keranjang belanja, bisa chackout.
Tombol checkout ada di bagian kanan bawah.

Fitur Lengkap AVANA


Sesungguhnya, fitur AVANA jauh lebih lengkap daripada yang saya ceritakan di atas, semuanya ada 21 fitur. Namanya saya baru uji coba ya, belum berpengalaman lebih jauh lagi. Tapi saya bisa ceritakan di sini mengenai fitur apa saja yang dimiliki AVANA. Sebagian sudah saya ceritakan di atas, yaitu:
  1. Facebookstore.
  2. Responsive website.
  3. Messenger store.
  4. Keranjang belanja.
  5. Sistem manajemen pemesanan.
  6. Auto PM reply.
  7. Notifikasi pembelian di email dan dasbor.
  8. Integrasi toko Facebook sekali upload barang.

Menghubungkan laman Facebook dengan AVANA.
 
Share dari dasbor ke laman Facebook.
Dari Webstore bisa share ke akun Facebook. Dengan klik
tombol di sebelah kanan.
Hasil share dari Webstore ke akun pribadi Facebook.

13 fitur lain yang belum saya bahas adalah:
  1. Upload barang sepuasnya.
  2. Facebook pixel integration. Fitur ini berfungsi untuk retargeting audience saat menggunakan Facebook ads. Dengan demikian tidak perlu lagi masuk ke Facebook Business Manager, cukup melakukannya dari dasbor AVANA.
  3. Invoice otomatis. Kita bisa unggah logo dan print invoice pemesanan tanpa harus ditulis atau direkapitulasi secara manual.
  4. Menu keagenan. Fitur ini memungkinkan kita untuk memonitor agen, reseller, dan dropship (tersedia untuk paket bisnis dan VIP).
  5. Jasa pengiriman. Ada 13 jasa pengiriman yang siap menjemput paket dan mengantrkannya kepada konsumen.
  6. Pembelian melalui kolom komentar Instagram. Pelanggan dapat langsung membeli barang melalui kolom komentar tanpa harus klik URL web atau chat Webstore.
  7. Kelola kode kupon. Kita bisa membuat promosi sendiri dengan cara membuat kupon diskon.
  8. Customer support oleh AVANA. Tim AVANA siap siaga membantu.
  9. Product inventory. Kita bisa mengetahui jumlah stok barang di dasbor tanpa harus menghitung ulang persediaan.
  10. Database pelanggan. Database pelanggan akan tersimpan langsung di dasbor AVANA.
  11. Payment gateway integration. Fitur ini merupakan layanan yang mengotorisasi pembayaran melalui kartu kredit maupun metode pembayaran lainnya, seperti transfer bank antara penjual dan pembeli.
  12. Notifikasi nomor resi. Input nomor resi di sini dan pelanggan kita dapat melacaknya dengan mudah.
  13. AVAChat. AVAChat adalah platform multichannel yang menolong kita mengelola semua platform chatting dalam satu dasbor.

Pengaturan cara pembayaran di dasbor.

Seumur hidup saya, inilah eksplorasi menjual dan membeli yang paling menyenangkan. Social commerce AVANA ini memberikan banyak sekali keistimewaan dan kemudahan yang memanjakan manusia masa kini. Selain serba mudah, serba cepat pula. Coba, deh.

Makassar, 21 Maret 2020

Catatan:
Data dalam tulisan ini diperoleh dari:

  • https://tekno.kompas.com/read/2019/10/31/14160067/jumlah-pengguna-facebook-tembus-2-4-miliar
  • https://inet.detik.com/cyberlife/d-4830523/punya-whatsapp-dan-instagram-facebook-tak-terkalahkan
  • https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/05/penetrasi-smartphone-terhadap-jumlah-penduduk-indonesia


Tulisan ini diikutkan lomba blog AVANA.


AVANA Blog Competition adalah ajang untuk mengasah pemahaman permasalahan bisnis dan perkembangan teknologi informasi yang sesuai dengan usaha online. Manfaatkan pula untuk mengepakan sayap bisnis lebih besar melalui media sosial.

Peserta berkesempatan memenangkan hadiah:
- Juara 1: Rp3.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 2: Rp2.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 3: Rp1.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months

Jangan lupa daftar di sini, ya: https://bit.ly/avanablogcomp.


Share :

199 Komentar di "Eksplorasi Pengalaman Menjual dan Membeli Melalui Free Trial AVANA"

  1. Enaknya mi sekarang di kalau buka jualan. Tidak capek mi lagi bikin blog tawwa. Tinggal daftar dapatmi 3 fitur sekaligus. Mantap mbak. Tapi ini sistemnya gimana kak, apakah harus bayar setahun sekali atau sebulan sekali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bayar per tiga bulan, Bimo.
      Ada di https://avana.id/harga-paket/

      Iya, simple ya. Baru memang user friendly tawwa.

      Delete
    2. Super duper simpeeelll
      Ini para pebisnis online penting banget bikin akun di sini

      Delete
    3. Aku lo jadi pengen punya bisnis juga gara2 pengen pake avana๐Ÿ˜…

      Delete
    4. Bisa ji sembarang produk di'
      Tapi kalau lihat webnya lebih bagus fashion kalau AVANA

      Delete
    5. Haha .. ayo Mbak Kartika.


      Ayo Rahmah, bisa ji apa saja produknya.

      Delete
  2. Kok seruuuu banget siiih ada webstore kayak giniii
    Ini memudahkan penjual dan pembeli yaaa
    benefitnya buanyaaakkk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi makin semangat ber-online shopping deh
      Yuk mareee

      Delete
    2. Yes, memudahkan nih Mak Nurul. Jadi mudah ber-online shopping hihi.

      Delete
  3. Mantap, makin mudah saja nih bagi penjual maupun pembeli untuk bertransaksi secara online. Fitur trialnya aja udah keren gitu, apalagi kalau pakai yang berbayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak, dengan free trial saja saya sudah terpesona hehehe.

      Delete
  4. Oh penjual pakai aplikasi Avana, saya sering lihat iklannya
    Ternyata semakin mudah dan semakin banyak Cara ya?

    ReplyDelete
  5. Ini inovasi keren. Banyak pengguna Facebook di daerah bisa ikutan nih. User friendly dan bisa upload foto banyak bisa jadi nilai lebih. Kita blogger saja mau upload foto di blog harus diperkecil biar hemat data hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah kok malah jadi curhat urusan upload foto.

      Delete
    2. Maklum ngenes kalau udah dapet foto bagus, eh harus dikecilin biar muat di blognya. Kan drama banget itu.

      Eh malah curhat lagi hahaha

      Delete
    3. Hahaha iya ya. Kita kan tidak berani upload foto ukuran besar

      Delete
  6. Wah ada Avana webstore juga. Aksesnya dengan medsos yg pastinya sudah dimiliki oleh semua calon pebisnis dan pembeli online ya, mba. Fitur yg ada juga mudah diikuti ya. Makasih infonya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat memasarkan produk zaman sekarang banyak wadahnya, salah satunya seperti Avana ini ya.

      Delete
    2. Iya, AVANA ada Webstorenya juga. Fiturnya user friendly.

      Delete
  7. Wabah corona ini pukulan berat buat pengusaha manapun, terutama yg offline. Yg online masih lumayan untuk selain makanan. Utk makanan terdampak banget karena ibu2 mengkhawatirkan higienitasnya dari pengaruh virus jadi banyak yg memilih masak sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak Lus. Untuk bisnis makanan berat ujian dari wabah ini.

      Delete
    2. Hikss bener banget, cobaan berat buat yang ads bisnsnya, tdinya aq dan paksu berencana buka usaha makanan tp tertunda, jd beralih ke online dlu, cobain Avana membantu banget

      Delete
    3. Nah, bisa berikhtiar melalui AVANA nih.

      Delete
  8. Wah saya kurang update nih kakak, pas baru baca tulisan kakak nih baru tau juga tentang AVANA. Dan ini tuh menarik sekali dengan fitur yang lengkap, Cuzzzlah langsung kepoin AVANA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, fitur lengkapnya memang bikin penasaran.

      Delete
  9. Boleh juga dicoba nih Avana, asalnya ngga begitu ngerti. Setelah baca artikelnya mba Mugni, sekarang jadi lebih tau dan penasaran juga. Hehehe

    ReplyDelete
  10. semakin gampang ya kalau mau berjualan, tinggal klik-klik sudah punya toko Online, keren!

    ReplyDelete
  11. Wah,makin memudahkan bagi pengusaha ya. Bisa langsung berjualan dari manapun dan terintegrasi dengan AVANA ini. Sukses terus bagi yang punya usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, masih free trial saja sudah bisa jualan

      Delete
  12. Makin kesini, kita sebagai konsumer disuguhkan aplikasi online yang makin memudahkan kita. Dan pastinya, avana ini mampu menjawab kebutuhan kita sebagai penjual bahkan kostumer

    ReplyDelete
  13. Aplikasi Ayana memudahkan transaksi yang punya usaha sma yg beli ya mbaa .aku sih baru tahu bngt tentang ayana pas baca tulisan ini..mnfaat bngt..thank y mba ulasannya lengkap bngt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mudah digunakan soalnya ya Mbak alias user friendly hehe

      Delete
  14. Semakin banyak ya peluang untuk mendapatangkan rezeki. AVANA ini semacam angin segar juga.

    ReplyDelete
  15. Jujur aku ga ngerti mba tentang Avana ini setelah baca dan juga contohnya akirnya ada gambaran juga hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus, langsung dieksekusi saja, Mbak hehehe.

      Delete
  16. Baru dengar dong saya Avana ini, memudahkan banget ya, apalagi lewat facebook, karena memang paling banyak tuh pengguna facebook :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pengguna Facebook banyak banget hehe

      Delete
  17. Makin banyak aja kemajuan teknologi. UMKM juga semakin bisa memilih mana yang akan digunakan untuk mengembangkan sayap.

    ReplyDelete
  18. keren banget ini mbak, pebisnis online bisa lebih berkembang nih kalau kenal avana. Jadi pengen kenal lebih dekat nih dengan avana

    ReplyDelete
  19. Dengan aplikasi ini, para pebisnis termasuk yang jualan online akan terbantu sekali dalam memasarkan produk mereka. Recomended banget ya kak

    ReplyDelete
  20. Wah aku baru tahu nih ttg Avana ini. Jadi kita bisa joint di sana utk memasarkan produk kita. Bgtu ya mba? Kepoin dulu ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Tanti. Kitanya jadi punya 3 toko dengan satu dasbor AVANA

      Delete
  21. Eh aku baru tau Avana, makasih banyak infonya, detail banget, jadi penasaran coba langsung

    ReplyDelete
  22. Awalnya aku masih meraba-raba.
    Mampir di sini, lumayan naiklah grafiknya.
    Tapi tetap masih harus banyak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Tidak meraba2 lagi sekarang ya Mbak Anna hehe

      Delete
  23. Seperti saat ini kesempatan terbuka luas bagi yang ingin mengembangkan bisnis online ya mbak. Sudah ada Avanza yang bisa menjembatani antara penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi. Kalau sudah begini di rumah pun bakal dapat gaji ya asal bener-bener fokus

    ReplyDelete
  24. Jaman sekarang berbisnis harus ikuti trend juga ya. yang biasanya sosmed untuk aktivitas biasa aja tapi sekarang bisa dimaksimalkan untuk berbisnis apalagi pakai Avana

    ReplyDelete
  25. Sekarang semakin banyak tools yang membantu para online er shop ya mbak. Sehingga usahanya bisa lebih terpromote ke luar.

    ReplyDelete
  26. Makin banyak aja ya marketplace dan toko online. Bikin tukang belanja online kayak aku kesenengan. Apalag di masa segala hal dilakuin di rumah kayak sekarang. Belanja apa pun bias dari rumah. Main-main ke AVana ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, memungkinkan untuk jualan dari rumah. Cus dikepoin free trial - nya.

      Delete
  27. Sekarang makin banyak channel utk melakukan penjualan ya mbak, salah satunya Avana ini. Saya jadi tertarik pengen nyoba jualin beberapa barang juga nih lewat platform ini.Kyknya gampang aja ya caranya :D TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, mudah digunakan, begitu yang saya alami :)

      Delete
  28. Apakah ada bagi hasil dengan pihak Avana, kak Niar?
    Menarik sekali dan aku rasa saat ini memang eranya jual-beli online.
    Semua lebih senang membeli barang secara online karena praktis plus kadang dapat gratis ongkir atau potongan biaya apaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan bagi hasil Mbak Len, lepas free trial, kalau mau lanjut bisa dibayar per 3 bulan, atau 6, atau 12 bulan.

      Delete
    2. Waah...beneran seperti lapak untuk jualan yaa, kak Niar.
      Hanya saja ini online yang jangkauannya lebih luas.
      Aku jadi memikirkan ingin jualan sesuatu jugaa....

      Delete
    3. Iyes, sekali sambar 3 toko online, Mbak Len :)

      Delete
  29. banyak banget memang peluang di era digital ini ya mbak, banyak platform mulai dari e-commerce, sosmed, pokoknya kita harus pintar mencari celah ataupun menciptakan peluang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, harus pandai mencari peluang

      Delete
    2. Aku belum pernah lihat Facebook Store persis banget dengan Web Store gini, boleh juga nih dicoba

      Delete
    3. Cus Mbak, masih bisa coba free trialnya :)

      Delete
  30. Seru banget ya di era digital ini kita dimudahkan untuk belanja online tentunya harus memilih secara tepat dan bijak

    ReplyDelete
  31. Kebetulan banget saya punya usaha kak tp selama ini cuma di promot di ig dan fanpage Facebook pribadi, pernah daftarkan di e-commerce lainnya tp kayaknya kurang efektif atw teknik sy masih kurang kali yah lebih nyaman sih soalnya jualan di sosmed. Setelah baca ulasannya langsung tertarik pengen coba AVANA

    ReplyDelete
  32. Lengkap banget fiturnya ya mba, mulai dari setting web hingga ke messenger bisa langsung terintegrasi. Aku juga lagi utak-atik nih untuk menghidupkan kembali usaha kecil-kecilan keluarga agar kembali meriah seperti dulu lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, terintegrasi dari satu dasbor, Mbak Uniek. Lengkap.

      Delete
  33. Keren juga AVANA ini ya mbak, fiturnya mudah dan bisa terhubung dengan berbagai media sosial apalagi dengan blogspot. Jadi menarik kalau jualan di sini bisa dapat untuk yang maksimal dan mudah diakses pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang di pikiran saya juga demikian, Mbak :)

      Delete
  34. Wah bisa bertransaksi tanpa harus keluar dari fitur dan akun Facebooknya ya. Mudah kalau begitu. Jadi ingin mencoba. Tapi parahnya kalau jualan online di Batam, barang keluar daerah pajaknya tinggi jadi penjual malah rugi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mbak, sudah saya cobain hehehe.

      Nah iya, masalah kami di Sulawesi pun demikian kalau sudah lintas pulau hehehe.

      Delete
  35. Sering lihat iklan Avana, oh ternyata webstore yaa...
    Menarik banget!dan mudah karena terhubung langsung dengan sosial media dan web. Jadi mau coba utak atik nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. AVANA ada 3 macam: webstore, Facebook store, dan Messenger store. Yuk sila diutak-atik, Ujame :)

      Delete
  36. Jadi penasaran juga pengen coba trialnya
    apalagi aku sedang ada dan butuh nih bun webstore
    jadi memudahkan ya avana ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, bisa menfaatkan free trial-nya dulu, Nyi.

      Delete
  37. Aku belum pernah pakai nih platform ini mba.. oke juga yaa sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Mbak ... dari pengalaman cobain free trial-nya sih oke.

      Delete
  38. saya juga mikir ada sisi positif Allah kasih izin internet berkembang lebih dulu, jadi di masa stay at home ini semua aktivitas bisa diborong ke rumah. menarik sekali AVANA ini, karena sekarang zamannya jual-beli online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillahnya begitu ya. Kita bisa klik-klik saja buat jualan dan belanja.

      Delete
    2. Seru ya. Bisa dicoba nanti, apalagi zaman sekarang, cara bertransaksi kita berubah

      Delete
    3. Iya, Mbak Lidha. ALhamdulillah ada pilihan ya untuk jualan dan membeli online.

      Delete
  39. Usaha teman2 saya juga banyak yang terpengaruh wabah ini Mbak. Harus lebih dimanfaatkan lagi ya pemasaran secara online ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kudu memaksimalkan online, Mbak Heni.

      Delete
  40. ini aplikasi shopping online ya sista wah keren banget ya jual beli jadi mudah karena prosesnya juga melalui blogspot jadi nggak bikin bingung orang yang awam terhadap teknologi blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jualan bisa terhubung ke Blogspot, Mbak. Iya, untuk menjual dan membeli gampil ... social commerce istilah untuk AVANA ini :)

      Delete
  41. wah keren banget jualan di avana ternyata ga rumit prosesnya. pembeli juga pasti suka dengan tampilannya yg menarik dan mudah untuk mencari barang yg dibutuhkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampilan menarik untuk Webstore mudah diperoleh kalau sudah lewati masa free trial dan memutuskan untuk profesional, Mbak :)

      Delete
  42. Wah asyik juga kalau terhubung dengan blog mba. Aku kira FB aja dan medsos lainnya saja. Makasih infonya ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicobain free trial-nya dulu, Mbak Alida heheh.

      Delete
  43. mumpung ada free trialnya ya mbak, aku juga habis coba-coba siapa tau bisa ada ide untuk jualan online juga & memanfaatkan Avana

    ReplyDelete
  44. Kalau ingin bekerjasama dengan Avana, bagaimana sistem bagi hasilnya mba? lihat tampilan websitenya kok aku jadi pengen mengenalnya lebih dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan bagi hasil, Mbak Indri. Tapi kita bisa memilih untuk menyewa selama 3 bulan, 6 bulan, atau setahun. Dari segala kemudahan dan kepraktisannya, worth it sih menurut saya.

      Delete
  45. Wah paket lengkap banget ini, buat jual online sekaligus terintegrasi sama medsos dan blog juga. Nanti disempetin buat cari tahu lebih lanjut deh, thanks kakak sudah berbagi info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, paket lengkap. Silakan dicari tahu, Mbak.

      Delete
  46. Wah, menarik sekali mbk infonya. Kebetulan aku jualan baju anak. Pingin nyobain Avana,nyoba jualan disana. tampilan websitenya simple tapi bagus banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh coba free trial-nya dulu, Mbak. Tapi menurut saya sih bakal tertarik :)

      Delete
  47. Bisa kayaknya saya coba ini
    Karena saya memang cari toko seperti AVANA ini
    Mati kita lihat nanti pengalamannya

    ReplyDelete
  48. Wah, canggih banget ya mbak, memudahkan penjual dan pembeli...
    Memang betul tuh kaya ibu saya, beliau seneng liat-liat di facebook, tapi suka pusing kalau belanjanya harus di website luar facebook, akhirnya minta tolong saya, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kan, biasanya kita harus keluar lagi, menuju website si market place. Kalau melalui AVANA ini bisa dari dalam media sosialnya.

      Delete
  49. Koq telat aku taunya ya. Waktu mau bikin facebook store tuh ngerasain deh ribet2nya. Trus baca penjelasan avana di sini koq kayaknya mudah ya? Ini udah bisa dipakai juga utk instagram shopping bekum sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi harus punya laman (page) dulu, Mak Sary, nanti mudah dihubungkan melalui dasbor AVANA.

      Delete
  50. Wah, baru tahu kalau ada Avana bisa jadi paket lengkap banget nih. Dari FB, website dan messenger jadi satu. Enggak perlu ribet untuk bikin toko online nih kalau pakai Avana.

    Terus terkoneksi dg blogspot, terus bisa bikin SEO dari Dashboard juga. Canggih bener ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, bisa setting SEO-nya ini bikin saya melongo. Simple.

      Delete
  51. Wah enak ya bisa konek langsung dengan blogspot. Berarti blog dari tokonya tetap bisa eksis. Satu paket sama sosmed pula ya, wah praktis banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sepaket. ASyik ya .. apalagi buat pengguna Bllogspot :)

      Delete
  52. Menarik nih, sepertinya mudah digunakan, saya jadi pengen coba menggunakan Avana untuk jualan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah, Mbak ... sudah saya cobain free trial-nya :)

      Delete
  53. Alhamdulillah di tengah wabah Corona gini bisa jadi pencerahan buat para pengusaha untuk buka toko online di Avana. Yang keren bisa terhubung langsung ke semua socmednya ya, praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, dengan social commerce, lebih banyak yang bisa dijangkau :)

      Delete
  54. Pas banget ini buat yg pengen work from home. Belajar jualan online di avana. Dan buat yg udah branding di sosmed jd makin diperkuat ya krn terhubung ke sosmed. Mantal juga

    ReplyDelete
  55. Sepertinya pelaku bisnis harus menggunakan Avana ya, Karena semua pembelian bisa di-monitoring dan diproses hanya melalui satu dasbor AVANA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu kelebihannya bisa dikontrol dari satu dasbor saja. Gak usah pindah-pindah. :)

      Delete
  56. Aku juga udah cobain nih teh login di avana hehehe :) tapi belum masusk2in produknya

    ReplyDelete
  57. Wah bagus juga Avana ini, lebih mudah untuk belajar jual beli online. Bolehlah nih kupelajari dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus Mut ... dirimu pasti cepat mempelajarinya

      Delete
  58. Wow komplit sekali kak, saya baru tau lho dan Avana bagus banget ya... Emang sejak punya baby saya udah jarang window shopping di mall, pasti langsung belanja online tanpa repot heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah zamannya online ya zaman now, zamannya serba praktis pula hehe.

      Delete
  59. saya juga punya usaha kecil banget, asik juga ya sekarang banyak wadah penjualan online begini, aman dan mudah jadinya, saya baru denger lho mb. Makasih ya atas informasinya dari artikel ini sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, sehat selalu juga ya di masa prihatin ini. Cobain dulu free trialnya :)

      Delete
  60. Kak niar ini apa maksudnya kaya aplikasi orens itu bukan sih,
    Lapak e commerce gitu?
    Aku belum mudeng ๐Ÿ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, secara umum boleh disebut ecommerce. Secara spesifik disebut "social commerce" karena menggunakan media sosial juga. Asyiknya karena bisa kelola 3 online dari satu dasbor.

      Delete
  61. Saya baru tahu soal Avana ini, Mbak Mugniar. ternyata sangat bagus dan bermanfaat ya, Mbak. Jadi kita yang punya bisnis online, promosinya sangat terbantu.
    Dan media sosail apa pun, kalau digunakan dengan bijak, baik dan benar, akan membawa banyak manfaat. dan saya merasakan hal itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, apalagi kalo mengelolanya dari satu dasbor ya Mas Bambang, manfaatnya akan jauh lebih banyak.

      Delete
  62. Sebelum ini, sumpah belum pernah tahu social commerce. Baru sejak AVANA ini aja jadi ngeuh. Dan emang praktis pengoperasiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, beneran praktis ya setelah kita mencobanya, Mbak Wid.

      Delete
  63. Sepertinya nanti bakal kucoba pake avana nih kalau semangat jualan onlinenya bangkit lagi, soalnya dah setahunan ini aku stop dulu.

    ReplyDelete
  64. Ada webstore nya woww..! Ciamik bangeet, dan ini sangat mempermudah semua orang utk berbelanja. Kecee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, ciamiknya ini ada webstore yang bisa kita kelola SEO-nya.

      Delete
  65. Kalau sekomplit ini kemudahan dan keuntungan berjualan online di Avana tentu akan membantu para pelaku usaha. Apalagi FB, Messenger dan Webstore sedemikian familiar dengan pegiat medsos. Pasti potensi pasar pun tinggi. Menarik ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potensi pasar bisa kita perkirakan tinggi karena bisa kelola FB store, Messenger sore, dan Webstore ya Mbak Dian.

      Delete
  66. Sering denger namanya Avana ini, rupanya digital store ya keren euy ada banyak platformnya jadi lebih enak buat berpromosi secara online ya, karena sarananya beragam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, spesifiknya disebut social commerce, Mbak.

      Delete
  67. Wah keren kak situs e-commerce AVana..ada webstorenya juga jadi langsung bisa lihat produk yg dijual ya..layak nih jadi pilihan pelaku umkm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, masih free trial bisa langsung tayang selama 1 hari. Asyik ya.

      Delete
  68. Makasih Mbak Mugniar... jadi tau informasi tentang social commerce kayak Avana ini ya... keren simulasi belajanya

    ReplyDelete
  69. Lengkap banget ulasan ya, Avana kayanya mesti dicoba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus Mbak Reni, coba dulu free trial-nya :)

      Delete
  70. Masya Allah, ulasannya lengkap banget mba. Ternyata ini toh yang namanya AVANA. Kemarin beberapa kali baca infonya, jadi penasaran deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, AVANA yang komplit dan praktis itu, Mbak Qoty :)

      Delete
  71. Wih bagus direkomendasikan buat teman-teman crafter ini di quiqui atau wepe, lwngkap sy baca fiturnya. Lagian crafter2 ini juga melek twknologi ji semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih kalo kalian yang pake, bisa whoosh melesat penjualan craft.

      Delete
  72. Makin ngerti nih tentang Avana setelah baca beberapa artikel tentang Avana. Platform yang mudah untuk dipakai pelaku usaha nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, sangat user friendly. Mudah digunakan.

      Delete
  73. Informasi baru buat yang ada niat tuk berbisnis online ya.
    Apalagi kalau cara mengaplikasikannya nggak ribet, jadi buat yang masih gaptek nggak terlalu pusing dalam melihat fitur-fitur yang ada di aplikasi AVANA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, buat yang mau serius, cus deh dicobain. Recommended.

      Delete
  74. Akhir-akhir ini memang sering banget denger nama avana, dan beberapa baca postingan yang lain juga. Fitur-fitur avana lengkap juga ya, Teh. Semoga juara ya, Teh lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih ya Andi. Ayo Andi ikutan juga lombanya.

      Delete
  75. Penasaran saya dengan AVANA ini. Mauka coba coba deh. Masih bisaji free? Makasih infox sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa ji. Empat belas hari dicoba gratis.

      Delete
  76. Wah baru tau nih ada lagi yang baru, infonya lengkap banget mba , jadi pengen nyobain avana , thank you mba .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus Mbak, sekalian ikut lomba blognya sambil cobain free trial-nya.

      Delete
  77. Wah baru tahu aku nih soal avana social e-commerce. Jika diperhatikan ada banyak ya keuntungan yang bisa diperoleh. Terima kasih info lengkapnya terkait Avana yaaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak karena menjangkau sekaligus 3 toko online dan kelolanya dari dasbor :)

      Delete
  78. Langsung tertarik buat pelajari lebih lanjut tentang AVANA ini. UMKM pun pasti terbantu karena pemasaran dapat berjalan lebih luas dengan social commerce ini. Keren bangeeet dan minat coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa menjangkau lebih luas Mbak. Yuk ikut lomba blognya, Mbak.

      Delete
  79. Ternyata kita pale salah satu penjualnya sirup cenning rara di? Btw bagaimana hasil jualanta setelah dipajang di toko Avana? Semoga lancar na

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih uji coba, Kak. Harus rajin share juga link-nya sebenarnya dan promo tokonya. Saya belum maksimal ini.

      Delete
  80. Dengan adanya pandemi Covid19 Sekarang ini, digital marketing jadi andalan para pengusaha, baik besar maupun menengah dan kecil ya.

    Avana ini cocok banget sebagai market place pilihan karena fiturnya lengkap dan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes,Avana bisa jadi pilihan karena banyak kelebihannya, Mam.

      Delete
  81. Saya baru tentang Avana jadi ini platform khusus untuk jual beli ya tapi dari penjelasan di atas sepertinya beda yang dengan ecommerce pada umumnya. Jadi penasaran apalagi ada fitur trialnya jadi pengen coba eh tapi mau jual produk apa ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beda Siska. Avana ini social commerce.

      Delete
  82. makasih banget infonya bermanfaat

    ReplyDelete
  83. Dengan Avana, tiga toko yang ada di sosial media bisa dirangkum jadi satu. Memang praktis banget. Gak perlua menggaji khusus untuk memegang sosmednya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak dan bisa kita jalankan sesuai keinginan.

      Delete
  84. Dari kapan hari pengen coba pakai apps ini, tapi belum terealisasi jg.

    ReplyDelete
  85. Di tengah wabah covid-19 kayak gini memang lebih aman belanja online. Penjual pun juga jadi gak kesulitan buat jualan ya. Omset tetap jalan.

    ReplyDelete
  86. kemaren udah nyobain juga pake avana dan nyobain free trialnyaaa, tapi sekarang udah abis huhuhu, avana ini memudahkan banget para pelaku bisnis dan nggak bikin ribet ya

    ReplyDelete
  87. Social media is indeed a wide, open world with a lot of possibilities and opportunities. Including for sales and marketing. I like to see that we have so many platforms that can help the sellers maximizing their business

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, Mbak ... there are so many platforms we can use ya. Dan AVANA ini berbeda lho dengan yang lain :)

      Delete
  88. Beruntung banget kita yang hidup di era teknologi ya mba, banyak banget cara marketing dan memudahkan menggunakan teknologi, pun yang user friendly seperti avana ini ya, kerenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUp, kita sangat terbantu ya Mbak di era ini.

      Delete
  89. Semoga hadirnya avana bisa membantu para umkm untuk memaksimalkan bisnisnya yaa, Mak.
    GAmpang tinggal di sosmed aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga ya Mak. Tinggal dimaksimalkan saja semua daya upaya ya.

      Delete
  90. Kapan hari udah mencoba free trialnya mbak dan kyknya makin tertarik nih buat jualan lagi pakai platform AVANA. Soalnya udah praktis banget kita dibangunin "toko" dan tinggal mengelolanya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut ya Mbak April.

      Delete
  91. Wah oke banget ini buat yang menjalankan bisnis ya mbak. Saya kebetulan juga lagi jalankan bisnis madu murni. Mau juga coba trialnya. Makasih mbaa untuk penjelasannya. Sangat membantu

    ReplyDelete
  92. Aku jadi mikir, di zaman corona gini lagi laris bikin masker kain. Kira2 kalau dipasarkan lewat Avana bisa juga nggak ya? Lumayan buat pendapatan orang2 yang udah nggak punya penghasilan kan.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^