10 Tulisan Terpopuler di Mugniar’s Note

Dulu saya tak percaya, lho saat ada yang mengatakan bahwa pengunjung terbanyak yang masuk ke blog itu dari mesin pencari (saat ini yang populer Google). Seiring berjalannya waktu, hal tersebut terbukti. Ternyata banyak sekali pengunjung blog saya yang masuk dari Google padahal saya tak dengan sengaja meletakkan kata-kata kunci tertentu pada postingan-postingan yang sering didatangi pengunjung via Google. Sepertinya Google, dengan caranya sendiri merujukkan para pencari untuk masuk ke blog saya melalui tulisan-tulisan tersebut.


Makin lama makin terlihat kebenarannya. Apalagi di awal tahun 2017, page views Mugniar’s Note berdasarkan dasbor memasuki angka 1.000.000. Memasuki tahun 2018, page views blog ini 1.838.417 (saat saya menuliskan ini, waktu menunjukkan pukul 20:11 WITA, tanggal 30 Desember 2017). Berarti alhamdulillah, ada tambahan pengunjung yang signifikan. Karena yang sebelumnya, total tayangan laman Mugniar’s Note butuh waktu 6 tahun untuk masuk ke angka 1.000.000, kini dalam waktu setahun total tayangan laman menunjukkan kenaikan sebesar lebih dari 800.000.

Nah, kali ini saya berniat membuat tulisan tentang list 10 tulisan terpopuler di blog ini berdasarkan catatan dasbor blog. Sebelumnya tak pernah saya lakukan, hanya sebatas niat. Mungkin ini saat yang tepat, ketika tiba-tiba saja saya sudah duduk di depan laptop dan mulai menulis.

10 Tulisan Terpopuler Sejak Blog Ini Aktif Hingga Kini

  1. Mau Sama Kakak
  2. Pengalaman Tak Terlupakan di Masa Pengantin Baru
  3. “Hukum Saja!”
  4. 10 Perilaku Durhaka Suami Terhadap Istri
  5. ICT USO EXPO 2013, Untuk Pemberdayaan Perempuan Indonesia
  6. Menerjang Galau Melalui Menulis
  7. Pasar Loak yang Tak Hanya Jual Barang Bekas
  8. KEB di Mataku: Berbagi dan Berkompetisi Adalah Kekuatannya
  9. Cincin Pernikahan Kini, Variatif dan Mudah Mendapatkannya
  10. Oreo Blast Makassar Baklave, Oleh-Oleh Khas Makassar yang Sungguh Terlalu


Kesepuluh tulisan di atas mendulang pengunjung dari mesin pencari. Rasanya tak percaya apalagi dua dari tulisan yang di-posting tahun 2013 itu (Mau Sama Kakak dan Hukum Saja) sangat pendek, hanya berupa catatan tentang tingkah-polah anak-anak. Aneh juga rasanya, demi apa coba, para pengunjung itu terjebak masuk ke tulisan itu. Tapi yah, begitulah dinamika dunia blogging. Belum tentu yang terbaik yang direkomendasikan oleh Google kepada para pencari. Tulisan saya buktinya. πŸ˜…

10 Tulisan Terpopuler Bulan Ini (dalam 30 Hari Terakhir)

  1. Mau Sama Kakak
  2. Atmaji Sapto Anggoro, Sosok di Balik Tirto.id
  3. Resolusi Sehat: Agar Sakit Jangan Kelamaan
  4. Pengalaman Tak Terlupakan di Masa Pengantin Baru
  5. Belajar dari yang Sukses dan Gagal dalam Berbisnis
  6. Kisah Sepatu Garry Penyelamat
  7. Selamat 11 Tahun Anging Mammiri
  8. Tantangan Perempuan Menulis di Era Digital
  9. Tas Remaja Jaman Now Seperti Ini!
  10. Melipur Lara dengan HP Murah Impian: Saat Harbolnas, di ShopBack


Tulisan tentang Atmaji Sapto Anggoro dibuat pada bulan Mei lalu. Saya tidak dengan sengaja meletakkan kata kunci yang pas dalam tulisan ini. Bersyukur masih ada yang menemukannya via googling.

Tulisan Tas Remaja Jaman Now Seperti Ini! Dibuat pada bulan Oktober 2017. Saya pernah mendapati tulisan ini ada di halaman pertama Google (coba bantu cekkan, di laman Google Anda, benarkah demikian?). Sudah tentu, saya log out dulu dari akun Google saya, dong. Ngecek yang seperti ini kan tidak boleh saat kita sedang log in di akun Google kita. Karena dalam keadaan akun Google kita sendiri yang aktif, yang tampil di halaman pencarian adalah postingan kita sendiri. Saat membuatnya, saya hanya mengira-ngira kata kunci “tas jaman now” bisa digunakan dan ternyata memang ada yang menggunakannya untuk mencari referensi tas model terkini.

10 Tulisan Terpopuler Pekan Ini

  1. Tantangan Perempuan Menulis di Era Digital
  2. Mau Sama Kakak
  3. Syarat dan Ketentuan Menulis di Rubrik Opini Harian Fajar
  4. Pengalaman Tak Terlupakan di Masa Pengantin Baru
  5. Menangkap Ikan Gabus Menggunakan Kaki Ayam ?
  6. Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Api yang Nyaman
  7. Atmaji Sapto Anggoro, Sosok di Balik Tirto.id
  8. Beda Usia Sama Cantiknya
  9. Resolusi Sehat: Agar Sakit Jangan Kelamaan
  10. Tas Remaja Jaman Now Seperti Ini!

Di pekan ini, tulisan Menangkap Ikan Gabus Menggunakan Kaki Ayam ? – satu-satunya tulisan yang dibuat oleh suami saya di blog ini naik daun lagi padahal tulisan itu diposting tahun 2011. Begitu pun tulisan Atmaji Sapto Anggoro, Sosok di Balik Tirto.id naik daun lagi. Nah, terbukti lagi kan kalau mesin pencari menjadi faktor penentu datangnya pengunjung ke blog kita? Eh, ke blog saya πŸ˜…


Lalu, apa kesimpulan dari tulisan ini? Hm, saya kira kita sepakat. Sudah terang-benderang adanya bahwa mesin pencari berperan penting. Lalu setelah itu apa? Hm, simpulkanlah sendiri. Lho? 😜 Haha, ya gimana, ini berarti kalau mau makin banyak pengunjung maka SEO harus diterapkan secara optimal. Agak miris saya menuliskan kenyataan ini heuheu soalnya saya agak-agak malas berurusan denga SEO walaupun saya mempelajarinya sedikit-sedikit, sih.


Page views Mugniar's Note hingga pukul 9.24, 31 Desember 2017.

Etapi, satu hal lagi bisa disimpulkan yaitu bahwa secara organik atau alami, sebenarnya kita bisa berharap menulis konten yang bagus juga membuat blog kita berpeluang didatangi pengunjung entah dari belahan dunia mana gitu walaupun tak kita buat SEO friendly. Seperti tulisan-tulisan saya di atas yang saya katakan tak pernah saya sengajai menuliskannya dalam kaidah SEO. Bisa jadi, si Paman Google berbaik hati padamu dan mereferensikan tulisanmu kepada orang-orang yang mencari kebenaran informasi, kan? Eh, abaikan paragraf terakhir haha soalnya butuh waktu lebih panjang. Ngeblog sajalah, dengan niat terbaik demi memperoleh hasil terbaik.

Makassar, 31 Desember 2017


Share :

18 Komentar di "10 Tulisan Terpopuler di Mugniar’s Note"

  1. Penasaran sama isinya, Mbak. :D Soalnya di antara sepuluh itu, ada beberapa yang belum dibaca. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan senang hati, kalau Mbak Nisa mau membacanya :)

      Delete
  2. Ide yang kreatif.... hal yang kayak gini bisa dibikin sebuah postingan... hehehe... bikin juga ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya termasuk terlambat, Bang Mirwan, hehe.

      Delete
  3. Itu dua artikel terpopuler, kayanya dikira artikel p*rn* sama yg cari :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya Nie, syukurlah mereka terjebak ke situ.

      Delete
  4. Alhamdulillah, keren pencapaian pageviewsnya Mbak. Semoga tahun depan semakin banyak pengunjungnya. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Mbak. Masya Allah laa quwwata illa billah. Naik turun sih sebenarnya page views per harinya, tergantung keaktifan nge-share dan BW juga :)

      Delete
  5. wah luar biasa bu, bisa tembus hampir 500 ribu untuk tulisan mau sama kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PAdahal tulisan biasa saja itu hihi

      Delete
  6. Waah banyak banget viewernya, saya kok jadi ngiri πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ bulan Oktober kemarin pernah dapat 1.000 view satu hari, tapi pertengahan November hingga saat ini rata-rata cuma 300-400 viewernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAya juga biasa begitu, koq, Mbak. Dinamika, hehe. Saya perhatikan, tergantung dengan keaktifan nge-share dan BW kita juga, sih.

      Delete
  7. Wuihhh ngerinya itu pageviewsnya "Mau Sama Kakak". Jadi penasaran kata-kata kunci apa saja yang mendatangkan pengunjung ke tulisan tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Coba, kenapa bisa padahal saya tidak menyelipkan kata kunci aneh, yang masuk itu dengan kata kunci aneh

      Delete
  8. Jadi inget kata-kata mba Shint Ries, tulisan kita punya pembaca tersendiri. Semacam pembaca yang memang butuh sama info yang kita tulis. Selamat ya Kak, semoga trafficnya naik di tahun ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya, Ipeh. Meskipun tidak semuanya berlama-lama, asal mendapatkan infonya saja hihi.

      Delete
  9. Kerennya Kak Niar pageviewsku sama, tapi angka terakhir kayaknya menggelinding entah kemana, hahaha.
    Barakallah, Kak, semoga makin cetar PVnya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari dan temukan kembali, Nyak :))

      Harapan yang sama buat Nyak yaa, aamiin.

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^