Wisata Setelah Lebaran, Cari Tahu Hidden Gems-nya

Wisata Setelah Lebaran, Cari Tahu Hidden Gems-nya – Istilah hidden games sekarang lazim ditemui. Istilah ini merujuk pada tempat atau rekomendasi wisata yang masih belum diketahui masyarakat luas. Cocoklah dianalogikan dengan “permata yang tersembunyi” atau ada juga yang mengistilahkannya dengan “mutiara terpendam”.

Setiap orang memiliki hidden gems yang berbeda. Misalnya saja, saya punya tempat memesan palumara yang berisi bandeng tanpa tulang dan sop saudara yang enak bagi yang ingin cari tahu tempat memperoleh masakan ikan favorit di Makassar tetapi bagi orang lain, mungkin tak cocok dengan selera saya meskipun banyak orang yang setuju dengan pilihan saya.

Bedah UKM

Namanya juga selera ya, semua orang bisa berbeda-beda. Hidden gems kalian dan saya bisa saja berbeda tapi semangatnya bisa sama, yaitu untuk mendukung UMKM daerah. Yes, industri kreatif yang banyak dilakoni para anak muda pelaku UMKM pada jaman now ini bertumbuh pesat.

Alasannya bisa jadi seperti yang dikemukakan Dokter Tirta dalam suatu sesi Bedah UMKM di channel Ninjaxpress.co yang saya tonton. Sewaktu host bertanya mengapa UMKM di Jogja banyak pesat perkembangannya, dokter nyentrik ini memperkirakan jawabannya adalah karena menjadi pegawai di Jogja itu UMR-nya rendah. Nah, karena merasa digaji rendah anak-anak muda di sana membuat industri kreatif.

 

Dokter Tirta dan Hiddem Gems-nya di Yogyakarta

                                                                                                                                                               

Sudah beberapa kali saya nonton video wawancara/talkshow dengan Dokter Tirta. Saya bersimpati dengan kelugasannya berbicara dan dengan struktur logika yang bisa dipaparkannya.

Ketika nonton video berjudul Jogja Istimewa! Fashion dan Kulinernya Ndak Usah Ditanya! | Bedah (Berita UKM Daerah) Ep.9 dr.Tirta, jujur saja saya terkaget-kaget😆namun kemudian saya antusias menyimak semua rekomendasi fashion dan kuliner karya UMKM daerah di Yogyakarta. Saya lantas ikut tertawa-tawa dengan humor ala duo stand up comedian yang menjadi host: Fico Facriza dan Pras Teguh.

Dokter Tirta pernah menyelenggarakan pameran UMKM lokal di Yogyakarta pada tanggal 17 – 20 September 2020. Selama 4 hari itu, sales dari 50 tenant sepatu lokal mencapai 2,5 miliar rupiah! Selain sebagai pengusaha, dirinya juga paham dengan perkembangan UMKM di Yogyakarta. Mendengarnya berbicara dengan penuh keyakinan, terbit rasa ingin tahu terhadap semua usaha fashion dan kuliner yang disebutkannya.   

Sekira 10 rekomendasi makanan khas Yogyakarta, 6 jenis fashion produksi UMKM lokal, dan sejumlah “tempat berburu” yang dipaparkan oleh Dokter Tirta dalam segmen Bedah UMKM Ninja Xpress itu termasuk yang disebutnya sebagai hidden gems. Duh, jadi pengen ke Jogja kan.

 

Dokter Tirta hidden gems

Arief Alfiansyah dengan Rekomendasi Sambal Surabaya dan Hidden Gems

 

Usai nonton tayangan yang menampilkan Dokter Tirta, saya lanjut nonton tayangan berjudul BEDAH (Berita UKM Daerah) EP.4 | Sambal Surabaya yang Bikin Kelenger bersama Arief Alfiansyah.

Arief yang dikenal sebagai stand up comedian, menceritakan bagaimana sambal menjadi ciri khas kota Surabaya. Astaga, koq saya tidak ngeh ya akan hal ini padahal saya penggemar pedas dan punya sejumlah kerabat yang tinggal di kota terbesar kedua di Indonesia ini. Para kerabat tidak pernah nih memberikan wawasan tentang sambal-sambal dari Surabaya ataupun Jawa Timur.

Selama 41 menit Arief membedah sambal Jawa Timuran. Kata dia, orang-orang yang cari kuliner khas Surabaya itu memang mencari makanan khas seperti rujak cingur, lontong balap, tahu tek namun mereka mencari di mana yang punya sambal yang oke.

Jenis-jenis sambalnya dan bagaimana mendapatkannya – seperti sambal pencit (mangga muda), sambal bajak, sambal bawang, dan sambal petis dibahas panjang-lebar oleh Arief. Arief juga memberikan rekomendasi 6 hidden gems tempat makan enak yang sambalnya oke.

Dia menyebutkan tempat-tempat makan, mulai dari yang pedasnya normal hingga yang rasa pedasnya dahsyat. Istilahnya: “sambal yang bikin semua saluran pencernaan yang dilewati” bahkan sampai “saluran keluar” ikut merasa pedas. Cocok nih buat kalian yang suka bikin challenge aneh-aneh. 😁

Hidden gems Surabaya

BEDAH: Menyambangi Hidden Gems dengan Protokol Kesehatan

 

BEDAH (Berita UKM Daerah) memberikan informasi seputar produk-produk UMKM lokal asli dari daerah tertentu yang dapat bersaing dari segi kualitas maupun style. Di dalam tulisan ini saya membahas 2 kontennya yang mengetengahkan Yogyakarta dan Surabaya.

Bagi kalian yang berada di kedua kota tersebut atau dekat dan bisa berkendara secara aman ke dua kota itu, boleh nih menjajal rekomendasi dari Dokter Tirta dan Arief Alfiansyah. Tentunya, tonton dulu di channel-nya melalui link-link berikut: https://bit.ly/Bedah_E9_MU dan https://bit.ly/Bedah_E4_MU.

Tapi ingat ya untuk memenuhi protokol kesehatan yang 5 M: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan. Harus pandai-pandai memilih waktu berkunjung yang mana tidak padat orang saat itu.

 

BEDAH: Berita UKM Daerah #ObsesiUntukNegeri

 

BEDAH (Berita UKM Daerah) adalah nama segmen dalam kampanye #ObsesiUntukNegeri dari Ninja Xpress dengan melakukan kampanye kolaborasi melalui konten di kanal Youtube-nya. Bersama para kreator lokal, Ninja Xpress mendukung UMKM dan brand lokal, juga komunitas menghadapi era adaptasi kebiasaan baru.

BEDAH Ninja Xpress
Hosts BEDAH.

Well, sebenarnya masih banyak hidden gems dari berbagai daerah yang sudah ditayangkan di kanal YouTube @Ninjaxpressid. Sampai saat ini sudah ada 19 konten yang dibuat untuk memperkenalkan UMKM dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini saya rincikan untuk kalian:

  1. Asal Usulnya Unik, Cakwe Ternyata Bentuk Protes Masyarakat Cina | Bedah Ramadhan Benhil Eps.
  2. Ada Menu Takjil yang Bisa Bikin Kita Masuk Penjara??! | Bedah Ramadhan Depok Eps. 18
  3. Air terjun bisa punya anak? Yang bener aja! | BEDAH Eps.17
  4. Pacuan Kuda di Bima Jokinya Di Bawah Umur Semua??? | Bedah Eps.16 bersama Rigen
  5. TERNYATA BANYAK HIDDEN GEM WISATA BAWAH LAUT DAN KULINER DI MANADO! APA AJA YA??? | Bedah Ep.15
  6. Kopi Aceh Gayo Katanya Bikin Mata Melek Seharian??! | Bedah Ep. 14
  7. ADA PIZZA MURAH SEGEDE VELG MOTOR DI DEPOK!! HARUS DICOBA! | Bedah Ep. 13
  8. Sumba Memang Indah! Mulai Dari Panorama Alamnya Hingga Kehangatan Warga Lokal Disana | Bedah Ep. 12
  9. Asli Makassar Punya Toh! Wisata dan UKMnya Juara! | Bedah (Berita UKM Daerah) Ep.11 Arif Brata
  10. Padang Punya Cerita! Sejarah sampai Fashion, Semua Ada! | Bedah (Berita UKM Daerah) Ep.10 Praz Teguh
  11. Jogja Istimewa! Fashion dan Kulinernya Ndak Usah Ditanya! | Bedah (Berita UKM Daerah) Ep.9 dr.Tirta
  12. Betawi Punye Gaye! Kulinernye Wajib Dicoba Ye! Bedah (Berita UKM Daerah) Ep.8 David Nurbianto
  13. Produk-Produk Ini Andalan di Papua! Tapi Namanya... | BEDAH (Berita UKM Daerah) EP.7 Mamat Alkatiri
  14. Ini Yang Buat Keripik Pisang Lampung Jadi Paling Enak | BEDAH (Berita UKM Daerah) EP.6 Hifdzi Khoir
  15. Cari tau yang seru dari calon ibukota baru | BEDAH (Berita UKM Daerah) EP.5 bersama Ardit Erwandha
  16. BEDAH (Berita UKM Daerah) EP.4 | Sambal Surabaya yang Bikin Kelenger bersama Arief Alfiansyah
  17. BEDAH (Berita Daerah) EP.3 | Wisata Angker dan Mistis Semarang Bersama Tasha Siahaan
  18. BEDAH (Berita UKM Daerah) EP.2 | Makanan Khas Medan yang Wajib Dicoba, Rekomendasi Bang Mpin!
  19. BEDAH (Berita Daerah) Bandung dengan the Godfather of Streetwear, Kang Dendy Darman

Boleh deh menjelajahi tayangan-tayangan yang sudah ada ini. Pastikan kalian tidak ketinggalan episode BEDAH (Berita UKM Daerah) lainnya dengan klik subscribe dan like. Ingat untuk berkomentar: menurutmu apa episode BEDAH (Berita UKM Daerah) menarik untuk kita BEDAH bersama? Dari daerahmu mungkin?

Makassar, 18 Mei 2021



Share :

92 Komentar di "Wisata Setelah Lebaran, Cari Tahu Hidden Gems-nya "

  1. Arek Suroboyo hadiiirrr
    Sego sambel mb Nur dan Mak Yeye memang kondaaangg bgt di Sby mba
    puedesnya minta ampun, tapi rameee dan legend banget emang kulineran di sana.
    Kece nih kontennya Ninja Xpress yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah mantaap, antar ke sana ya kalo kubisa ke Surabaya, Mbak Nurul :D

      Delete
  2. Wah list bedahnya menarik-menarik nih mbak...
    Harus mampir nih ke channel bedah biar tambah wawasan juga :)
    Kalau hidden gems versi saya apa yah? Berhubung daerah baru, tempat-tempat di Sulsel masih berasa hidden gems semua hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi .. Mak Lisdha bisa bikin postingan "hidden gems" sendiri :D

      Delete
  3. wah menarik sekali ya mbak, aku penasaran dgn makanan yg bisa bikin kita dipenjara. Apa ya kira kira
    mau cus ke YouTube nya ah, biar tahu lebih banyak

    ReplyDelete
  4. Kalo ngomongin sambel, memang sambel pencit tuh enaaak banget. Apalagi dimakan bareng nasi bebek hohoho.

    ReplyDelete
  5. Ya ampun aku kangen banget sama sate klathak, emang deh wisata di daerah itu selalu bikin kangen apalagi semenjak pandemi ini.

    ReplyDelete
  6. Episodenya Solo blom ada ya? Di sini banyak makanan enak dan UMKM yg produksi kerajinan unik juga lho.

    ReplyDelete
  7. wah ada Fico ya.. eh aku sate klathak pak pong ksana, puas banget ya. Mau nyoba yg pak Bari juga deh, kangen yogyaaa. Moga pandemik segera berlalu ya mbaa.. amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga badai pandemi segera berlalu ya.

      Delete
  8. serindu itu aku sama Yogya, kapan ya bisa ke sana sama suami dan anak.. banyak hal yang dikangenin dari Yogya, terutama teh nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aah iya ... saya pernah ke Jogja tahun 1995, sdh lama banget ahaha ... tapi kenangan akan tehnya itu masih teringat :D

      Delete
  9. Betul juga ya yang dibilang dr. Tirta banyak anak muda kreatif di Jogja bisa jadi karena UMR disana rendah. Tapi aku salut banget dengan orang-orang kreatif, justru ide-idenya itu jadi cuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya, Mbak Tuty. terkadang kita harus terbentur pada masalah dulu baru bisa berkarya.

      Delete
  10. Kami pas lebaran hari pertama malah makan di luar alhamdulillah sepiiii yeess akhrinya bisa keluar kandang.
    Aku malah suka kalau makan atau liburan di lokasi yg gk banyak diketahui org gtu krn gak "banyak saingan" selain lbh dikit prg an lbh aman prokesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lebih memperhatikan anak2 juga di tempat yang sepi, Mbak.

      Delete
  11. Paling susah kalau diminta menyebutkan hidden gems ya, kak Niar.
    Karena kalau buka orang asli daerah tersebut, biasanya sulit menemukannya.
    Video channel Ninjaxpress.co ini sangat membantu sekali. Semoga para pelaku UMKM semakin maju dan berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa membantu UMKM, harapan saya pun demikian, Mbak Len.

      Delete
    2. Aku suka banget siih... Dokter Tirta ini guyonannya ya ambyar, gitu..
      Tapi kalau sudah ngomong, super meyakinkan. Sehingga aku sering banget cari-cari tahu mengenai hal-hal seputar kesehatan. Kini, kolaborasi dengan Ninjaxpress, semakin memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap UMKM setiap daerah agar semakin berkembang baik.

      Delete
  12. Nemuin hidden gems itu rasanya seru ya mbak, walapun beda-beda selera. Aku jadi penasaran dengan sambal Surabayanya secara aku suka banget sambal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda-beda selera .. siapa tahu bisa saling tukeran info ya.

      Delete
  13. Aku nonton jugaa yang video bareng dr. Tirta, berasa kek dimarahin ya hahaha. Tapi lucu juga dan baru tahu kalau gudeg sekarang udah ada versi kalengnya yang bisa dikirim pakai Ninja Xpress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha .. unik ya pak dokter satu ini ... terus yang bawa acaranya stand up comedian pula. Seruu.

      Delete
    2. Abis nonton video Bedah yang sama Arief aku merasa gagal sebagai arek Suroboyo yang tinggal di Sidoarjo karena belum pernah nyobain semua rekomendasi kuliner sambel itu. Paling ya Bu Rudy aja andalanku hehehe.

      Delete
  14. Semoga nih ya tayanga BEDAH kayak gini bermanfaat untuk meajukan umkm boar lbih dikenal ya

    Mudah2an gak ketinggalan dan bisa pantengin episode BEDAH selanjut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin .. benar Mbak utie .. bisa memperkenalkan UMKM daerah nih.

      Delete
  15. Harusnya dimasukin wisata sejarah Bengkulu, hehehe. Termasuk bunga terbesar di dunia dan benteng terbesar di Asia Tenggara dll deh.

    ReplyDelete
  16. Ada menyebut dr.Tirta..ada kata Bedah bikin pikiran melayang ke operasi di RS haha ternyata oh ternyata bikin lenasaran sama hisden gems nya daerah2...

    ReplyDelete
  17. Menarik yaa soal hidden gems ini, dan menariknya yang memaparkan tentang kuliner seorang dokter yaa hihihi ya memang pelaku UMKM kudu banyak dukungan yaa agar sukses, alhamdulillah ninjaekspres menginisiasi acara ini ya

    ReplyDelete
  18. Ya ampunnn, jadi bisa makan gudeg lewat ninja xpress. Wowww asikkk

    ReplyDelete
  19. Jogja memang banyak memiliki tempat wisata alam yang bagus tapi tersembunyi. Untuk menjangkaunya kadang harus melalui medan yang susah. Tapi imbalannya memang sebanding sih, menikmati panorama yang istimewa

    ReplyDelete
  20. Baru tahu tayangan Bedah ini aku BUnd, seru ya jadi turut banyak membantu pelaku uMKM lho. Kalo ini kan makanan ya, kalau souvenir gitu ada hidden gems gak bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, menanti hidden gems souvenir :D
      Semogaaa UMKM Indonesia makin berjaya!

      Delete
  21. Keren banget bedah kuliner UMKM dibikin kayak gini, jadi nambah wawasan dan bikin jadi tau ternyata UKM di Indonesia itu beragam ya. Malah bikin mupeng dong. Jadi pengen lihat episode lainnya. Salut buat Ninjaexpress yang bikin acara ini.

    ReplyDelete
  22. Ada 19 konten. Wah, banyak juga, ya. Bisa ditonton satu per satu nih. Jadi nambah info tentang UMKM dari banyak daerah di Indonesia, ya 😃

    ReplyDelete
  23. Judul semua tayangannya bikin jari pengen langsung ngeklik deh. Bikin penasaran. Aku pas ke jogja termasuk yang nyari kulineran khas dan viral. Hehehe. Salah satunya sate klathak pak pong.

    ReplyDelete
  24. Menyenangkan bangeett kalo bisa coba seluruh hidden gems yg ada di video ini.
    Beneran keren nih
    NinjaExpress mantuuulll!

    ReplyDelete
  25. BEDAH..Berita UKM Daerah,mesti dikepoin ini. Kalau saya mudik di sepanjang rutenya dan sesampainya di sana list kulineran itu mesti ada. Karena ngangenin bener memang, mantap rasa dan khas sajiannya. Cocok jadi hidden gems wisata lebaran nih jadinya

    ReplyDelete
  26. wah menarik banget nihh.. semua episode nya bisa ditonton sambil makan siang kayaknya yaa. bisa nambah wawasan plus membantu para pelaku UMKM juga secara ga langsung

    ReplyDelete
  27. BEDAH Kopi Aceh yang bikin melek seharian, keknya menarik nih Mak, emang bener banget pas di Aceh tuh dimana mana wangi kopi dan kedai2 tiap berapa meter adaa, dan iyes bikin melek teruuss.

    Suka banget sama program BEDAH ini, itu menggoda pisan Sego Sambalnya Mak Yeye, surganya kulineran yang menjadi daya tarik tersendiri setiap daerah. Semoga sukses buat para UMKM.

    ReplyDelete
  28. Judul-judulnya menarik ya, bikin penasaran pengen nonton juga. Bedan UMKM Jogja jadi bikin kangen jogja nih, udah lama banget nggak berburu kerajinan dan kulineran di Jogja

    ReplyDelete
  29. aku jug apaling suka hidden gems mba.. seru main ke temat yang tidak ramai oleh pengunjung lain

    ReplyDelete
  30. Kalo nggak ada acara ky gini bisa-bisa nggak populer loh produk² UMKM nasional. Jd bagus bangetlah acaranya. Bikin kita yg tinggal di Indonesia pun jd tau kan.

    ReplyDelete
  31. Saya jadi senyum-senyum baca judul dari 19 konten di channel YouTube @Ninjaxpressid. Lucu, unik, dan mengundang untuk nonton. Menarik untuk dilihat, sekaligus jadi cara untuk memperkenalkan kuliner daerah.

    ReplyDelete
  32. lucu banget nama BEDAH hihihi.. tapi ya bener ya jadi info untuk menemukan dan membedah hidden gems di beberapa daerah.

    ReplyDelete
  33. Saya tertarik dengan wisata ala Arief, deh. Karena penggemar pedas. Pasti deh pengen coba banyak sambal. Tetapi, gak mau berlebihan juga makannya kayak banyak konten sekarang.

    ReplyDelete
  34. Aduh ini list UMKMnya bikin ngiler banget deh, bisa kirim Jakarta gak sih ini? Rasanya langsung pengen bikin list sehabis pandemi nih.

    ReplyDelete
  35. Ulasan yang menambah wawasan.dilengkapi list bedah. Tinggal pilih. Semoga UMKM Indonesia maju jaya. selamat malam, Mbak Mugniar. Terima kasih telah menanggapi.

    ReplyDelete
  36. Rekomendasi kontennya bikin gagal diet ini mah, Mak hahaha. Btw akuu suka ngikutin update iignya dr Tirta. Seru-seru, ga cuma bahas pandemi tapi juga soal entrepreneur dan hobi

    ReplyDelete
  37. Itulah kenapa aku suka kuliner Surabaya, Krn pedeees rata2 mbaaa :D. Dibanding Jawa lainnya, Surabaya yg paling cocok Ama seleraku. Sambelnya beneran nampil, ga cuma sekedar gelitikin lidah :p.

    Eh aku baru tahu siaran bedah iniiii. Lgs mau buka tayangannya , pasti aku subcribe kalo udh berkaitan Ama kuliner dan wisata :D. Apalagi host nya lucu begitu

    ReplyDelete
  38. Dokter Tirta, bisa dikatakan beliau adalah salah satu "brand ambasador" UKM di Yogya. Beberapa kali ke kantor (dalam rangka promo Galeri Upakarti Sleman), mupeng pengen ketemu langsung. Tapi belum rejeki, pas Dokter Tirta datang, pas saya out duty.

    ReplyDelete
  39. Ngakak baca sambel yang sedahsyat itu sampai semua saluran cerna merasakan kepedesannya :)) bolehlah nanti kalau ke Surabaya Cari sego sambel rekomendasi di atas. Nonton videonya dulu supaya daftarnya makin lengkap. Hehehe

    ReplyDelete
  40. Listnya menarik banget, ternyata banyak hidden germ di Makasar, ya, Mba. Saya belum pernah ngunjungin Kota ini sih. Kayanya kalau di Bandung dibuat list kaya gini, banyak juga deh. Saya setuju wisata saat pandemi jangan pernah lupakan protokol kesehatan. Ingat selalau 5M

    ReplyDelete
  41. Ada episode Semarang nggak ya? Karena hidden gems kota ini banyaaak banget, dan UMKM nya menarik produknya. Semoga segera di BEDAH yaa. Btw aku belom pernah nonton siaran bedah itu, coba nanti aku tonton :D

    ReplyDelete
  42. Wah boleh banget nih mampir ke kanal youtubenya Ninjaxpress, listnya menarik-menarik banget

    ReplyDelete
  43. Kalau udah Bedah kuliner n travelling mah ga ada abisnya ya Mak dan engan begitu jadi tau asal usulnya gimana, nambah lah ilmu kita alhamulillah :)

    ReplyDelete
  44. Episodenya sudah banyak banget ternyata kak Niar.
    Aku jadi senang, mau ikutan nonton juga. Secara kemarin kami dapat kopi dan takut minumnya karena kabarnya Kopi Aceh itu luar biasa, bikin on seharian.
    UMKM Indonesia selalu juara.

    ReplyDelete
  45. jalan jalan ke hidden gems ini akan lebih seru ya mbak
    karena kita bisa dapat pengalaman liburan yang unik dan tidak biasa
    asli seru banget ya

    ReplyDelete
  46. Semakin berkah nih nantinya umkm.atau wisata lainya klau episode BEDAH ini terus berlanjut biar Makin dikenal pastinya...

    Dan Kita juga smakin tertarik utk datang

    ReplyDelete
  47. Hidden game ya. Jadi inget dokter tirta. Untuk di aini dijelaain gamblang yamba. Dan enrabg treatmes ssemua spt ini ya mba. Semoga oandeki cr selesei annin

    ReplyDelete
  48. Keren-keren ya yang ada di BEDAH ini. Aku beberapa kali nonton. Jadi motivasi nih buat yang kepengen produktif. Jadi keingetan lagi deh udah lama gak nonton. Cus nonton BEDAH lagi.

    ReplyDelete
  49. hidden gems didatengi di masa pandemi ini emang deg2an ya tapi emang kulineran itu paling enakkk. aku baryu tahu ada bedah gini mak. concern juga ya majuin umkm ninja express

    ReplyDelete
  50. Kalau di Lombok sini, makin seru tuh kalau ketemu hidden gems. Terutama hidden gems untuk objek wisata. Karena biasanya ya sepi banget, belum banyak yang tahu. Pas kan yaa dengan protokol kesehatan Covid-19 yang mengharuskan kita untuk tidak berkerumun.

    ReplyDelete
  51. wah keren-keren nih kontennya ninjaexpress. ntar mampir ah ke channelnya

    ReplyDelete
  52. wahah baca ini jadi kangen Yogya pengen ke sana, sayangnya sekarang lagi jauh di pulau kalimantan. pengen banget ke sana lagi nyobain makanan seru dan asik murah meriah dan enak

    ReplyDelete
  53. Untuk yang senang kulineran saat traveling, Surabaya tuh cukup eksotis. Dulu banget, jadi ingat sekarang, sampai di Surabaya langsung cari sambal Udang yang sudah terkenal itu. Nah semoga UMKM Indonesia Surabaya mulai bergerak lagi ya sekalipun pandemi kelihatannya belum juga usai

    ReplyDelete
  54. Namanya unik ya Kak. Bedah (Berita UKM Daerah). Sesuai dengan profesi Dr. Tirta sebagai ahli medis. Iya nggak sih?

    Bedah jika disandingkan dengan Dr. Tirta jadi berasa operasi gitu. Ada bedah-bedahnya.

    Tapi, ini keren sih. Semacam mengenalkan hidden gems gitu. Semoga banyak lagi UKM yang dikenalkan.

    ReplyDelete
  55. seru juga ya kalau ngomongin hidden gems terutama kuliner. di setiap daerah sudah pasti banyak dan ini momen tepat untuk diekspose. jadi penasaran dong

    ReplyDelete
  56. Topik videonya menarik semua dan bikin penasaran ya bisa jadi panduan kuliner juga kalau kita berkunjung ke suatu daerah..

    ReplyDelete
  57. Bedah udah ada belasan dan saya satu pun belum pernah lihat tayangannya. Terimakasih informasinya. Saya mau lihat juga. Belajar banyak dari orang orang hebat

    ReplyDelete
  58. Hepi banget ya bun begini nemu yang tersembunyi dan pastinya banyak yang belum tahu. Makasih bun aku belum nontn ini sih

    ReplyDelete
  59. Eh seru2 nih kontennya, kudu ke channelnya segera. Kontennya bagus dan menginspirasi, semakain banyak konten begini maka konten internet di Indonesia akan semakin positif.

    ReplyDelete
  60. Waa banyak banget rekomendasinya. Kalo yang dibilang dokter tirta emang itu yg hits-hitsnya di Jogja. Kalo daerah lain belum pernah sih, kayaknya boljug buat jadi referensi..

    ReplyDelete
  61. aku sudah nonton video video di Bedah ini mbak
    asik ya klo bisa ketemu hidden gems kuliner

    ReplyDelete
  62. jadi inget pernah ke jogja, makan gudeg tradisional masuk-masuk ke desa bener2 tepencil. beli sama potnya sekalian. duh kangen jogja deh kalau gini.

    ReplyDelete
  63. Jalan-jalan Dan menemukan hiden gems suatu tempat ini memang hal yang sangat menyenangkan sekali ya mbak meski kadang susah. Yogya dimana-mana banyak hiden gems nya

    ReplyDelete
  64. Jojga selalu bikin kangen.. UMKM memangbjarusbterus digalakkan..

    ReplyDelete
  65. Kaget ada dr. Tirta. Biasanya ngobrolin tentang kontroversi, kali ini ngasih rekomendasi kuliner. Too good to be true, hahaha

    ReplyDelete
  66. Banyak banget kontennya,ya. Komplit. Kalau mau menjelajah, musti lihat konten-konten ini dulu, ya. Banyak info bermanfaat 😃

    ReplyDelete
  67. Kalau ke Jogja pasti ingat mailoboro dan tugu, kalau kesana juga harus mampir ke warung lesehannya, aduh kangen banget sama jogja, pengen kesana setelah pandemi selesai

    ReplyDelete
  68. Wah kok seru mbak. Aq sebagai orang Jogja jadi kepo sama video bedahnya dr. Tirta. Tonton ah 18 video lainnya. Sebagai pecinta kuliner, umkm aku jadi penasaran

    ReplyDelete
  69. Wah seru seru nih kayanya pembahasan di channelnya ninjaexpress.. aku jadi penasaran juga pengen nonton niiihhhh

    ReplyDelete
  70. Mantap nih campaign dari Ninja Express yang menghadirkan BEDAH dengan tema-tema menarik seperti Hidden games ini. Well pastinya hepi banget kalau saat kuliner di Jogja ini kita bisa menemukan hidden gamesnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya ngomongin soal ini saya jadi penasaran kalau di sekitaran Makassar sini sudah ada hidden gamesnya juga gak ya Kak? Pastinya seru kalau berburu kulinernya

      Delete
  71. Yogya memang selalu bikin kangen. Apalagi kalo ketemu hidden games yang dibedah Ninja Express itu, ya. Mm, jadi pengen ke Yogya lagi.

    ReplyDelete
  72. aku juga menikmati episode ini sih, beneran menggugah selera untuk eksplorasi. Banyak makanan enak yang kudu dicbain. semuanya tampaaaak sedap

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^