Resolusi Sehat: Agar Sakit Jangan Kelamaan

Sakit jangan kelamaan, yes? Namun mamak-mamak ini tetap manusia biasa. Mamak bukan jenis super woman karena bisa saja sakit, punya rasa lelah, rasa sedih, dan aneka rasa tak enak lainnya. Namun peran sebagai ibu, istri, sekaligus anak membuat si mamak harus selalu kuat mengingat tak ada ART yang membantu.

Kalau sakit, segala urusan akan terbengkalai sementara rentetan urusan harus segera diselesaikan. Kalau pak suami lagi di rumah dan fit, alhamdulillah, beberapa hal bisa dibereskan. Sisanya? Ya tetap, diusahakan sendiri. Mau lemah bagaimana pun badan, berat bagaimana pun kepala sampai kaki, tetap saja ada hal-hal yang harus diselesaikan sendiri. Mau berkeluh-kesah, tak ada guna. Mau tak mau harus bangun dan bergerak!


Maka dari itu, hai para lajang, manfaatkan waktu kalian sebaik-baiknya sebelum tiba masa ini. Lho?😆Eh, ini bukan curhat lebay, ya. Ini hanya penggambaran salah satu kondisi yang tak menyenangkan saja. Selain itu, banyak hal menyenangkan menjadi seorang ibu. Yang dengannya, banyak cara menuju surga. Asyik, kan? Ya, asyik, dong namun memang harus berjuang hingga titik darah penghabisan!

Oya, sebaiknya saya menjelaskan dulu keutamaan ibu rumah tangga sekaligus seorang istri, yah. Sebagai seorang muslimah, saya meyakini hal dari hadits ini:
“Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan shaum pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki.” (HR Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

Tentunya suami yang dimaksud di sini adalah suami yang beriman dan mampu menjadi imam yang baik bagi istrinya. Ketaatan kepada suami di sini, semata-mata bukan kepada suami melainkan bukti ketaatan kepada Allah.

Itu untuk hal ukhrawi. Untuk hal duniawi saja, banyak hal membahagiakan dilalui bersama keluarga. Di antaranya:
  • Bermesraan sama suami halal selamanya dan berpahala. Mau sepanjang hari pun oke (maaf ya, yang lajang belum boleh mengalami hal ini 😜).
  • Bermesraan dengan anak itu membahagiakan selamanya dan berpahala.

Memaknai kebersamaan dengan anak membuat saya menemukan makna “kebahagiaan sederhana yang sesungguhnya”. Sungguh, hanya melihat mereka ceria saja, rasa hati senang luar biasa. Hanya mendengar mereka memuji masakan saya saja, rasanya melayang hingga ke atas awan. Lebay, yes? May be tapi begitulah kebahagiaan seorang ibu: SEDERHANA!

Kalau sakit, yang tadinya kenikmatan menjadi hambar ...

Tapiiii, ketika badan dapat ujian berupa sakit, semua kebahagiaan itu tak bisa saya rasakan sepenuhnya. Bukan hanya aneka pekerjaan rumah yang tak bisa dikerjakan, aneka kebahagiaan tidak bisa dirasakan secara maksimal. Maka dari itu, jargon yang mengatakan bahwa “IBU DILARANG SAKIT” ada benarnya juga. Bagi seorang ibu, “kalau sakit jangan lama-lama” itu ibarat kata kunci. Sebab kalau sakit, hidup rasanya hambar, sehambar-hambarnya.

Tapi kalau ujian sakit ditolak mentah-mentah kan tak mungkin, ya? Namanya ujian, ketika datang ya harus dijawab sebaik-baiknya agar “lulus” dan naik level. Bisa saja Allah sedang menegur dengan cara-Nya karena saya sembrono menjaga kesehatan. Bisa saja, badan saya memang sedang butuh istirahat total makanya “harus” merasakan sakit supaya beristirahat karena kalau tak berasa sakit, saya tetap beraktivitas. Mungkin saja demikian.

Rasanya, ingin beresolusi agar bisa lebih baik lagi menjaga kesehatan di tahun depan, mengingat angka usia semakin besar saja (43 menjelang 44 bo', tidak muda lagi!). Metabolisme tubuh semakin jelek, pun stamina demikian halnya. Cara terbaik yang saya sadari adalah dengan menjaga kesehatan, mencegah sakit sebisa mungkin, misalnya dengan:
  • Minum air putih 2 liter tiap hari.
  • Tidak banyak berdiam diri, alhamdulillah saya masih mengerjakan pekerjaan rumahtangga yang kalau dihitung dengan alat penghitung kalori bagaikan berjalan kaki setiap harinya sekira 3 kilo meter.
  • Mengurangi makanan gorengan dan menghindari makanan yang tidak baik akibatnya bagi tubuh, misalnya tidak mengonsumsi karbohidrat dan gula secara berlebih.
  • Jika dirasa perlu, konsumsi suplemen atau multivitamin agar tetap fit.

Seterikaan menggunung? Tunggu bantuan Theragran-M! 💪

Khusus point ke-4: suplemen atau multivitamin itu penting saat sakit. Multivitamin yang sedang saya konsumsi saat menulis ini adalah Theragran-M. Bukan sekali dua saya menambah asupan gizi saya dengan Theragran-M, ini yang kesekian kalinya. Saya membuktikan, inilah vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Saat ini saya mengonsumsinya agar bisa tetap fit saat haid sementara aktivitas tidak berkurang. Tidak sedang sakit, sih meskipun demikian saya membutuhkan vitamin yang bagus untuk masa pemulihan setelah haid.

Mengapa Theragran-M? Karena multivitamin ini sudah diresepkan oleh para dokter sejak tahun 1976. Pengalaman selama itu telah membuktikan kombinasi multivitamin (A, B, C, D, E) dan mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) di dalamnya mampu meningkatkan, mengembalikan, dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan. Oleh karena itu, Theragran-M cocok untuk masa penyembuhan guna memaksimalkan daya tahan tubuh.

Magnesium merupakan mineral yang sangat penting untuk berbagai proses di dalam tubuh, termasuk produksi energi, pembentukan protein, produksi DNA, dan konduksi saraf. Magnesium membantu mempertahankan tingkat normal Kalium, Fosfor, Kalsium, adrenalin dan insulin, dan menjaga tulang kuat dan jantung tetap sehat. Nah, Magnesium ini nutrisi yang sangat dibutuhkan perempuan yang sedang haid untuk mengoptimalkan kemampuan tubuh dalam menyerap Kalsium selain itu Magnesium dapat juga mengurangi kram perut. Sedangkan Zinc berfungsi untuk bantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, dan mengurai karbohidrat.

Mengapa memilih Theragran-M.
Hal kedua yang penting setelah ini yang ingin lebih saya latih di tahun depan adalah semakin meningkatkan pikiran positif. Supaya badan bisa tetap sehat dengan meyakini semua usaha yang dilakukan akan membawa hal yang positif, termasuk ber-positive thinking untuk banyak hal. Dengan harapan, saya bisa menularkannya kepada anak-anak saya. Ibu yang positif tentu akan menggerakkan anak-anaknya positif juga, kan?

Makassar, 8 Desember 2017


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M


Share :

78 Komentar di "Resolusi Sehat: Agar Sakit Jangan Kelamaan"

  1. ssehat2 terus ya mba Niar, sepertinya resulusinya sama nih pengen sehat. ga biasanya saya kalu flu sekarang lamaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama,nih Mbak Kania. Faktor U, yah hehe. Saya kalo sakit pun lama pulihnya. Alhamdulillah terbantukan lah dengan Theragran-M ini.

      Hapus
  2. Setuju Kak Niar, buat yang masih jomblo, nikmatin dulu aja. Karena menjadi istri/Ibu itu bukan hal yang mudah. Ahahahahaha saya merasakan betul Kak. Semoga kita selalu sehat yaa biar jadi mamak mamak seterong! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup mamak-mamak yang rutinitasnya tak pernah berakhir hehehe. Iyaa, buat yang lajang pesan Ipeh sama ya hahaha.

      Hapus
  3. Mba Mugniaar....
    Semangaaat.

    Suka salut sama Ibu yang bisa melakukan banyak hal.
    Karena selain totalitas, juga pasti harus sehat lahir batin

    Theragran M sudah terbukti bisa jadi booster mama dalam melakukan kegiatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, ternyata SEHAT itu sebuah keharusan agar bisa menjadi ibu dengan baik ya Mbak Len hehe.

      Hapus
  4. Resolusi yg paling penting ini. Akhir2 ini, pola makanku juga lagi ngga trkontrol, mbak. Suka makan yang instant. Hiks.

    Semoga kita semua sehat2 terus ya, mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal harusnya porsi makanan instan berkurang ya Idah. Aamiin semoga sehat selalu ya Idah, sekeluarga :)

      Hapus
  5. Resolusi yang aku okein banget. Apalagi usia mulai bertambah, harus lebih menjaga kesehatan tubuh

    BalasHapus
  6. saya baru tau ada multivitamin ini mbak,s epertinya saya harus coba, saya suka lelah habis kerja, makanya di akhir weekend selalu dihabiskan istirahat di kasur sepanjang hari...

    mungkin dengan theragran bisa membantu rasa lelah saya agar tetap fit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, Mas. Saya kira perlu mencoba multivitamin Theragran ini

      Hapus
  7. wah aku juga sekarang sudah memperbanyak makan buah dan sayur, yg paling sulit itu sayur hijau ya, paling suka kalau di lotek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu sama, saya juga paling susah makan sayur, Mbak. Tapi saya mengisahakannya dalam bentuk lain :)

      Hapus
  8. Penting banget jaga kesehatan agar kita tetap bisa beraktifitas dgn baik ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, Mbak Rita. Apalagi secara umur sudah harus memperhatikan dengan baik, Mbak.

      Hapus
  9. Duh, setrikaan menggunung aku juga punya nih mba. Sayang, akhir2 ini lagi kurang fit. Mungkin perlu multivitamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu tuh Mbak Ety. Bagus buat membooster kesehatan kita.

      Hapus
  10. Bukan ji promo ini kah ?? Hehehe...sepakat, minum vitamin jika di butuhkan.
    Semoga semuanya tetap sehat dan berbahagia.

    BalasHapus
  11. Setujuuu....minum multi vitamin saat badan membutuhkan...
    Semoga semua mamak mamak di dunia selalu sehat dan berbahagia....

    BalasHapus
  12. Duh mba, saya belum sanggup kalau harus menghindari gorengan... Makan theragran m aja ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi saya pun suliiiit sekali menghindari gorengan, Mbak Lia ;)

      Hapus
  13. Ini vitamin langgananku. Kalau udah ngerasa drop,langsung lah gempur pakai vitamin yang satu ini. Karena ibu memang sangat dilarang sakit :0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss, soalnya efeknya terasa, setelah minum Theragran-M, ya Mbak.

      Hapus
  14. makasih banyak mbak sharingnya, nikmat sehat memang nikmat yang paling utama

    BalasHapus
  15. semoga selalu sehat dan bahagia menjalani hidup di tahun depan. Mari menikmati sisa hari akhir tahun dengan bergembira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga kita semua sehat ya papa Arden

      Hapus
  16. Semangaatt mbaa.. Kerjaan seorang istri dan ibu memang menggunung.. Banyak dan tentunya bisa bikin lelahh. Tapi kalo sakit udah ada theragran-m yang siap membantu menjaga keswhatan kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sehat terus kita ya Mbak Nissa, dalam menjalani peran sebagai ibu :)

      Hapus
  17. Harus jaga kesehatan. Kalau sakit, tdk ada jadi barang2😂.
    Smoga sehat slalu kak 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ila, kesehatan bukan lagi kebutuhan, tapi keharusan. Kalau sakit, "tidak ada jadi barang-barang" :)

      Hapus
  18. Sehat terus kak, biar setrong jaga suami dan anak. Oh iya, multivitamin ini cocok untuk usia berapaan kak?

    BalasHapus
  19. Bener bgt nih Mba klo Mamak Mamak tak boleh sakit. Bisa berantakan semuanya apalagi rumah wkwkwk. Jd Mamak mamak kudu seterong ya Mba. Aku klo sdh merasa ga fit lgsg minum multivitamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus semangat terus ya Mbak hehe

      Hapus
  20. kalau mamak2 sakit...langsung kacau dunia persilatan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih, apa mo hahaha. Stabilitas dunia terganggu. :))

      Hapus
  21. Aku minum Theragran juga mba niar kl udah berasa mau sakit. Ada anak bayi jadi gak boleh sakit karena takut nular. Dan gak mau minum obat karena masih menyusui. Alhamdulillah minum ini, istirahat, banyak air putih, langsung segeran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Semoga sehat terus ya Mba Uchy

      Hapus
  22. Wehehe.... Bener banget. Ibu nggak boleh sakit lama2. Kalo bisa mah jangan sampe sakit. :-) Semoga kita selalu sehat ya. Aamiiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Seoga Teh Eno sehat selalu yaa

      Hapus
  23. saya juga kadang minum ini tapi mesti diimbangi dengan banyak minum sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus banyak minum air putih yaa

      Hapus
  24. Aduh ngeliat setrikaan numpuk kayak lagi ngaca deh aku, soalnya kerjaan dirumah yang paling males banget itu nyetrika baju hahaha.
    Semoga sehat selalu bareng theragran nya ya Mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha toss Mbak. Semoga kita sehat selalu ya, demi anak2 :)

      Hapus
  25. Aku lagi latoh minum air 3 liter sehari mbak...

    Dan perbanyak makan gorengan *eh.. tapi gimana gorengan itu nikmat banget haha..

    Kemarin pas mamaku lagi sakit, dikasih dokternya vitamin ini, sempet konsumsi bentar juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, jangan banyak2 lah ... kasihan badannya kalo kebanyakan gorengan.

      Semoga sehat terus ya Koh

      Hapus
  26. Sehat selalu kak Niar 😍

    BalasHapus
  27. Sakit, walau cuma demam biasa, tetap bikin produktivitas menurun. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih Mbak Diba. Moga Mbak Diba sehat selalu yaa

      Hapus
  28. Paling sedih kl ada anggota keluarga yg sakit. Semoga sehat2 semua yaaa kitaaa.. aamiinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak ... aamiin ya. Semoga kita semua sehat2 saja

      Hapus
  29. Mamak-mamak dengan segudang aktivitas, penting memang untuk punya resolusi sehat. Semangat untuk mamak2, semoga kita semua sehat selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Hidup eh sehat mamak-mamak :))

      Hapus
  30. Etapi, melakukan pekerjaan rumah tangga itu kan bukan terhitung sbg olah raga, mbak. Mmg setara, tp bukan olah raga. Hehe.. cmiiw.

    Semoga selalu sehat, ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ria ih, sama teman sendiri ini. Iyakan saja, lah :))

      Hapus
  31. itu kan bukan terhitung sbg olah raga, mbak. Mmg setara, tp bukan olah raga. Hehe.. cmiiw.

    Semoga selalu sehat, ya mbak..

    BalasHapus
  32. Aih...quality time banget ya Kak, mesra-mesraan sama Suami dan Anak. So sweet banget...

    BalasHapus
  33. Semangat Mba.. Semoga resolusinya tercapai ya..

    BalasHapus
  34. Betuul kalo sakit apa2 yg enak jadi nggak enak. Makanya jangan sakit apalagi emak-emak. Wkwkwk, harus sehat terus, setrong terus.
    Moga tercapai resolusinya mak

    BalasHapus
  35. Saya justru sering merasa lelah setelah jadi IRT, jadi kalau suami berbuat baik itu rasanya terbayar lelah ini.

    BalasHapus
  36. Sehat itu mahal yak... bener kata pepatah. Jaga banget ini badan, soalnya mau dipake lama.

    BalasHapus
  37. multivitamin kita sama ya..tetap setrong ya kita

    BalasHapus
  38. Setuju sama point terakhir, selalu berpikir positif!

    Sudah terbukti banyak manfaatnya.


    BalasHapus
  39. Wah semoga sehat selalu ya mbak 😊

    BalasHapus
  40. Wahhh,, tetap setrong ya kak.. :)

    BalasHapus
  41. Sukses dan sehat selalu ya mbak.. :)

    BalasHapus
  42. Pikiran positif memang ngaruuuh banget Kak. Saya tahun 2016 pernah masuk RS dua kali. Kalau diingat saat itu memang banyak pikiran negatif, hiks.
    InsyaAllah mau ikuti resolusi Kak Niar juga. Semoga kita selalu sehat ya, Kak. Kalaupun sakit yang wajar2 saja, dan ndak usah lama-lama. Amiiin.

    BalasHapus
  43. Baru tau ada multivitamin dengan label ini :)
    Ada di semua apotik ga ya?

    BalasHapus
  44. Smoga sehat selalu kakak amin

    BalasHapus
  45. Semangat sehat... untuk bisa beraktivitas dengan baik

    BalasHapus
  46. Direkomendasikan sejak 1976 oleh dokter sebuah pencapaian yang luar biasa dan tentunya berkualitas. Lewat ulasan Theragran-M ini saya tertarik untuk mencobanya karena selain bekerja saya ibu rumahtangga juga berasa sekali kalau lelah. Sukses ya bu...

    BalasHapus
  47. Salah fokus k' ke tumpukan setrikaan. Hihihi. Ayo mamak..sehat terus! Supaya makin lancar ngeblog #eh

    BalasHapus
  48. Semoga terwujud semua resolusinya yaa.. beruntung kita udah kenal Theragran ya..

    BalasHapus
  49. Pokoknya mamak ndak boleh sakit. titik ndak pake koma :) jaga kesehatan mba :)

    BalasHapus

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^