10 Tulisan Paling Dicari Sepanjang 2022 Menurut Google Search Console

Alhamdulillah, masih sehat dan masih menulis di tahun baru 2023 ini. Setelah dua tahun berturut-turut menulis  tentang tulisan paling dicari sepanjang 2020 dan 2021 menurut Google Search Console, kali ini saya penasaran apa saja 10 tulisan paling dicari sepanjang 2022 menurut Google Search Console.

Tulisan paling dicari tahun 2022

Lalu pada 1 Januari 2023 saya membuka Google Search Console untuk mencari tahu apa saja 10 tulisan paling dicari sepanjang 2022 dan inilah hasilnya:

 

1. Modus Penipuan Mengaku dari Telkom

 

Cerita mengenai modus penipuan dari Telkom ini merupakan pengalaman sendiri yang saya share di blog sekadar berbagi pengalaman, dengan harapan ada orang-orang yang mengetahui bentuk penipuan yang mengatasnamakan Telkom Indonesia ini. Bersyukur jika tulisan yang saya buat Oktober 2022 ini bisa mencegah penipuan.

Tak saya sangka, tulisan ini mendapatkan banyak sekali page views. Jelang 3 bulan setelah ditayangkan, page views-nya mendekati angka 30.000. Dari komentar-komentar yang masuk saya paham mengapa. Mereka ini telah mendapat telepon dengan modus yang sama persis, bahkan dengan skenario yang sama persis.

Mereka sudah mulai bertanya-tanya dalam sekian menit percakapan dengan customer service dan polisi abal-abal lalu mencari informasi terkait di internet. Qadarullah mereka bertemu tulisan saya lalu mendapatkan pembenaran bahwa yang menghubungi mereka adala penipu. Tidak sedikit yang sudah dihubungi 2, 3, bahkan berkali-kali oleh penipu itu.

Tulisan ini mendapatkan 9.459 klik dan 28.376 impresi melalui 20 queries (kata atau frasa/kelompok kata yang digunakan pengguna internet ketika melakukan pencarian melalui Google search engine). Impresi menunjukkan berapa kali sebuah postingan dalam blog ditemukan orang-orang saat googling.

Inilah postingan pertama saya yang mendapatkan impresi dan klik di Google sebanyak itu dalam waktu singkat. Dasbor blog saat tulisan ini saya buat menunjukkan angka 29.738 views. Para pembaca menemukan postingan ini melalui 482 queries di Google namun yang akhirnya klik blog saya adalah melalui puluhan queries.

 

2. 1/4 Kilogram dan 2 Ons yang Beda Jauh

 

Tulisan “1/4 kg” ini masih jadi “juara bertahan” sejak di-posting tanggal 24 Juni 2015. Sepanjang tahun 2022 tulisan ini mendapatkan 3.748 klik dan 476.879 impresi sepanjang 2022. Rupanya masih banyak orang yang membutuhkan petunjuk ¼ kg itu berapa ons. Sekitar 19 queries yang masuk di postingan ini (1/4 berapa ons, seperempat berapa ons, dan lain-lain) menunjukkan bahwa yang menemukannya adalah orang-orang yang mencari informasi mengenai konversi satuan berat/timbangan. Total PV di dasbor hingga saat ini adalah 19.694 views.

Tulisan ini muncul pada pencarian dengan ratusan (mencapai 1000) jenis queries tetapi yang melanjutkan hingga masuk ke blog saya adalah yang menggunakan 100-an queries. Tidak menyangka juga banyak yang masuk melalui sejumlah queries ini:

  • 1/4 kg berapa ons
  • 1/4 berapa gram
  • seperempat berapa gram
  • timbangan seperempat
  • timbangan 1/4 berapa ons
  • seperempat kilo berapa ons
  • seperempat sama dengan berapa ons
  • setengahnya 1/4
  • 1/4 kg berapa gram
  • di bawah seperempat berapa
  • seperempat berapa kilo
  • 1 ons sama seperempat banyak mana
  • seperempat itu berapa ons
  • timbangan seperempat di angka berapa
  • setengah dari 1/4
  • seperempat berapa kg

 

3. 5 Hal Tentang Lomba Bercerita Tingkat SD/MI yang Perlu Anda Tahu

 

Tulisan tentang lomba bercerita tingkat SD/MI inisaya buat ketika Athifah masih duduk di sekolah dasar pada tahun 2018. Waktu itu putri saya mengikuti lomba bercerita tingkat kota Makassar. Saat itu yang saya pikirkan hanyalah membuat tulisan, siapa tahu ada yang butuh informasi bisa mendapatkannya di blog saya. Alhamdulillah tulisan ini setiap tahun meningkat jumlah pembacanya, hingga 2022. Tulisan ini mendapatkan klik 892 kali dari Google dan 21.439 impresi.

Total page views di dasbor hingga saat ini adalah 8.557 views. Ada lebih dari 100 queries pencarian yang diketikkan para pencari informasi. Para pembaca masuk ke blog saya melalui 15 queries.

 

4. Maskumambang: Karya Rendra yang Masih Relevan Setelah 7 Tahun

 

Tulisan tentang Maskumambang, salah satu puisi penyair Rendra yang ngetop ini saya buat tahun 2016 usai mengikuti event baca puisi untuk mengenang Rendra di sebuah kampus swasta. Selama beberapa tahun, ada masa-masa di mana tulisan ini banyak yang baca kembali. Total PV di dasbor hingga saat ini adalah 9.646 views.

Sepanjang 2022, tulisan ini mendapatkan 699 klik dan 9.050 impresi. Ada 36 queries yang diketikkan orang di Google search engine yang memunculkan tulisan saya, di antaranya:

  • puisi maskumambang
  • makna puisi maskumambang
  • puisi maskumambang ws rendra
  • maskumambang ws rendra
  • maskumambang puisi
  • puisi ws rendra maskumambang
  • analisis puisi maskumambang

Grafik Tulisan Populer Menurut Google Search Console
 

5. Cantik Alami Berkat Regenerasi Kulit Wajah dengan Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid

 

Tulisan saya tentang Maxi-Peel Micro Exfoliant Fluid ini menjadi salah satu pemenang lomba Maxi-Peel di tahun 2018. Tulisan ini menyumbang 626 klik dan 28.964 impresi di blog ini selama tahun 2022. Rupanya masih cukup banyak orang yang membutuhkan informasi mengenai Maxi-Peel Micro Exfoliant Fluid.

Total page views di dasbor hingga saat ini adalah 7.996 views. Google merekomendasikan tulisan ini pada 160 queries namun yang akhirnya klik untuk membaca adalah yang menggunakan 44 queries, di antaranya:

  • perbedaan maxi-peel hijau dan pink
  • perbedaan maxi peel 1 2 dan
  • manfaat maxi peel hijau
  • manfaat maxi peel pink
  • apakah maxi peel sudah bpom
  • maxi peel bpom
  • kegunaan maxi peel
  • perbedaan maxi-peel 1 2 dan 3
  • manfaat maxi-peel hijau

 

6. 10 Keunggulan Ralali.com: Cara Mudah Kembangkan Usaha di Era Digital

 

Sejak ditulis tahun 2019, tulisan ini menyumbang cukup banyak pembaca di blog Mugniar’s Note ini. Dari mesin pencari Google, tulisan ini menyumbang 608 klik dan 3.654 impresi. Pembaca masuk melalui 3 queries dari 46 macam queries yang mereferensikan blog ini. Total tayangan laman (page views) di dasbor hingga saat ini adalah 3.425 views.

 

7. 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Ditempati Curhat Perselingkuhan

 

Saya tidak menyangka tulisan yang saya buat tahun 2020 ini masih dicari orang. Kenapa ya, kira-kira? Apakah karena banyak orang yang bingung jika ditempati curhat? Tulisan ini menyumbang 508 klik dan 2.948 impresi sepanjang 2022. Pembaca masuk melalui 3 queries dari 39 macam queries yang mereferensikan blog ini. Total tayangan laman di dasbor hingga saat ini adalah 2.021 views.

 

8. 8 Buku Karya Maman Suherman di Play Store

 

Tulisan yang saya buat tahun 2020 ini masih dicari orang di blog saya. Tulisan ini menyumbang 472 klik dan 13.663 impresi. Hal ini menunjukkan masih banyak orang yang menyukai dan merujuk pada karya Kang Maman Suherman. Total tayangan laman di dasbor hingga saat ini adalah 3.475 views.

Ada 77 queries yang merekomendasikan postingan ini di Google namun pembaca masuk melalui 20 queries, di antaranya:

  • buku maman suherman
  • buku kang maman
  • buku karya kang maman
  • download novel perempuan maman suherman pdf
  • buku kang maman pdf
  • buku karya maman suherman
  • novel kang maman

 

9. Siapa Bilang Semuanya Berbayar? Ini Dia Konten Gratis yang Ada di KaryaKarsa!

 

Karyakarsa sedang menjadi platform yang disukai para kreator digital dan peminat serta penikmat karya digital. Terbukti tulisan yang tayang pada Mei 2022 ini menyumbang 420 klik dan 31.570 impresi melalui Google search engine. Dari 128 queries yang mereferensikan postingan ini, yang mengeklik link postingan ini ada 42 queries. Total PV di dasbor hingga saat ini adalah 606 views.

 

10. Syarat dan Ketentuan Menulis di Rubrik Opini Harian Fajar

 

Sejak membuat tulisan ini pada tahun 2017, banyak yang googling dan menemukan tulisan ini. Sepanjang 2022 tulisan ini menyumbang 409 klik dan 9.351 impresi. Ternyata masih ada orang yang ingin tulisannya dimuat di media cetak yang terbit di Makassar ini. Total page views di dasbor hingga saat ini adalah 6.855 views.

Sepertinya saya perlu mempelajari queries yang dilaporkan Google Search Console terkait tulisan ini karena sebenarnya kebanyakan query yang mereferensikannya adalah query umum seputar penulisam di koran. Dari 115 queries hanya 3 query yang membuat para pencari meneruskan aktivitasnya untuk klik dan membaca tulisan ini.

Tulisa populer di Mugniar's Note 2022

Well,
6 dari 10 tulisan yang paling dicari sepanjang 2022 di blog ini merupakan tulisan organik. Ini memberikan motivasi bagi saya untuk tetap menulis organik, topik apa saja karena kita tidak tahu yang mana yang akan direkomendasikan oleh Google kepada para pencari di search engine-nya.

Saya tak pernah menyangka sebelumnya bahwa pengalaman ditelepon penipu akan banyak dicari orang, begitu pun informasi receh mengenai ¼ kilogram itu sama dengan berapa ons. Saya pun tak menyangka postingan pesanan brand juga masih ada yang berjaya di mesin pencari dan mengantarkan banyak pembaca ke blog ini. Maka penting untuk tetap menyimpan tulisan pesanan brand, jangan menghapusnya.

Sekali lagi saya simpulkan bahwa suka-tidak suka, penyumbang pembaca terbanyak ternyata dari Google search engine. Dan jika SEO belum maksimal atau bahkan belum optimal dijalankan maka konsistensi menulis penting untuk diupayakan.

Semoga di tahun 2023 ini saya bisa membagikan banyak hal menarik atau bermanfaat lagi. Terima kasih bagi karib dan kerabat yang sering berkunjung ke blog ini.

Makassar, 1 Januari 2023

Baca juga:




Share :

19 Komentar di "10 Tulisan Paling Dicari Sepanjang 2022 Menurut Google Search Console"

  1. MasyaAllah.. Blogger senior panutanque, memang juwarak! Semua impresinya bikin kumelongo, hihi. Sukses terus Mbak Niar 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, pasti di blog dirimu lebih keren lagi, Mbak ... Happy blogging :⁠-⁠)

      Delete
  2. Wah masyaAllah tulisan-tulisannya semoga semakin baik dan bermanfaat untuk orang lain. Good job memang, cuss baca tulisan-tulisan ini hehe. Pencapaiannya bikin takjub, pasti di 2023 ini semakin meningkat. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  3. Terima kasih telah menulis artikel yang tidak terpikirkan oleh banyak blogger, ternyata cukup unik dan sulit ditebak topik favorit di google search console. Tidak selalu berkaitan dengan yang lagi trending di Twitter atau viral di Tiktok

    ReplyDelete
  4. Mempunyai tulisan yang banyak dicari rasanya menulis itu manfaat banget ya bagi orang lain atau pembaca. Makasih banyak ya, Mbak. Inspiratif ini.

    ReplyDelete
  5. Wah keren banget mbak tulisan²nya banyak yg cari. Gimana caranya nulis organik yg banyak dicari mbak?
    Aku jadi tau kang Maman Suherman punya buka ternyata yaaa, kayanya seru bukunya. Aku jadi klik juga nih. Kreatif bgt mbak bikin tulisan seperti ini. Pencapaiannya Masya Allah keren.

    ReplyDelete
  6. Wah, nggak nyangka juga jika tulisan yang kita tulis bisa dibaca oleh banyak orang.
    Semangat terus ibu☺️

    ReplyDelete
  7. Keren banget sih ini Mbak.. alhamdulillah bisa dapat insight dari tulisan Mbak ini dan menjadi dorongan semangat buatku pribadi untuk nulis yang bermanfaat dan lebih banyak lagi hihihi.

    ReplyDelete
  8. Masya Allah barakallah Mbak Niar.
    Bisa banget deh punya ide nulis seperti ini.
    Saya sampai sekarang belum pernah ngecek tulisan paling diminati oleh viewer ke blog saya. Membaca artikel ini membuat saya menjadi penasaran pengen kepoin juga sekalian ublek-ubleg tulisan di blog selama ini

    ReplyDelete
  9. Wah keren banget mba sampai liatin satu-satu blognya ya, tapi asik juga jadi tahu ya blog kita yang paling dicari artikelnya apa, sehingga bisa jadi ide buat next artikelnya

    ReplyDelete
  10. Kereeen. Aku juga jadi penasaran mau ngulik-ngulik Google Search Console. Penasaraaan. Kudu konsisten nulis ya berarti intinya. Semoga 2023 makin semangaaaat.

    ReplyDelete
  11. Kereeeb kereen mbakuuu tulisannya bagus bagus. Semoga nurun ke aku amin3x....Akuu berasa lebih menghayati nulis organik drpd pesanan ya

    ReplyDelete
  12. Blogger senior 🙏
    Keren ini inspirasi nya, jadi ingin segera tautkan blog pribadi ke Google Search Console deh.. Sudah saatnya untuk foksuin SEO ke blog

    ReplyDelete
  13. Yang membuatku terkejut dari yang paling dicari justru tentang 1/4 kg dan 2 ons. Hal itu sederhana dan nggak disangka bisa banyak yang cari. Wkwkw.. ❤️

    ReplyDelete
  14. Masyaallah, blogger suhu ini mah. Bangga sekali bisa satu circle dengan Mbak Niar, semoga bisa mengikuti jejak Mbak untuk terus konsisten blogging.

    ReplyDelete
  15. Mba Niar keren bangett..
    Produktif dan konsisten menulis.
    Saya sedang berusaha memenuhi target menulis seminggu jangan ada yang bolong, terlihat mudah tapi kadang jadi susah juga. Tapi tetap semangat
    Termotivasi mba Niar saat IG Live KEB beberapa waktu lalu

    ReplyDelete
  16. Mbak mugniar nomor 7 plisss itu nyata kah??? Nggak percaya sih ada yang cari bahan sampai ke internet. Demk menjawan persoalan teman yang selingkuh...masyaallah SEO keren nih pasti mbak mugniar

    ReplyDelete
  17. keren mbak Mugniar. bener juga yang mba mugniar bilang, kita nggak bisa tahu beberapa tahun ke depan, tulisan apa yang akan sering dicari oleh masyarakat di mesin pencari. Tahu-tahu tulisan kita yang banyak dicari
    apalagi kalau tulisan itu berdasarkan pengalaman kita sendiri

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^