1/4 Kilogram dan 2 Ons yang Beda Jauh

Ini kisah nyata dan contoh bahwa Matematika memang penting dalam kehidupan sehari-hari.
Pembeli: Berapa harga bawang merah seperempat kilo?
Penjual: Sembilan ribu rupiah.

Sang pembeli melihat ada bungkusan-bungkusan plastik kecil berisi sejumlah bawang merah maka ia bertanya.


Pembeli: Kalau yang dibungkus itu berapa beratnya?
Penjual: Dua ons.
Pembeli: Berapa harganya?
Penjual: Lima ribu rupiah.

Kalau kata orang barangkali ada perbedaan kualitas antara bawang merah yang dibungkus plastik dengan yang tidak, sang pembeli tak peduli. Bawang merah yang terbungkus plastik itu masih bagus. Yang ia percayai, berdasarkan pengalaman ini dan pengalaman terdahulunya dengan pedagang di pasar adalah, bahwa tak semua pedagang bisa berhitung matematika sederhana dengan benar. Lagi pula, tak ada beda rasa yang signifikan dengan adanya perbedaan harga itu.

Pembeli: Saya mau yang dibungkus itu!

Hayooo, masih ingat Matematika zaman SD, kan? Kalian sependapat atau tidak dengan si pembeli?


Makassar, 24 Juni 2015


Share :

6 Komentar di "1/4 Kilogram dan 2 Ons yang Beda Jauh"

  1. seperempat kilo mah hampir sama dengan 2 ons, beda 0,5 doang... harusnya sih pembeli memastikan dulu dengan menjelaskan kepenjualnya klw 2 ons nggak jauh beda sama seperempat..

    ReplyDelete
  2. hayo apakah itu? kok bisa gitu yah.
    hehe..

    ReplyDelete
  3. Harganya beda jauh, padahal beratnya tidak jauh beda.
    Misteri korelasi antara satuan "ons dan kilogram" di pasar. haha

    ReplyDelete
  4. Musti belajar satuan dulu penjualnya, Kak. :D Kasihan pembeli yang ngga paham matematika, ya.

    ReplyDelete
  5. saya kurang suka matematika xixi

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^