10 Tulisan Paling Dicari Sepanjang 2021 Menurut Google Search Console

Masih awal tahun ya, masih boleh dong posting tulisan paling dicari sepanjang 2021 menurut Google Search Console di blog Mugniar’s Note ini. Rencana menulis ini sejak akhir Desember lalu sih sebenarnya tapi baru kesampaian saat ini karena satu dan lain hal.

Well, ada beberapa kesamaan dengan tahun 2020. Beberapa postingan masih mendapatkan banyak views melalui Google. Baiknya Google, soalnya penerapan SEO yang saya lakukan di tulisan-tulisan saya minim, seadanya. Penerapan maksimal hanya saat mengikuti lomba SEO. Untuk blog sederhana ini, impresi yang dihasilkan dari pencarian Google ternyata lumayan banyak.

10 tulisan paling dicari

Oya, impresi (impression) adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali sebuah postingan atau artikel dalam blog/website ditemukan dalam pencarian (googling) orang-orang, berdasarkan query yang mereka ketikkan di kotak pencarian.

Sementara query (jamak: queries) adalah kata atau frasa/kelompok kata yang digunakan pengguna internet ketika melakukan pencarian melalui Google search engine.

Sebenarnya, untuk sehari-harinya, penerapan SEO dalam tulisan saya hanya berkisar SEO on page, itu pun tidak maksimal karena penentuan keywords banyak yang masih pakai perasaan, bukannya riset makanya tadi saya mengatakan “Baiknya Google” karena merasa beruntung dia telah merekomendasikan postingan-postingan saya kepada para pencari informasi di mesin pencarinya.

Langsung saja, inilah tulisan paling dicari sepanjang 2021 menurut Google Search Console di https://www.mugniar.com:

 

1. 1/4 Kilogram dan 2 Ons yang Beda Jauh

 

Ternyata banyak juga ya orang yang mencari tahu berapa itu ¼ kilogram. Menurut catatan Google Search Console, tulisan ini menyumbang 3.525 klik dan 337.268 impresi sepanjang tahun 2021 saja. Sejak published pada 24 Juni 2015, menurut catatan dasbor blog, tulisan ini sudah dibuka sebanyak 14.726 kali padahal sama sekali tidak ada rancangan SEO-nya.

Ada yang ingin tahu hitung-hitungan ¼ kilogram itu sama dengan berapa ons? Pengen tahu tapi malu-malu tanya ke orang lain karena ini pelajaran SD? Silakan dibaca dengan cara klik link di atas, ya. Takkan ketahuan kaalau tak Anda bocorkan sendiri. 😘

 

2. 5 Hal Tentang Lomba Bercerita Tingkat SD/MI yang Perlu Anda Tahu

 

Nah, kalau tulisan berjudul 5 Hal Tentang Lomba Bercerita Tingkat SD/MI yang Perlu Anda Tahu ini saya buat dengan menduga-duga keywords-nya. Alhamdulillah sejak dipublikasi pada 24 April 2018, tulisan ini sering kedatangan pengunjung dari Google search engine.

Sepanjang tahun 2021, tulisan yang bersumber dari pengalaman saya ketika mendampingi putri saya Athifah mengikuti lomba bercerita tingkat SD ini mendulang  1.808 klik dan 21.093 impresi. Adapun all the time views-nya adalah sebesar 7.549 menurut dasbor blog.

 

3. Pembelajaran Daring: Solusi Atau Masalah

 

Saya published tulisan berjudul Pembelajaran Daring: Solusi Atau Masalah pada tanggal 15 Mei 2020. Saat itu, belum lama pembelajaran jarak jauh dilangsungkan dan memunculkan pro dan kontra di mana-mana. Selama hampir 2 tahun, sejak di-posting, tulisan ini telah tayang sebanyak 12.738 kali. Sepanjang tahun 2021, yang menemukannya dari googling ada 1.799 kali, dengan impresi sebesar 31.209.

Grafik tulisan terpopuler

4. Maskumambang: Karya Rendra yang Masih Relevan Setelah 7 Tahun

 

Sejak di-posting tanggal 26 November 2016, tulisan yang ditulis berdasarkan pengalaman mengikuti event baca puisi di sebuah kampus di Makassar ini mendapatkan 8.759 views. Kalau sampai hari ini masih ada yang mencarinya, berarti puisi ini istimewa ya dan saya memilih puisi yang tepat saat itu.

Sepulang dari event yang diselenggarakan pada 19 November 2016, saya membuat 3 tulisan. Ketiganya mendulang cukup banyak pengunjung, dimulai dari tulisan Berani Benar Saya Menerima Ajakan Baca Puisi Rendra di Depan Banyak Orang! (873 views), lalu Maskumambang: Karya Rendra yang Masih Relevan Setelah 7 Tahun (8.759 kali tayang), dan terakhir:  81 Tahun WS. Rendra, Mengenangnya dalam Puisi (1.145 kali tayang).

Khusus untuk tulilsan yang menduduki peringkat 4 ini, sepanjang tahun 2021 yang menemukannya dari pencarian Google (impresi) adalah sebesar 11.791 tapi yang klik “hanya” sebanyak 1.662. Yeah, untuk tulisan lama, jumlah segitu sudah merupakan semacam anugerah untuk blog ini. 😍

 

5. Cantik Alami Berkat Regenerasi Kulit Wajah dengan Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid

 

Tulisan tentang produk skin care dengan jenama Maxi-Peel ini mengantarkan saya menjadi pemenang ke-2 lomba blog Maxi-Peel. Berdasarkan dasbor blog, sejak dipublikasi di blog pada 25 Juni 2015, tulisan ini sudah dibaca sebanyak 7.206 kali. Khusus tahun 2021, tulisan ini kedatangan pembaca dari Google sebanyak 1.272, dengan 45.266 impresi.

 

6. Tidak Tahu Harus Panggil Apa Sama Mertuanya

 

Tulisan yang berada pada peringkat ke-6 di Google Search Console ini menangguk 991 klik dengan impresi sebesar 9.806 sepanjang tahun 2021, all time views-nya: 2.597 Jujur saya bingung karena di antara daftar queries terbanyak yang masuk ke blog berdasarkan Google Search Console, tak ada query terkait tulisan ini. Yang ada malah queries lain yang mengacu pada postingan Siapa Nama Pacarku? Yang jauh lebih pendek lagi. Tulisan berjudul Siapa Nama Pacarku? ini dibaca sebanyak 1478 kali sejak tayang 6 Februari 2012. 🤫

Setelah saya cari tahu lagi, ternyata ada 31 queries yang memunculkan postingan yang saya upload pada tanggal 16 Maret 2016 ini dalam pencarian para pencari ke-31 queries tersebut. Sebagian besar queries tersebut tidak menghasilkan klik, hanya impresi. Yang menghasilkan klik hanya 3 query teratas. Nah di sini saya bingung lagi karena setelah saya cari secara spesifik queries list-nya, 3 query teratas itu hanya menghasilkan sangat sedikit klik.

SERP Robot

Queries
yang saya temukan, saya share ke sini ya, siapa tahu ada di antara kalian yang mau menjadikannya bahan tulisan. 😅

  1. panggilan untuk mertua             
  2. panggilan untuk calon mertua 
  3. sebutan untuk mertua
  4. panggil apa
  5. panggilan untuk ibu mertua
  6. nama panggilan ayah dan ibu yang lucu
  7. mertua baik adalah rezeki
  8. mamak mertua
  9. menantu yang selalu salah dimata mertua
  10. menantu yang baik
  11. mama mertua
  12. panggil mama
  13. kata kata sakit hati sama mertua
  14. menantu yang baik adalah
  15. tau diri itu penting
  16. call mom-in-law
  17. panggilan kreatif untuk mak saudara
  18. law on
  19. panggilan untuk mertua kakak
  20. father-in-law brother is called
  21. mother in law's sister is called
  22. mertua memanggil mantunya dengan panggilan
  23. mama panggil
  24. panggil ibu saya
  25. manggil
  26. kakak mertua
  27. nenek mertua
  28. panggilan kreatif untuk ibu dan ayah
  29. panggilan untuk ibu
  30. mertua adalah
  31. namanya juga mertua

7. 4 Alasan untuk Nonton Televisi

 

Lucu juga riwayat tulisan yang di-posting tanggal 10 Juni 2017 ini, baru banyak dibaca orang tahun 2021. Sepanjang tahun 2021, postingan ini tayang sebanyak 892 kali, dengan impresi sebesar 5.435. Untuk “all the time” views, 4 Alasan untuk Nonton Televisi mendulang 3.267 views.

 

8. Bermain dengan Filter Instagram Terbaru

 

Bermain dengan Filter Instagram Terbaru adalah judul tulisan dengan pengunjung terbanyak dari Google search engine sepanjang tahun 2021 lalu. Tulisan ini diklik 705 kali, dengan impresi sebesar 20.147 sepanjang tahun 2021. Sejak di-posting pada 11 Oktober 2020, tulisan ini telah dibaca sebanyak 1.142 kali hingga saat ini.

9. 8 Buku Karya Maman Suherman di Play Store

 

Sepanjang tahun 2021, postingan yang menceritakan mengenai buku-buku Kang Maman Suherman yang tersedia dalam bentuk e-book di Play Store ini telah ditemukan para pencari di Google dengan impresi 16.565 dan 608 klik. Sejak tayang 10 September 2020 lalu, tulisan ini sudah dibaca sebanyak 2.483 kali (berdasarkan dasbor). Berarti, rata-rata dalam setiap bulan ada 155,2 yang mengaksesnya. Sangat lumayan untuk blog sederhana ini.

 

10 .  Syarat dan Ketentuan Menulis di Rubrik Opini Harian Fajar

 

Beruntungnya saya terpikir menuliskan syarat dan ketentuan menulis di rubrik Opini harian Fajar. Rubrik ini ternyata masih menjadi incaran para penulis opini. Tulisan saya beberapa kali dimuat di rubrik Opini ini tapi sudah lama saya tidak mengirimkan tulisan lagi.

Tulisan ini dibaca orang melalui 570 klik dari pencarian Google dan impresi sebesar 8.343 sepanjang tahun 2021. Sejak di-upload pada 26 Deember 2017, tulisan ini telah dibaca sebanyak 6.226 kali hingga hari ini.

10 Tulisan Terpopuler

Menarik sekali ternyata menelusuri Google Search Console yang terhubung ke blog kita, Kawan. Dengan ngeklik angka yang menunjukkan jumlah klik, saya mendapatkan data mengenai query apa saja yang diketikkan para pencari sampai menemukan ke-10 tulisan tersebut.

Datanya seperti ini: ada 845 queries yang menampilkan tulisan berjudul 1/4 Kilogram dan 2 Ons yang Beda Jauh dalam pencarian Google. Banyak, ya ternyata! Nah, dari ratusan query itu yang mendatangkan klik “hanya” 142 queries.

Sebenarnya, dari queries yang ada, kita bisa melihat keywords apa lagi yang perlu dikembangkan di blog kita. Dicari yang mana yang impresinya cukup besar tapi tidak menghasilkan klik dan buat tulisan baru menggunakan keyword dari query tersebut – begitu kata Bang Qbenk, founder SEO Moms.

Mengulik GSC ini membuktikan bahwa Google memang mementingkan konten dan konteks. Yang masuk ke tulisan ini ternyata bukan hanya yang ingin mencari tahu ¼ kg atau 250 gram itu berapa ons namun ada juga yang ingin mencari tahu ½ kg itu sama dengan berapa ons, 2,5 kg berapa ons, 195 ons berapa kg, 70 ons berapa kg, dan sebagainya. Yang lucu, ada juga query 1,4 kg = berapa kg🤭.

Suatu anugerah, tulisan pendek bisa mendatangkan sebanyak 3.525 pengunjung dalam setahun hanya dari kata kunci seputar timbangan – ons – (kilo)gram. Itu kan tidak pernah terpikirkan sebelumnya😃.

Yang hendak saya sampaikan adalah bahwa, cobalah untuk menuliskan apa saja karena kita tidak pernah tahua tulisan yang mana yang akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita. Bahkan istilah yang dianggap konyol ternyata bisa juga menjadi query yang mendatangkan pengunjung, seperti yang terjadi di blog saya. So, mari terus semangat menulis. 😎

Makassar, 4 Februari 2022



Share :

17 Komentar di "10 Tulisan Paling Dicari Sepanjang 2021 Menurut Google Search Console"

  1. Baca tulisan mba ini rasanya badan dicubit2, karena selama 2 tahun blogku drop banget viewsnya 😔

    ReplyDelete
  2. Senang aja kita ya Niar, tulisan kategori hijau sepanjang masa tetap dilirik Googel untuk direkomendasikan pada pencari informasi yang membutuhkan. Aku juga tulisan paling banyak hits yang dipublish tahun lama. Dengan tulisan itu yang paling banyak dicari itu, sepertinya napas blog masih segar aja sekalipun aku updatenya gak teratur lagi :)

    ReplyDelete
  3. Wow...terkagum-kagum banget baca pemaparan kak Niar.Aku termasuk newbie dan suka-suka karena rata-rata semua tulisan organik jadi tidak memperhatikan GSC.Boleh nih kak Niar dibuatkan pelatihan untuk GSC

    ReplyDelete
  4. mbak mugniar tulisannya unik-unik banget sih. dari pembelajaran daring, satuan massa sampe panggilan mertua eh. querinya lucu-lucu semua hehe

    ReplyDelete
  5. Setuju mbak akupun termasuk yang nulis nulis aja dan ga pernah panjang lebar alias (kecuali titipan brand) to the point krn yg terasa ringan dan konyol justru banyak pengunjungnya :)

    ReplyDelete
  6. Hemm, sebagai blogger harus rajin-rajin cek google search console biar gak ketinggalan update dan itu penting banget karena mempengaruhi ke view artikel juga. Tapi gak nyangka tulisan yang paling dicari ini, unik-unik.

    ReplyDelete
  7. Wah...di Mba Niar cek google console jd tulisan. Kereen..mau ah contek :)

    ReplyDelete
  8. Wah boleh juga nih aku mau nulis tentang menantu yang baik wkwkw. Dulu tulisanku tentang mertua juga viewnya tinggi. Kayaknya banyak yang penasaran cerita mertua dan menantu.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya tulisan tentang Kang Maman emang banyak mba yang cari. Alhamdulillah. Makasih sudah berbagi informasi mba. Semoga makin banyak tulisan mba ya yang laris manis

    ReplyDelete
  10. Senang sekali, kak Niar..
    Seringkali tulisan yang awalnya memang hanya berupa kisah sehari-hari, malah mengundang penasaran banyak orang.

    SEO memang perlu, tapi sesekali perlu juga meniadakan SEO agar tulisan lebih terasa "nas"nya.

    ReplyDelete
  11. Akutu termasuk yang hobi mantengin PV dari waktu ke waktu, kak Niar.
    Memang tulisan lama itu kayak tabungan yaa.. Kebanyakan PV tulisan lama menjulang tinggi di waktu-waktu tertentu.

    ReplyDelete
  12. Waah menarik semua nih tulisannya, aku jadi penasaran juga mau baca yang beda 1/4kg dan 2 ons. Boleh contek tema tulisannya mbak, penasaran juga nih pingin tahu apa saja artikel yang paling dicari di blog aku tahun lalu.

    ReplyDelete
  13. Aku ga pernah ngulik2 GSC ini mba. Utk kata kunci pun, aku juga selalu pake perasaan, boro2 ngeriset 🤣🤣.

    Dari semua tulisan di atas, kok tertarik baca yg yg mertua 😁. Tema ttg itu selalu menarik utk dibaca. Eh akupun suka bingung ttg takaran ons 🤣🤣. Duuh kalo udah Nemu resep yg pake takaran itu, LGS Googling juga mba, itu berapa kg. Malah kemarin aku sampe beli sendok takar 1 set, yg komplit size-nya. Jadi size apapun yg dipake dlm resep, udh ga bingung 😁

    ReplyDelete
  14. Waw keren. Aku jadi keidean nyari juga nih. Penasaraaan dengan blogku sendiri. Btw, keren banget deh Mbak Niar. View dan kliknya banyaaaak.

    ReplyDelete
  15. Bagus juga ya cek-cek tulisan kita yang mana yg paling sering dibuka dan dibaca. Saya tidak terlalu perhatikan itu padahal penting buat mengetahui tulisan mana saja yang paling banyak peminatnya.
    Dari sini saya belajar bahwa tulisan yang unik itu lebih menarik untuk diklik sekalipun tak menerapkan SEO nya.

    ReplyDelete
  16. Wah, bergaman ya judul artikelnya. Jumlahnya viewnya juga keren sekali. Saya pribadi suka melihat jumlah pengunjung. Seperti meningkatkan semangat saya untuk terus menulis dan mengisi blog yang ada.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^