Pengalaman Sebagai Blogger, Jadi Saksi Internet Menyatukan Indonesia

Pengalaman Sebagai Blogger, Jadi Saksi Internet Menyatukan Indonesia - “Bu, tabe boleh minta kesediaanya ngobrol di acara kami Pengarusutamaan Gender Sabtu besok  jam 11.00 sampai 12.00. Tabe, siapa tau ada waktu ta’ Bu, seputar kisah inspiratif dan profil Bu Mugniar  dan kesibukannya. Kalo nggak bisa datang ke studio bisa via Zoom atau telepon. Live di RRI Makassar FM 94.4 MHz, AM 630 Khz dan streaming YouTube dan fan page Facebook RRI Makassar,” sebuah pesan Whatsapp dari Kak Syaiful dari RRI Pro 1 Makassar masuk ke handphone saya tanggal 1 April lalu.

Internet stabil


Jelas ini bukan April mop karena beliau sudah pernah menghubungi saya untuk menjadi narasumber tapi saya  tidak bisa waktu itu. Kali ini, dengan tawaran
bisa via Zoom atau telepon, saya tak mungkin menolak.

Saya pun memilih Zoom Cloud Meetings sebagai media karena saya bisa dari rumah saja. Perkembangan internet zaman now kan sudah memadai untuk melakukan “pertemuan” via video yang bisa ditonton secara streaming.

Saya memastikan sekali lagi, seperti apa nanti tayangan live-nya, kata Kak Syaiful obrolan ringan saja. Sebelumnya agak waswas dengan istilah “Pengarusutamaan Gender”, rasanya berat, takutnya diminta beropini tentang pengarusutamaan gender, hehe. Syukurnya itu nama rubriknya saja.

Menjelang pukul 11, saya sudah stand by. Kamera sudah terhubung ke CPU komputer. Aplikasi Zoom di komputer saya buka dan memastikan ketika video on, gambar saya terlihat jelas. Saya percaya koneksi IndiHome hari itu akan membuat talkshow radio yang tayang langsung di YouTube dan Facebook ini berjalan lancar, sebagaimana pengalaman saya ketika mengikuti International Conference Likupang-North Sulawesi, Discover The Hidden Paradise pada tanggal 8 Maret lalu.

Konferensi internasional yang saya hadiri secara daring via aplikasi web based Zoom itu berlangsung selama 6 jam, sejak pukul 9.00 – 15.00. Selama durasi waktu tersebut, saya tidak keluar dari room. Setiap sesi istirahat, saya hanya meninggalkan tempat duduk di depan desktop sebentar, lalu kembali lagi menyimak jalannya konferensi. Maka tentunya live streaming yang hanya berlangsung 1 jam bisa berjalan lancar.

Prediksi saya benar. Waktu satu jam berlalu dengan sangat cepat. Saya memang seperti ini ketika diminta berbagi tentang aktivitas blogging yang saya jalani sejak 2006: saya merasa bersemangat! Padahal aslinya saya orang yang introvert dalam berkomunikasi secara lisan tapi kalau dikasih “panggung” untuk menceritakan aktivitas ngeblog, saya bisa lupa waktu. 😁

Lucu, ya … inilah salah satu dari 20-an manfaat ngeblog yang saya rasakan. Aktivitas ngeblog secara tidak langsung melatih kemampuan saya berkomunikasi secara lisan. Hal ini menjadi salah satu poin yang saya sampaikan dalam talkshow yang dipandu oleh Kak Emhy Bafaddal dari studio Pro 1 RRI Makassar ini.

Kak Emhy menanyakan seputar pengalaman saya. Saya menceritakan bagaimana awal mula ngeblog, termasuk belajar menulis untuk buku dan opini surat kabar. Di samping aktivitas menulis, saya menceritakan pengalaman mengkritik public figure melalui tulisan berjudul Mengumbar Rahasia Pribadi Seseorang di Televisi dalam Siaran Langsung Adalah BULLY!, juga ketika mengkritik penulisan berita bergaya cabul melalui tulisan Lakukan Sesuatu untuk Hentikan Gaya Menulis Cabul.

Banyak yang kami perbincangkan, tak mungkin bisa saya tuliskan semua di sini hingga waktu satu jam berlalu dan perbincangan harus segera diakhiri. Jika berkenan, bisa menyimak di video ini:

 

Talkshow dengan Pro 1 RRI Makassar

Internet Zaman Old

 

IndiHome memang bisa diandalkan dalam situasi seperti ini. Bukan hanya aktivitas ngeblog yang terbantukan. Sepuluh tahun yang lalu, tak pernah terbayangkan saya bisa jadi narsum talkshow radio yang sekaligus berlangsung streaming dari YouTube dan Facebook yang bisa ditonton real time oleh siapapun.

Terlebih ketika baru lulus kuliah di tahun 1997. Waktu itu, bermain internet cukup dengan aktif di milis (mailing list) dan browsing-browsing berita online saja sudah cukup menyenangkan bagi saya. Saat itu dial up dengan jaringan telepon tetap (leased line) adalah satu-satunya cara terhubung ke internet dari rumah atau kantor.

Waktu itu, sudah harus puas dengan kecepatan maksimal internet dial-up yang hanya 57 Kbps. Lumayan kan bisa berkomunikasi dengan teman-teman yang sudah pada lulus. Internet juga membantu saya dalam menghibur diri ketika menikah dan ikut suami tahun 1999 ke pulau Sumatera. Di sana, akses internet saya nikmati di luar jam kantor jika ikut suami ke kantornya yang difasilitasi dengan LAN (Local Area Network).

 

Internet Zaman Now

 

Menjadi saksi mata perkembangan internet sejak tahun 1990-an hingga kini, membuat saya bersyukur hidup saat ini. Sejak mendapatkan kemudahan mengakses internet stabil dari IndiHome, semakin banyak yang bisa saya lakukan dari rumah sehubungan dengan aktivitas ngeblog dan mempelajari hal-hal lain yang mendukung peningkatan kapabilitas saya sebagai blogger.

Internet Stabil

Sejak terkoneksi dengan IndiHome dengan kecepatan maksimal 20 Mbps, saya tak perlu khawatir lagi belajar Canva, belajar SEO, dan editing video sementara anak-anak mengakses internet untuk kebutuhan belajar mereka bakal menguras kuota data internet. Saya pun bebas memilih mengikuti webinar mana saja yang ingin saya ikuti untuk mengembangkan diri.


Internet Menyatukan Indonesia

 

Internet menyatukan Indonesia adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan keadaan saat ini. Pandemi menjadi salah satu faktor yang mempercepat perkembangan internet zaman now. Berkat kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, saya bisa mengikuti berbagai webinar bergizi dari mana pun diselenggarakan.

Saya excited sendiri ketika dua tahun lalu berkesempatan mengikuti simposium Pentalogy of Dyslexia yang penyelenggaranya berada di kota Bandung. Jika bukan karena pandemi, saya tidak akan mengikuti acara ini karena pada tahun-tahun sebelumnya, simposium bertema disleksia ini hanya diselenggarakan secara luring.


Talkshow dengan Pro 2 RRI Bengkulu


Bulan Agustus tahun lalu, Pro 2 RRI Bengkulu mengundang saya untuk menjadi narasumber talkshow. Saya ditelepon via Whatsapp call kemudian talkshow ditayangkan melalui YouTube. Ini pengalaman berkesan lainnya yang saya alami sepanjang sejarah ngeblog saya.

Well, pandemi ini musibah tapi di sisi lain, saya jadi belajar banyak hal. Sebagaimana quote dari Julia Child, seorang koki dan penulis buku Mastering the Art of French Cooking. Julia pernah mengatakan: setiap musibah adalah proses pembelajaran. Jika pandemi memberikan kesempatan bagi kita untuk reset maka reset bukan berarti diam, melainkan terus membekali diri dengan apa saja yang akan menjadi pengalaman berharga untuk meningkatkan kompetensi diri.

Makassar, 10 April 2022



Share :

136 Komentar di "Pengalaman Sebagai Blogger, Jadi Saksi Internet Menyatukan Indonesia"

  1. bagus sekali artikelnya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah berkat internet aktivitas kita bisa tetap berjalan walaupun dari rumah. Dulu saya masih mengalami internet yg modemnya lemot dan berisik krik-krek-krik-krek. Sekarang wuz-wuz tanpa kendala...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, dengan adanya internet makin banyak peluang yang bisa kita manfaatkan
      Apalagi KLO jaringan internetnya kencang

      Delete
  3. Masya Allah, kalau sudah ngomongin blogging jadi lupa waktu ya, Mbak. Keren, keren. Sama nih, internet pasti sangat dibutuhkan blogger seperti aku. Untuk networking juga ngga ada internet, ngga jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini internet emang sudah seperti nyawa kedua manusia. Bahkan aktivitas yang justru hak jalan tanpa adanya koneksi internet

      Delete
  4. Memang kehebatan dunia teknologi saat ini mempersatukan orang-orang yang belum pernah berjumpa sebelumnya, kemudian bisa jadi kenal dekat karena adanya internet. Internet bener-bener mempersatukan kita

    ReplyDelete
  5. Setuju banget Kak Niar.
    Pandemi ini semacam blessing in disguise.
    kita diberi kesempatan utk bisa leveling up ya

    ReplyDelete
  6. Setuju banget, kerasa banget manfaat internet

    baik untuk menyatukan Indonesia (ketika Indonesia suka maupun duka)

    dan bagi saya, berkat binternet masih bisa eksis di umur yang tidak muda

    hal tak terpikirkan 10 tahun silam

    ReplyDelete
  7. Terkadang sempat terpikir olehku, gimana ya kalo gak ada internet? 🤔

    ReplyDelete
  8. Baca Julia Child jadi ingat film tentangnya, Julie & Julia, kisah hidupnya sangat menginspirasi.
    Setuju jika internet menyatukan semua, menyatukan Indonesia, membuat kita bisa punya kesempatan untuk tahu dan melakukan banyak hal dengan mudah ...Apalagi kalau jaringan inet dari IndiHome, makin lancar jaya

    ReplyDelete
  9. Bener banget, kalau dipikir hampir semua orang memilih berkomunikasi di medsos, apalagi di masa pandemi seperti ini sosmed jadi tempatnya orang bersilaturahmi. Sayangnya, zaman dulu dan sekarang berbeda tapi asal kita bijak tidak akan ada damak negatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu asal pakai internet untuk yang baik, pasti bisa menghasilkan hal yang baik. Sebaiknya juga di internet jauhi hal2 yang berbau gosip.

      Delete
  10. Seruuu banget jadi blogger jaman now.
    banyak kesempatan dan peluang emas yg bisa kita dapatkan ya.
    super enjoy dgn akses internet yg cihuy!

    ReplyDelete
  11. Apalagi dimasa2 sekarang ya. Ngga bisa ketemu ada Video call. Ngga meeting ada zoom atau gmeet. Dan masih banyak lagi. Duuh mempermudah akses banget banget ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Internet memudahkannya untuk suatu yang bermanfaat karena dipakai buat hal positif. Maka memang harus bijak menerapkannya

      Delete
  12. Saya merasa, sering malah, saat menjadi salah seorang nara sumber via Zoom, kemampuan moderator dan atau yang membawa acara tuh cukup berpengaruh banyak Mbak. Skill mereka dalam menggiring acara, terutama saat Q&A, membuat waktu-waktu selama zoom itu tidak terasa.

    Ngeblog dari 2006? MashaAllah udah lama banget itu ya. Saya baru lahir jadi blogger 11 tahun setelahnya.

    ReplyDelete
  13. Lewat internet daku kenal tentang blogging. Walau memang masih terhitung baru, tapi kalau udah bicarakan blog memang pasti semangat yak

    ReplyDelete
  14. Pokoknya jangan berhenti belajar, berdoa dan dukungan orangtua plus kecepatan internet yang mumpuni seperti indihome

    ReplyDelete
  15. Meskipun internet bisa menjadi solusi untuk bisa ketemua kerabat atau keluarga yang jauh, tetap akan lebih afdol bisa bertemu langsung

    ReplyDelete
  16. Aku menjadi saksi hidup perkembangan dan pertumbuhan Mak Niar, mulai dari internet jaman old sampe jaman now. Alhamdulillah ya mak, dengan adanya internet ini bisa menyatukan indonesia, begitupun menyatukan dan mengenalkan aku dengan dirimu Mak, meski hanya lewat sosial media dan blog. semoga next bisa jumpa kopi darat.
    Dan aku sepakat sama quotesnya Julia Child itu, semoga kita makin usia syantik makin menggemaskan dengan upgrade dan meningkatkan kompetensi diri

    ReplyDelete
  17. Alhamudlillah bisa jadi narsum acara ya Mbak Niar, biasa berbagi ilmu dan pengalaman..Sukses selalu untuk kegiatannya. Senangnya aktivitas ngeblog secara tidak langsung melatih kemampuan berkomunikasi secara lisan jadi bisa berbagi dan menginspirasi semua

    ReplyDelete
  18. Saya juga pakai Indihome nih mba, dobel sama Orbit. Takut aja kalau pas ada acara mendadak lemot dan terganggu.

    ReplyDelete
  19. Sejak masih Speedy sebelas tahun lalu kami sudah berlangganan internet masuk desa ini. Lalu ganti menjadi IndiHome hingga sekarang. Semoga pelayanan makin maksimal karena sekarang ini internet seperti nyawa kedua saja

    ReplyDelete
  20. Internet itu sumber informasi agar kita tahu tentang berita dan update terkini ya, Mbak. Jadi blogger memang erat sekali dengan internet ya, Mbak. Internet itu mendekatkan yang jauh agar kita tetap bisa berkomunikasi dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh karenanya memang harus memanfaatkan internet untuk hal yang positif ya, biar positif juga feedbacknya

      Delete
  21. internet udah kayak listrik ya mba, bener-bener udah kebutuhan,semenjak pandemi aku memang pakai wifi, jadi beneran unlimited buat akses apapun di internet

    ReplyDelete
  22. Alhamdulilah ya mba selalu ada hikmahnya dari musibah pandemi ini, pengikutsertaan konferensi dll sampe diundang sebagai narsum keren sekali mba berkat internet yah memang semakin dekat

    ReplyDelete
  23. Kagum dengan produktifitas kak Niar.
    Ini yang namanya keseimbangan hidup ya, kak Niar. Selalu memberikan apa yang sudah diketahui melalui media sosial berupa tulisan atau wawancara, sehingga meningkatkan awareness masyarakat mengenai hal-hal yang ada di sekeliling kita.
    Dari hal kecil seperti berita hoax atau tidak.

    Kak Niar mentooorr sejatii.
    Barakallahu fiik, kak Niar.

    Sukses terus untuk ruang berbaginya dan kebutuhan internet menjadi yang utama karena semua aktivitas dilakukan secara virtual bersama Indihome.

    ReplyDelete
  24. Beneran dengan adanya internet pintu kesempatan bagai terbuka lebar yah mbak, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya dengan bijak yah, Mbak Niar yang lokasinya di Makassar bisa dengan leluasa ikutan acara online yang di Bandung bahkan di mana pun. Sukses terus yah mbaaak

    ReplyDelete
  25. betul banget kak Niar, internet ini banyak membantu ya kak, sy juga banyak belajar akhir-akhir ini, selain tuntutan pekerjaan juga tuntutan hobby, asal dijalankan dengan senang dan tidak terjebak dan kita bisa mengendalikannya sehingga kita justri mendapatkan manfaatnya ya kak

    ReplyDelete
  26. bener, dulu mana kefikiran aku bisa punya banyak temen onlen seperti sekarang ini. Rasanya sudah benar memutuskan serius ngeblog tahun 2012 lalu

    ReplyDelete
  27. masya Allah mbakniar keren , di era saat ini internet memang jadi sarana kita berinterkasi meski jarak memishakan begitu jauh ya ..

    ReplyDelete
  28. baru ngeh, ternyata kita sama ya Bun, mulai ngeblog di 2006, hmm sebenarnya saya 2005 akhir waktu masih jamannya Friendster, pernah buat blog disana tapi lupa password atau apalah waktu itu jadilah buat blog yang sekarang itu di akhir Januari 2006, kayaknya dulu beberapa kali lihat Bunda beredar di blogsphare (saat blogwalking) tapi saya sungkan menyapa, hihihih

    Internet jaman old dan jaman now memang semakin oke ya Bun, lebih cepat dan bisa diakses dimana saja, ingat dulu masih mengandalkan warnet :D

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah dengan adanya internet kita ini bisa terus berproses ya. Terus menebar manfaat sebisa mungkin
    Yang dekat jadi semakin erat, yang jauh kita bisa tetap berhubungan.

    ReplyDelete
  30. Wow hebat nih prestasi kak Niar.Bisa tampil sebagai pembicara dimana-mana.Akupun merasakan hal yang sama kak penggunaan Internet IndiHome di rumah dengan langganan 20 Mbps perbulannya,kecepatannya selalu stabil dan aku mudah akses apa saja tanpa khawatir down

    ReplyDelete
  31. Internet jaman now tuh bener-bener deh, mempurmudah kita melakukan aktivitas yang tadinya harus datang atau jauh2 dulu jadi lebih dekat dan cepat ya. Sekarang tuh kalau internetnya lambat atau mati aja pusing ya.

    ReplyDelete
  32. Ya ampun, tahun 97 udah kenal internet :D
    Saya kalau nggak salah dulu tahun 2001 deh kenal internet, mulai dari belajar bikin email, eh termasuk baru pertama kali kenal komputer di tahun itu, sungguh saya katrok ya, hahaha.

    Setelah itu, sering banget ke warnet, sampai akhirnya bisa internetan di HP, terlebih di masa sekarang ya, udah kayak mengalihkan dunia banget mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tooosss Kak, saya juga sekitaran tahun 2001 apa 2002 kenal internet, belajar buat email, chat mIRC/Yahoo, ngeblog nanti di tahun 2005 akhir jaman Friendster barulah hijrah ke blog utama yang sekarang di 2006 :D

      Delete
  33. Internet itu kalau digunakan dengan bijak akan mendatangkan banyak manfaat ya, Mbak. Salah satunya seperti yang dilakukan Mbak Niar, sharing tentang penulisan. Pasti dapat mengisnpirasi oranng lain

    ReplyDelete
  34. 10 tahun lalu, ibu rumah tangga harus keluar rumah untuk mendapat tambahan penghasilan

    Alhamdulilah berkat internet, IRT sekarang bisa kerja sambil tetap mengelola rumah tangga tanpa ART

    ReplyDelete
  35. banyak sekai berkah yang saya dapatkann di masa pandemi ini Mbak. Malah seperti trigger untuk melesat menuju cita-cita. Memang di awal butuh beberapa bulan untuk mencerna keadaan, setelah itu segalanya malah berjalan dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  36. Internet memang sangat memudahkan. Sebagai bloger, kita jadi lebih akrab dan merasakan manfaatnya, ya

    ReplyDelete
  37. Internet zaman dulu dan zaman sekarang alhamdulillah semakin membantu dan semakin baik dalam berbagai hal. Semua jadi bisa merasakan kemudahan informasi dan ilmu pengetahuan meski tidak dapat bertatap muka secara langsung.

    Semangat berbagi kebaikan selalu, kak Niar.
    Barakallahu fiik~

    ReplyDelete
  38. Masya Allah tabarakallah ❤️ keren banget ya aku kenal internet pas pelajaran komputer d smp hihi sekarang akses lebih mudah yaaa

    ReplyDelete
  39. Masya Allaah keren banget, bu Niar! Jadi inspirasi. Dan saya setuju bu, internet adalah pemersatu. Dimana pun kita bisa terhubung dengan internet.

    ReplyDelete
  40. Saya juga menyaksikan seraya menikmati perkembangan internet sejak tahun 90'an ketika aegalanya dinanti dengan penuh kesabaran. Apalagi jika sedang post vidii...alhamdulillah melalui fasilitas internet memudahkan kita di banyak hal. Thankyou for sharing, mba. Sukses terus ya...

    ReplyDelete
  41. Bener banget nih, internet tuh menyatukan. Kalau bukan karena internet, media sosial, webinar zoom,b dan blog, saya ga akan kenal Mbak Mugniar yang tinggal beda pulau. Berawal dari ISF saling follow lalu pas saya gabung IIDN. Keep on going, Mbak Mugniar!

    ReplyDelete
  42. MasyaAllah, saking cintanya dengan dunia blogging sampai bersemangat ketika diajak sharing. Kereeen!
    Alhamdulillah sisi positif pandemi ya mudah untuk terhubung dengan dunia luar melalui internet. Melakukan pekerjaan dari rumah.

    ReplyDelete
  43. woow.. keren Kak Niar. Emanng kalau sudah menceritakan tentang pekerjaan yang kita suka tuh biasanya suka lupa waktu. Makanya saya kalau disuruh jadi narsum, buat catatan kecil biar ga habis waktunya.. hahaha... suka lupa diri. Tapi dirimu emang keren lah. Btw, Tabe tuh artinya Maaf ya?

    ReplyDelete
  44. Menginpirasi saya menjadi lebih semangat lagi mewujudkan mimpi menjadi blogger profesional.. semoga Allah kabulkan

    ReplyDelete
  45. Waaa rasanya bangga banget jadi seorang blogger, ya, Mbak! Beneran deh, pas aku blogwalking lagi sana-sini setelah sekian lama nggak aktif, malah kangen banget nulis blog lagi. Pun ketika baca tulisan ini. Semoga semuanya semakin semangat ngeblog juga yaa.

    ReplyDelete
  46. Kadang pandemi ada hikmahnya juga ya Mbak. Kalau saya, pandemi membuat saya Alhamdulillah bisa bebikinan. Soalnya anak dirumah butuh cemilan, rumah jauh jadi mesti bikin sendiri. Walau skalanya masih dalam rumah aja, hihihi.

    ReplyDelete
  47. Kak Niar inspiring banget! Dari blogging bisa dapat banyak kesempatan ya. Alhamdulillah terbantu koneksi super lancar dari Indihome..

    ReplyDelete
  48. Menjadi seorang blogger membuat kita mendapatkan banyak pengalaman ya mbak termasuk menjadi saksi saat internet menyatukan dunia

    ReplyDelete
  49. Internet jalan untuk semakin dekat dengan orang jauh. Sangat menginspirasiuntuk berusaha menjadi lebih baik, khususnya dalam dunia blogger.

    ReplyDelete
  50. Ya betul banget, internet jaman sekarang sudah seperti kebutuhan pokok ya, jangan Indonesia, saudara yang tinggal jauh di negeri orang saja bisa tetap bersatu berkat internet

    ReplyDelete
  51. Salah satu manfaat internet yang aku rasakan adalah kita bisa menggenggam dunia berkat internet... Era globalisasi seperti sekarang, memang internet menjadi hal yang mendasar...

    ReplyDelete
  52. Ga kebayang kalau di masa pandemi sekarang tidak kita lalui dengan bantuan internet 🥺

    ReplyDelete
  53. kak Niar makin keren. Iye kak, jadi ingat internet zaman bahela, waktu warnet masih jarang di Makassar, komputer dan telpon dihubungkan. Tp... loadingnya lambreta trus awal bulan tagihan telpon membengkak wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau internetan gratis waktu itu, eh maksudnya waktu zaman saya, pergi ke BaKTI atau ndak di Plasa Telkom. Itu pun ndak cepat-cepat amat koneksinya, ada batas waktu pemakaiannya juga. Tapi entah mengapa, saya lebih rajin posting waktu itu. #eh

      Delete
  54. Alhamdulillah berkat adanya internet ini aktivitas kita bisa tetap berjalan walaupun dari rumah ya. Masyaallah sekali mak kalau ngomongin blogging jadi lupa waktu yaa. hhihii

    ReplyDelete
  55. kalau mau ikut acara webinar itu memang wajib banget punya koneksi internet yang lancar jaya ya, mbak. saya sempat beberapa kali ikutan zoom pakai provider di hape dan internetnya lagi lelet duh nggak enak banget putus-putus melulu videonya

    ReplyDelete
  56. Pertama kenal internet waktu zamannya frienster. Tapi aku nggak aktif di sana. Kalau ke warnet kerjaannya nyari info lomba nulis sama info lowongan kerja, biar bisa pindah kerja tanpa harus keluar kerja dulu.

    Internet emang memudahkan banget, aku nggak pernah beli-beli koran buat cari kolom loker sejak saat itu.

    ReplyDelete
  57. Memang banyak banget yang didapat dari menjadi blogger itu ya mbak. Sekarang semua jadi memungkinkan dengan bantuan internet. Bisa menyatukan banyak orang dari berbagai tempat

    ReplyDelete
  58. Keren mbak kegiatannya, sangat inspiratif. Perkembangan jaman seharusnya gini ya, mempermudah dan tentunya kita kudu memanfaatkan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  59. Senang sekali ada proses belajar ya mba walaupun dalam kondisi penuh tantangan ini. Apa yang dikatakan Julia, benar sekali

    ReplyDelete
  60. Jujur saja aku juga mengenal zoom semenjak pandemi, sebelumnya pernah mencoba menggunakan tapi masih belum familiar. Memang ada hikmahnya di setiap oertistiwa, begitu juga dengan pandemi...

    ReplyDelete
  61. Hahahahaha.... Suka nih sama pembahasannya. Sebasai blogger tuh aku merasa bangga. Karena selain bisa memberi manfaat bagi orang lain, juga dapat ilmu dan teman dari berbagai golongan

    ReplyDelete
  62. Bloger panutan nih, selalu konsisten menulis. Tepatlah kalau jadi narasumber berbagi seputar aktivitas ngeblog. Walau nggak bisa hadir secara langsung, lewat zoom pun tak masalah karena ada koneksi Internet yang stabil

    ReplyDelete
  63. Mb Mugniar ini salah satu inspirasi saya. Orangnya aktif banget sebagai blogger dan banyak kegiatan bermanfaat yang diikuti dan dishare kan lagi kepada semua orang. Keren deh

    ReplyDelete
  64. Ya ampun LAN yaa. Waktu masih SMP tahun 2008an aku masih sempat ngerasain koneksi internet yang pakai LAN ini lho Mbak hehe ngga ngerti juga teknisnya gimana.

    ReplyDelete
  65. internet memang seperti kunci ya mba. membuka jendela dunia dan ilmu pengetahuan. Frankly sejak pandemi saya justru banyak melakukan hal - hal baru yang seru

    ReplyDelete
  66. Keren banget ya Kak, internet itu membuka sejuta peluang bagi ibu rumah tangga seperti kita. Alhamdulillah bisa tetap berkarya walaupun di rumah, apalagi masa pandemi ini..lebih terasa deh banyak peluang emas..

    ReplyDelete
  67. Sama kita, jadi saksi mata perkembangan internet sejak dari 1990-an. Dan memang bersyukur sekali kini kita mendapatkan kemudahan mengakses internet stabil dari IndiHome, sehingga bisa melakukan banyak hal dari rumah di berbagai aktivitas

    ReplyDelete
  68. Dengan adanya jaringan internet makin memudahkan kita beraktvitas dan melakukan berbagai kegiatan.. Contohnya nih urusan di kantor lebih sering pakai zoom. Kebayang kan bila jaringan internet tidak ada bakal kacau deh..

    ReplyDelete
  69. Internet salah satu cara membangun komunikasi, kegiatan dan aktifitas lainnya. Internet mensupport.

    ReplyDelete
  70. Bener banget kak..hikmah dari pandemi ini salah satunya kita bisa sering ketemu di dunia maya ya..Aku bisa ikutan berbagai acara yang biasanya hanya diikuti blogger kota besar hehe..

    ReplyDelete
  71. Tidak ada yang tidak mungkin ya mbak
    Internet memberikan banyak peluang bagi termasuk bisa menyatukan Indonesia

    ReplyDelete
  72. Kalau semua sadar menggunakan internet untuk hal positif memang jadinya luar biasa. Dunia digital tuh sebetulnya banyak banget manfaatnya. Bisa untuk menyatukan masyarakat juga.

    ReplyDelete
  73. Jadi ingat awal-awal kak Niar ngeblog dulu, benar-benar gigih belajar dari 0. Belajar pada siapa saja. Kadang saya dibuat geleng-geleng kepala lihat semangatnya kak Niar menulis, dan belajar kapan-di mana-dan dengan siapa saja. Internet ini membuka banyak sekali peluang, siapa sangka kak Niar bisa tiba di titik sekarang, sharing banyak hal ke banyak orang, dengan adanya akses internet yang kian mudah.

    ReplyDelete
  74. Bener nih internet bisa menyatukan kita. Dia bahkan bisa membuat kita bertemu dengan teman yang jauh di negeri lain atau mengetahui orang yang bahkan tidak kenal kita.

    ReplyDelete
  75. Aku salut dengan konsistennya mba Mugniar dan keaktifan mba buat ngeblog. Senang juga bisa berbagi inspirasi ya mba dengan sesama tentang profesi yang kita tekuni

    ReplyDelete
  76. kebayang yaa intenet jaman old kayak gimana. ga nyangka ternyata di masa depan yaitu sekarang semua jadi serba mudah. intenet ada di genggalam tangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Internetan pakai telepon rumah, sambungkan ke kabel, ya ampun koneksinya lelet banget. Kalau mau yang cepat, bisa di warnet, tapi ya gak bisa gegoleran macam lagi di rumah wkwkwk. Pastinya waktunya pun terbatas.

      Delete
  77. dengan adanya internet, yang LDRan jadi lebih dekat hihi. Mantap Kak Niar panutanku. Semoga aku juga bisa seperti kak Niar, internet lebih memudahkan segala hal sekarang

    ReplyDelete
  78. alhamdulillah ikut merasakan sisi positif internet apalagi di masa pandemi yg mengharuskan dirumah saja. Dengan internet kita bisa banyak belajar, dengan internet juga membantu dalam hal informasi ketika kita traveling

    ReplyDelete
  79. benar mbak, saya pun menjadi blogger jadi terlatih bisa berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Malah jadinya harus terus update berbagai isu di tanah air dan di mancanegara karena aktivitas ngeblog perlu juga berbagai wawasan yang luas. btw, barakallah ya mbak, aku selalu kagum dengan pencapaiannya mbak Mugniar deh. moga saya kecipratan semangatnya.

    ReplyDelete
  80. UDah ahli lah kalau MBak Niar jadi pembicara ya, sudah beberapa kali nih top banget. Bener banget mbak dari ngeblog tersnyata kita bisa berlatih bicara juga ya. nanti ajarin aku ya

    ReplyDelete
  81. Dengan adanya internet lancar yang diberikan oleh IndiHome bisa menghubungkan ke setiap penjuru negeri menyampaikan kebaikan sekaligus bersilaturahm bersama rekan sejawat.
    Aku pun merasakan nikmatnya adanya jaringan internet yang lancar dengan mengobati rindu kepada keluarga yang jauh di Surabaya, kak Niar.

    Alhamdulillah~

    ReplyDelete
  82. Gak pernah terbayangkan gimana internetan zaman dahulu kala yah , sekarang mah semua serba mudah, apapun bisa tinggal klik yah.

    ReplyDelete
  83. Jadi inget kita kenal sekitar tahun 2013 an ya mak kenal karena blogging. Sekarang internet berkembang cepat dan meluas penggunanya

    ReplyDelete
  84. keren mak niar, blogger masih bisa berkarya dan dihargai ya
    apalagi kalau kita menulis positif ya mak aku juga bangga jadi blogger bisa bermanfaat buat banyak orang

    ReplyDelete
  85. Inget banget ya dulu kalau mau bertukar pesan harus lewat koran, hihi. sekarang dengan adanya internet ini bisa menyatukan Indonesia dari sabang sampai merauke.

    ReplyDelete
  86. Betul sekali, pandemi ini musibah namun memaksa kita menjadi manusia baru dengan keterampilan baru yang sebelumnya tidak pernah direncanakan untuk dipelajari. Benar kata orang, selalu ada berkah di balik musibah.

    Semoga setelah ini pandemi berakhir. Namun kita tetap dengan semangat yang sama dan selalu haus ilmu.

    ReplyDelete
  87. Aku juga ngerasain banget manfaatnya internet. Enggak kebayang aku yang enggak denger bisa melangkah sejauh ini berkat internet. MasyaAllah.

    ReplyDelete
  88. Alhamdulillah dengan ngeblog banyak manfaat yang bisa kita dapat. Relasi, ilmu, bahkan materi yang tidak ternilai ya
    Internet sungguh sangat berjasa untuk kita

    ReplyDelete
  89. Nah ini. Nggak tahu deh kerjaanku jadi apa kalau nggak ada internet. Kadang mati lampu sebentar aja sudah mati gaya. Ekwwkk
    Sepakat sama qoute "setiap musibah adalah proses pembelajaran". Luar biasa memang!

    ReplyDelete
  90. Quotes nya ngena banget, bahwa setiap musibah adlh bagian dari proses perjalanan. Makin inspiring aja kak

    ReplyDelete
  91. Gak kebayang gimana kondisinya saat pandemi kemarin gak ada internet ya Mbak, berkat aktivitas daring semua bisa dilakukan meski harus jaga jarak dan berjauhan. Internet benar-benar menyatukan seluruh Indonesia dan dunia

    ReplyDelete
  92. Nah iya kesadaran untuk meningkatkan kompetensi diri ini yang agak sulit alias up end down kalau aku ya haha btw keren mbak uda ngisi kemana mana nih ma shaa allah semoga makin sukses yak, kita ga bs nyamain jaman kita yg ada kitanya yg kudu menyesuaikan dg jaman skarang ini.

    ReplyDelete
  93. Masya Allah keren banget, Mbak. Ini jadi motivasi buat aku yang masih awam di dunia blogging

    ReplyDelete
  94. Kemampuan berbicara di depan umum ini kalau gak dilatih memang gak bisa bagus. Sehingga kudu banget terus berlatih seperti kak Niar yang senantiasa berbagi berbagai ilmu yang bermanfaat.
    Dengan internet cepat IndiHome, terasa sekali manfaat dari jaringan internet yang baik tanpa buffering.

    ReplyDelete
  95. Sadar gak sadar, jika bijak menggunakan internet, terlebih bersosmed dan ngeblog. Itu akan membuat kita jadi banyak kawan dari berbagai penjuru nusantara. Pengalaman yang mirip dengan saya pribadi.

    ReplyDelete
  96. Indihome memang andalan banget, apalagi didesaku cuma ada indihome yang bisa sampai kepelosok seperti ini. Kalau gak ada IH apa jadinya kampungku gak ada pasokan internet, terima kasih indihome sudah hadir memenuhi kebutuhan kami.

    ReplyDelete
  97. Bijak berinternet.Internet itu ngefek bgt pas pandemi kemaren sih, menjaga silaturahmi ttp terjaga. Aq butuh, tp kadang aq butuh menjauh dr internet ...

    ReplyDelete
  98. Dari awal nikah, akupun milih Indihome buat di rumah mba. Sampe skr, udh belasan tahun, blm nyesel makenya 😁. Stabil dan cepet. Memang sih pernah sesekali eror, atau koneksi mati. Tapi ga lama, dan kalopun butuh bantuan teknisi, cepet datangnya. Jadi ga bikin emosi jiwa 🤣

    Internet mah skr ini udh kayak bagian hidup yaaa. Aku beneran ga kebayang kalo sampe kita tanpa jaringan internet di saat pandemi ini. Ada internet aja jenuh melanda, apalagi ga ada 😅. Kdg ga abis pikir Ama bbrp negara yg mengharamkan internet buat masyarakatnya, seperti Korut 😅. Kok ya bisa tahan....

    ReplyDelete
  99. benar banget ya Mbk seseru itu kita bangkit untuk menyebarkan informasi setelah sudah melewati jadi saksi kebangkitan internet. Dari zaman modem sampai zaman wifi.

    ReplyDelete
  100. Sampai sekarang
    Saya masih suka pakai pc
    Soal zoom dulu pakai punya yahoo

    ReplyDelete
  101. Saya juga jadi teringat pengalaman nge-warnet dulu. Sekarang, internet sudah lebih bebas saya nikmati dari rumah. Bisa loading dengan lebih cepat, dan bisa ngeblog dari rumah serta berkomunikasi dengan banyak orang yang jauh dalam waktu sekejap.

    ReplyDelete
  102. Saya juga happy dengan adanya internet ini. Bahkan bisa kenal banyak relasi blogger dan ikut banyak pelatihan berkat adanya internet. Sehingga bisa mencapai banyak arget dan juga punya lingkungan sosial yang luas.

    ReplyDelete
  103. Makin mudah dan praktis komunikasi, dapetin informasi dan kegiatan lainnya dengan internet, Alhamdulillah internet memberikan dampak positif

    ReplyDelete
  104. Makanya saya pake IndiHome sudah sangat lama sekali dan enggak berpindah ke lain hati sampai saat ini

    ReplyDelete
  105. MasyaAllah kak mugni..
    Tahun 97 itu aku masih pake rok merah baju putih.
    Kak mugni udah lulus kuliah aja. Aku kenal milis pas smp. Lucu sih dulu internet belum kayak sekarang. Sekarang alhamdulillah ada IndiHome yang bikin se-Indonesia raya lancar browsing untuk menebar manfaat.

    ReplyDelete
  106. Alhamdulillah berkat koneksi IndiHome talkshow radio yang tayang langsung di YouTube dan Facebook Mbak Mugniar berjalan lancar. Memang internet Indihome menyatukan Indonesia.

    ReplyDelete
  107. Iya kalau dipikir, internet zaman sekarang enak banget dibandingkan dulu.. rasanya djulu bisa donlot sedikit informasi saja senangnya nggak ketulungan.. sekarang bisa bermega bahkan giga

    ReplyDelete
  108. Sejak sebelum pandemi saya memasang internet di rumah dan terasa sekali manfaatnya khususnya saat pandemi, karena semua aktivitas dilakukan di rumah dan harus ada internet yg lancar..

    ReplyDelete
  109. Zaman sekarang internetnya lebih enak. Jangkauannya sudah luas. Dulu kalau mau internetan ya ke warnet. Sekarang dari rumah dan dari hape bisa internetan dan terhubung dengan banyak orang dari berbagai lokasi berbeda.

    ReplyDelete
  110. Memang iya. Internet itu menyatukan Indonesia, menyatukan keluarga juga.
    Seperti saya dan suami yang jauh dari kampung halaman.
    Tapi tiap hari bisa video call-an sama keluarga yang domisili di kota lain. Terutama sama orang tua.
    Memang tidak sama dengan ketemu langsung, tapi dibandingkan dulu yang kudu ke wartel cuma buat dengerin suara ibu kita, sekarang udah bisa saling liat-liatan sambil ngobrol ye kan

    ReplyDelete
  111. Aku juga pakai Indihome. Jaringan internetnya sangat kencang. Sangat membantu sekali saat ada desakan dari kantor untuk kirim video berita.

    BTW musibah itu bisa jadi hal positif kalau kita lihat dari sudut pandang yang beda ya, kak

    ReplyDelete
  112. Kak Niar pengalamannya banyak nih dalam hal ngeblog dan seringkali menangkan lomba.Mau dong dibagi ilmunya.Adain pelatihan kak untuk pemula seperti aku ini.Trik &tips nya ngeblog sukses

    ReplyDelete
  113. wah keren banget jadi pembicara di RRI2. btw, aku juga pakai indihome di rumah, nggak takut lagi habis data pas momen penting.

    ReplyDelete
  114. Senang banget mba Niar memberikan inspirasi melalui karya-karya terbaiknya. Dan satu sisi ini juga terbantu berkat adanya internet ya mba

    ReplyDelete
  115. Keren Kak Niar, udah jadi narasumber ttg blog di mana2 ya, setuju sekali dengan quotenya Julia itu,, bahwa pada tiap musibah itu terdapat pembelajaran ya, termasuk musibah pandemi Covid-19 ternyata kita semua sangat dimudahkan dg adanya indiHome ya, internet menyatukan Indonesia

    ReplyDelete
  116. Hikmah pandemi ya ka jd inovasi n peranan internet makin di gali dan di maksimalim, smua orang skrg sudah melek dg perkembangan internet

    ReplyDelete
  117. Alhamdulillah, internet zaman now kecepatannya semakin kencang ya mba, bisa berhubungan dengan orang tercinta melalui video call, gmeet sampe ngezoom tanpa buffering sama sekali, internet memang menyatukan ya

    ReplyDelete
  118. Masya Allah, Mbak sudah malang melintang nih :) bersyukur banet memang ya, sekaran akses internet udah mudah dimana-mana jadi pekerjaan yang berhubungan sama internet bisa lancar jaya hihi

    ReplyDelete
  119. Kita bersyukur banget bsa hidup diera internet istilahnya dengan internet mampu menjangkau dunia deh ibu2 rumah tangga bisa dapat penghasilan hanya dari rumah saja

    ReplyDelete
  120. Keren banget kak Mugniar, kalo diitung-itung jasa internet di dalam kehidupan kita memang luar biasa banyaknya

    ReplyDelete
  121. Bersyukur ya bisa merasakan internet tanpa ngelag zaman now, mau kerja dari rumah pun tetep bisa bat bet bat bet.

    ReplyDelete
  122. Setuju banget internet menyatukan Indonesia. Coba bayangkan kemaren saat krisis pandemi kalo gak ada internet. Karena internet lah kita bisa bangkit lagi. Bisa berinteraksi satu sama lainnya.

    ReplyDelete
  123. Proud. Yang kusalut itu betapa konsistennya nulis. Dari situ aja udah keliatan kalau mak Niar layak punya jam terbang tinggi. Manfaatin baik2 zaman internet ini biar bisa berbagi hal baik.

    ReplyDelete
  124. Jadi ingat, saat SMA merasakan internet jaman old yg koneksinya lama dan ribet krn pakai kabel LAN

    ReplyDelete
  125. ngga kebayang sih kalau kemarin pandemi ngga ada internet gimana, jadi ini salah satu pendukung utama banget ketika dan pasca pandemi ada internet

    ReplyDelete
  126. Internet lancar pakai Indihome walau ngezoom sampai 6 jam ya, Mba. Banyak yang bilang juga si kalau IndiHome bagus, apalagi kebutuhan Internet saat ini tidak lepas dari aktivitas sehari-hari.

    ReplyDelete
  127. Keren mbak. Dari pengalaman bisa jadi narasumber talkshow dan membagikannya ke banyak orang. Inspiratif sekali

    ReplyDelete
  128. Keren banget nih Mbak, internet memang menjadi sesuatu yang berarti sekarang ini. Tidak hanya dalam pekerjaan, tetapi internet juga menyumbang peranan dalam mendidik anak-anak. Banyak banget ilmu parenting yang bisa di dapat melalui internet. Beruntung ya sekarang ini akses internet sudah semakin lancar. Ada 5G ya, kaya apa ya kencangnya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^