Merdeka Belajar ala Mahasiswa KKN-PPL Angkatan XXI UNM

Merdeka Belajar ala Mahasiswa KKN-PPL Angkatan XXI UNM – Entah kenapa saya tertarik dengan dunia pendidikan, khususnya mengamati orang-orang yang berproses di dalamnya. Saya mau mengikuti acara yang diselenggarakan oleh para mahasiswa meskipun saya tak mengenal mereka jika sedang ada waktu luang.

Misalnya ketika ibu dosen Citra Rosalyn mengabarkan mengenai materi-materi KKN Digital mahasiswa KKN-PPL Angkatan XXI/2020 Universitas Negeri Makassar (UNM) yang dilaksanakan sejak beberapa bulan yang lalu, saya bersedia menghadiri webinar yang diselenggarakan menggunakan platform Zoom Cloud Meetings.

Merdeka belajar
 

Kegiatan Belajar ala Prodi TP, FIP UNM

 

Sebelum pandemi covid-19 melanda dunia, saya pernah mengikuti kegiatan offline mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNM, saya menuliskannya dalam tulisan berjudul Technology for Education, Education for Technology, Lalu Siapa atau Apa yang Lebih Cerdas?.

Melalui Ibu Citra, saya bahkan pernah menjadi nara sumber materi blogging dengan topik Blogger Jaman Now (Seharusnya) Bukan Sekadar Rupiah dalam salah satu ruang kuliahnya. Dari beberapa kali berdiskusi dengan Ibu Citra, saya menyimpan kekaguman mengenai metode pembelajaran yang ditempuh program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM.

Pembelajaran melalui penyelenggaraan event seperti seminar dan bazaar, dengan menjadikan para mahasiswa panitia yang harus mempersiapkan acara, menjadikan para mahasiswa TP UNM ini belajar manajemen proyek secara tidak langsung. Mereka mengurus tempat, pembicara, publikasi, hingga peserta dan pelaksanaan acara di hari H.

Pemilihan materi tentunya harus pas, tidak boleh asal, begitu pun pelaksanaan acaranya. Untuk acara offline yang berlangsung sebelum pandemi, setiap angkatan bertanggung jawab untuk melaksanakan satu kali event dan nantinya masuk dalam penilaian studi mereka.

 

KKN Daring di FIP UNM

 

Nah, untuk KKN daring yang saya ceritakan pada awal tulisan ini, diikuti oleh gabungan mahasiswa-mahasiswi dari FIP UNM, 25 orang dari TP, selebihnya dari prodi BK (Bimbingan dan Konseling), Sosiologi, dan PLB (Pendidikan Luar Biasa). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini difasilitasi oleh Laboratorium TP dan menjadi bagian dari “Lab Series”.

Lab Series sendiri terdiri atas beberapa kegiatan, bukan hanya KKN. Kegiatan daring lainnya semisal podcast yang diisi dengan tema-tema beragam. Topiknya dipilih sendiri oleh mahasiswa, begitu pun nara sumbernya.

Flyer Lab Story
Nara sumber Lab Story adalah orang-orang yang kompeten
dalam bidangnya masing-masing.

Mereka berdiskusi untuk menentukan topik, nara sumber, dan penyelenggaraan acara. Setelah itu link Zoom meeting pun disebar kepada khalayak, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam diskusi di ranah maya. Pihak kampus, khusus laboratorium Teknologi Pendidikan siap mendukung selama para mahasiswanya punya itikad belajar dan mau berproses.

Ibu Citra mengatakan bahagia melihat para mahasiswanya berproses dalam kegiatan mereka. Terbayangkan seperti apa perasaan beliau, soalnya saya saja merasa excited. Saya pengagum orang-orang yang berproses seperti ini. Saya paham manfaatnya akan banyak sekali karena mereka bisa mengasah hard skills sekaligus soft skills.

Saya juga ikut bahagia ketika tahu di ujung pembelajaran mereka dalam KKN daring, semua webinar bukan hanya didokumentasikan di YouTube namun juga dibuatkan film pendek, PDF dan buku yang dicetak. Wow!

 

Sebuah Testimoni untuk Buku KKN Daring

 

Maka ketika diminta bertestimoni atas terbitnya PDF, saya menuliskan ini:

Mau tak mau dunia pendidikan mengalami percepatan disrupsi digital dalam “era pandemi covid-19” ini. Dengan cekatan, FIP UNM menjalankan KKN DIGITAL bagi mahasiswa-mahasiswi KKN-PPL Terpadu Angkatan XXI. Melakukan Zoom meeting yang dibuka untuk umum dengan pilihan materi yang melewati proses diskusi berikut rekamannya yang diunggah ke platform YouTube saja sudah luar biasa, apalagi kini dihadirkan buku elektronik yang memuat ikhtisar dari 15 materi yang didiskusikan.

Saya yakin sejak proses awal hingga selesainya ebook ini, banyak sekali penguatan akan hard skill dan soft skill yang dialami para mahasiswa. Di antaranya adalah kreativitas, project management, organizing event, public speaking, kolaborasi membangun tim yang solid, dan sebagainya.

Keberadaan buku ini juga mengantar para peserta dan penyelenggara KKN-PPL Terpadu Angkatan XXI menuju tercapainya tujuan pendidikan nasional berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003, yaitu: mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berikut nilai plus: sekaligus mengukir sejarah, bahwa keabadian pengetahuan menjadi niscaya hingga bisa diakses oleh masyarakat luas. Catatan sejarah ini mendobrak kebiasaan usang yang hanya menyimpan  karya akademis dalam ruang perpustakaan kampus. Selamat!

Mugniar – blogger dan penulis buku

Testimoni pada Lab Series

Rupanya malah buku yang dicetak lebih dulu terbit. Sekali lagi saya merasa girang melihat buku dan nama saya pada bagian belakang sampul bukunya. Di dalam buku berjudul Lab Story KKN Digital – Kuliah Kerja Ngeksis, Rebahan, Produktif, Cerdas, ada 16 topik yang diketengahkan:

  1. Tabu Bicara Seks & Pelecehan Seksual pada Remaja
  2. Ethnics During Online Session
  3. Habitus Baca Buku & Menulis Opini di Media Online
  4. Pentingnya Bahasa Inggris dalam Pendidikan
  5. Ke Rumah Sakit Pasti Dicovidkan?
  6. Mengapa Kualitatif?
  7. Pengembangan Kurikulum di Era New Normal
  8. Membangun Opini Publik dan Pencitraan di Era New Normal
  9. Public Speaking dan Presentasi
  10. Mengenali dan Mengatasi Cyberbully
  11. Broadcasting in Digital Era
  12. Citra Bicara Citra “Personal Branding dalam Pendidikan”
  13. Toxic vs Fantastic Relationship pada Remaja
  14. Bagaimana Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Ketika Belajar dari Rumah?
  15. Dampak dan Kesehatan Mental Pernikahan Dini
  16. Mengelola Stres dalam Belajar Online

Sekilas topik-topik di atas terlihat random tapi inilah informasi kekinian yang dibutuhkan para mahasiswa KKN daring ini. Mereka mengupas informasi yang tidak hanya berhubungan dengan mata kuliah dan soft skill namun juga tentang kehidupan pada jaman now.

Para nara sumber merupakan orang-orang yang kompeten di bidangnya jadi siapapun bisa mengaksesnya dan bisa mendapatkan insight atau wawasan dari diskusi yang digelar. Silakan menyimak tayangan YouTube yang saya sertakan di sini untuk membuktikan sendiri.


 

Merdeka Belajar, Merdeka Menentukan Metode

 

Well, menurut Mas Menteri Nadiem, kata "Merdeka Belajar" paling tepat digunakan sebagai filosofi perubahan dari metode pembelajaran yang terjadi selama ini.

Sebab, dalam "Merdeka Belajar" terdapat kemandirian dan kemerdekaan bagi lingkungan pendidikan menentukan sendiri cara terbaik dalam proses pembelajaran.

“Kenapa kami memilih "Merdeka Belajar" dari awal? Jawabannya ada dua, pertama filsafat Ki Hadjar Dewantara menginsipirasi saya dan tim saya mengenai dua konsep, satu adalah kemerdekaan, kedua adalah kemandirian,” kata Nadiem saat rapat kerja dengan Komisi X di DPR RI, Kamis (27/8/2020) (Kompas.com).

Merdeka menentukan metode belajar/mengajar dan mandiri melakukannya. Kedua hal ini yang saya lihat hingga terbitnya buku Lab Story KKN Digital mahasiswa KKN-PPL Angkatan XXI/2020 Universitas Negeri Makassar.

By the way, terima kasih telah mengapresiasi saya untuk bertestimoni. Kurang lebih saya tahu proses di belakang lahirnya buku ini dan saya bangga. 😍

Makassar, 5 Mei 2021

Rencananya tulisan ini mau ditayangkan pada Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei kemarin, sayangnya saya baru bisa menyelesaikannya hari ini.

Oiya baca juga tulisan ini ya:

Cerita KKN Daring: Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru Sekaligus Menghibur Melalui Video



Share :

13 Komentar di "Merdeka Belajar ala Mahasiswa KKN-PPL Angkatan XXI UNM"

  1. anakku nih udah keenakan belajar dari rumah dia maunya seterusnya belajar dari rumah huhuhu

    ReplyDelete
  2. Wiwin | pratiwanggini.netMay 11, 2021 at 6:54 AM

    Pandemi. KKN pun diselenggarakan secara daring ya.. Tapi keren, karena ini adalah sesuatu yang sangat baru (terutama untuk saya :D ).

    ReplyDelete
  3. Belajar dimasa pandemi lebih menuntut kreativitas semua pihak.. Masuk dalam konsep "merdeka belajar" ga ya?

    ReplyDelete
  4. Bagus sekali kampusnya mampu untuk beradaptasi di kondisi seperti sekarang tapi satu sisi membuat mahasiswanya juga lebih maju

    ReplyDelete
  5. Jadi kangen masa kuliah dan KKN dulu. Sekarang ternyata KKN bisa diikuti secara daring ya. Menurutku topik-topik pilihan cukup menarik deh

    ReplyDelete
  6. wah bisa ya kkn daring
    meski daring tetap produktif ya mbak
    ini bukunya bisa dijual bebas kah mbak? tema temanya sangat menarik, pengen baca

    ReplyDelete
  7. Wah, baru tahu ada KKN daring. Tapi, bagus juga sih menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

    ReplyDelete
  8. Owalah krn pandemi KKN pun jadi daring ya? Emang ada kelebihan kelemahan kalau daring gini. Tapi kalau mau berpikirian positif kita ambil yg baik2 aja ya mbak.
    Kyk misalnya dapat banyak tema utk didiskusikan kyk gtu itu jg pastinya berharga utk adik2 mahasiswa di masa mendatang ya. Konsep merdeka belajar ini makin ngetren seiring dengan pandemi ya :D

    ReplyDelete
  9. Dimasa pandemi kkn jg jadi online ya mba. Tp hal positif nya kita dituntut lebih kreatif dengan mengelola keterbatasan yg ada .. dan hasilnya pun keren...

    Semangat terus untuk adik adik mahasiswa yg masih menempuh kuliah

    ReplyDelete
  10. pandemi menyesuaikan segalanya ya mba, termasuk kkn daring.
    dengan kkn daring membuat mahasiswa perlu meningkatkan kreatifitas yang lebih ya.

    ReplyDelete
  11. wahh sekarang KKN juga secara daring ya. Sejak pandemi semua secara online ya, ka. Semoga semua mahasiswa bisa lebih efektif dan lebih kreatif saat kkn daring ya

    ReplyDelete
  12. Wah keren nih banyak webinarnya. Mahasiswanya tambah banyak wawasan. Tapi semoga mereka bisa turun ke lapangan lagi ya.

    ReplyDelete
  13. Wah menarik banget sampai diterbitkan buku sendiri. Penasaran deh pengen baca hehehe. Aku coba nonton Youtubenya deh.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^