HELION Mistery Shopper dan Telepon dari Luar Negeri

Ketika dikirimi pesan inbox FB oleh Mak Ratu (“Mak” adalah sapaan sesama anggota Kumpulan Emak-Emak Blogger – KEB) mengenai kerjaan sebagai mystery shopper, saya langsung menebak yang ia maksud adalah Helion, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Belgia. Ternyata benar. Kata Mak Ratu, sedang ada pekerjaan untuk wilayah Makassar dan ia diminta mencari orang Makassar yang mau mengerjakannya.

Namanya jodoh, kami dipertemukan Allah. Walau sudah lama bergabung di KEB, kami belum pernah sekali pun saling menyapa. Baru ketika Mak Ratu melihat saya posting tulisan tentang kegiatan Pre Event Makassar International Writers Festival, ia bertanya kepada saya, “Di Makassar ya, Mak?” Lalu Mak Ratu mengirim pesan inbox kepada saya.

Ingin tahu lebih banyak tentang Helion? Silakan klik gambar di atas
Sejak itu kami jadi lebih akrab. Walaupun tidak mendaftar dari referral link milik Mak Ratu (saya mendaftar melalui Mbak Nathalia Diana Pithaloka), saya mendapat banyak pengetahuan tentang pekerjaan ini darinya. Saya menjadi termotivasi untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai pekerjaan mystery shopper dari Helion dan sistem kerjanya. Untungnya Helion mendukung  dengan menyediakan dasbor yang bisa dipilih bahasanya. Saya memilih bahasa Indonesia sehingga saya bisa belajar lebih cepat. Maklum saja, memori terkait bahasa Inggris saya sudah karatan akibat lama tak digunakan.

Langsung saja saya ambil beberapa training dan ujian yang berhubungan dengan proyek yang sedang berlangsung. Kebanyakan dalam bahasa Indonesia. Hanya satu yang terpaksa harus dikerjakan dalam bahasa Inggris karena tak ada pilihan bahasa dalam pengerjaannya. Tidak begitu sulit karena hanya memilih jawaban yang benar saja. Materinya pun lumayan familiar bagi saya, yaitu seputar pengoperasian komputer dan gadget.

Di antara waktu-waktu training dan ujian, saya berkomunikasi via e-mail dengan Community Manager wilayah Indonesia. Namaya Miroslav Rashev – seorang lelaki berkebangsaan Bulgaria. Miroslav bahkan menelepon saya! Saat itu – suatu hari di bulan Mei, menjelang maghrib, ia menelepon saya. Betapa kagetnya saya, ada laki-laki yang menelepon menggunakan bahasa Inggris. Saya sempat mengira itu kerjaan orang iseng. Terlebih lagi nomor teleponnya tak tercantum. Yang tertulis saat HP saya berdering hanyalah dua kata ini: “unknown number”. Ya iyalah, dia kan menelepon dari Bulgaria (Operations Center-nya Helion terletak di Bulgaria, Miroslav bekerja di sana). Jelas saja nomornya tak terlacak.

Saya sudah mau menaikkan nada suara supaya terdengar galak ketika sekelebat ingatan membuat saya tiba-tiba tersadar. Saya ingat baru saja mengajukan 4 permintaan proyek. Dan saya mengingat pemberitahuan yang mengatakan bahwa bisa saja pihak Helion akan menghubungi via telepon. Wuih, telepon dari luar negeri. Ini pengalaman langka!

Agak kesulitan saya memahami perkataan Miroslav. Seperti native speaker yang seolah menggumam, melalui telepon pula. Mana lagi suara pengeras masjid dekat rumah mulai mengumandangkan kaset mengaji. Ditambah lagi perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris saya sudah menyusut banyak. Sempurna sudah kegagapan saya. Saya berdalih tak bisa mendengar suaranya, “Pardon, me, Sir. I can’t hear you.” Fiyuh, untung saja saya masih mengingat cara yang sopan untuk meminta maaf. Miroslav pun mengatakan akan menghubungi saya via e-mail saja. Thank God.

Syukurnya saya masih bisa memahami bahasa Inggris secara pasif. Kalau ada kata-kata yang terlupa, saya bisa mencari tahunya di kamus atau di Google Translate. Melalui e-mail, Miroslav menekankan pentingnya saya memahami skenario tugas dengan baik dan ia mengatakan akan memberikan beberapa proyek secara manual. Sejak itu komunikasi antara saya dan Miroslav dilakukan melalui e-mail.

Saya menawarkan diri untuk mengambil beberapa pekerjaan setelah berhasil melalui semua training dan ujian untuk jenis pekerjaan mystery shopper yang tersedia. Ternyata bukan hanya mystery shopper, masih ada beberapa jenis pekerjaan lain dan semuanya harus melalui training dan ujian tersendiri. Miroslav justru memberikan yang tak saya minta. Sejak itu, selama kurang lebih seminggu saya mengerjakan pekerjaan sebagai mystery shopper. Laporannya dikirim via e-mail dalam batas waktu yang ditentukan Helion. Untuk kolom isian harus menggunakan bahasa Inggris.

Setelah semuanya saya tuntaskan dan tak ada pertanyaan lagi dari Helion mengenai laporan-laporan yang saya kerjakan, tibalah masa menunggu fee. Nah, di sini ini bagian berdebar-debar serunya. Fee-nya akan ditransfer melalui akun Skrill ke rekening bank saya paling cepat pada sekitar tanggal 20 pada bulan berikutnya. Tepatnya, tanggal 20 Juni.

Bagaimana kelanjutan ceritanya? Nanti ya, setelah yang berikut ini J


Makassar, 5 Juli 2015 


Share :

57 Komentar di "HELION Mistery Shopper dan Telepon dari Luar Negeri"

  1. Wow...menarik mba Niar. Baru tau ada pekerjaan seperti itu. Enaknya mungkin bisa memperlancar bahasa Inggis ya. tapi nama Miroslav kayak nama orang Rusia ya mbak. Atau, saya yang nggak tahu nama orang Belgia kali ya, xixixiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ecky, sekalian mengasah kembali kemampuan English ... siapa tahu besok2 bisa bikin blog khusus berbahasa Inggris (mimpi duluu, blog yang ada sekarang saja sudah mulai kepayahan diurus wkwkwk).

      Ooh ... Miroslav org Bulgaria, Mbak. Kayaknya namanya mirip2 nama Rusia deh orang2 sana

      Delete
  2. penasaran cerita selanjutnya, semoga pembayarannya lancar ya mbak

    ReplyDelete
  3. Wah baru tahu yg namanya mystery shopper. Nunggu postingan berikutnya deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikutan Mbak Nia .... bisa nih buat ibuk2

      Delete
  4. Ikutan berdebar2 nih Mba pengen tahu kelanjutan kisah ini... Penting bangetnya Mba kita hrs paham cara mengoperasikan komputer terkait pekerjasn sbg blogger.. Apalagi secara tak terduga mendapat pekerjaan dari Helion yg harus fasih bhs Inggris agar lsncar komunikasi.. Btw, pastinya kaget banget ya Mba ada orang asing tiba2 nelpon..gak tahunya ngasih pekerjaan.. Alhamdulillah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya Mbak Rita, kaget juga padahal sudah tahu kalo sewaktu2 bisa saja ditelepon dari sana. Memang harus punya keterampilan cukup memadai dalam hal komputer utk kerjaan yang ini, Mbak Rita. Tapi siapa pun bisa mempelajarinya, asal mau belajar :)

      Delete
  5. wuuiiihh ntar tanggal 20 tinggal kipas2 nih kanyanya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah jadi merinding baca kata "kipas2" Mbaak :D

      Delete
  6. wah, saya sendiri malah belum sempet nyoba mba, hiks...
    smoga bisa segera mengikuti jejak dirimu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak Lia .... asyik lho, nanti dicoba yah :)

      Delete
    2. insha Allah, mba... sekarang profilnya udah diisi lengkap 100% :D

      Delete
    3. Asyiiiik, selamat menjadi detektif Mbak Lia :)

      Delete
  7. Sudah lewat 20 Juni ^^ Jadi adami feenya ini masuk di rekening kah kakak? xixixixi...

    ReplyDelete
  8. aih jd penasaran nih mak, mmm...jadi tertarik juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk daftar Mak Kania. Ini untuk melihat bagaimana toko2 melayani pembelinya. Perusahaan yang menjadi klien Helion punya kebutuhan besar untuk itu :)

      Delete
  9. Menunggu lanjutannya *duduk Manisan 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya belum nulis kelanjutannya , Mak Ratu. Belum capek duduk manis, kan? ;)

      Delete
  10. Mak, maaf ya saya lama ga mampir di sini. Lagi malas.
    Waaa, jadi penasaran sama ceritanya. Etapi sy blm ngeh soal itu. buka link dulu nih biar paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak Pipit. Tapi masih ngeblog, kan? :)
      Yuk, daftar sekalian ... lumayan fee-nya buat jajan hehehe

      Delete
  11. ditunggu kelanjutan ceritanya mba :)

    ReplyDelete
  12. Wah kalau tau gini saya harus lebih mempermahir bahasa Inggris nih hiehiehieiehiehieiheie. Malu juga kalau nda lancar hiehiehiehiehiehiee

    ReplyDelete
  13. Coba kalo aku yang ditelpon
    Paling banter cuma bisa jawab yes no yes no
    Sambil gemeteran... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh pakai taktik "I beg your pardon, I can't hear you", Mas Rawins :))

      Delete
  14. Kerennya..... mungkin kerjnya hampir sama dengan paparazzi yah? ditunggu cerita selanjutnya dan semoga fee nya cepat cair :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekilas sama tapi .... eh tapi sama ya? *jadi bingung sendiri*

      Delete
  15. ngomong2 saya tdk training segala ji, kak. Cuma isi form yang aujubileeehhh banyaknya. Tadi sudah dikirimi email. September katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo milih job, ada training utk tiap jenis, Vita

      Delete
  16. Rejeki ya mbak Niar... juga tantangan untuk terus belajar dan mengembangkan diri.. Good Luck mbak.. Semoga pekerjaannya lancar dan memuaskan.

    ReplyDelete
  17. wah, jadi pengen juga nih. enggak sabar nunggu kelanjutannya

    ReplyDelete
  18. Wah, pengalaman menarik. Jadi penasaran seperti apa sih pekerjaan mystery shopper itu, proyeknya kyk gimana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan lanjutnya sudah ada Mak ... tapi ttg gimana proyeknya belum saya tulis

      Delete
  19. wah...keren tuh. ajak-ajak ka juga Niar kalo untuk Makassar.

    ReplyDelete
  20. wah keren mba...jadi pengen tau kelanjutannnya

    ReplyDelete
  21. ada ujiannya juga ya, hm..sukses ya Mba

    ReplyDelete
  22. mbak mugni...izin ikutanka jg di..
    segera ke tkp meluncurr

    ReplyDelete
  23. pengen baca lanjutannyaa...tertarik juga nih maak...

    ReplyDelete
  24. Kunjungan balik kak!!!
    Lama tak berkunjung ke blog kak niar, sekarang tampilannya berubah jadi adem rasanya pengen lama2 nongkrong disini :)

    Penasaran kelanjutan ceritanya...

    ReplyDelete
  25. Menarik ceritanya nih mbak, udah ada lanjutannya kah?

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. Eh, jangki' iseng2 .. diseriusi naah hehe

      Delete
  27. saya malah belum pernah coba mba , penasaran juga sama kelanjutanya?

    ReplyDelete
  28. ubek-ubek postinga Helion, buat belajar awal. Sdh daftar via referal Mbak Niar dan sdh di ACC. Msh rada bngung, next utk trainingnya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^