Cari Bumbu Nasi Biryani untuk Lebaran? Tengok Cairo Food!

Cari Bumbu Nasi Biryani untuk Lebaran? Tengok Cairo Food! – Bagi sebagian orang, momentum Hari Raya Idul Fitri merupakan momentum bahagia yang harus dirayakan dengan memakan masakan istimewa. Pada “hari kemenangan” itu, menyantap makanan yang berbeda daripada yang biasa disantap dalam keseharian merupakan kelaziman kaum muslim di seluruh dunia.


Bumbu nasi biryani


Masakan Istimewa pada Hari Istimewa

 

Untuk orang Indonesia, sudah jamak ya dalam lebaran ada ketupat atau lontong. Di Sulawesi Selatan, kami suka menyiapkan buras atau burasa sebagai makanan pokoknya. Burasa ini serupa lontong namun rasanya lebih gurih karena dimasak dengan santan dan ada yang berbumbu.

Bahan utamanya beras yang sehari-hari kita makan yang nantinya dibungkus dengan daun pisang. Kalau saya, pada masa sekarang ini paling suka makan buras dengan sambal tumis dan bawang goreng saja 😘. Sementara pada umumnya masyarakat Sulsel memakan buras dengan kuah. Bisa dengan opor ayam atau dengan kari ayam, bisa juga dengan pindang ikan (masakan ikan khas Sulsel) atau dengan makanan khas daerah lainnya.

Nah, itu secara umum ya. Bagi mereka yang lidahnya sudah pernah terpapar makanan dari negara-negara Asia lainnya ada juga yang berkeinginan menyajikan makanan spesial dari negara lain untuk sajian hari rayanya.

Misalnya nasi kebuli, briyani, kabsah, mandhi, atau bukhori. Makanan khas seperti ini memang mudah cocok di lidah orang Indonesia, apalagi bagi yang senang dengan makanan berbumbu seperti saya ini.

Bagi yang senang memasak dengan tangan sendiri pasti deh tak segan-segan untuk browsing resep nasi kebuli, atau resep nasi briyani sederhana hingga resep nasi briyani komplit. Tak mengapa berburu bahan makanan yang tak ada di pasar-pasar tradisional kita demi keluarga tercinta.

Tapi buat yang mamak-mamak praktis macam saya ini, butuh berpikir panjang bahkan sangat panjang untuk berburu bahan-bahan untuk resep nasi briyani Timur Tengah dengan alasan “bertentangan dengan prinsip kepraktisan dalam hidup”…. #alasanpadahalmalas 😆


Bumbu nasi biryani

Bumbu Nasi Biryani Bagi Para Pecinta Kepraktisan

 

Jadi, bagaimana dong solusinya kalau tetap pengennya makan nasi biryani Arab Saudi sementara tak mudah mendapatkan lebih dari 10 jenis bahan untuk praktik masak resep nasi biryani?

Tenang saja, solusinya bisa ditemukan di CAIRO FOOD. Fyi, bumbu nasi biryani dari Cairo Food sudah menjadi standard yang dipakai oleh banyak chef, hotel, restoran dan katering di seluruh Indonesia, lho.

Di Indonesia, mendapatkannya tidak sulit. Bumbu nasi biryani ala Cairo Food ini bisa dibeli di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia. Kita juga bisa membeli via online melalui https://cairofood.id/product/jual-bumbu-nasi-biryani-briyani/.

Bumbu nasi briyani instan dari Cairo Food ini memiliki keistimewaan: terbuat dari 100% rempah alami – bukan kimia atau perisa buatan. Bumbu praktis ini bebas MSG, tanpa pewarna, pengawet, dan anti kempal alami.

Bumbu praktis ini cukup awet dan murah lho karena dengan bumbu seberat 100 gram bisa untuk masak sekitar 7 liter beras. Untuk 1,5 sdm bumbu bisa untuk 1 liter beras! Konon, rasanya tak kalah dengan nasi biryani yang dari India maupun Arab.

Oya, bagaimana dengan beras basmati? Kan tidak afdol juga ya membuat nasi biryaninya dengan beras Indonesia yang punya perbedaan cukup signifikan dengan beras basmati? Tanggung kan ya masak nasi biryani dengan beras Indonesia, sekalian juga beras basmatinya.


Beras Basmati

Tenang, beras basmati juga bisa diperoleh di Cairo Food. Setelah saya hitung, kurang lebih ada 9 macam nasi basmati yang bisa diperoleh melalui website tersebut. Kloplah, ada bumbu nasi biryaninya, ada pula beras basmatinya. Selanjutnya terserah Anda. 😀

Nah, demikian hasil penelusuran saya mengenai cara mendapatkan bumbu nasi biryani. Hal ini membuktikan kita makin dipermudah oleh teknologi informasi untuk mendapatkan barang-barang yang dulunya sulit dicari. Asal punya uang saja, cus deh buka Cairofood.id dari smartphone.

Makassar, 6 Mei 2021


Keterangan: 

Gambar dalam tulisan ini dimodifikasi dari foto-foto yang ada di cairofood.id.



Share :

44 Komentar di "Cari Bumbu Nasi Biryani untuk Lebaran? Tengok Cairo Food!"

  1. Nasi Biryani memang enak yaa mba kalau pada suka. Rasanya dan aromanya tuh khas banget hehehe.. aku suka karena beras basmati GInya rendah

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah makan nasi biryani, jadi belum tahu rasanya seperti apa. Bumbu instan memang membantu sekali ya, gak ribet cari bumbu2 sendiri, hemat waktu memasak, praktis!

    ReplyDelete
  3. Pernah makan nasi kebuli dan briyani.... ndak pernah makan nasi kabsah, mandhi, atau bukhori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum pernah makan semuanyaaa. Duh pengen nyobain deh makan nasi biryani, tapi beli aja dulu. Ntar kalo sudah tau rasanya dan pengin bikin sendiri di rumah tinggal beli bumbunya di Cairo Food ini sekalian beli beras basmatinya.

      Delete
  4. mantap nih ada yg jual bumbu nasi biryani. btw selama ini aku taunya briyani ternyata salah ya, hahaha.. salah satu faveku adalah tekstur nasi dan rasanya yg enak banget. asik banget sih ternyata ada beras2nya jg yg bisa dibeli di toko yg sama :)

    ReplyDelete
  5. Sudah lama ingin coba membuat Nasi Biryani sendiri, dulu sering dibawain temen ke Kantor karena Mamanya punya usaha kuliner menu-menu seperti itu, enak bangeeet. Mau intipin Cairo Food jadinya nih.

    ReplyDelete
  6. Aku pernah nyicipin nasi briyani di luar. Kalau masak sendiri ya sama, males. Ribet hahaha... Boleh nih dicoba buat lebaran nanti. Karena aslinya lidahku itu lebih condong menyukai makanan gurih daripada manis

    ReplyDelete
  7. Saya lebaran nanti rencana mau masak nasi kuning. Tapi setelah membaca tulisan ini, kok jadi pengen nyoba masak nasi biryani ya, Apalagi beras dan bumbunya bisa dibeli online di satu tempat. Eh tapi tinggal seminggu lagi, pesan online masih keburu nggak ya?

    ReplyDelete
  8. aku penasaran dg burasa, apalagi yang pakai kuah itu. memang ya kalau kita ke suatu daerah kalau gak lama jadi gak bisa icip2 banyal kulinernya. waktu ke makasar cuma nyicip coto makasarnya saja

    ReplyDelete
  9. Kayaknya enak nih, lebaran makan nasi biryani. Unik dan ga biasa. Yang jelas, lezat sekali ya rasanya.
    Btw, harus sekali habis atau bisa untuk menu sehari?
    penasaran.

    ReplyDelete
  10. Wah asik juga nih nasi biryani. Apalagi kalo ada yg jual beras basmati, bisa langsung praktik deh.

    ReplyDelete
  11. Kesukaan aku dan keluarga mba nasi biryani, nasi kebuli. DUh enak enak soalnya. Makasih rekomendasinya mba. Mau coba suatu saat nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun suka banget, beberapa temen2 yang keturunan Arab sering banget menjamu dengan hidangan2 kedua nasi tsb.
      Apalagi cafe2 makin menjamur di Bandung ala2 timur tengah.
      Next mau nyobain bikin sendiri yang instan begini, Mak.

      Delete
  12. Baru beberapa hari yang lalu berbuka puasa dengan paket Ramadhan Nasi Briyani, ternikmaat ya Allah.
    Tapi pengen nyobain di rumah belom sempet, dulu pernah di kasih temen bumbunya, kelamaan, udah exp dah.
    Dan ini ada rekomen jug bumbu nasi briyani, mau kepoiiin ahhh..

    ReplyDelete
  13. Wah praktis yaaa
    Aku belakangan suka order makanan timur tengah jg tapi blm pernah masak sendiri, kyknya asyik juga nih sesekali masay beli bumbu jd dan jg bahan berasnya.
    Dimakan sama sate tu juga enak andai gk ada lauk yg dimasak hehe

    ReplyDelete
  14. harus pakai beras yang khusus biar rasa dan tampilannya pwoll, jadi beneran berasa makanan timur tengahnya.

    ReplyDelete
  15. Baru tau kalo nasi biryani ada bumbu instannya! Pengen beli kalo tetiba lagi BM masakan timur tengah. Di daerahku belum nemu dimana beli Biryani, ada sih tapi jauhhhh banget dari rumah huhuhuhu

    ReplyDelete
  16. wah iya, saat lebaran, nasi briyani adalah hidangan yang selalu ada di rumahku mbak
    Apalagi sekarang cari bumbu nasi briyani makin mudah ya mbak,

    ReplyDelete
  17. Mbaaa, ini keniqmatan hakiki pastinyaa
    mupeng aku buat bikin nasi biryani
    kalo ada bumbunya gini, pasti siiippp!

    ReplyDelete
  18. Sampai sekarang aku ga pernah bisa bikin nasi briyani. Gagal terus hehe. Pernah dikasih beras khususnya juga. Tapi gagal bikin hehe

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah makan nasi briyani atau pakai bumbu biryani seperti ini soalnya aku nggak bisa masak juga sih kak

    ReplyDelete
  20. Aku jadi keidean bikin yang beda saat lebaran nanti, bosen sebenarnya dengan menu lebaran yang menunya pasti itu lagi dan lagi.

    ReplyDelete
  21. Saya terlewat menuliskan ini gara gara acara sekolahnya Salfa pasgi pagi bikin heboh
    Hiks... semoga rezeki dapat lagi lain kali
    Enak kuliat itu pas baca resepna

    ReplyDelete
  22. wah suami aku suka banget nih sama nasi biryani. belom pernah coba bikin sendiri sih tapi aku.. mau cobain bikin aaaahhhh

    ReplyDelete
  23. aku pernah makan nasi ini pas di rumah mediterania di daerah bogor. enak kalau bisa masak sendiri nasi biryani dsan bumbunya di rumah ya mak. kerasa pedes-pedes dikit menurutku nasinya

    ReplyDelete
  24. Wah kudu aku bookmark ini mba. Selama ini paling masak nasi uduk sama nasi kuning aja. Ternyata bisa banget masak nasi briyani dengan mudah ya. Bahkan pakai beras basmati

    ReplyDelete
  25. Nasi Briani kaya dengan rempah, saya suka biar tidak pakai lauk asal berasnya bukan beras Indonesia, soalnya beda rasanya.
    Untung ada juga disiapkan beras khusus untuk nasi Briani. Segera kepoin deh cairofood biar serasa ada di Cairo.

    ReplyDelete
  26. Saya lebih suka masak sendiri. Tetapi, terkadang beberapa bahan suka agak ribet dicarinya. Kalau enggak, sayanya yang lagi punya sedikit waktu. Jadi terkadang cari bumbu yang praktis dengan rasa yang enak

    ReplyDelete
  27. wah buat lebaran kayanya memang cocok nih menunya beda dari taun2 lalu, enak juga sih bikin nasi biryani yaaa, apalagi udh ada yg nyediain bumbu praktisnya dan beras basmatinya di Cairofood

    ReplyDelete
  28. Wah, belum pernah nyoba nasi biryani nih aku, Mbak. Tapi kalau emang dibuat dengan banyak rempah biasanya emang enak. Jadi penasaran rasanya.

    ReplyDelete
  29. aku suka buras. Susah nemuin buras di Jakarta, sekalinya ketemu langsung hap-hap

    kalau nasi biryani ku juga suka ... eh ini berarti enggak sepaket beras dengan bumbunya ya? tapi di webnya bisa sekalian order.

    ReplyDelete
  30. Nasi biryani dulu sempet sering makan karena temen kantor suka bawaain. Suka sama rasa dan teksturnya. Kalo untuk coba buat belum pernah hehehe

    ReplyDelete
  31. Enak nih jadi praktis anti repot repot club ya mbak. Apalagi kalo tinggal makan, kita yg beli.. biar mamaku yg eksekusi hahaha

    ReplyDelete
  32. awww.. aku sukak banget nasi briyani, anakku juga sukak bgt. tapi masaknya itu ribet ya . seneng sekarang ada bumbunya langsung. jadi gak repot cari berbagai rempahnya. jadi pengen coba

    ReplyDelete
  33. Belum pernah makan nasi briyani jadi belum tau rasanya gimana. Kebayangnya penuh rasa dengan rempah2 tapi gurih ya, mbak?

    Pilihannya juga lengkap ya. Jadi ga ribet lagi deh klo mau bikin nasi briyani ini 😊

    ReplyDelete
  34. Wah asyik bisa beli online. Aku biasanya beli gopud kalau nasi briyani blm pernah masak sendiri. Tapi kyknya asyik juga ya lebaran nanti masak nasi briyani trus bikin ayam panggang bumbu kecap yang endeus :D

    ReplyDelete
  35. Jadi tergoda nih mba untuk masak nasi biryani sendiri. Selama ini kan taunya pesan aja tuh atau pergi ke resto khusus yang jualan hidangan Timur Tengah ini. Aku termasuk penyuka masakan dengan cita rasa rempah yang kuat gini.

    ReplyDelete
  36. Kesukaan aku sekeluarga tuh mba. Makan nasi biryani ini. Bikin nambah jadi enak. Makasih mba kayaknya aku mau berburu juga

    ReplyDelete
  37. Bisa dicoba nih, masak nasi briyani pas hari raya. Bisa bikin sendiri pasti lebih asik. Boleh nih ceki-ceki bumbunya di cairo food

    ReplyDelete
  38. Eh jadi ada bumbunya di kak, saya pengen sekali cobain nasi ala ala Arab ini apalagii yang kebuli, klu ad bumbunya mah praktis bwangett, mauka coba deh

    ReplyDelete
  39. salah satu olahan nasi yang belum saya bikin di rumah karena nggak tau caranya ya nasi biryani ini hehe. Wah kalau ada bumbu langsung jadi seperti ini jadi gampang dong ya. Nyari ah.

    ReplyDelete
  40. Suka merindu makanan ala-ala Timur Tengah begini, kak Niar.
    Aku punya sodara orang Arab, jadi kalau Ramadan begini, suka rutin ada jadwal bukber dan suguhannya selalu masakan Arab.
    Kangen lihat nasi biryani dan bumbunya, hmm....lezat!

    ReplyDelete
  41. Waaa aku belum pernah bikin dan coba nasi briyani Bun
    semoga kapan-kapan ada kesempatan makan beginian

    ReplyDelete
  42. Pengen makan nasi briani nih lihat postingan mba mugniar. Apalagi suami juga sering reques nih

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^