The Sluggish Journey: Proses Kreatif di Balik Ratusan Ribu Follower

The Sluggish Journey: Proses Kreatif di Balik Ratusan Ribu Follower - “ … Rasa canggung – awkwardness, rasa bosan – boredom, rasa iri – envy, rasa kecewa – dissapointment, rasa bingung – confusion, rasa rindu – longing, kalau rasa yang pernah ada? Eits … hehehe,” sesi belajar bahasa Inggris kali ini diakhiri dengan aksen suara dan tawa jenaka dari Idaa, pemilik akun Instagram @sluggish_journey. Otomatis sebagai penonton, saya ikut tertawa gemas. Gemas dengan ending yang tak terduga dan gemas dengan mimik wajah dan suara Idaa yang jenaka.

The Sluggish Journey
 

Menelisik @sluggish_journey

 

Sejak  menyadari akun Instagram Idaa kini sudah memiliki 700.000-an followers, saya jadi rajin menongkrongi materi-materi bahasa Inggris yang diunggahnya. Semasa sekolah dulu, saya sangat menyukai pelajaran bahasa Inggris. Sayangnya, perkembangan kemampuan saya tidak maksimal karena kurang mengasahnya.

Mengamati postingan-postingan Idaa rasanya seperti sedang kursus bahasa Inggris dengan cara menyenangkan. Pronounciation (pengucapan) dari perempuan bernama asli Kasmidar ini bagus banget. Saya sampai mengira dia lulusan sastra Inggris. Ternyata salah, Idaa ini seorang lulusan Universitas Negeri Makassar jurusan Pendidikan Fisika Bilingual alias sarjana pendidikan fisika kelas internasional.

“Lulusan fisika kok ngajar bahasa Inggris?” Alasannya adalah, bahasa Inggris bagi perempuan yang dibesarkan oleh kakek dan neneknya di Bone ini merupakan hobinya. Idaa menyukai bahasa Inggris sejak SMA. Dia mempelajari bahasa Inggris bukan sebagai tuntutan untuk mendapatkan nilai bagus atau untuk kelulusan, melainkan karena menyukainya. Makanya tak heran jika Idaa bisa membawakan narasi dalam video-videonya dengan santai dan penuh percaya diri.

Topik yang disajikan Idaa di antaranya bentuk-bentuk phrasal verb, pengucapan yang samar (silent), tenses, comparison, sinonim kata, homofon, kosa kata, penggunaan kata kerja yang tepat di antara dua pilihan yang mirip, dan sebagainya. Kreatif sekali perempuan yang lahir dan besar di Bone, Sulawesi Selatan ini dalam mengolah ide.


Bukannya sok tahu, saya mendapatkan informasi di atas langsung dari sumbernya, melalui pesan WhatsApp untuk mengatasi kekepoan yang sudah di ubun-ubun. Bertahun lalu, sekitar 2016–2017 saya pernah berinteraksi dengan Idaa di grup komunitas blogger Anging Mammiri terkait aktivitas blogging. Saat itu Idaa lagi mencoba berkarya di blog dan berperan dalam aktivitas Duta Damai Dunia Maya sampai membeli domain sendiri menggunakan nama “The Sluggish Journey” juga.


10 kosakata Ramadan | Wajib tahu | Tc Idaa | Ep. 12

Nama “sluggish journey” dipilih Idaa berdasarkan pengalamannya dalam traveling yang “tidak menentu”. Sluggish artinya lambat, perjalanan yang dimaksud Idaa adalah perjalanannya dalam mencapai mimpi ke luar negeri itu sangat lambat dan butuh proses. Dengan alasan tersebut Idaa menamai akunnya dengan @sluggish_journey (perjalanan lambat). Walau lambat, bisa sampai ke tujuan.

Bermula dari aktivitas ngeblog itu, saya dan Idaa saling follow di Instagram. Saat itu jumlah follower-nya belum sebanyak sekarang. Saat ini betapa pesat pertambahan jumlah follower-nya. Sehari sebelum tulisan ini saya buat, jumlah follower Idaa 792 ribu, sehari kemudian sudah 794 ribu! Ini menunjukkan bahwa konten-konten yang dibuat Idaa banyak peminatnya.

Makin penasaranlah saya sehingga mewawancarai perempuan yang sudah 7 bulan  bermukim di Malaysia ini untuk menggali dan belajar dari proses kreatifnya dalam membuat konten hingga bisa mendulang ratusan ribu follower. Simak tulisan ini sampai selesai, ya.

 

Proses Kreatif @sluggish_journey

 

Proses kreatif anak ke-3 dari 4 bersaudara ini sebenarnya dimulai sejak sekolah. Saat masih masih di SMP dan SMA, Idaa diikutkan pidato dan debat Bahasa Inggris oleh sekolah dan selalu mendapatkan juara atau posisi 3 besar. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan studi pendidikan fisika kelas internasional saat kuliah. Di bangku kuliah, penyuka traveling ini selalu apply opportunities atau scholarship ke luar negeri. Dia pun pernah mewakili Indonesia di ASEAN Model Meeting (AFMAM) di Kuala Lumpur.

 

Cara Idaa Belajar Bahasa Inggris

 

Idaa masih mengingat guru bahasa Inggrisnya yang inspiratif saat SMP sehingga membuatnya jatuh cinta dengan bahasa Inggris. Gurunya itu aktif mengikutkannya berbagai lomba atau kegiatan bahasa Inggris. Di luar jam sekolah Idaa terus belajar bahasa Inggris. Dia senang mengimitasi mempraktikkannya bersama temannya kalimat-kalimat dari film, acara TV, lirik-lirik lagu, dan artikel-artikel yang menggunakan English.

Saat kuliah, Idaa tertarik dengan Kampung Inggris di Kediri. Dia berangkat ke Kampung Inggris untuk mempedalam kemampuannya berbahasa Inggris selama 1 bulan. Kali kedua, Idaa menetap selama 7 bulan di sana untuk belajar sekaligus mengajar. Ketiga kalinya mengunjungi Kampung Inggris, Idaa belajar IELTS. Sampai saat ini pun, Idaa masih terus belajar. Jika menemukan kata baru saat nonton film atau mendengarkan lagu, dia mencatatnya.

Medsos Sluggish Journey

Senang Belajar dan Traveling Membawa Berkah

 

Saat kuliah, Idaa aktif apply pertukaran pelajar yang fully-funded. Setelah kuliah, dia ikut magang selama 6 pekan di Taiwan melalui program yang didukung oleh Kemenpora. Seusai magang Idaa kembali ke Makassar dan menerima tawaran mengajar di Metro School Makassar. Dia mengajar science dengan Cambridge Curriculum pada tahun 2018 – 2022. 

Saat beperjalanan, Idaa menyenangi bertemu dengan orang baru, belajar budaya baru, bersosialisasi dengan lingkungan baru, dan mempelajari bahasa baru. Sejak lama dia memimpikan ke luar negeri entah itu untuk lanjut kuliah atau sekadar jalan-jalan. Karena menyadari keluarganya tidak mampu mendukung secara finansial, Ida makin termotivasi belajar bahasa Inggris.

Saat bekerja di Metro School, mimpi ke luar negeri Idaa wujudkan dengan membuat backpacking trip solo keliling 6 negara ASEAN (Malaysia, Thailand, Singapore, Vietnam, Cambodia, Myanmar). Setelah itu dia mengajak rekan-rekan kerjanya traveling bersama.

 

Pandemi Membawa Berkah

 

Saat pandemi covid melanda, Idaa masih aktif menjadi guru. Usai aktivitas mengajar daring, dirinya mencoba upload konten di Tiktok. Konten pertama diunggahnya pada 15 Agustus 2021. Tak disangka selama 15 hari usai tayang, beberapa videonya fyp (populer) dan followers-nya mencapai angka 10.000. Dia pun memutuskan untuk meng-upload satu video setiap hari sejak saat itu.

Beberapa bulan kemudian, Idaa bergabung di Snack Video dan mendapatkan pemasukan tambahan melalui konten edukasi bahasa Inggris. Jelang 1 tahun ngonten di Snack Video dan Tiktok, Idaa memutuskan mengundurkan diri pada bulan Juli 2022 dari tempat mengajarnya karena merasa lebih cocok dengan aktivitas ngonten dari rumah. Setelah itu, Idaa memutuskan stay dengan ibundanya di Malaysia.

Baru pada Desember 2022, Idaa reupload konten-kontennya di Instagram dan Youtube. Surprisingly, konten-kontennya menuai kepopuleran di Instagram dan follower-nya terus bertambah pesat. Tawaran kerja sama dari dalam maupun dari luar negeri diperolehnya, di antaranya berupa promosi tempat kursus atau aplikasi belajar bahasa Inggris.

Konten-kontennya yang di YouTube juga mulai mendulang banyak views meski perkembangannya tidak sepesat Instagram. Hingga saat ini, akun @sluggish_journey aktif di 4 platform medsos, yaitu Snack video, Tiktok, Instagram dan YouTube.

 

Tips Ngonten Ala Sluggish Journey

Tips Ngonten Ala Idaa The Sluggish Journey

 

Idaa membagikan kiat-kiat ngonten di medsos sebagai berikut:

  • Bangun habit membaca atau kegiatan yang menambah pengetahuan terkait konten yang dibagikan.
  • Consistency is the key to success. Konsistensi akan terbentuk dengan sendirinya jika kita punya goals dan menikmati apa yang dilakukan. Membentuk konsistensi dari sesuatu yang kita tidak sukai itu sangatlah sulit.
  • Menetapkan jadwal posting itu penting agar audience tahu “when to expect our content”. Idaa upload konten di Instagram sekali dalam 2 hari secara konsisten, di YouTube 2x sehari karena masih berusaha membangun channel, di Snack Video 3-5 kali dalam sehari, dan sekali dalam 3 hari di TikTok.
  • Khusus untuk yang ngonten English, untuk mempermantap pronounciation harus banyak mendengarkan podcast atau nonton film English (bukan lagu) karena pronunciation lagu sangat berbeda dengan film atau podcast.
  • Pastikan ketersediaan akses internet cepat. Gunakan fitur schedule di medsos untuk mengantisipasi hal tak terduga.

 

Peran Internet

 

Sebagai pengguna IndiHome, saya merasakan kemudahan membuat konten di blog dan medsos. Terlebih dalam mempelajari konten-konten The Sluggish Journey tidak ada kendala. Lancar buka video-videonya.

Kalian yang ingin menerapkan kiat ngonten ala Idaa, bakal lebih mudah menggunakan IndiHome karena IndiHome senantiasa meningkatkan pelayanannya dan berinovasi. IndiHome memiliki 2 dua fokus, yaitu memberikan layanan terbaik dan ada tanggung jawab broadband, bukan hanya menjangkau perkotaan tapi juga pulau-pulau terluar. Hingga penghujung 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Dengan ini penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97%. IndiHome juga menyasar segmen-segmen add-on sehingga pelanggan bisa menikmati internet lancar dengan harga terjangkau[1].

Jika sering traveling, manfaatkan Wifi.id Seamless sebagai salah satu layanan add-on yang memungkinkanmu internetan di mana saja dengan jaringan Wifi.id di seluruh Indonesia dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps. Hanya dengan Rp10.000 per bulan per perangkat, kita bisa tersambung langsung dengan ribuan titik Wifi.id di seluruh Indonesia tanpa harus memasukkan username dan password berulang kali[2].

Postingan video ini saya buat dengan Canva. Proses download-upload lancar dengan IndiHome.


Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Indonesia, Heri Supriadi, menyebut salah satu inovasi yang dilakukan internet provider ini adalah fixed mobile convergence (FMC). IndiHome akan merge dengan Telkomsel sehingga bergabungnya kedua internet provider ini meningkatkan seamless experience pelanggan di mana pun berada dengan teknologi yang digunakan mengingat banyak konsumen akan menggunakan mobile Telkomsel di luar rumah dan menggunakan fixed broadband lewat wifi Indihome di dalam rumah[3]. Wuih, bakal makin mudah ngonten nih.

Nah gimana? Sudah ngonten atau belajar hal baru? Gunakan IndiHome dong. Jika belum jadi pelanggan, Telkom Indonesia menjajaki lebih banyak pelanggan yang belum terlayani lho. Peluangnya masih  besar karena koneksi internet rumahan masih rendah, di kisaran 15% padahal adopsi internet broadband rata-rata negara di dunia sudah mencapai 40%[4].

Makassar, 2 Mei 2023

Catatan kaki:

[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230429193358-37-433270/jurus-indihome-tingkatkan-kontribusi-untuk-telkom-group, diakses 2 Mei 2023 pukul 9:09.

[2] https://indihome.co.id/addon/wifiidseamless, diakses 2 Mei 2023 pukul 11:00.

[3] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230429193358-37-433270/jurus-indihome-tingkatkan-kontribusi-untuk-telkom-group, diakses 2 Mei 2023 pukul 11:24.

[4] Idem.



Share :

27 Komentar di "The Sluggish Journey: Proses Kreatif di Balik Ratusan Ribu Follower"

  1. Masyaallah produktif banget, sekarang media sosial itu penting apalagi untuk orang-orang yang memiliki skill konten kreator. Keren bisa buat akun youtube dan isinya bermanfaat seperti ini. Butuh proses memang dan sulit buat mempelajari sistem media sosial. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, setuju, Mbak .. Idaa ini keren banget dalam memanfaatkan skill-nya dalam membuat konten.

      Delete
  2. Memang pandemi membawa berkah, semakin aktif untuk memproduksi konten bermancfaat yang dicari. Sekalian belajar dan berbagi ilmu tentang Bahasa Inggris, Pasti abnyak yang terbantu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya yakin banyak yang terbantu. Saya baca banyak yang berkomentar, terbantu dengan konten2 Idaa.

      Delete
  3. Aku pun dari kecil sukaaaaa bgt BHS Inggris. Sampe mimpi2 pengen masuk sastra Inggris. Tapi dilarang papa 😔. Katanya kalo mau belajar bhs Inggris ntr pas kuliah disekolahin ke LN sekalian. Eh beneran sih, mau ga mau jadi kepake bgt BHS Inggris. .

    Keren nih mbanya, bisa konsisten posting. Aku tuh udh niat banget mba, pokoknya mulai bulan ini, bakal konsisten posting di IG, kalo bisa selang seling waktunya. Soalnya mau ngabisin draft juga, dan foto2 biar bisa diapusin hahahahah.

    Kalo blog, ya sudahlah yaaa. Masih konsisten di 2 Minggu sekali itu mah 🤣. Mood nya agak kacau kalo blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Fanny termasuk konsisten lho .. saya salut. Konten blog dan instagramnya sering update ^__^

      Delete
  4. Tips ngontennya bermanfaat banget kak Niar., Thanks jg udh berbagi cerita ttg guru b. Inggris yg inspiratif

    ReplyDelete
  5. Senang sekali kalau ada anak muda yang penuh semangat, ide berbagi konten dan menyalurkan hobi yang menyenangkan ini menjadi langkah awal saling menebarkan kebaikan. Dengan internet cepat, maka semua bisa dilakukan dan menyebarkan manfaat yang lebih luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manfaat luas, makin banyak yang mendapatkannya maka makin banyak pula follower-nya, Mbak Len. Saat ini sudah 830-an ribu follower Instagram Idaa. :)

      Delete
  6. Selalu senang melihat konten-konten kreator yang banyak follower bukan hanya karena kontennya viral saja, namun juga isi kontennya bisa bermanfaat buat orang banyak.
    Aku juga sering kepoin akun Instagram Ida. Dan dia orangnya memang super dan pembawaannya dalam mengajarkan bahasa Inggris juga santai tanpa menggurui, sehingga cocok banget buat orang yang suka belajar bahasa Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yumna pun merasakan ya asyiknya belajar bahasa Inggris melalui konten-konten Idaa ^__^

      Delete
  7. Konsisten posting ini yang masih susah diikuti. Hehehe...
    Saya baru tahu konten Ida ini. Penasaran dan pengen kepoin jadinya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Okti mah konsisten update blog dan medsosnya :)
      Yuk belajar sama-sama melalui konten Idaa :)

      Delete
  8. Kerennya semua content kak idaa gak bakalan buffering kalo pake IndiHome.
    Memang IndiHome membantu banget semua kebutuhan penggunaan internet kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya, cocok banget menyimak konten2 Idaa dengan IndiHome, Mbak :)

      Delete
  9. Wahh saya bakalan cocok nih sama Ida dan Mba Niar. Kita sama-sama suka bahasa inggris.
    Merasa excited kalo tau slang-slang inggris yang biasa dipake di kehidupan sehari-hari.
    Dan punya mimpi traveling ke luar negeri, terutama yang ada bulenya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belajar banyak dari Mbak Vivi dan Idaa ... persamaannya hanya di "sama-sama suka " saja tetapi beda jauh dalam kompetensi berbahasa Inggris :)

      Delete
    2. Saya juga gak segitunya lho mba Niar....
      Nulis tentang english di blog juga masih buka catatan dan contekan sana sini.

      Delete
  10. Masya Allah, keren sekali. Aih, Acha jadi ingin ikut follow akunnya juga nih. Betapa keberadaan internet tuh banyak membuka jalan menuju kesempatan-kesempatan selama tetap konsisten ya, Bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk sama-sama belajar, Cha ... internet saat ini - khususnya IndiHome, memadai banget buat belajar banyak hal dari rumah :)

      Delete
  11. Konsisten bener-bener kunci dari segala kesuksesan! Waduh makasih banget mbak udah mau sharing hal-hal bermanfaat dibalik ramenya konten!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes .. consistency is the key :)
      Terima kasih juga Mbak Mia :)

      Delete
  12. Internet kalau digunakan untuk hal positif pasti ada saja gunanya utk kita ya mbak. Misal konten bahasa Inggris jadi buat kita makin luwes ngomong English.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, Mbak Maria. Kita jadi semakin pintar ya, walau belajarnya dari rumah saja.

      Delete
    2. Benar banget, Mbak Maria. Kita jadi semakin pintar ya, walau belajarnya dari rumah saja.

      Delete
  13. MasyaAllaah keren banget ih, jadi pengen ikut follow juga kak Niar hahaha. aku juga banyak belajar online selama 2021- 2023 ini.. bener2 bergantung sama internet jadinya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^