Cerita ABG Masa Lalu: Reuni

Cerita ABG masa lalu saya adalah kehidupan “linier” yang bahagia. Saya beruntung tak pernah ada hal-hal yang menyimpang dari batas-batas norma susila yang saya alami ataupun saksikan.

Mengenang masa remaja, sekali lagi – saya merasa amat beruntung. Dulu belum ada istilah HP atau gadget. E-mail saja belum populer. Ada juga sih  cerita penyimpangan susila, tapi tak sebanyak sekarang. Rasanya, masa-masa itu kehidupan remaja lebih bersih daripada sekarang.

Siang itu di inbox saya masuk pesan dari Rina - seorang sahabat masa SMA. Mengabarkan akan diadakannya acara reuni pada keesokan harinya di sebuah resto yang berada dalam sebuah hotel berbintang di Makassar. Reuni disponsori Wanti yang disapa “ibu bup” oleh teman-teman.
Sudah lama sekali saya tak bertemu teman-teman SMA. Sesekali terpikirkan untuk mengulang cerita ABG masa lalu kami dalam sebuah pertemuan. Pasti seru interaksi yang bakal terjadi.

Maka keesokan harinya saya pergi bersama Rina. Sebelum masuk ruangan yang disewa, kami bertemu Wafir. Waah dari jauh sudah ketahuan saja kalau itu Wafir, cara berjalannya masih seperti dulu.

"ABG masa lalu" kelas Fisika 2 SMADA Makassar (1989 - 1992)
Foto-foto: Rina, Wafir, dan Diana
Saya tak ikutan makan karena sedang puasa. Bukan puasa sunat lho ya. Kalau puasa sunat kan harus batal ya kalau ada acara makan-makan. Ini puasa yang harus dilakukan. Teman-teman pada tidak enak sendiri, berulang kali “menyayangkan” sampai-sampai saya perlu “mengeluarkan ancaman” dengan mengatakan, “Kalau disebut-sebut terus Saya pulang saja. Kalian makan saja, buat Saya yang penting bisa bertemu Kalian.”

Dulu, kami tak pernah ngobrol seseru ini. Karena kelas Fisika 2 zaman itu adalah kelas yang antara murid lelaki dan perempuannya “haram” terjadi percampurbauran. Maklum saja, sebagian lelaki baru belajar melaksanakan Islam secara kaffah sementara di antara kami yang perempuan ini, baru satu orang yang mengenakan jilbab. Dibanding anak-anak lelaki, anak-anak perempuannya jauh lebih ribut dan usil.

Maka sering sekali anak-anak perempuan melihat gelengan kepala beberapa anak lelaki yang mengucap istighfar karena keriuhan anak-anak perempuan. Pada beberapa kejadian, anak-anak lelaki itu menyingkir dengan begitu frontalnya bila berpapasan dengan anak perempuan di selasar sekolah, ada yang mengusap-usap lengannya seolah mengeluarkan kotoran. Biasanya setelah menerima perlakuan itu, kami berkumpul membahas itu, menyatakan ketersinggungan kami sekaligus tertawa keki. Sungguh ceritaABG masa lalu yang unik dan seru. Beberapa anak perempuan terkadang membalasnya dengan sengaja menyenggol balik anak lelaki yang saklek itu.

Sebenarnya tak semua teman lelaki se-saklek itu. Beberapa di antaranya terlihat “jaga image” sementara beberapa lagi (cuma sedikit) yang sikapnya terhadap kami tetap biasa.  Saat ini saya bisa memaklumi kejadian-kejadian saat itu. Mereka yang baru belajar Islam banyak yang berlaku seperti itu. Padahal teman-teman perempuannya yang kebanyakan tak berjilbab butuh waktu untuk mengupayakan jilbab sebagai pakaian mereka. Karena saat itu jilbab merupakan barang aneh bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Apapun yang pernah terjadi, kenangan manis ataupun kenangan menjengkelkan, kali ini lebur begitu saja di pertemuan itu. Kami bisa bercanda dan tertawa bersama dengan cara yang jauh lebih dewasa dibanding dulu. Saling meledek juga masih ada, tanpa canggung. Teman-teman masih kelihatan sama dengan waktu SMA (tahun 1989 – 1992) dulu, hanya ada yang lebih gemuk, lebih kurus, dan lebih beruban. Ada yang sudah beranak 3, ada yang baru beranak 1, ada yang baru mau nikah, dan ada pula yang belum bersua jodohnya. Sementara cerita ABG masa lalu itu, tinggal kenangan manis yang menetap di memori kami.

Makassar, 9 November 2013

Artikel ini turut mendukunggerakan PKK Warung Blogger
(sebuah gerakan tulus untuk menggusur tulisan-tulisan nakal memakai kata kunci CERITA ABG)



Share :

56 Komentar di "Cerita ABG Masa Lalu: Reuni"

  1. akuh pengen reuni sama temen2 hhehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reuniannya nanti2 saja Jiah *loh?*
      Hehehe ... maaf ... ayo reunian *hihi bingung balas komennya*

      Delete
  2. Terima kasih sudah turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger

    artikel sudah tercatat sebagai peserta

    ReplyDelete
  3. Sayang sekali lg puasa ya mbak.. Klo saya mah pasti langsung minta bungkus, bawa pulang (istigfaaaar...) xixixi...

    ReplyDelete
  4. ... hehehe thanks Niar ... memang kalo penulis handal bagus kata-katanya ... ... by the way gimana sarabbanya ??? kalo udah ketagihan hubungi saya yaa ... hahahaha .... (He-man)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah baru ingat He-man ... Hendra Lesmana punya nick name hehehe. Sarabbanya enak sekali. Kontak Hendra kalo mo pesan lagi ya? Oke deh :)

      Delete
  5. ada laki2 yang JaiM alias jaga image wah Aku Bangeets Gitu -ABG-
    89 itu masih ngedot tanteee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kk Topics ini jaim juga? hehehe
      Masih ngedot tahun segitu? Wih :D

      Delete
  6. masyalloh begitu bahagianya bisa berbincang dengan teman lama dalam acara yang begitu spesial

    ReplyDelete
  7. Reuni memang asyik, mengingat masa2 muda dulu, tapi juga banyak pelajaran hidup yg kita dapat dari cerita teman lama ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita lama dan cerita sekarang, sama2 banyak pelajaran hidupnya mbak. Ada yang lucu ada yang bikin mesem2 dan ada yang bikin terenyuh :D

      Delete
  8. reuni itu bikin keki ya mbk,naa nggak bungkus aja....^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama sekali gak keki koq mbak. Saya tahunya dari kemarinnya koq, sudah tahu malah puasa. Ya gimana .. hari itu memang harus puasa :D

      Delete
  9. wah, pantesan aja akhir2 ini aku nemuin kata kunci cerita ABG, ternyata ini idenya warung blogger toh

    ReplyDelete
  10. Kadang-kadang acara reuni itu memang sangat menyenangkan. Bisa melepaskan kerinduan dengan teman lama.
    Namun, kadang-kadang acara reuni itu menyebalkan. Karena ajang kumpul-kumpul sudah berubah menjadi ajang pamer kesuksesan. Just my opinion bu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah yang ngumpul2 kemarin tidak ada yang suka pamer. Mudah2an kalo reunian berikut lagi, tidak ada yang pamer2 di depan teman2 :D

      Delete
  11. jadi ingat, beberapa bulan yg lalu teman2 SMA-ku juga mengadakan reuni-an. Sayang saya gak bisa ikutan. pasti seru berjumpa lagi dengan teman2 lama dalam masa dan kondisi yang berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, belum paki di Makassar waktu itu :)
      IYa .. seru memang, seperti bertemu orang2 yang sama tapi berbeda :)

      Delete
  12. Semoga apa yang telah dicanangkan oleh Warga Warung Blogger dalam program PKK ini, memberi dampak positif dan terwujudnya apa yang telah dicita-citakan, dan pastinya niat dan tindakan positif bakal mendapat balasan dari yang Maha Kuasa. Amin ya rabbal alamin...

    SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
    Keluyuran | Makan | Jalan-Jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berdampak positif. Kalaupun tidak, sepertinya diadakan lagi event serupa ini ya mas :)

      Delete
  13. seru juga ya reuni kalo udah pada berkeluarga semua,,

    ReplyDelete
  14. makasih yachh niar, menarik skali tulisanx, pengen juga bisa nulis seperti ini. Sayang yah.. kemarin qt ketemuanx cuman sebentar, sy blom cerita apa...., padahal klu sy ikut cerita bisa jadi bbrp seri nih tulisanx. dan mohon maaf juga yah kemarin itu sy asyik2x aja makan di depan niar, soalx sy tdk tahu....klu niar lagi puasa. Smoga qt bisa reuni kembali dan lebih bny waktu tuk berbagi cerita (Diana)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya sudah mampir di sini Diana. Kayaknya cari2 ide dulu, mau nulis apa ... yang tidak terlalu panjang di sini :)

      Ndak apa2 koq, tidak perlu minta maaf. Yang penting bisa ketemuan teman2 kan? ^__^

      Delete
  15. Reuni itu memang seru ya mbak...nostalgia masa-masa ABG dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ... seru melihat wajah dan bahasa tubuh yang sama tetapi berbeda *istilah apa itu* :D

      Delete
  16. Reuni itu emang seru yah. Saya jg ada tuh tmn cowok yg ky gt, nyebelin hihihi. Taunya skarang sm2 aja heu :D

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillaah..., para ABG masa lalu bertemu dalam sebuah ajang yang bernama reuni ya, Mbak. Hmmm.... serunyaaa.... Semoga setelah reuni silaturahim semakin terjalin dengan baik ya, Mbak.

    ReplyDelete
  18. Seruuu Mugniar, san salut buat keteguhan Mugniar melaksanakan puasa biarpun godaan makanan ada sejuta...hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiih mbak Irma ... biasa saja koq itu, memang seharusnya begitu kan :)

      Delete
  19. Alhamdulillah, bersyukur jalinan silaturahmi yang sudah dijalin lama itu tetap terpelihara. Mudah-mudahan langgeng terus ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin .. mudah2an demikian ya mbak Irma. Terimakasih dah mampir mbak :)

      Delete
  20. aku suka reuuuuuniiiiiii.... :D

    ReplyDelete
  21. Niar...usul...bikin lagi cerita pr skema pspb...trus ulangan lisan pmp...trus malam menjelang ebtanas...akrab sm tentor2 bimbel sampe makan ikan ke empang...bimbingan di pak anton dgn nilai "ajaib" dan istilah "pemain kampungan" :D -9-

    ReplyDelete
    Replies
    1. BAnyak mi yang saya lupa. Nine masih ingat? Mungkin kapan2 pi saya gali dari Nine di'? :D

      Delete
  22. Yaa bersyukur diberi umur yg lebih panjang jk wkt digunakan utk kebaikan, semakin tua semakin bijak, intinya yang tua sebaiknya berbagi pengalaman kepada yang muda agar segala cara yg pernah qt lakukan wkt masih mudah ( kurang berkenang ) bs lebih bijak. Apa yg dialami di Fisika 2, ternyt tetangga kelas jg alami. He..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ini anak Fisika 1? Lupa tulis nama?
      Makasih ya sudah kasih komen :)

      Delete
  23. Puasa wajib yang ada di luar bulan ramadhan apa ya? *kepo

    ReplyDelete
  24. Artikel yang bagus sekali, semoga cerita abg nya masuk di pejwan. Salam kenal aja ya?

    ReplyDelete
  25. cuaca dingin begini asiknya baca-baca informasi bermanfaat yang seperti ini dulu, terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  26. aku jadi kepingin ajak teman temanku reunian lagi mbak...

    ReplyDelete
  27. Aswrwb, Masa Lalu adalah Kenangan, Masa Kini adalah Kenyataan, Masa Depan adalah Misteri, Terimakasih untuk teman2 cewek yg mau belajar dari teman2 cowok, kalo reuninya di Pulau Jawa apa ada yg bisa datang? Salam utk RESPECT 2 SMADA, {yre}

    ReplyDelete
  28. Cerita yang sangat bermanfaat..
    semoga sukses

    ReplyDelete
  29. hhaha... sy masih balita kita abg mi...

    ReplyDelete
  30. Kapan ya ada kelanjutan Program PKK kembali... Setelah Cerita ABG, Prediksi Jitu, kira2 Apalagi yach ?? Ada saran nggak Mbak ?? :) Ntar kalo tebakannya tepat bakal dapat Suprise dari Ane.. hehehe :D

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
    Si Blogger yang Doyan Nongkrong di Tempat Karaoke he :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^