Strategi Pemasaran Produk di Instagram, Agar Populer Gunakan Juga Rajakomen

Strategi Pemasaran Produk di Instagram Agar Populer, Agar Populer Gunakan Juga Rajakomen – Kalian yang sudah memiliki akun Instagram bagi bisnis kalian pasti senang mengetahui hasil riset dari Impact BND yang menyatakan bahwa 72% orang memutuskan membeli produk setelah melihatnya di Instagram!

Dengan adanya akun Instagram, kalian punya peluang untuk memenangkan loyalitas pelanggan ataupun mengenalkan produk kepada orang-orang yang belum mengetahuinya melalui Instagram. Tahu kan, Instagram sudah seperti Google search engine saja, di mana banyak orang mencari produk atau informasi yang diinginkannya melalui Instagram.

Strategi Pemasaran di Instagram

Saya yang manusia generasi X pun pernah melakukannya beberapa kali. Rasanya jadi lebih yakin ketika mendapatkan apa yang saya cari memiliki akun yang berisi banyak postingan yang mampu menginformasikan dengan detail terkait produk yang saya butuhkan itu.

Kalian yang berasal dari generasi Y dan Z saya kira demikian, ya. Kebiasaan gen Y dan gen Z nih, makanya sampai 72% persen orang “menyandarkan” keputusannya pada Instagram. Kalau saya, mikirnya simple saja, jika saya tak menemukan website dari produk yang saya cari maka saya mencarinya di Instagram.

Terkadang malah walaupun sudah mendapatkan website-nya, saya masih tetap mencari akun Instagramnya agar mendapatkan gambaran visual yang maksimal dari barang yang saya cari. Tetap ya, “kepuasan” mata itu memegang peranan penting dan Instagram menyediakannya.

Zaman now sih yaa, justru aneh lho kalau ada brand atau produk yang dipasarkan tanpa menggunakan Instagram. Sayang sekali sebenarnya soalnya data dari Napoleon Cat, hingga Desember 2022 jumlah pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 97,17 juta. Potensi di digital marketing Instagram besar, kan buat jualan Gaes[1].

Memiliki akun Instagram untuk bisnis dan mengelolanya dengan baik sangat memadai untuk memenuhi tujuan marketing. Tujuan yang dimaksud adalah untuk memperkenalkan produk, entah itu berupa barang ataupun jasa kepada masyarakat Indonesia atau calon konsumen yang sesuai dengan target pasar.

Kelebihan dan kekurangan pemasaran online dan offline tentunya ada ya. Jangkauan pemasaran online tentunya luas namun demikian rentan terjadi penipuan karena tidak bertatap muka. Sebagai pelaku bisnis, tidak perlu khawatir karena niat tulus memberikan yang terbaik diiringi dengan strategi pemasaran melalui media sosial Instagram bakal membuat pelangganmu makin loyal, bahkan berpotensi menarik pelanggan baru, setidaknya brand awareness terbangun.

Agar penggunaan Instagram maksimal dalam penggunaanya, lakukan strategi pemasaran produk di Instagram sebagai berikut:

 

1. Optimasi Akun

 

Pastikan sudah menggunakan akun Instagram bisnis karena pada akun bisnis tersedia fitur-fitur unggulan yang tak ada pada akun pribadi. Misalnya, terdapat fitur kontak. Selain itu ada juga fitur insight untuk menganalisa engagement, kunjungan, dan rencana strategi konten berikutnya. Gunakan foto profil dan logo brand dengan deskripsi yang singkat dan jelas terkait bisnis. Cantumkan CTA (call to action) agar orang tahu bagaimana cara menghubungi admin secara cepat.

 

2. Konten yang Menarik

 

Content is king untuk sebuah akun bisnis. Tentunya konten yang menarik dengan strategi konten Instagram. Bukan hanya konten produk yang hard selling, manfaatkan semua jenis konten berupa multiple photos, video atau reels. Buat juga konten edukatif atau informatif, hiburan atau humor, tutorial, dan “behind the scene”.

Manfaatkan juga fitur highlight, story, live. Lebih bagus lagi jika ada guidelines yang menjadi patokan dalam membuat konten yang berkualitas. Gunakan hashtag-hashtag yang relevan baik di feed maupun di story. Upload konten di waktu-waktu terbaik secara konsisten.

Terkait konten, perlu juga membuat guideline terkait engagement untuk menentukan bagaimana sebaiknya admin dari akun bisnis berinteraksi dengan akun lain di Instagram, mulai me-like, menjawab komentar yang masuk, membalas direct message, hingga berkomentar di postingan akun lain.

Strategi Konten Instagram

3. Kreatif

 

Gunakan kreativitas dalam dalam mengedit gambar, foto, dan video reels. Gunakan pula  filter yang menarik yang cocok dengan tema feed. Buat caption dengan kreatif, dengan gaya bahasa seolah sedang bercaka-cakap. Lakukan riset singkat, bisa dengan googling mencari informasi yang sesuai dengan gambaran visual yang akan ditayangkan. Gunakan emotikon bila perlu.

 

4. Kerjasama dengan Influencer

 

Ada 3 jenis influencer yaitu nano influencer (follower-nya < 10.000 akun), micro influencer (follower-nya 10.000 – 100.000 akun), dan macro influencer (follower-nya >100.000 akun). Sesuaikan budget dengan fee influencer yang jasanya akan dipergunakan. Bagi pemilik UMKM jangan khawatir, ada influencer yang bersedia membuat postingan endorsment full barter saja.

***

Dengan menjalankan semua strategi promosi online dan offline, diharapkan engagement di dunia nyata dan di media sosial meningkat dengan signifikan. Jika perlu, gunakan pihak ketiga seperti Rajakomen untuk like dan berkomentar. Meningkatnya engagament rate (ER) di Instagram akan membuat akun pemilik bisnis berpotensi menjadi lebih populer sehingga brand atau produk yang dipromosikan akan lebih mudah dicari karena memiliki ER yang tinggi.

Rajakomen.com dari PT. Media Promosi Online merupakan perusahaan periklanan untuk membantu para pelaku bisnis di Indonesia dalam menjalankan strategi pemasaran online-nya sebagai cara menarik konsumen di Instagram.

Tidak sepenuhnya susah, jangan digampangkan juga. Jalankan secara secara perlahan, optimis bisa. Yuk komen yuk yang sudah melaksanakan langkah-langkah di atas.

Makassar, 25 Februari 2023



[1] https://dataindonesia.id/Digital/detail/indonesia-miliki-9717-juta-pengguna-instagram-hingga-akhir-2022, diakses 25 Februari 2023, pukul 12:18. 



Share :

1 Komentar di "Strategi Pemasaran Produk di Instagram, Agar Populer Gunakan Juga Rajakomen"

  1. Setuju banget. Sekarang patform yang pertama kali dilihat ketika mau membeli barang adalah instagram. Jadi penambah kepercayaan juga lo

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^