Laptop Idaman Emak (yang Sok) Aktif

Jangan anggap remeh ibu rumahtangga. Ibu rumahtangga memang sehari-harinya aktif dengan pekerjaan rumahtangga. Ungkapan kasarnya: tak jauh-jauh dengan urusan sumur-dapur-kasur, mulai dari terbit matahari hingga terbenam matahari.

Namun ibu rumahtangga yang (sok) aktif menulis seperti saya ini, pikirannya juga aktif. Coba saja tanya pada kawan-kawan di Kumpulan Emak-Emak Blogger, mereka pasti membenarkan pernyataan saya ini (bilang iya ya Maak kalo ada yang nanya, pliiiis).

Walau setiap hari dikelilingi dengan keribetan mengurus ketiga buah hati, dan pekerjaan rumahtangga yang tak ada habisnya, pikiran saya aktif menjelajah. Menembus batas dunia, juga merasuk dan meresapi kedalaman batin (tsaah).


Pikiran yang menggurita, cocok tidak ya dengan istilah "mind mapping"?
Walau fisik tenggelam dalam rutinitas kerumahtanggaan sehari-hari, pikiran
bisa berkelana menembus batas
Status facebook pun ikut dalam "gurita pikiran"
Bukannya sok ya, mencoba membiasakan diri aktif menulis, membuat kadang-kadang saya merasa kepenuhan ide. Pikiran seperti menggurita ke sana ke mari. Sementara saya kesulitan untuk langsung menjadikannya tulisan karena masih terlibat dengan aneka urusan rumahtangga. Karenanya saya berkhayal, “Betapa indahnya dunia bila bisa punya satu lagi laptop yang bisa mengetikkan langsung apa yang Saya perintahkan melalui suara!” Sambil nyeterika, sambil memerintahkan laptop buat nulis, sambil cuci piring sambil menyelesaikan sebuah tulisan. Asyik ya bisa jadi emak super aktif (itu sih namanya OCD – Obsesive Compulsive Disorder alias obsesif berlebihan terhadap sesuatu yak J).

Bersyukur sekali dikaruniai kemampuan multi tasking oleh Allah, urusan rumahtangga bisa disambi mencari penyelesaian beberapa rencana tulisan yang akan dibuat sekaligus mengecek PR anak-anak sambil merenungi apa saja kekurangan saya, pelajaran apa saja yang bisa saya petik dari aneka berita di televisi dan dari kejadian-kejadian di sekeliling saya. Biasanya tiba-tiba terbetik ide untuk menulis status facebook atau tweet.

Daftar tulisan saya di web lain (ada di page "Jejak Lain" di blog ini).
Ehm, cukup aktif kan saya? J
Mungkin bagi sebagian orang konyol ya, status facebook saja sampai sebegitunya dipikir. Soalnya saya berusaha untuk tak asal menuliskan sesuatu bahkan status facebook sekali pun (gaya ya ha ha ha. Bukan begitu, namanya belajar menulis, status facebook pun mesti diseriusi) . Jika bisa, saya ingin ada sedikit manfaat dari tulisan yang saya bagi walaupun di media sosial.  Entah itu informasi atau hasil olah pikir dan olah rasa saya. Kalau sudah begitu, pingin sekali seketikan bisa memerintahkan laptop untuk menuliskan sekaligus mempublikasikannya. Asyik sekali kalau secara nirkabel (wireless) bisa memerintahkan komputer menuliskan sesuatu sambil beraktivitas (plak!!! Asal tak ada tetangga yang melihatmu, kau bisa dituduh gila karenanya. Khayalan yang sungguh terlalu). 

Kedengaran gilakah ide ini? Ho ho tidak. Teknologi “speech recognition” yang bisa memindahkan suara menjadi bentuk tulisan itu sudah cukup eksis di tahun 90-an lho. Saya pernah melihatnya dalam bentuk sederhana sekitar tahun 1997. Saat ini ada aplikasi android untuk memerintahkan gadget mengetik SMS namun konon kosa katanya masih terbatas.

Ulah Afyad, membuat isi dalam 3 folder menjadi puluhan, entah bagaimana
di folder lain
Bila speech regognition tak berhasil
Sumber: www.limebridge.com.au
Speech recognition juga digunakan oleh penyandang disabilitas dalam penggunaan komputer (semisal untuk membalas e-mail) dan terdapat pada sebuah aplikasi yang bisa menerjemahkan pidato dalam bahasa Inggris ke bahasa Mandarin secara real time. Sudah pula digunakan dalam bidang medis, militer, dan game.

Eh, pada sistem operasi Windows 7 juga sudah ada lho. Tekan tombol Windows lalu pada kotak search di Start Menu ketik “speech recognition” dan seterusnya, ada tutorialnya di dalam. Untuk pengembangan teknologi perangkat lunak dalam bahasa Indonesia, setahu saya masih terus dalam penelitian. Naah, bukan tidak mungkin kan kalau suatu saat nanti ada aplikasi yang bisa mengerjakan pemindahan suara ke bentuk tulisan menggunakan bahasa Indonesia ke dalam aplikasi pengolah kata di komputer bersistem operasi Windows yang banyak digunakan seperti MS Word. Kalau ada, pasti para blogger yang duluan memborongnya ya.

Acer Slim E1, sumber: www.acerid.com
Saya berkhayal bisa nyambi menulis di ruangan-ruangan ini
menggunakan teknologi speech recognition yang wireless J
Untuk khayalan yang super ini, saya tentunya butuh laptop sendiri mengingat saat ini laptop kesayangan masih dipakai borongan dengan anak-anak (ceritanya bisa dibaca di sini). Namun mengingat dalam waktu dekat tak mungkin mewujudkan keberadaan aplikasi demikian, maka dengan mengetiknya secara manual tak apalah, asalkan saya bisa menggunakan laptop dengan cepat.

Yang mana lagi yang bisa digunakan semudah itu, kalau bukan si super ramping Acer Slim Aspire E1 yang didukung performa Intel® Processor di dalamnya. Performa ini menjadikannya notebook dengan kinerja prosesor yang lebih baik namun dengan harga yang tetap terjangkau.

Acer Slim Aspire E1 series, body-nya 30% lebih tipis dan 15% lebih ringan di kelasnya. Pasti enteng membawanya ke mana-mana. Keberadaan DVD RW dan fitur konektifitasnya yang terdiri atas USB 3.0, BT, dan Wi-Fi bakal sangat memudahkan saya dalam melakukan proses pengolahan dan transfer data. Bisa amat efektif dan efisien menggunakannya untuk aktifitas menulis dan blogging di sela-sela keribetan urusan rumahtangga.

Affiq memasukkan gambar Terrence Angry Bird ke dalam game Puzzle Express
Dengan tampilan grafisnya yang tajam, didukung oleh kartu grafis Nvidia® GeForce® GT720M dengan kapasitas sebesar 2GB, kemampuan Acer E1 Slim Series ini tak diragukan lagi digunakan bermain game atau sembari menjalankan online shop.

Laptop yang sekarang digunakan keroyokan. File-file kami di dalamnya sudah mulai berdesak-desakan. Sangat urgent untuk disalurkan kepada laptop lain untuk berbagi beban. Baru-baru ini si bungsu Afyad bikin ulah, ia membuat beberapa file “terkloning” menjadi puluhan file lagi. Lalu setelah itu si sulung Affiq menambahkan gambar-gambar baru ke dalam game Puzzle Express. Ck ck ck, keadaan si laptop semakin mencemaskan jadinya. Kalau diukur-ukur tingkat kegentingannya sudah siaga satu (ukurnya pake apa, bu?).

Asli … mupeng sama Acer E1.

Makassar, 14 November 2013


Referensi:

  • http://www.acerid.com/2013/10/acer-aspire-e1-470-series-review-laptop-yang-30-lebih-tipis-di-kelasnya/
  • http://adidesu.wordpress.com/2012/10/14/teknologi-speech-recognition/
  • http://ekojihadsaputra.blogspot.com/2012/10/teknologi-speech-recognition.html
  • http://rahmatseptian.wordpress.com/2011/01/21/techno-speech-recognition-input-via-suara/
  • http://www.beritateknologi.com/microsoft-research-mendemokan-penerjemahan-pidato-realtime-menggunakan-suara-asli-dari-bahasa-inggris-ke-mandarin/
  • http://www.windowsobserver.com/2010/08/26/access-speech-recognition-tutorial-in-windows-7/

Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia


 bannerlomba30hariblogchallenge


Share :

92 Komentar di "Laptop Idaman Emak (yang Sok) Aktif"

  1. IRT memang TOP BGT, hidup IRT makk..gudlak

    ReplyDelete
  2. berkhayal ... bisa nulis sambil masak... n nyuci piring ya mak... h... , pokoknya harus dapat yang slim deh... he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak .. asyik kan, bisa selesai cepat semuanya. Bisa pula bikin banyak tulisan *eh bukannya jadi obsesiver compulsive disorder yak hihihi*

      Delete
  3. Saya Selalu ingin belajar dari emak multitasking. Karena kadang saya baru anak 2 aja merasa ku rang waktu untuk melakukan activitas yg saya suka contohnya nullis dan nullis status (hehe). Sukses ya mak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua emak, saya kira ditakdirkan untuk multi tasking hanya kita perlu membiasakan diri saja Mak. Kalo tidak multi tasking, repot jadinya. Sukses juga ya :)

      Delete
  4. Aah kata siapa?? ini beneran emak aktif... liat aja tuh ide-idenya menggurita.. ilustrasi keren, ikut lomba positif banyaakk.. saluutt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah? *senyum2* punyamu juga keren Mak. Sukses yaa :)

      Delete
  5. wah seandainya laporan2 saya jg bisa saya kerjakan pake speech recognition ... huaaaa asik pasti

    ReplyDelete
  6. Speech recognition memnga mempermudah kita dalam hal bekerja, apalagi dalam mebuat laporan dan menerimanya untuk lebih cepat masuk dalam hal pembahasan, karena fasilitas yang dibutuhkan dengan cepat di fungsikan di dalamnnya.


    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an ada yang bisa begitu ya mas .. pasti mempermudah MAkasih :)

      Delete
  7. Kederrr dah sama tulisannya Mbak Niar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh diriku keder sama tulisan mbak Efi koq :D

      Delete
  8. Emak-emak memang kudu aktif Mak Mugniar. Bisa-bisa waktu 24 jam sehari nggak cukup rasanya, :) good luck ya mak, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinginnya 40 jam sehari Mak :D Gutlak juga ya :)

      Delete
  9. Komplit banget, maaak... smapai dapur dan ruang nyetrika diajak pula. xixi

    ReplyDelete
  10. Sampai sekarang saya belum memanfaatkan FB sebaik mungkin, termasuk nulis status. Daripada mantengin FB mending saya ngedraft :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy tidak tiap hari nulis status Mak. Sy tidak pantengin Beranda FB lagi sekarang, setuju sih .. mending ngedraft tulisan ya ? :)

      Delete
  11. luengkap maaakk niar ^^ saya jadi pengen juga leptop yg kita bicara udah langsung tertulis gitcu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari berdoa Mak. Kalo ada yang beginian, para emak blogger ini sangat diuntungkan ya :)

      Delete
  12. Mak Mugniar sangat layak dapat notebook keren ini. Sukses, Maaaak. :)

    ReplyDelete
  13. Khayalanya sama Makkkkk !!!

    Sukses ngontesnya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khayalan emak2 multi tasking ya Mak :D
      SUkses juga buat Mak Lies :)

      Delete
  14. mind mapping-na kereen ih...aplg slideshow foto2 terakhir.. jempol deh :)

    ReplyDelete
  15. pada rempong tentang si tipis acer nih yee...

    tante mesti ga ketinggalan

    ReplyDelete
  16. sumpah niat banget mbak mugniar sampek obrak abrik speech recognition, hehe

    semoga impiannya terwujud mbak, dan dapet si tipisnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga usaha, Imam :D Aamiin makasih yaa

      Delete
  17. ya ampun mbk niar,keren baaget sih kalo ngulas itu..ini mah bukan emak yang sok produktif,tapi bener2 produktif..keren!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah saya koq merasa sok ya mbak, coba2 ngulik itu ... -_-

      Delete
  18. Tulisan emak yg satu ini emang top pokoknya,sukses ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Fadlun bisa saja ... mak Fadlun lebih keren koq ^__^ SUkses juga ya mak :)

      Delete
  19. Haduh mak keren abis tulisannya...hiks..malu dengan tulisanku yang acak kadul nggak jelas..sip...apapun partisipasi yo mak..semoga sukses kontesnya...:)
    silahturahmi terjalin melalui si tipis..salam kenal yah mak

    ReplyDelete
  20. setuju mak..profesi ibu rumah tangga emang nggak bisa diremehkan. justru itu adalah profesi yang membanggakan dan sibuknya emang nggak ketulungan..goodluck ya mak, semoga menangin leptopnya:)

    ReplyDelete
  21. Soal review sih, Mak Mugniar salah satu jagoannya lah ;). Btw, soal status di Facebook, sama dengan dimari, Mak. Saya pun, mesti lho itu minimal 10 paragraf hahahaha. Namanya anak teknik ya, khayalannya canggih-canggih hihihi. Bikinin dong itu si 'speech recognition'. Di kampus saya Mak ada nih lab khusus untuk recognition ini ;). Tapi tak hanya suara, gambar juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah lebih jago Mak Jihan :)
      Haha iya kalo status FB ... saya mengakui statusnya Mak Jihan :)

      Waaah salah kalo minta sama saya, anak IT tuh yang jagonya :)

      Delete
  22. idenya benar-benar menggurita mak.... Semoga sukses ya.

    ReplyDelete
  23. Gurita pikirannya keren banget Mak..
    Sepertinya si acer slim itu cocok juga buat Mak Niar ya?

    ReplyDelete
  24. kak niar komplit amat, memang ibu rumah tangga yg produktif, smoga berjodoh dengan acer slimnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tia juga produktif ... aamiin moga Tia menang juga ya :)

      Delete
  25. Mantaaap mak tulisan nya....semoga menang ya....:)

    ReplyDelete
  26. kerjaan rt beres nulis beres ya mak klo pak esi acer..

    ReplyDelete
  27. Waah fotonya bisa gonta-ganti gitu yaa...
    Pikiran guritanya oke, Mak... Kenapa ya pikiran emak2 suka menjalar begitu? Hihi
    Gut lak buat ngontesnya, Mak ^_^

    ReplyDelete
  28. Nyambi nulis sama masak seperti aku ya mak, dan krn asyik sampe gosong masaknya, krn notebooknya nggak bisa dibawa-bawa sih hihi. Good luck mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya lebih konsen dengan tulisannya ya Mak daripada masakannya hihihi. Good luck juga ya Mak :)

      Delete
  29. Mindmapingnya kereen Mak,...sukses yaa...

    ReplyDelete
  30. mantap ulasannya. ah, jadi minder ini. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih emak2 hebat pasti menulis dengan cara2 keren yang berbeda2 ... masa minder, jangan doong ^_^

      Delete
  31. komplit, Mak. Sy jg berharap bs bernotebook di tempat setrikaan :D

    ReplyDelete
  32. Woaaaaa....tulisan mbak niar keren bangeeeeeeeet
    *mlipir di pojokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah tulisan mbak Ecky lebih keren deh *ikut mlipir di pojokan*

      Delete
  33. super sekaliiii! *ampe bingung mau komen apa,
    #heuheu

    ReplyDelete
  34. speech recognition.. baru denger dimari..jiakakak..

    ReplyDelete
  35. mau nambahi mak...istri itu aktif sebelum terbit matahari hingga terpejamnya mata suami...xixixi tapi joss gandos tulisannya. sukses mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih begitu ya Mak ... seteah suami tidur yaa :D

      Delete
  36. Waaaaaaah, benar2 Ibu Multi Tasking. Sedang mengurus strikaan pun masih teringat Notebook dan nulis, ya. Hihihi

    Speech recognition? Saya belum memanfaatkannya, Mba. :D
    Tulisan ini bagus, semoga menang ya, Mba. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinginnya bisa langsung menuliskan apa yang dipikirkan, Idah :D
      Sukses juga buat Idah yaa :)

      Delete
  37. eh di windows 7 ada? moka coba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. COba ki bede' .... kalo sudah cerita2 ke saya. Sy belum coba hihi soalnya kan harus pake mikrofon ...

      Delete
  38. liat kondisi rumah jadi melihat kondisi rumahku juga hahahha
    kalo ada si tipis ini enak bisa nulis dimana2 yah mak ^.^
    sukseees yah maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong mak ya. Toss :D
      Sukses juga buat mak Ranny

      Delete
  39. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi.

    ReplyDelete
  40. Komplit dan selalu ada banyak datanya. Tulisan Mak Mugniar selalu punya ciri khas tersendiri. Semoga menang ya Mak :)

    ReplyDelete
  41. lengkap banget Mak....keren!!!

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^