Pesan Kue Tradisional Premium di Kedai Bunana Saja

Pesan Kue Tradisional Premium di Kedai Bunana Saja – Berkumpul dengan teman-teman sekelas semasa SMA selalu menyenangkan. Teman-teman saya kini bermacam-macam pekerjaan dan pencapaiannya dan mereka tetap baik, sama seperti dulu, tidak ada yang sombong dengan apa yang diperoleh hingga saat ini.

Kedai Bunana

Hal lain yang bikin acara ngumpul makin asyik adalah selalu saja ada kue-kue atau sambal dari Kedai Bunana, milik Nurdiana Djamaluddin. Bu doktor ini senang sekali membawakan kami kue-kue dan sambal buatannya dalam segala situasi dan kondisi. Paling sering kue, kalau sambal jarang dibawanya karena tidak selalu ada stok ikan yang dijadikan bahan sambal botolan. Kalau pas Diana sedang sibuk sehingga tidak bisa datang di acara ngumpul kami, pasti terasa sekali ada yang kurang.

Kira-kira sekitar 7 macam kue Diana yang saya sudah cicipi, termasuk kue tradisional Makassar. Semuanya enak. Ukurannya agak besar daripada kebanyakan kue sejenis yang dijual di pasaran. Kelapa muda dalam campuran adonan kue menjadikan kue buatan Diana memiliki rasa khas yang membuat kami kangen, ingin makan lagi. Sesungguhnya, makin kangen karena gratis. Eh 🤭.

Kue tradisional yang mudah dibuat ada, ya sebenarnya tetapi kalau dikasih gratisan itu anugerah.

Awalnya saya tidak tahu kalau Diana menjual kuenya karena dia menggunakan kemasan berupa kontainer plastik biasa, setelah sekian waktu kemudian Diana mengemas kuenya dengan kardus kue yang di atasnya ditempeli label “KEDAI BUNANA” barulah saya menyadari, Diana serius dengan usaha kuenya.

Kue Tradusional Premium

Ada Apa Saja di Kedai Bunana

 

Menilik akun Instagram @kedaibunana22 milik Kedai Bunana, dalam sebuah flyer yang di-posting Diana,  jenis-jenis kue yang dijual di Kedai Bunana adalah klapertart, klopiz, taripang, bayao panynyua, talam dodol, nona manis, puding fla, puding alpukat, risol, jalangkote, dan kroket. Namun demikian, selain jenis-jenis kue itu ada juga kue lain yang sesekali dibuat oleh Diana.

 

Review Kue dari Kedai Bunana

 

Kue tradisional dari tepung beras ketan hitam merupakan salah satu kue yang dibuat Diana. Namanya TARIPANG. Yang membuat taripang ala Diana yang saya cicipi menjadi khas adalah kandungan wijen dan kelapa mudanya yang menimbulkan sensasi tersendiri ketika digigit dan dikunyah. Kue berbalut gula merah ini rasanya manis dan legit.

Resep kue tradisional bernama “BAYAO PANYNYU” ala Diana yang saya makan menjadi khas dengan adanya kelapa muda dalam campuran gula merah di dalam kuenya. Kue serupa mochi ini teksturnya empuk dan lembut.

Kue tradisional yang digoreng juga tersedia. Ada JALANGKOTE tetapi belum saya cicipi. Yang sudah saya cicipi adalah PANADA dengan citarasa yang khas dengan isian sayuran berupa wortel dan buncis plus ayam cincang.

Taripang Kedai Bunana

Kue RISOLES merupakan jenis kue yang bukan kue tradisional Makassar yang dibuat Diana. Kue ini awalnya menjadi makanan orang Prancis pada abad ke-13. Dalam bahasa Prancis disebut russeolus. Saya kira kue yang biasa disebut RISOL ini juga bukan termasuk jenis kue modern ya karena sudah ada sejak lama.

Risoles ala Kedai Bunana isiannya banyak, yaitu telur rebus, keju, sosis, ayam cincang, bakso, saos mayo, saos sambal, dan saos tomat. Rasanya ... ulala … saya paling suka sensasi menggigit keju sembari menghirup aroma risoles yang menguar. Anak-anak saya bilang aroma wanginya seperti topping pizza. Kebayang kan lezatnya? 😍

Kue NONA MANIS yang empuk, rasa manis dan gurihnya berasal dari bahan-bahan berupa santan gula, garam, tepung terigu, luarnya telur, tepung maizena, dan pandan. Pastinya Diana sudah piawai dengan resep kue basah tradisional ini karena seingat saya nona manis yang paling sering dibawa Diana sejak dulu.

PUDING ALPUKAT adalah kue modern buatan Diana yang baru saya cicipi. Kue berbahan santan, telur, susu, alpukat, dan kelapa muda ini rasanya unik. Saya suka sensasi yang timbul saat menggigit dan mengunyahnya. Awalnya saya tidak bisa menebak ada alpukat dan kelapa mudanya karena aromanya tersamarkan. Setelah saya tanyakan namanya barulah Dia memberi tahu saya namanya puding alpukat.

Pesan Kue Tradisional Premium

Harapan Sukses untuk Kedai Bunana

 

Suatu saat nanti semoga Diana bisa buka toko kue tradisional Makassar di kota ini. Jenis-jenis kue yang dijualnya tentunya kebanyakan berasal dari resep kue tradisional Makassar atau kue tradisional Bugis yang juga menjual kue tradisional Makassar untuk pengantin.

Mari mengkhayal dulu ya, Diana … saya membayangkan ada outlet Kedai Bunana di bandara Sultan Hasanuddin sehingga kue-kue khas Kedai Bunana bisa menjadi oleh-oleh khas Makassar. Alangkah baiknya jika ada juga kue khas Makassar yang tahan lama yang bisa diperoleh di kedai itu sehingga jika dibawa dalam waktu lama tak  mengapa.

Sekian tahun ke depan, gambar kue tradisional Makassar ala Kedai Bunana bisa kita dapati di banyak tempat, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Dalam flyer-nya tertera 30 nama kue tradisional atau bahkan berkembang menjadi 50 kue tradisional Indonesia. Bisa saja, kan? Wahai para pembaca, bantu aminkan, ya.

#Shorts YouTube Kue dari Kedai Bunana

Makassar, 24 Januari 2023

Pesan kue di Kedai Bunana

WA : 085399693310

📍Jl. Pampang Raya no.4


Baca juga tulisan-tulisan sehubungan dengan kuliner di blog ini:








Share :

8 Komentar di "Pesan Kue Tradisional Premium di Kedai Bunana Saja"

  1. Kuenya gemesin banget jadi pengin makan dikit, yang lain kasihan mau dimakan. Menarik juga di tengah maraknya persaingan jajan kekinian, ada kue tradisional yang masih dilestarikan. Hemm langsung ngiler, mantep ini mah. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Jarang-jarang ada toko makanan yang masih menjual dan melestarikan jajanan tradisional. Diantara semua jenis menu makanan diatas, banyak yang aku tidak tahu sih.
    Ntah karena jajanan tradisional itu sekarang sangat sulit didapatkan atau memang karena bukan khas tradisional daerahku ya??
    Semangat terus buat kedai Bunana dalam melestarikan makanan khas daerah

    ReplyDelete
  3. Kuenyaa bikin mupeeng, menul menul menggugah selera, kue tradisional enaak wajib di lestarikan

    ReplyDelete
  4. Saya paling suka nih sama penganan kue basah, baik risol atau yang manis-manis. Kue basah di Makassar namanya unik2 ya, saya jadi penasaran sama yang namanya bayao panynyu, klopiz dan taripang

    ReplyDelete
  5. Semoga harapan Buana bisa terwujud. Dulu pernah denger jajanan jalangkote ini dari kejadian anak yang dibully dulu.. Auto nyari nyari di internet apa itu jalangkote.. Dan katanya enak banget.. Jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  6. Aamiin allahumma aamiin.. Amin paling serius deh. Hihi. Aku baca ini tuh sambil bayangin makannya, hmm.... Jadi pengen makan risoles sekarang. Hehe. Semoga sukses usahanya Kedai Buanana. Makasih mbak ulasannya, mantaap bikin aku jadi ngeces pengen makan juga :"

    ReplyDelete
  7. Ih nama makanannya lucu-lucu. Nama-namnya ada yang baru banget denger. Jadi penasaran sama kuehnya pengen nyicip

    ReplyDelete
  8. Aamiin ya rabbal alamiin. Semoga Kedai Bunana semakin sukses dan jaya, jaya, jaya. Hingga ekspansi bisnisnya bisa sampai luar pulau. Jujur saya masih kurang familier dengan kue-kue tradisional Makassar ini.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^