Zenfone 9, Si Compact Size Big Possibilities Menjawab Tantangan Disrupsi Transportasi Bagi Kreator Digital

Zenfone 9, Si Compact Size Big Possibilities Menjawab Tantangan Disrupsi Transportasi Bagi Kreator Digital – “Sudah pesan mobil, Kak?” tanya Yuliani. Dari arah ball room di sisi kiri hotel, Yuli dan Unga membuntuti saya ke lobi. Pagi itu hari terakhir kami di Tangerang. Kami sudah pamit kepada pengurus Sidina Community dan teman-teman peserta Training to Trainer Fasilitator Ibu Penggerak untuk meninggalkan hotel lebih awal dikarenakan pihak maskapai yang kami tumpangi ke Makassar secara sepihak memajukan penerbangan 2 jam lebih awal.

Asus Zenfone 9

Hambatan Ketika Ponsel Ngadat Saat Dibutuhkan …

 

Saya mulai gelisah. Lagi-lagi smartphone saya mati setelah masuk ke aplikasi ojol padahal sebelumnya saya hanya menggunakannya untuk mengambil gambar beberapa kali saja. Saya sudah berjanji kepada Yuli dan Unga, kali ini saya yang akan memesan ojek online untuk kami bertiga. Saya sudah cek rate-nya. Dengan voucher yang saya dapatkan, kami bisa mendapatkan biaya lebih murah menuju Bandara Soekarno-Hatta tapi bagaimana bisa memesannya kalau ponsel ngadat begini?

Untuk kesekian kalinya saya menyalakan HP. Untuk kesekian kalinya pula si HP mati. Duh, mengapa di saat penting begini dia menguji saya? Saya memutar otak, mencari solusi termudah. Ah, resepsionis! Langsung saya dekati mbak resepsionis dan menceritakan kebutuhan serta kendala yang saya alami. Perempuan berwajah oriental itu dengan sigap memesankan taksi untuk kami.

Selanjutnya, sepanjang perjalanan, ponsel pintar yang sudah 2 tahun membersamai saya kehilangan kepintarannya karena saya harus mati-matian mempertahankan daya baterainya dan berulang kali menyalakannya. Sayangnya dia sedang mati suri. Bersyukur saya bersama dua teman sehingga ada teman ngobrol.  Jika sendirian pasti mati gaya!

Bukan yang terkuat dari spesies yang bertahan hidup, bukan pula yang paling cerdas, tetapi yang paling tanggap terhadap perubahan.

Quote dari Charles Darwin ini berkali-kali saya buktikan, termasuk dalam hal beraktivitas dalam disrupsi transportasi.

Kisah serupa pernah saya alami saat jalan-jalan siang bersama anak-anak di Festival F8. Gawai saya kepanasan setelah 30 menitan sebelumnya saya memotret dan mengambil video-video pendek sehingga akhirnya mati total padahal saya masih ingin mengambil banyak foto dan video lagi di sana. Sangat disayangkan karena bloger dan kreator digital seperti saya ini butuh menyimpan banyak stok foto dan video untuk kebutuhan pekerjaan.

Berkali-kali saya coba on-kan, tetap saja HP-nya ngambek padahal saya butuh menggunakan aplikasi ojek online, mana e-wallet-nya ada di HP pula. Beruntung HP putri saya masih ada sisa kuotanya. Saya memintanya untuk instalasi aplikasi ojol agar kami bisa memesan kendaraan untuk pulang ke rumah.

Coba bayangkan bagaimana jika saya hanya jalan sendirian saat itu? Bagaimana bisa saya memesan kendaraan untuk pulang? Kalau dulu ada becak, kemudian becak berganti dengan bentor yang bisa dihentikan di mana saja dan kapan saja di kota ini tetapi sekarang tidak lagi. Bentor sudah jarang sekali di kota ini, kalau adapun hanya di tempat-tempat tertentu.

Disrupsi terhadap transportasi umum di kota ini sudah menggantikan kendaraan yang dahulu hanya bisa dihentikan dengan mulut menjadi kendaraan yang harus dipesan melalui aplikasi!

Ketergantungan terhadap benda kecil canggih bernama ponsel itu memang nyata, kawan karena pengaruhnya sudah merasuki aktivitas penting sehari-hari seperti transportasi. Akan menjadi masalah besar ketika HP satu-satunya yang dimiliki bermasalah.

Grafik Pangsa Pasar Transportasi Online

Disrupsi Trasportasi Menjadi Alasan Memiliki Smartphone Mumpuni

 

Penggunaan transportasi online di Indonesia trennya naik terus. Berdasarkan riset Google, Temasek dan Bain & Company yang bertajuk e-Conomy SEA 2019, pangsa pasar (Gross Merchandise Value/GMV) ride hailing (jasa layanan antar makanan dan transportasi online) di kawasan ASEAN hanya US$ 3 miliar namun pada 2019 meningkat menjadi US$ 12,7 miliar dan diproyeksikan menjadi US$ 40 miliar pada 2025[1].

Nah, GMV ride hailing Indonesia itu pada tahun 2015 baru mencapai US$ 980 juta. Angka ini tumbuh menjadi US$ 5,7 miliar pada 2019 dan akan meningkat menjadi US$ 18 miliar pada 2025, terbesar di kawasan ASEAN.

Riset dari ketiganya juga melaporkan bahwa nilai transaksi transportasi online, seperti layanan taksi dan ojek online di Indonesia diramal sebesar US$8 miliar atau sekitar Rp124,84 triliun pada 2022 (kurs Rp15.606/US$). Angka ini naik 1 miliar rupiah dibandingkan tahun sebelumnya[2].

Grafik Nilai Sektor Ekonomi Transportasi Online

Dengan dua data di atas, tak mungkin kan keadaan transportasi umum kembali seperti dulu yang bisa dihentikan dengan seruan saja. Kebayang deh besarnya tantangan kehidupan mobile bagi pengguna transportasi umum seperti saya ini dengan ponsel yang tidak mumpuni di masa sekarang. Terlebih dengan aktivitas saya sebagai kreator digital yang kadang kala harus keluar rumah untuk meliput event, mengambil gambar, video, atau membuat konten.

Pertanyaannya … adakah smartphone Android yang bisa dengan memuaskan memenuhi kebutuhan saya selama satu tahun ke depan? Tentunya ponsel yang tak cepat panas sehingga tahan berjam-jam di luar ruangan untuk meliput dan beperjalanan jauh?

Ternyata jawabannya dengan cepat saya temukan, kawan!

Smartphone yang sesuai dengan kebutuhan saya itu baru launching pertengahan November lalu, namanya Asus Zenfone 9. Setelah mencari tahu mengenai spesifikasinya, saya yakin smartphone ini dambaan bagi pengguna transportasi online sekaligus kreator digital macam saya.

 

7 Alasan Mengapa Asus Zenfone 9 Mampu Menjadi Solusi Kreator Digital yang Pengguna Transportasi Online

 

1. Zenfone 9 Mengatasi Masalah Thermal

 

Zenfone 9 mengatasi masalah kenaikan suhu pada body gadget dengan memperbesar ukuran pendingin thermal material sebesar 230% untuk pembuangan panasnya dibandingkan Zenfone 8. Kalau pada generasi sebelumnya di Zenfone 8 menggunakan sistem pendinginan hite pipe maka pada Zenfone 9 menggunakan sistem pendinginan vapor chamber dengan dukungan graphite dan copper.

Vapor chamber atau ruang uap bekerja dengan cara melepaskan panas yang ada di smartphone. Cara ini mampu mengalihkan panas dan membuat panasnya menghilang sehingga gadget tetap dingin meski berada dalam tekanan berat. Cara ini diakui lebih bagus daripada hite pipe saja sebagaimana yang digunakan pada tipe sebelumnya.

Untuk menguji Asus Zenfone 9, beberapa youtuber tekno yang saya tonton review-nya seperti GadgetIn, TrendingTek, dan UTD IDN mengujinya dengan bermain game. Menurut mereka HP ini cukup andal digunakan untuk main game. Untuk dimainkan selama puluhan menit agak panas tetapi masih oke.

Sedangkan khusus untuk kesenangan bermain game, Zenfone 9 sudah dibekali aplikasi Game Genie untuk meningkatkan gaming experience di ponsel ini. Dashboard Game Genie versi terbaru di ZenUI 9 memberikan pengalaman gaming seperti yang bisa dinikmati pengguna di ponsel gaming ROG Phone 6.


Zenfone 9 mengatasi masalah thermal

Saya sendiri bukan pemain game. Saya menggunakan ponsel untuk kebutuhan pekerjaan di blog dan media sosial, serta untuk alat komunikasi sehari-hari sehingga sering kali banyak aplikasi bekerja secara bersamaan. Kalau untuk bermain game oke, tentu saja sangat oke pula untuk kebutuhan saya di masa disrupsi transportasi ini.

Nonton review para youtuber itu ditambah review Putu Reza bikin saya makin mupeng. Mereka semua sepakat menyimpulkan Asus Zenfone 9 ini ponsel flagship yang spesial. Urusan suhu teratasi, ditambah dengan berbagai keunggulannya seperti prosesor, daya tahan baterai, kamera dengan teknologi gimbalnya, dan sebagainya.

 

2. Baterai untuk Pengguna Transportasi Online dan Kreator Digital

 

Daya tahan baterai juga pengaruh nih. Kalau smartphone-nya suhunya gampang naik maka terkuraslah energi si baterai. Akhirnya saya harus ganti baterai dan setelah itu sebagian masalah terselesaikan tapi saya berani meramalkan permasalahan yang sama akan berulang kembali sekian lama, jadi tetap saja saya butuhnya ponsel yang baterainya tahan lama, selain yang punya solusi pembuangan panas.

Nah, kebeneran Asus Zenfone 9 ini kapasitas baterainya 4300 mAh. Ada peningkatan signifikan dari pendahulunya – Zenfone 8 yang memiliki kapasitas 4000 mAh. Yang bikin si Zenfone 9 ini juara adalah dengan baterai 4300 mAh plus dukungan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 dan layar super amolednya yang hemat dalam pengonsumsian daya.

Layarnya memiliki kecepatan respon tinggi untuk pengalaman menikmati konten-konten visual yang lancar dan mulus. Gadget ini juga diperkuat refresh rate 120 Hz yang ultra-smooth, touch-sampling rate 240Hz, dan waktu merespon yang hanya 1 milidetik. Sangat membantu kerja baterai ya?

Baterai pada Zenfone 9 ini juga menggunakan teknologi STP (Specific Tab Process) yang memungkinkan baterai diisi dari middle and out sehingga menurunkan impedansi dan kenaikan suhu selama pengosongan dan pengisian daya sehingga ponsel ini bisa menggunakan adaptor HyperCharger 30W. Hal ini memberikan daya baterai yang lebih lama dan pengisian ulang yang lebih cepat.

Bisalah dipergunakan seharian untuk pemakaian ala saya, semacam menggunakan tranportasi online dan reportase/mengumpulkan foto dan video untuk bahan konten.  


3. Menggunakan Processor Terbaik Saat Ini

 

Bagi saya, setelah kemampuan mengatasi suhu panas, baterai, tentunya komponen yang penting lainnya adalah prosesor alias SoC smartphone mumpuni. Snapdragon 8+ Gen 1 yang mengotaki Asus Zenfone 9 ini memiliki kecepatan CPU (Central Processing Unit) 15% lebih besar daripada pendahulunya – Snapdragon 888 yang mengotaki Asus Zenfone 8.

Kecepatan GPU (Graphic Processing Unit) yang dimiliki juga lebih cepat 50% daripada yang dimiliki Snapdragon 888. Selain itu Zenfone 9 tersedia dalam variasi 6/128GB, 8/128GB, dan 16/256GB, bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Dilengkapi dengan Qualcomm fast connect 6900 yang dapat menghasilkan kecepatan wifi tercepat mencapai 3,6 Gbps, Snapdragon 8+ Gen 1 memiliki teknologi wi-fi 6 dan 6E yang mendukung 5G sehingga urusan kecepatan akses internet whoosh-whooshsangat cepat.

Pantas saja, semua youtuber yang saya tonton review-nya angkat topi terkait processor yang dimiliki smartphone yang lebih dulu di-launching di Taipei, Taiwan, 28 Juli lalu. Beberapa dari mereka berharap Zenfone 9 laku keras karena spesifikasinya yang memang unggulan. Snapdragon 8+ Gen 1 inilah prosesor terbaik dan tercanggih untuk saat ini.

 

4. Kamera Mumpuni untuk Kreator Digital

 

Testimoni Nicoline Patricia Malina (photographer & content creator) dalam Zenfone 9 Live Launch Event yang disiarkan langsung via YouTube berkesan bagi saya. Menurut Nicole, momen itu datangnya cepat, UI (user interface) pada Zenfone 9 memudahkan dirinya mengambil gambar, misalnya ketika memotret saat hujan. Dengan satu tangan dalam hitungan detik, bisa dilakukan.

Nicole juga mempraktikkan, sembari tangan kirinya memegang mikrofon, tangan kanannya mengeluarkan ponsel Zenfone 9 dari sakunya dan dalam hitungan detik dia sudah memotret tanpa berhenti berbicara.

Jodie Octora, narasumber lainnya yang juga fotografer juga memberikan testimoni yang senada dengan Nicole. Jodie mengatakan dirinya menyukai fitur light trail pada smartphone ini untuk mengejar momen stabil.

Kamera Zenfone 9

Hebatnya lagi, layar besar di belakang Nicole, Jodie, dan para narasumber lainnya memperlihatkan zooming in foto gedung bertingkat yang Nicole buat menggunakan Asus Zenfone 9 dalam cahaya minim dan foto makro yang Jodie buat masih dengan resolusi yang enak dilihat. Tidak pecah! Bagaimana saya tidak makin kepincut, selain Nicole dan Jodie, para youtuber yang me-review gadget ini juga memperlihatkan hasil foto-foto mereka yang keren.

Asus Zenfone 9 ini memiliki 3 kamera yang sangat mendukung kreator digital. Kamera utamanya 50MP (f/1.9) dengan sensor IMX766, Zenfone 9 juga memiliki kamera ultra-wide 12MP (f/2.5) dengan sensor IMX363.

Kamera utamanya mampu merekam video 8K/24 fps dengan OIS/EIS. Selain itu, mampu pula merekam foto 16 MP dengan light sensitivity yang lebih tinggi dengan menggunakan filter warna Quad Bayer dan perekaman hingga 50 MP dalam keadaan terang.

Kamera ultra-wide-nya mendukung fotografi makro dengan disertai fitur auto fokus. Kamera ini dapat merekam video 4K/60fps dengan EIS dan koreksi distorsi yang real-time. Selain itu,  juga mampu merekam foto makro dengan fokus sampai jarak 4 cm.

Dengan adanya spesifikasi ini, kita bisa mengabadikan setiap momen secara utuh tanpa perlu mengambil jarak terlalu jauh dan mengambil momen dalam keadaan paling gelap sekali pun. Mau foto pemandangan dari jendela pesawat saat landing di waktu magrib sekali pun bisa.

Satu hal lagi, Asus Zenfone 9 juga punya kamera depan 12MP dengan sensor IMX663. Dengan spesifikasi ini, penggunanya bisa menghasilkan foto selfie yang jernih. Tentu saja kameranya membanggakan karena formasi kamera depan dan belakang berkualitas pro dari Sony!

Selain itu, fitur Wind Noise Reduction memudahkan dalam mengambil video karena bisa mereduksi noise semisal angin di pantai. Sungguh dambaan kreator digital inih!

 

5. Stabilizer Gimbal Hybrid 6-Axis Buat yang Suka Mengabadikan Momen Bergerak Secara Cepat

Stabilizer Gimbal Hybrid 6-Axis di Zenfone 9

Stabilizer Gimbal Hybrid 6-Axis pada Zenfone 9 ini bikin melongo. Ada 6 cara menahan lensa pada Asus Zenfone 9 sehingga stabil dalam membuat video saat kita berlari sekali pun cukup dengan mengaktifkan hipersteady-nya, tidak perlu membeli gimbal lagi.

Gimbal diperlengkapi dengan gyro censor yang mendeteksi pergerakan smartphone, video yang dihasilkan stabil, smooth dengan 3 derajat – large connection angle. Jodie Octora – photographer & creative director dalam testimoninya di Zenfone 9 Live Launch Event memperlihatkan video yang dibuatnya dengan memanfaatkan fitur gimbal ini. Videonya keren!

Makin bikin ngiler, dalam kelas Zoom bersama Mas Indra Maulana dari Asus, saya terpukan dengan video yang diperagakannya. Video itu memperlihatkan betapa halusnya rekaman video dari orang yang berlari mengikuti seseorang yang berlari di depannya! Asyik banget gadget ini dipergunakan meliput event besar semisal festival atau ajang olahraga!

 

6. Compact Size, Ukuran dan Desain Asus Zenfone 9 yang Memudahkan Penggunanya

 

Romi Hidayat (Co Founder DroidLime) dalam testimoninya di Zenfone 9 Live Launch Event pada 17 November lalu bertestimoni tentang Asus Zenfone 9, “Handphone gede yang powerful banyak, yang kecil namun compact powerful tidak.” Saking mudahnya dibawa menurut dia, saat mencuci mobil bersama anak pun, smartphone ini dipergunakannya untuk memotret momen seru bersama anak.

Nicoline Patricia Malina mengamininya dengan mengatakan, “Zenfone 9 memudahkan hidup saya dalam creating content dan creating video. Sebagai fotografer terkadang harus bawa equipment yang berat, saya butuh ponsel yang ukurannya jauh lebih ringan dan baterai tahan lama.”

Menurutnya lagi, perempuan tasnya makin lama makin kecil, kantong pakaiannya juga kecil, handphone ini memudahkan sekali dipergunakan cukup dengan satu tangan. Bisa langsung dikeluarkan dari tas atau kantong sementara tangan yang lain memegang benda lain. Benar-benar menggambarkan tagline “Compact Size Big Possibilities”, ya ponsel 5,9 inci dengan berat hanya 169 gram ini.

Beberapa testimoni yang saya tonton mengatakan cover back polikarbonat dengan tekstur unik dari handphone ini membuatnya nyaman digenggam karena tidak licin sehingga tidak mudah jatuh, juga tidak mudah lengket namun mereka tetap menyarankan menggunakan casing untuk lebih amannya.

Smartphone ini memiliki anti finger print coating sehingga ketika tangan berkeringat atau kena air, tidak memengaruhi kinerja ponsel. Asus Zenfone 9 ini juga tahan debu dan tahan air hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit tapi disarankan untuk tidak dengan sengaja dibawa berenang atau menyelam apalagi di air laut.

Ah ya, satu lagi, tombol power dibuat multifungsi. Bukan hanya untuk menyalakan dan mematikan smartphone, tombol ini bisa juga difungsikan untuk scrolling dan untuk finger print. Bisa pula diatur untuk memfungsikannya langsung ke kamera, musik, atau yang lainnya.

Bagian body belakang juga bisa diatur untuk fungsi-fungsi lain dengan melakukan double tap seperti screenshot, screen recorder, open camera, flash light, atau untuk memainkan dan menghentikan musik/video. Benar-benar compact, yaa. One-handed to the max!

 

7. Skor AnTuTu Tinggi

 

Video launching Zenfone 9
 

AnTuTu adalah nama aplikasi benchmark (pengujian performa) buatan perusahaan Tiongkok bernama Cheetah Mobile. Aplikasi ini digunakan untuk menguji smartphone berbasis Android. Aplikasi AnTuTu menyediakan fitur berupa rangkaian standard pengujian performa smartphone.

Skor AnTuTu untuk flagship smartphone ini disampaikan Mas Indra dalam kelas khusus di Zoom Cloud Meetings adalah sebesar 1.104.795. Semakin besar angkanya menunjukkan semakin gahar performanya.

Sementara tim Uzone.id juga melakukan serangkaian tes benchmark dengan menggunakan beberapa aplikasi bantuan, seperti AnTuTu, 3Dmark, dan PCMark. Proses pengujian dilakukan dengan beberapa catatan. Pertama, mode High Performance diaktifkan. Kedua, kondisi smartphone sudah terpasang banyak aplikasi. Ketiga, benchmark dilalui secara simultan tanpa jeda, di mana 3DMark menjadi penguji terakhirnya. Hasilnya, Asus Zenfone 9 mencatatkan skor 1,08 juta poin.

Dengan angka tersebut, Asus Zenfone 9 mengalahkan banyak flagship smartphone dari brand lain dan menempatkan Asus Zenfone 9 sebagai ponsel ketiga paling cepat saat ini di bawah Asus ROG Phone 6 Pro dan ROG Phone 6.


Varian Asus Zenfone 9

Varian Zenfone 9

Ada 4 pilihan warna untuk Asus Zenfone 9, yaitu Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue dengan pilihan RAM & media penyimpanan 6/128 GB, 8/128 GB, dan 16/256 GB. Harganya dibanderol mulai Rp7.999.000.

 

Spesifikasi Asus Zenfone 9

 

Mari simak spesifikasi lengkap Asus Zenfone 9 berikut ini:

Spesifikasi Asus Zenfone 9

Di Mana Membeli Zenfone 9

 

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, sudah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store. Atau bisa langsung ke link ASUS Store ini: https://www.asus.com/id/mobile/phones/zenfone/zenfone-9/.

Catat ya, pembelian di ASUS online store di website Asus itu memberikan 3 benefit bagi pembeli, yaitu: free shipping (gratis pengiriman reguler), 0% installment (cicilan 0%), dan original product guarantee (jaminan produk asli Asus).

Bagi yang berdomisili di Makassar, bisa beli online saja dulu kalau ngebet dengan handphone yang compact size ini soalnya saya sudah dua kali mengecek ke toto Erafone, di jalan Gunung Bulusaraung dan di jalan Veteran Utara, handphone ini belum masuk. Terakhir kali saya cek tanggal 14 Desember kemarin di Erafone jalan Veteran Utara.

 

Berkarya dan Produktif dalam Era Disrupsi Transportasi

 

Pleasure in the job puts perfection in the work – Aristotle.

Menyenangkan memiliki peralatan mumpuni karena karya yang dihasilkan pun pasti mumpuni sebab dikerjakan dengan hati senang.

Setelah meriset selama berhari-hari spesifikasi Asus Zenfone 9, saya memutuskan smartphone ini sangat cocok bagi para kreator digital Indonesia, termasuk blogger yang ingin tetap berkarya dan produktif dalam era disrupsi transportasi saat ini.

Disrupsi transportasi tidak hanya mengakibatkan kemudahan dalam mengakses transportasi, melainkan juga menimbulkan tantangan untuk memiliki smartphone mumpuni bagi kreator digital. Ponsel yang dimiliki harus tangguh, tahan terhadap tetesan keringat dan debu, tahan panas, tahan seharian dibawa beraktivitas, sekaligus memiliki kemampuan dahsyat dalam mewujudkan karya berupa foto dan video.

Berkarya dengan Asus Zenfone 9 di masa disrupsi transportasi

Nah,
dari semua pemaparan ini, semua spesifikasi yang saya bahas detail mulai dari performa hingga compact size-nya, Asus Zenfone 9 ini membuka big possibilities bagi kreator digital. Alasannya, karena gadget ini akan membuatnya semakin apik dalam berkarya dan produktif, jauh lebih baik dibandingkan sebelum menggunakannya.

Saya pikir, saya mewakili kata hati para kreator digital lainnya yang irressitible terhadap gadget ini sehingga perlu menyiapkan budget untuk memilikinya. Bagaimana? Saya yakin Anda juga tertarik, kan? 😘

Makassar, 15 Desember 2022

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari


Referensi:
  • Press realese resmi dari Asus (dari blog www.widyantiyuliandari.com).
  • https://www.asus.com/id/mobile/phones/zenfone/zenfone-9/.
  • https://www.researchgate.net/publication/355946190_Disruptive_Technology_in_the_Transportation_Sector_Case_in_Indonesia/citation/download.
  • https://zencreator.id/vapor-chamber-dan-pengaruhnya-dalam-sistem-pendinginan-laptop/.
  • https://www.youtube.com/watch?v=2xGMAspeER8.
  • https://ggwp.id/media/tekno/aplikasi/smartphone-dengan-pendingin.
  • https://fantech.id/blog/post/kelebihan-chip-snapdragon-8-gen-1-hadirkan-ponsel-next-generation.
  • https://www.youtube.com/watch?v=J5rGIhK7jZI.
  • https://www.youtube.com/watch?v=yhe3Qs8_RL4.
  • https://www.youtube.com/watch?v=NscVfixlt7c.
  • https://www.youtube.com/watch?v=2xGMAspeER8.
  • https://www.youtube.com/watch?v=x8d2tojg37k.
  • https://www.medcom.id/teknologi/tips-trik/yKXP1POK-skor-antutu-sering-dipakai-buat-adu-kencang-smartphone-gunanya.
  • https://uzone.id/review-performa-asus-zenfone-9-si-mungil-tenaganya-luar-biasa.
  • https://tekno.kompas.com/read/2022/11/18/17300017/tabel-spesifikasi-dan-harga-asus-zenfone-9-di-indonesia.
  • https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/31/nilai-transaksi-ojek-online-di-indonesia-diproyeksi-sebesar-rp124-triliun-pada-2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/05/berapa-pangsa-pasar-jasa-layanan-transportasi-online-indonesia.


Catatan kaki:

[1] Lihat grafik Pangsa Pasar Jasa Layanan Transportasi Online Kawasan Asia Tenggara (2015-2025), sumber: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/05/berapa-pangsa-pasar-jasa-layanan-transportasi-online-indonesia, diakses pada 9 Desember 2022 pukul 15:18 WITA.

[2] Lihat grafik Nilai Ekonomi Sektor Transportasi Online (2019-2025), sumber: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/31/nilai-transaksi-ojek-online-di-indonesia-diproyeksi-sebesar-rp124-triliun-pada-2022, diakses pada 9 Desember 2022 pukul 15:28 WITA.



Share :

24 Komentar di "Zenfone 9, Si Compact Size Big Possibilities Menjawab Tantangan Disrupsi Transportasi Bagi Kreator Digital "

  1. Kece yah model Zenfone 9 ini, Mbak. Bikin aktivitas si kreator makin gampang, jadi bisa bikin karya makin berkualitas.

    ReplyDelete
  2. aku merasakan banget baru saja terjadi minggu lalu, mau order transportasi online HP-nya kacau wkwkwk ngekek sendiri sampe akhirnya ketemu rekan kerja lain yg masih stay di kantor dan pulangnya dianterin. Perkara HP doang ya bisa kendala buat order, butuh banget nih hp macam zenfone 9 ini speknya bagus, baterainya tahan lama cocok nih smg bisa ganti

    ReplyDelete
  3. ASUS zenfone 9 ini emang all in banget ya, semua kebutuhan kita bisa didapat dalam satu genggaman aja. Memang salah satu wishlist aku juga nih d tahun 2023

    ReplyDelete
  4. "ketergantungan pada ponsel itu nyata nggak?" Buat saya nyata lho Mak, hihihi. Kalau zenfone ini cocok buat ngegame, berarti cocok buat nonton berjam-jam kan, hehehe. Hiburan sih bisa nonton di hape itu, karena bisa sambil berkegiatan.
    Kameranya yang oke juga bisa jadi panutan buat bikin karya dan mendapatkan penghasilan

    ReplyDelete
  5. Pernah banget maksain tetap pakai HP ukuran kecil (karena saya aja pergi2 tanpa ribet bawa tas), masalahnya kapasitasnya juga kecil. Untuk aplikasi saja, mesti bongkar pasang supaya tetap muat. Ya memang HP low-end sih hehehe. Ga bisa dibandingin sama Zenfone 9 yg flagship. Tapi jadi suka banget sama konsep Zenfone 9 yg kecil tapi kinernya enggak mungil.

    ReplyDelete
  6. compact size ASUS Zenfone 9 ini mantap banget mba, udah kayak perfect gitu menjawab segala kebutuhan, apalagi untuk konten kreator yg kudu mobile.. inovasinya luar biasa^^

    ReplyDelete
  7. ukurannya yang compact memang memenuhi kebutuhan para content creator ya mba

    ReplyDelete
  8. Spesifikasi nya sungguh ciamiikk ya kak Niar

    Mupeng bgt utk punya gadget ini.
    Keren bgt 😁😂

    ReplyDelete
  9. Ponsel ngadat di saat penting itu memang bisa membuat suasana jadi genting ya mbak. Dan memang sudah jamannya kita nggak bisa lepas dari ponsel untuk berbagai urusan dalam hidup, jadi memang harus punya ponsel yang mumpuni.

    Baca ulasan tentang zenfone 9 di sini saya kok jadi mupeng juga pengen punya, tapi harganya.....

    ReplyDelete
  10. ASUS Zenfone 9 ini punya kamera gimbal yang sangat membantu para konten kreator dalam memproduksi konten yang kreatif dan menarik ya Kak Nira
    Smartphone idaman para konten kreator nih

    ReplyDelete
  11. Mupeng banget sama fitur steady tanpa gimbalnya. Biasanya kalau bikin video kudu bawa bawa gimbal, dan sama sekali nggak praktis. Untuk content creator yang suka kepraktisan dengan hasil maksimal kayanya nggak rugi ya kalau pilih Zenfone 9

    ReplyDelete
  12. HP Asus Emang bagus banget membantu pekerjaan kita apalagi baterainya tahan lama ya pastinya menyenangkan kalau punya HP yang support

    ReplyDelete
  13. Kalau jadi Kreator Digital, gawai kudu mumpuni karena kan buat ini itu kaya ambil gambar, edit, dan lainnya. Asus Zenfone 9 ini kayanya cukup jadi pilihan ya agar lebih produktif

    ReplyDelete
  14. Asus Zenfone 9 ini imut juga ya dengan ukuran 5,9 inci dan gemes loh karena beratnya hanya 169 gram. Benar ya bakal mulus dimasukkan ke tas mungil saat kondangan. Kalo harian mah tasnya pakai yang gede

    ReplyDelete
  15. Jadi, Mba bakal pilih warna yang mana ne?
    Kalau aku, fix, Sunset Red!

    Beneran aku kepo sama hasil video karena ada ditanamkan fitur gimbal itu.

    ReplyDelete
  16. wah, kamera dan baterainya ini yang paling bikin mupeng ya. mana udah dilengkapi stabilizer yang keren banget pula, mantap banget ya Asus Zenfone ini

    ReplyDelete
  17. Aishhhh gadgetnyaa bikin ngiler ga bisa tidurr...kalau ada rejeki dan disuruu milih akuu mau yg merah.
    Asuz Zenfone 9 ini spesifikasinya kereen yaaa....

    ReplyDelete
  18. sekarang ini teman-teman content creator sudah bisa bikin konten bagus dengan handphone apalagi kalau handphonenya sekelas ASUS zenfone 9 ya mak

    ReplyDelete
  19. Pengalaman hp mati seperti Mbak Niar pernah ku alami pas banget sedang meliput event. Ga tahu kenapa ambil HP di tas kok panas banget trus mati deh. Zenfone 9 punya sistem mengatasi thermal berlebih yaa supaya berfungsi dg normal.

    ReplyDelete
  20. Smartphone aku juga sering bgt hlo mati sendiri, ntar hidup sendiri. Emang deh, kayaknya udah waktunya ganti smartphone.
    Semoga tahun depan bisa nih ganti Zenfone 9, aku naksir bgt sama kameranya 😍😍😍

    ReplyDelete
  21. Kalau bawa Zenfone 9 ini, cukup deh tas kecil untuk kemana-mana, enggak sempoyongan kudu bawa tas gede buat tempat kamera ya mbak. Hasil foto dan videonya pun oke banget. Jadi andalan deh pokoknya untuk para kreator digital.

    ReplyDelete
  22. ayooo ayooo diadopsi langsung deh hp yang satu ini.. memang bagus yaaa spesifikasinya dan aku suka juga dengan kamera dan hasilnya

    ReplyDelete
  23. Keren nih hapenya, harganya juga cakep ya. Aku belum pernah beli hape harga segitu. Pastilah spesifikasinya mumpuni nih. Teknologi ASUS emang terus berkembang deh.

    ReplyDelete
  24. Huaa jadi inget kemarin perjalanan dari Depok ke Lampung hpku tiba2 ga bisa dicharge. Sampai sedih dan pusing karena perlu kan untuk komunikasi dengan suami selama di perjalanan, dan komunikasi dengan orang rumah. Asus Zenfone perfomanya oke ya dan compact size ternyata

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^