Mystery Shopper: Begini Rasanya Terima Rapor

 Entah kalau mystery shopper di perusahaan lain, kalau di Helion ada rapornya ...

Dapat e-mail yang menunjukkan penilaian pihak Helion atas laporan kunjungan yang saya buat, rasanya deg-degan. Soalnya ada nilainya. Nilainya dinyatakan dalam persen (%). Kalau laporan kita dianggap bagus sekali, berhak dapat nilai 100%.

Nih, saya kasih bocoran apa saja yang dinilai dari laporan kerja kita:
  • Instructions/scenario’s followed (kemampuan mengikuti instruksi).
  • Consistency between Question Answers & Comments (konsistensi dalam menjawab pertanyaan dan berkomentar).
  • Level of spelling / Grammar / Layout / Punctuation (tingkat ejaan/struktur berbahasa/tanda baca).
  • Added Value Comments (nilai tambah dari komentar-komentar yang diberikan)
Menerima e-mail hasil penilaian laporan, berasa terima rapor hasil ujian kursus Bahasa Inggris saja. Pertama kali terima “rapor” nilai saya tidak bagus, malah pernah dapat 50%. Kayaknya pernah juga dapat di bawah 40%, deh. Payah, ya. Pasalnya, karena saya menggunakan bahasa Indonesia ketika menjelaskan sesuatu padahal sudah diperingatkan di training supaya menggunakan bahasa Inggris.

Kenapa saya sampai sebego itu, menggunakan bahasa Indonesia? Karena dasbor yang saya gunakan berbahasa Indonesia. Ada pilihan untuk menggunakan dasbor dalam bahasa lokal, jadilah saya memilih bahasa Indonesia. Makanya saat mengisi laporan kunjungan (laporannya dalam bentuk kuesioner, ada pertanyaan yang menjawabnya cukup dicentang saja dan ada pula yang harus dijelaskan) yang juga tersaji dalam bahasa Indonesia, saya mengisi kotaknya dalam kalimat berbahasa Indonesia.

Naah, di situlah kesalahan saya. Saya harusnya menggunakan bahasa Inggris karena pegawai yang memeriksa laporan saya akan bekerja setengah mati menerima laporan dalam bahasa Indonesia. Lha bahasa Indonesia kan bukan bahasa internasional, jelas saja mereka kesulitan.

Sayangnya, laporan berbahasa Indonesia itu tidak dikembalikan untuk diperbaiki, melainkan langsung dinilai. Dan nilainya .... JEBLOK! Ini pelajaran buat teman-teman yang ingin bergabung dengan Helion. Jangan melakukan kesalahan yang sama dengan saya, ya.


Lalu kenapa ada dasbor dalam bahasa lokal kalau laporannya tidak bisa dalam bahasa lokal?

Dasbor berbahasa lokal itu hanya untuk memudahkan kerja para evaluatornya saja. Helion sudah cukup baik memberikan kita pilihan itu sehingga yang bahasa Inggrisnya pas-pasan kayak saya ini, tidak bekerja berat dalam menerjemahkan semua instruksi dari Helion. Tapiii, tetap saja kalau ada yang harus diisi (dijelaskan dengan kata-kata), wajib menggunakan bahasa Inggris.

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, saya makin banyak belajar mengenai cara kerja dengan Helion. Laporan tidak pernah lagi saya tulis dalam bahasa Indonesia. Saya kembali belajar berbahasa Inggris dalam berkomunikasi secara tulisan. Saya tidak merasa berat kalau harus belajar kembali bahasa Inggris. Begini-begini, waktu sekolah dulu saya sangat menyukai bahasa Inggris, lho. Menyenangkannya, saat kemampuan bahasa Inggris dibutuhkan sekarang, saya tidak terlalu sulit untuk belajar kembali. Selain itu, saya pun banyak berkomunikasi (pakai bahasa Inggris tentunya) via e-mail dengan Miroslav Rashev, panel manager untuk wilayah Indonesia, untuk berdiskusi mengenai pekerjaan yang harus saya lakukan.

Hingga saat ini, alhamdulillah beberapa kali laporan saya mendapatkan nilai 100%. Seperti pada e-mail kemarin, 3 dari 5 laporan saya bernilai 100%. Dua laporan belum dinilai. Rincian dari 3 laporan yang mendapatkan nilai 100% itu seperti ini:
  • Instructions/scenario’s followed: 10 (Good).
  • Consistency between Question Answers & Comments: 10 (Good).
  • Level of spelling / Grammar / Layout / Punctuation: 10 (Good).
  • Added Value Comments: 10 (Good).

Jangan berpikir, tugas di Helion itu sulit, ya. Tidak juga. Apa-apa kalau dibikin sulit ya sulit. Tapi kalau mengikuti instruksi yang diberikan sejak awal, tidak sulit, koq. Sama saja dengan pekerjaan di tempat lain, tentu ada instruksi yang harus dikerjakan, tentu ada penilaian dari perusahaan pula. Kinerja pekerja, meskipun freelance kan harus dinilai.

Kesimpulan dari tulisan ini apa?


Kesimpulannya, selain mau mengatakan bahwa menjadi evaluator Helion itu kerjaan nyata, bukan scam (penipuan), terima fee-nya dalam mata uang USD atau euro, saya juga mau mengatakan bahwa pekerjaan freelance ini menarik karena kita bisa sekaligus praktik berbahasa Inggris. Bagi saya, ini sangat mengasyikkan karena kemampuan berkomunikasi kita sekaligus kemampuan menyelesaikan pekerjaan dinilai oleh Helion. Dengan demikian, kita bisa tahu kemampuan kita dan berusaha meningkatkannya. J

Makassar, 7 November 2015

Simak juga tulisan-tulisan tentang mystery shopper dan Helion berikut ini, ya:

Berminat jadi mystery shopper? Klik gambar di bawah ini untuk mencari tahu



Share :

28 Komentar di "Mystery Shopper: Begini Rasanya Terima Rapor"

  1. Itu chartnya dapet Dr helion mak? Aku kok ga dapet T_T
    Iya bener, jgn disugesti bakalan sulit, santai aja Dan pede, pasti bisa!!!
    Good article mak *toss shopper pake computer stick :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa saya ndak punya computer stick

      :))

      Semangaaat :D

      Delete
  2. saya baru tahu ttg helion ini mba...

    ReplyDelete
  3. uwaa keren mbak...saya baru denger helion ini hehe

    ReplyDelete
  4. hebat mba udah dapat 100 %
    tapi saya g pahan apaan ini mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaca2 dulu tulisan2 saya biar dapat gambarannya :)

      Delete
  5. Aduh, ikut deg-degan bacanya. Alhamdulillah udah membaik rapotnya ya, Mak

    ReplyDelete
  6. saya blm terlalu ngerti mba, apalagi petunjuknya english..kayanya perlu dpt hidayah dulu... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bahasa Indonesianya kalau petunjuknya, Mbak Kania. Untuk berkomunikasi dengan pihak Helion yang murni pakai bahasa Inggris, itu pun via e-mail, Mbak jadi bisa dibantu Google Translate

      Delete
  7. Waduh saya koq ga ngerti yang dimaksud ya mbak....padahal sudah saya baca berulang-ulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mesti baca tulisan2 sebelumnya, Pak Edi ^^

      Delete
  8. Selalu mupeng. Mbak Mugniar aktif banget. Kebayang deh aktifitas yang segambreng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu tidak juga Mbak Kayla. Saya itu aktif di luar malah sesekali. Cuma karena sering ditulis aktifitasnya jadi keliatannya aktif banget. Kalau aktifitas saya yang banyak ya hanya menulis. Keaktifan saya di "menulis". Saya tidak bisa sering2 meninggalkan anak2 untuk berbagai urusan :)

      Delete
  9. Replies
    1. Ikutan yuk, Mbak .... eh .. baca2 dulu tulisan2 sebelumnya :)

      Delete
  10. Wah.. ilmu baru. Aku baru tau tentang ini. walaupun masih belum terlalu nyambung...tapi jadi pengen cari tau lebih dalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dibaca2 tulisan saya terdahulu, Mbak ^_^

      Delete
  11. Congrats yach Niar, good job, at least you practice your English, as for me, my English flying high for written, but my son always said that my spelling is not good (pronunciation)...alamak...dasar anak Amrik. Check humanatic, if you want to practice with your English that is for call reviewer

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'ii answer Kak Illy's comments in Indonesian ... hehehe

      Hihi Ucha ... kalo dengar Tante Niar ngomong bakal bilang apa ya? :)
      Humanatic .. yaah harus pakai Paypal Kak Illy. Hm, mungkin boleh dicoba nanti kalo saya sudah PD untuk menguji listening saya :D

      Terima kasih ya Kak Illy

      Delete
  12. Pengen nyoba jadi mystery shopper juga Mak (kayaknya kereeen gitu) sampai2 tulisannya ttg ini saya tunggu2. Tapi, kalau sambil gendongan anak gitu bisa gak yaa? *masih belum jelas tergambar si*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jadi mystery shopper-nya bisa koq sambil gendong anak. Kan kita sedang berpura2 jdi pembeli :)
      Kalau sudah dibaca semua tulisan saya, silakan gabung, Mak :)

      Nah, kalau jadi auditor, itu yang gak bisa bawa anak .. :)

      Delete
  13. Pekerjaan ini gak cocok buat aku. Soalnya harus aktif riset ya. Aku gak bisa deh mendem di rumah aja :D

    ReplyDelete
  14. Aku udh daftar, udh dapat tugas juga, tapi belum aku kerjakan, gimana dong, hehehehee
    Ini harus belanja juga ya, mbak. Aku blm baca detilnya sih. Mana kemarin itu aku beli laptop malah enggak ngakses helion gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus belanja, koq, Mbak Hidayah. Hanya mengamati hal2 yang diminta dan mengirimkan laporan :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^