Multitasking dengan Seri ASUS ROG Phone 8, Lebih dari Sekadar Permainan

Multitasking dengan Seri ASUS ROG 8, Lebih dari Sekadar Permainan – “Jefri Nichol, Kamu tuh terlibat dalam kasus pemotor ugal-ugalan tapi Kamu bisa gak mencintai Aku ugal-ugalan?” ucap Eca Japasal di hadapan Jefri Nichol. Ini sepenggal “rayuan” yang dilontarkan Eca dalam program Main Hakim Sendiri di short YouTube akun resmi "Main Hakim Sendiri". Main Hakim Sendiri adalah sebuah program komedi yang ditayangkan di NET TV.

Multitasking dengan ROG 8

Eca Japasal yang sebelumnya dikenal sebagai Eca Aura, tiktoker sekaligus brand ambassador tim esport Aura Fire ini menjadi perhatian saya. Gadis ini terlihat lucu dalam kepolosannya dalam banyak tayangan yang saya simak di YouTube. Menjadi makin menarik ketika tahu Eca berasal dari Makassar walaupun keluarganya sudah berdomisili di Malang. Aksen Makassarnya ketika berbicara dalam dialek Makassar masih sangat kental.

Eca ini menjadi pengalih perhatian saya dari tayangan-tayangan seperti politik, ceramah agama, dan kisah horor yang menjadi perhatian saya di YouTube akhir-akhir ini. Sesekali saya mencari selingan di sela-sela materi-materi serius yang saya simak. Suka sama celoteh-celoteh lucu Eca yang polos, terkesan apa adanya, tidak dibuat-buat. Menggemaskan sekali dia.

Kalau sudah terlalu banyak video yang saya tonton di YouTube, biasanya saya harus mengistirahatkan smartphone yang kepanasan. Handphone saya itu jarang beristirahat dengan tenang. Ketika si bungsu pulang sekolah di sore hari, biasanya dia akan meminjamnya untuk menyimak review games kesukaannya di YouTube dan TikTok. Ini juga bagian menggemaskan dalam hidup saya. 🙃

Tak bisa dipungkiri lagi, smartphone menjadi sahabat yang dibawa ke mana pun. Di dalam rumah, benda ini membersamai saya melalui hari, dari ruang paling depan rumah hingga ke bagian terdalam dari rumah. Saat menyapu teras, suara yang keluar dari benda ini menemani saya, begitu pun ketika berada di dapur.

Sesekali, tugas sahabat ini menjadi lebih berat karena disambi dengan multitasking, seperti mengerjakan pekerjaan sebagai kreator digital di blog dan media sosial, sembari buka email dan memantau grup-grup WhatsApp. Setelah urusan membaca selesai, video yang di-pause kembali diaktifkan untuk menemani aktivitas berikutnya.

 

Emak Multitasking di Rumah

Multitasking: Realita dan Cara Menyikapinya

 

Ketika kita menggunakan handphone, seringkali kita tidak hanya mempergunakan satu aplikasi saja. Sebaliknya, kita seringkali menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan untuk menyelesaikan berbagai tugas atau hanya untuk kesenangan semata. Fenomena ini dikenal dengan istilah "MULTITASKING". Namun demikian, apakah kita benar-benar memahami apa yang terjadi pada handphone kita saat melakukan multitasking?

Saat kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, smartphone kita bekerja lebih keras dari biasanya. Ini karena benda elektronik ini harus memproses instruksi dari beberapa aplikasi sekaligus. Sebagai contoh, ketika kita membuka aplikasi media sosial, mendengarkan podcast, dan menjelajahi web secara bersamaan, HP tersebut harus memproses permintaan dari ketiga aplikasi tersebut secara bersamaan.

Prosesor smartphone adalah otak yang menggerakkan semua operasi. Ketika melakukan multitasking, prosesor ini harus beralih antar aplikasi dengan cepat untuk menjalankan instruksi dari masing-masing aplikasi. Ini dapat menyebabkan peningkatan penggunaan CPU, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan smartphone menjadi PANAS.

Selain itu, penggunaan memori juga menjadi faktor penting saat multitasking. Setiap aplikasi yang berjalan membutuhkan sejumlah memori untuk menyimpan data dan instruksi. Ketika membuka banyak aplikasi, gadget harus membagi memori yang terbatas ini di antara semua aplikasi yang berjalan. Jika memori tidak cukup, HP mungkin menjadi lambat atau bahkan mengalami kegagalan aplikasi.

Selain itu, multitasking juga dapat mempengaruhi daya baterai HP. Ketika prosesor bekerja lebih keras dan memori lebih banyak digunakan, daya baterai akan lebih cepat terkuras. Ini berarti kita mungkin perlu mengisi daya baterai lebih sering saat melakukan multitasking secara intensif.

Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa multitasking dapat memiliki dampak pada kinerja dan masa pakai gadget kita.

Untuk mengurangi dampak negatifnya, batasi jumlah aplikasi yang berjalan secara bersamaan, menutup aplikasi yang tidak digunakan, atau menggunakan fitur manajemen daya baterai yang tersedia di handphone. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa smartphone tetap berjalan lancar dan memiliki masa pakai baterai yang optimal saat melakukan multitasking.

Penting banget menggarisbawahi hal-hal di atas, terlebih jika smartphone yang dimiliki peruntukannya untuk golongan kaum menengah ke bawah, sedang merintis upaya menjadi kreator digital atau sedang menjadi kreator digital kelas menengah, dan memiliki anak yang punya impian menjadi YouTuber gaming seperti saya ini.

Tapi kalau dipikir-pikir lagi sih, solusi paling cocok ya ganti handphone ke ROG Phone 8 Series yang baru mau launching di Indonesia. ROG Phone 8 Series ini merupakan smartphone gaming yang dikhususkan tidak hanya tentang bermain game tetapi juga memberikan pengalaman berkualitas tinggi kepada berbagai kalangan audiens.

 

ASUS ROG Phone 8 Series


Pada tanggal 9 Januari 2023, ASUS Republic of Gamers (ROG) telah mengumumkan seri terbaru ROG Phone 8. Hal ini menjadi penanda dimulainya perjalanan revolusioner sebagai penyempurna pada teknologi mobile gaming.


ASUS ROG 8 Series

Tampil dengan tampilan yang lebih ramping, bobot yang lebih ringan, dan bezel yang lebih tipis, seri ASUS ROG Phone 8  menjadi pilihan sempurna bagi gamer yang ingin memperkaya gaya hidupnya. Didesain sebagai ponsel serba guna nan tangguh, memenuhi kebutuhan gamer, streamer, kreator konten, dan banyak lagi.

Perangkat ini mencolok dengan berbagai fitur gaming yang didukung oleh kekuatan AI, desain premium, dan fokus pada kemudahan penggunaan sehari-hari. Seri smartphone ini melampaui sekadar perangkat biasa, menghadirkan teknologi terdepan, desain inovatif, dan komitmen terhadap pengalaman pengguna yang istimewa.

 

Multitasking dengan ROG Phone 8 Series

 

Mengikuti sejarah desain terbesarnya, seri ROG Phone 8 dari ASUS ini telah berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium berteknologi masa depan yang menjadi game-changer. Perangkat ini tak diragukan lagi dukungannya dalam multitasking.

 

Performa Tak Terkendali

 

Prosesor memegang peranan penting dalam kemampuan multitasking. Inti dari seri ROG Phone 8 ini adalah Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh. Dengan dukungan RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kinerja yang tiada lawan.

Bukan hanya memungkinkan sesi gaming maraton, untuk kerja multitasking kreator digital, perangkat ini mumpuni karena tanpa panas berlebih. ROG Phone 8 didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang mana ini adalah bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8 yang bisa mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.


Thermal System ASUS ROG 8
Thermal system ASUS ROG 8 series.


ASUS ROG 8 juga didukung pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru.  Clip-on AeroActive Cooler X ini, meskipun ukurannya 29% lebih kecil, menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi. Dengan demikian, dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C.

Wah wah … dengan keunggulan-keunggulan di atas, bisa nonstop menyimak banyak video dilanjutkan dipakai anak nonton sejumlah video review tanpa takut HP kepanasan, bukan?

Selain desain premium dan performa terbaik, seri ROG Phone 8 ini merupakan gaming smartphone pertama di dunia yang memenuhi standar IP68. Dibuat tahan terhadap debu dan air, pengguna smartphone canggih ini dapat menikmati tontonan asyik bahkan di kamar mandi sekali pun tanpa khawatir jika tiba-tiba tercebur di dalam bak mandi atau bath tub. 🤭

ASUS ROG 8
Tahan terhadap air dan debu.

Ultra-bright Display

 

Seri ROG Phone 8 Pro dilengkapi dengan layar AMOLED fleksibel terbaru berukuran 6,78 inci yang mendukung kecepatan refresh adaptif dengan menggunakan teknologi LTPO. LTPO (Low-Temperature Polycrystalline Oxide) itu teknologi yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple. Dengan teknologi ini kemampuan lapisan transistor yang dipakai pada layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) disempurnakan. Dengan sistem ini, secara otomatis disesuaikan kecepatan refresh dari 1-120 Hz sesuai dengan kebutuhan, untuk mengurangi konsumsi daya dengan efisien.

Pengguna juga memiliki pilihan untuk mengatur kecepatan refresh hingga 165 Hz. Bukan sekadar pengalaman gaming lebih lancar dan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons yang lebih cepat, kecepatan seperti ini sangat dibutuhkan dalam multitasking. Dengan demikian, saat menyimak video YouTube atau aplikasi nonton, kita bisa multitasking: merespon dengan sangat cepat pesan atau telepon yang masuk hingga kembali nonton lagi.

Tingkat kecerahan tertinggi telah ditingkatkan menjadi 2500 nits. Asyik nih, ketika harus keluar rumah, kita bisa gaming atau film di bawah siraman sinar matahari tanpa kesulitan. Terlebih dengan kolaborasi bersama Pixelworks® (sebuah perusahaan pemrosesan visual terkemuka), ROG Phone 8 Pro memiliki akurasi warna terbaik di dunia. Pengalaman visual saat nonton tak ada bandingnya!

 

AI Kamera Tingkat Pro

 

Ini nih bagian yang diidamkan kreator blog dan media sosial dengan menjajagi fotografi tanpa batas dengan kecanggihan tri-camera system dari seri ROG Phone 8. Mau tahu apa saja yang bisa dilakukan AI Kamera Tingkat Pro? Ini dia:

  1. Kerjaan interview narasumber makin mudah dengan adanya teknologi OZO audio yang memberikan pilihan untuk menghilangkan suara angin untuk rekaman outdoor yang jernih atau menangkap 3D surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.
  2. Kamera utama dilengkapi dengan sensor gambar Sony 50 MP terbaru untuk menghasilkan gambar yang jernih.
  3. Lensa sudut lebar 24 mm cocok untuk dinamika pengambilan gambar di jalanan.
  4. Mode zoom 2x mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk sesi fotografi berbagai pose, fotografi produk, dan fotografi makanan.
  5. Aktivitas wajib fotografi dan videografi kreator digital mumpuni dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 yang memastikan video dan foto yang mulus, bebas guncangan saat mengambil footage dalam kondisi bergerak. 
    6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0
    Hasil foto/video bebas guncangan saat mengambil
    footage dalam kondisi bergerak.

  6. Mendukung mode fotografi rendah cahaya sehingga bisa ngonten dalam keremangan. Stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritma perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan yang menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis bidang pandang ini memastikan video tetap stabil.
  7. Adanya lensa telefoto 3x memungkinkan pengambilan gambar objek dari jarak jauh. Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini mampu memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya sekali pun dengan mode Night Photography.
  8. Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan ketika di-zoom hingga 30x.
  9. Kamera ultrawide 13 MP memiliki lensa free-form dan algoritma canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau dan tetap natural bagi kreator digital. Seri ROG Phone 8 memberikan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap pemotretan dan perekaman.
  10. Kamera swafoto ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki field of view (FoV – bidang pandang) yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto rame-rame. Cocok sekali buat pepotoan bersama bestie dengan adanya sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

 

Fitur AI ASUS ROG 8
Bagian dari hangout bersama bestie.

Fitur AI yang Mendukung Multitasking Berjalan Lancar

 

Empat fitur AI pada seri ASUS ROG Phone 8 bukan hanya ramah untuk gamer. Ke-4 fitur AI ini juga ramah pada para pelaku multitasking, termasuk para kreator digital.

Aplikasi yang digunakan dengan mudah dialihkan ke latar belakang dengan fitur Background Mode, lalu untuk menangkap momen penting dengan fitur X Capture. Sungguh menguntungkan para pelaku multitasking garis keras, khususnya kreator digital! Dengan cepat bisa menggeser aplikasi yang sedang digunakan ke latar belakang, lalu KLIK, moment candid secepatnya diperoleh.

Fitur AI Grabber bekerja “intuitif” untuk menangkap teks dan fitur X Sense meningkatkan pengalaman bermain game dengan kemampuannya memberikan tips dan bantuan ketika dibutuhkan. AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi machine-learning recognition, dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI pattern recognition. Canggih, ya!

Fitur-fitur lain yang didukung AI termasuk Semantic Search menggunakan bahasa alami di galeri, launcher, dan pengaturan. AI Wallpaper dapat membuat wallpaper menakjubkan menggunakan teknologi stable diffusion. Satu lagi, teknologi AI noise-cancellation dapat meredam kebisingan dari 2 arah untuk suara yang lebih jernih saat melakukan panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game.

 

AniMe Vision

 

Seri ASUS ROG Phone 8 ini mempunyai elemen unik yang dapat diubah-suaikan, termasuk logo Aura RGB lighting (ROG Phone 8) dan layar mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro/Pro Edition). Oleh karenanya pemiliknya dapat mengekspresikan diri senyaman mungkin melalui kreativitas khasnya.

AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang memunculkan animasi yang telah di-setting atau dibuat sebelumnya. Selain itu, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain.

Tentunya, AniMe Vision ini bakal mampu membangkitkan gairah penggunanya dalam menggali kreativitas, multitasking, dan bersenang-senang bersama bestie.

AniMeVision
AniMe Vision.

 

Ketersediaan dan Harga ASUS ROG Phone 8 Series

 

ASUS ROG Phone 8 series ini launching di Indonesia tanggal 20 Maret 2023. Bagi para gamer dan kreator andal, lagi ada promo menarik nih:

1. First Sale Promo:

Dapatkan free aero cooler fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp10.999.000. Promo berlaku tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua mitra penjualan resmi ASUS offline dan online.

  • Online store : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
  • Offline store : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

2. Consumer Launch Sales Promo:

Dapatkan free aero cooler fan + free exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + lucky draw dengan aneka hadiah keren untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo ini hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 – 23 Mar 2024.

Harga

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000R
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000R
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000


Well, bisa disimpulkan bahwa smartphone terbaru ASUS ini sangat mengakomodir para pelaku multitasking. Bukan hanya dalam bermain game namun sekaligus dalam menikmati hiburan sekaligus ngonten bersama bersama bestie. Siapa tahu bisa mengikuti jejak Eca Aura, yekan.

Dijamin, takkan ada lagi kipas-kipas HP yang panas atau jeda sejenak untuk mendinginkan HP, bahkan penggunaan outdoor pun lebih dimudahkan. Takkan ada lagi gemas-gemas pada anak yang selalu saja pinjam smartphone untuk menonton tayangan favoritnya. Berminat? Tunggu informasi selanjutnya di blog ini ya.

Spesifikasi ROG Phone 8


Makassar, 14 Maret 2024

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di BlogTravelerien





Share :

11 Komentar di "Multitasking dengan Seri ASUS ROG Phone 8, Lebih dari Sekadar Permainan"

  1. wah super sekali
    pernah hape saya mekar bodynya keren saking panasnya. Terlalu lama buat ngonten youtube

    ReplyDelete
  2. Eca Aura lebih terkenal sebagai arek Malang BTW dan papanya punya toko ATK yang gedee.

    Itu HPnya keren banget ya dengan spek super gahar. Gak hanya bisa buat ngegame tanpa ngelag, tapi juga bisa buat ngonten. Apalagi kameranya bagus banget.

    ReplyDelete
  3. Mbak Niar yg poto AI jadi mirip mba Widyanti 😆🤩😹 btw, saluuutt bgt ama ASUS. ga kenal capek utk selalu hadirkan inovasi

    terobosan yg superrr ciamik. bangga bgt ama ASUS 🤩

    ReplyDelete
  4. ASUS ROG Phone 8 Series idaman banget sih, bisa digunakan multitasking untuk mengerjakan berbagai macam project. ini Bisa jadi gadget sehari hari, ngga cuman buat gamers aja yah

    ReplyDelete
  5. ASUS ROG phone 8 ini fiturnya memang mumpuni ya anakku tuh kalau jelasin fitur ponsel ini sampai berapi-api karena memang menunjang banget performa gamers ya

    ReplyDelete
  6. Aku beneran mupeng deh begitu tau spesifikasi kameranya. Ini asik banget buat ngonten karena bisa mengatasi kendala2 seperti adanya goncangan (ini bisa karena lg di dalam mobil atau krn tangannya gemeteran gak kuat), pencahayaan yang minim banget, dan utk obyek yang jauh. Kebayang nonton konser dari tempat yang jauh tapi tetap bisa ngonten seolah dari dekat.

    ReplyDelete
  7. Spesifikasi dan fitur ASUS ROG Phone 8 beneran sekeren itu. Ini sih cocok banget buat gamers hingga kita-kita ras terkuat di bumi atau di baca Para Ibu. Super multitasking nya kita, makin terkondisikan dengan maksimal kalau perangkatnya pakai
    ASUS ROG Phone 8 bismillah tahun ini segera kebeli unit nya.

    ReplyDelete
  8. Sayang banget aku baru ganti Dec kemarin. Jadi ga mungkin lagi membeli ini, padahal pengen 🤣. Tapi kalo nanti harganya udh kluar, mungkin bisa jadi pilihan utk mengganti hp si kakak yg udh lemot banget. Dulu ya sempet PGN beli Asus rog 7 yg sebelumnya, cuma Krn kamera yg seri lama blm secanggih skr, aku cancel dan ganti brand lain.

    ReplyDelete
  9. HP super keren sih modelnya tipis ringan lagi, cocok banget buat main games dan juga buat para konten kreator karena spesifikasinya sangat mumpuni yang bakal bikin hasil video dan photo super keren

    ReplyDelete
  10. Ka Niar ada nyempil bareng anak-anak hangout mabar bareng menggunakan ASUS ROG Phone 8 Series. Sesuka itu sama brand ini, karena konsisten mengembangkan gadget yang berkaitan dengan gaming.

    ReplyDelete
  11. HP ini bagus sekali untuk dipakai para gamers karena sangat bisa diandalkan karena kehebatan spesifikasi dan juga kekuatan dari handphone ini bisa buat konten

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^