ASUS ROG Phone 7 Series, Dukung Kinerja Kreator Digital to The Max

ASUS ROG Phone 7 Series, Dukung Kinerja Kreator Digital to The Max – Seperti biasa, malam itu harus saya minta kembali hingga si bungsu mengembalikan handphone saya. Dan seperti biasa pula, suhu HP naik, pasti habis dipakai download, edit video, dan buka video di TikTok atau Instagram.

Namanya “jiwa mamak-mamak” yang tak tega ketika anak meminta berulang kali, “Pinjam hape, Ma.” Maka smartphone pun berpindah ke tangan bocah gempal itu padahal masih ada yang harus dikerjakan terkait pembuatan konten sebagai seorang KREATOR DIGITAL.

 

ASUS ROG Phone 7 Series

Apa yang Dilakukan Kreator Digital?

 

Saya menyebut diri saya sebagai blogger – secara lebih spesifik atau core saya dan juga sebagai kreator digital karena selain blog, saya juga mengelola sejumlah akun media sosial. Dalam sebuah artikel di Acadium, disebutkan bahwa kreator digital itu melakukan apa yang tersirat dari namanya: “membuat konten digital”. Namun tidak seperti pembuat konten tradisional, pembuat konten digital juga membangun komunitas di seputar karya mereka[1].

Masih berdasarkan artikel di Acadium tersebut, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan oleh kreator digital[2]:

  • Membuat konten tertulis: blog, copywriting, dan sebagainya.
  • Membuat konten video: Youtube, video media sosial, dan lain-lain.
  • Membuat konten visual: desain grafis.
  • Membagikan kreasi mereka seperti produk digital dengan audiens mereka di platform media sosial atau melalui saluran lain seperti buletin email atau website.
  • Membangun komunitas yang terlibat di sekitar pekerjaan mereka dengan berinteraksi dengan penggemar di media sosial dan membuat mereka merasa menjadi bagian dari sesuatu yang istimewa.
  • Bekerja sama dengan brand-brand lain sebagai sarana untuk memonetisasi konten.

 

Skill yang Sebaiknya Dimiliki Digital Creator

 

7 macam keterampilan atau kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh seorang kreator digital agar menjadi sukses juga disebutkan dalam artikel berjudul What is a Digital Creator? A Complete Guide to Successfully Become One itu[3], yakni:.

1. Memiliki kemampuan meriset.

Riset yang dimaksud contohnya adalah riset terhadap topik yang akan dibuat dan meriset apa saja yang sudah dipublikasikan oleh kreator digital lain agar bisa membuat konten yang lebih baik.

2. Familier dengan SEO.

Artikel tersebut menyebutkan bahwa sangat penting pembuat konten digital memahami dan menerapkan dasar-dasar SEO untuk pekerjaan mereka. Kemampuan untuk mengoptimalkan konten untuk SEO dan citra video tidak hanya untuk copywriter – ini penting untuk setiap pencipta digital.

3. Mempelajari target audiens.

Kreator digital perlu mengetahui tidak hanya siapa saja audiensnya dan apa yang mereka sukai tetapi juga apa yang tidak mereka sukai dan apa yang memotivasi mereka. Untuk mengembangkan ide yang dibutuhkan: data demografis dasar, seperti usia, minat, pendidikan, lokasi, dan pola pembelian – hal-hal ini bisa sangat membantu.

4. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan brand.

Untuk menjadi kreator digital sukses, harus bisa menganalisi dan memahami apa yang membentuk sebuah brand, serta bagaimana proses terbentuknya brand tersebut. Brand awareness adalah langkah pertama untuk menjadi pencipta digital yang efektif.

5. Konsistensi.

Konsistensi sangat penting bagi seorang digital creator. Ini juga merupakan faktor utama dalam menjaga audiens tetap terlibat dan tertarik. Kreator harus terus menerbitkan konten sebab jika tidak dilakukan, audiens bisa “berpindah ke lain hati”. Ingat, banyak kreator di dunia ini ... di atas langit masih ada langit!


Keterampilan Kreator Digital


6. Memiliki keterampilan pengeditan video atau pembuatan grafis dasar.

Desain grafis melibatkan pembuatan elemen visual seperti logo, ilustrasi, atau gambar lainnya. Keterampilan desain grafis sering digunakan oleh pembuat konten digital untuk membuat postingan media sosial, website, dan materi pemasaran lainnya. Kreator yang peka dengan kekurangannya, mampu meminimalisir typo, dan mampu menghasilkan kiriman yang dipoles dengan bagus tentunya akan membuat klien senang dan pekerjaan mengalir sendiri kepadanya.

7. Terbuka menerima feed back.

Kreator digital tidak boleh mengabaikan umpan balik negatif. Jika seseorang tidak menyukai video atau postingan yang dibuat, janganlah bersikap defensif. Ambil napas dalam-dalam dan coba temukan apa yang salah sehingga dapat memperbaikinya!

Nah, agar bisa memiliki 7 macam kecakapan ini dan menjalankannya secara maksimal, seorang kreator digital harus didukung bukan hanya oleh personal computer namun juga oleh sebuah smartphone yang mumpuni.

 

Smartphone Mumpuni untuk Seorang Kreator Digital

 

Bersyukur smartphone yang saya gunakan sekarang sudah tidak cepat panas seperti handphone yang saya gunakan sebelumnya namun tetap saja bikin dahi saya berkerut setiap HP ini usai dipakai oleh si bungsu karena bisa dipastikan mengalami peningkatan suhu.

Smartphone yang kelamaan dipakai nonton video Tiktok, Instagram, YouTube memang membuat device ini cepat panas sehingga bisa menguras performa HP, terlebih jika dilakukan intens dalam durasi lama. HP yang keseringan berada dalam kondisi demikian mudah mengalami kerusakan. Khawatir juga kan soalnya HP saya pergunakan juga untuk bekerja.

Untuk bekerja pun, seorang blogger atau kreator digital yang juga memaksimalkan media sosialnya sebenarnya membutuhkan smartphone yang mumpuni. Yaitu yang pemrosesannya cepat dan tidak mudah panas.

Tak jarang saya harus menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan. Misalnya dalam suatu event harus ngetwit secara live, upload video di Instagram story, nge-share di Facebook, dan membaca instruksi di grup WhatsApp atau menggunakan aplikasi pembaca dokumen. Mana video yang hendak dibagikan ukurannya besar pula, ditambah lagi harus terkoneksi ke internet selama berjam-jam.

Sementara itu, smartphone pada umumnya, penggunaan beberapa aplikasi secara bersamaan memicu meningkatnya “suhu tubuh” si smartphone yang tentu saja merembet pada performa HP. Itulah makanya, mupeng punya HP gaming seperti jenis ASUS ROG.

 

ASUS ROG

Bukan Hanya Cocok untuk Gamer, ASUS ROG Phone 7 Series Juga Maksimal dalam Mendukung Kinerja Kreator Digital

 

Namanya juga ROG – Republic of Gamers … jenis smartphone keluaran ASUS yang ini diperuntukkan bagi gamer. Sejak memunculkan generasi pertama gaming smartphone pada tahun 2018, saat ini ASUS sudah mengeluarkan seri ke-7 yang baru launching 18 Juli 2023 di Indonesia, persisnya di Mini Atrium Mall Gandaria City, Jakarta Selatan. Pesat ya perkembangannya. Baru 5 tahun sudah 7 seri yang keluar, Gaes.

Pada acara tersebut, ASUS akan memperkenalkan seri ROG Phone 7 yang terdiri atas model ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate. Keduanya bergaya futuristik yang hadir dalam dua warna baru yaitu phantom black dan storm white.

Smartphone ROG Phone berfokus pada kinerja, efisiensi daya, dan menghadirkan pengalaman gaming yang imersif bagi penggunanya. ASUS menyediakan ponsel dengan fitur-fitur canggih untuk meningkatkan pengalaman bermain game MLBB dan membawa turnamen esports ke level berikutnya. Hal-hal ini disampaikan oleh Shawn Chang, ASUS Global Sales and Marketing Director of Phone Business Unit melalui pernyataan pers.

Pada persiapan menyambut Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup 2023, ROG akan melakukan preload aplikasi MLBB pada seri ROG Phone 7. Tak main-main, kawan, ASUS telah menandatangani kerjasama dua tahun dengan pengembang dan penerbit game internasional MOONTON Games pada 2 Juni 2023.

Langkah ini bertujuan meningkatkan pengalaman bermain game orang-orang di seluruh dunia dan mengoptimalkan kinerja seri ROG Phone untuk penggunaan turnamen.  Kebayang kan gimana performa ASUS ROG Phone 7 ini jika dipergunakan maksimal oleh seorang kreator digital?

Yang berkutat dalam dunia digital creating pasti setuju dong dengan saya bahwa smartphone untuk gaming itu sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan ngonten ala kreator digital. Saat berada di “lapangan” seorang kreator digital membutuhkan perangkat yang performanya mendukung pekerjaannya.

ASUS ROG Phone 7
ASUS ROG Phone 7, memaksimalkan kinerja kreator digital.

Keunggulan ASUS ROG Phone 7 Series

 

Sebagai smartphone yang mendukung kinerja kreator digital, ASUS ROG Phone 7 Series memiliki banyak keunggulan yang bisa dikelompokkan dalam 3 garis besar:

 

1. Performa Tanpa Kompromi

 

Performa tanpa kompromi: Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform, up to 16 GB LPDDR5X RAM, 512 GB UFS 4.0 ROM, 165 Hz Samsung AMOLED display. Platform seluler Snapdragon 8 Gen 2 3,2 GHz bekerja 15% lebih cepat dan 15% lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya.

Cell phone ini juga dipasangkan dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB, dan ROM UFS 4.0 512 GB yang kecepatannya 2 kali lebih cepat dari UFS 3.0. Ponsel ini juga didukung oleh WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm® FastConnect™ 7800 yang mendukung kecepatan tinggi 320 MHz  dan Multi-Link operation dengan kinerja latensi yang memungkinkan pengguna mengubah penggunaan aplikasi dengan mudah.

Berkat teknologi Snapdragon Elite Gaming™, ROG Phone 7 mendukung ray tracing percepatan komputasi real time pada perangkat keras. Menarik nih buat dipakai main game. Gamer dapat menikmati pantulan hiper-realistis terutama pada permukaan logam dan air yang menambahkan dimensi baru pada pengalaman bermain game.

Tentunya bukan hanya apik digunakan bermain game, ASUS ROG Phone 7 ini asyik digunakan nonton film sembari tetap beraktivitas. Kreator yang senang me-review film dari aplikasi bakal happy nonton di layar Samsung AMOLED 165 Hz dengan tingkat pengambilan sampel sentuh 720 Hz dan akurasi warna Delta E <1 untuk visual yang luar biasa

Tingkat kecerahannya ditingkatkan hingga 1.500 nits agar lebih mudah dilihat di luar. Visualisasi apik ini di-setting bekerja sama dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka – Pixelworks® untuk akurasi warna yang luar biasa. Asyik kan buat dipakai nonton film, Gaes. 😍

Belum selesai, kawan. Masih ada nih keunggulan visual ASUS ROG Phone 7 ini ROG Phone 7 Ultimate menampilkan ROG Vision, tampilan warna matriksnya unik di bagian belakang ponsel yang menunjukkan inovasi berani di balik merek ROG.

Fitur kreatif ini dapat menampilkan animasi luar biasa yang dipicu oleh peristiwa sistem, seperti status pengisian daya, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan lainnya. Bagi gamer, fitur ini memungkinkan untuk membuat animasi yang dipersonalisasi sendiri. Dengan demikian gamer dapat lebih ekspresif dalam mengekspresikan diri. Asyik kaan, animasi ciamik merupakan surga bagi gamer.


2. Efisiensi Daya Tanpa Kompromi

 

Nah ini nih yang saya suka dari ASUS ROG Phone 7 yang melakukan peningkatan efisiensi daya sebesar 15% yang ditawarkan oleh Platform Seluler Snapdragon 8 Gen 2. Disempurnakan pula dengan sistem pendingin GameCool 7 yang dikenal terbaik untuk mendinginkan CPU dari segala arah.

Pendinginannya menggunakan metode pendekatan 3 cabang, lho Gaes. Pada penggunaan sesi singkat senyawa termal Boron Nitride (BN) di satu sisi CPU mengurangi pelambatan. Penggunaan sesi tengah ditangani oleh vapor chamber yang lebih besar dan lembaran grafit di sisi lain CPU.

Terakhir, penggunaan sesi maraton, AeroActive Cooler 7 dilengkapi kipas yang ditempatkan tepat di atas modul CPU yang bekerja untuk pendinginan aktif bertenaga AI, menampilkan elemen Peltier untuk performa pendinginan ekstra.

Pada ROG Phone 7 Ultimate, pendinginan ditingkatkan lebih jauh lagi dengan AeroActive Portal yang paling mumpuni di dunia, Gaes. Saluran masuk udara ini aktif secara otomatis saat AeroActive Cooler terpasang yang mampu mengarahkan aliran konstan udara dingin dari pendingin ke sirip pendingin vapor chamber.

Alhasil, semakin efisien dalam menghilangkan panas yang dihasilkan oleh SoC, pun menghasilkan peningkatan yang signifikan kinerja game, on fire juga untuk nonton film seri kesukaan secara maraton, plus meningkatkan daya tahan baterai. Saat Portal AeroActive diaktifkan, efisiensi termal ponsel bisa meningkat hingga 20%.

Siklus cepat baru vapor chamber di ROG Phone 7 didesain ulang menjadi lebih besar dengan teknologi baru lho. Sistemnya menggunakan kolom sumbu berbentuk trisula khusus di tepi panjang ruangan efisiensi meningkat.

Di samping itu, ada 6 saluran pengembalian cairan yang berfungsi menjadi “jalan raya” bagi air untuk mengalir kembali ke SoC yang siap untuk siklus termal berikutnya. Lembaran grafit yang hemat panas di ROG Phone 7 juga dibuat lebih besar dan dibentuk ulang untuk memaksimalkan perpindahan panas dari mainboard dan RF board.

Terakhir, AeroActive Cooler 7 tidak hanya menghadirkan kipas yang ditingkatkan dengan lebih banyak bilah untuk tekanan balik yang lebih tinggi, tetapi juga pendingin Peltier termoelektrik bawaan untuk daya pendinginan maksimum. Desain DualCool yang revolusioner memastikan bahwa meskipun bagian belakang ponsel didinginkan oleh pendingin Peltier, udara pendingin juga diarahkan ke seluruh layar ponsel untuk efisiensi pendinginan maksimum.

Wih … maksimal kan ASUS mendukung efisiensi daya bagi kenyamanan penggunanya?

 

3. Bukan Sekadar Gaming Tanpa Kompromi

 

Bukan sekadar memuaskan gamer dengan kualitas suara yang gahar. ASUS ROG Phone 7 memiliki speaker kembar depan 12 x 16 mm dengan volume 50% lebih efektif daripada seri sebelumnya. Bukan hanya itu, Gaes … ada sub-woofer lima magnet super-linear 13 x 38 mm dalam pendingin AeroActive 7-nya.

HP Gaming Tanpa Kompromi
Bukan sekadar HP gaming tanpa kompromi.

Sub-woofer
ini meningkatkan volume bass hingga 77 % untuk suara 2.1 yang “satu-satunya saja” dalam game atau film saat pendingin terpasang. Penyempurnaan bekerja sama dengan pakar audio di Dirac memastikan kualitas suara yang tak tertandingi. 

Wuih, kebayang nih pecinta film atau drakor nonton pakai seri ROG Phone 7 yang memiliki semua teknologi untuk semua suara – mulai dari jack headphone 3,5 mm hingga Dirac Virtuo™ For Headphone untuk menghasilkan suara spasial layaknya teater. Berasa nonton di mini theatre gak sih?

Ada lagi nih … dukungan teknologi Snapdragon Sound™ memastikan audio Bluetooth® dengan fidelitas tinggi latensi super rendah, sungguh memanjakan telinga pengguna ROG Phone 7!

Sekarang, mari tengok fitur perangkat lunaknya. Bagi gamers, X Sense membantu mendeteksi peristiwa penting di layar. Seperti saat item baru yang penting muncul di peta atau musuh mendekat dengan notifikasi pop-up.

Jika seorang gamer mengalahkan banyak lawan dalam satu manuver maka X Sense menambahkan efek visual untuk menambah efek selebrasi. Selain itu, dengan X Capture – alat AI yang secara otomatis merekam momen tak terlupakan dalam pertempuran, gamer bisa merekam momen mengalahkan musuh atau memenangkan pertandingan. Bisa pamer kepada khalayak dong. 😍

Kontrol ultrasonik AirTrigger yang terkenal memberi gamer kontrol ujung jari yang tak tertandingi untuk pengalaman seperti konsol. Fitur ini mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming.

Ada juga 10 kontrol gerak dan motor linier sumbu X yang memberikan umpan balik haptic yang kuat, membawa gamer ke dalam aksi. Hal ini juga memungkinkan fitur Vibration Mapping yang luar biasa, yang meningkatkan pengalaman sentuh dengan memberikan umpan balik haptic yang dapat disesuaikan untuk tombol virtual di layar.

Sudah terbayangkankah keseruan nonton film maraton ataupun main game dengan ASUS ROG Phone 7 series? 

 

Harga, Promo, dan Tempat Membeli

 

Tunggu tanggal mainnya ASUS ROG Phone 7 series ada di kotamu, Gaes. Launching-nya di Indonesia baru saja dilangsungkan. For your information, harganya:

  • ROG Phone 7 Ultimate (16/512GB) Rp18.999.000.
  • ROG Phone 7 (12/256GB) Rp13.999.000.
  • ROG Phone 7 (8/256GB) Rp10.999.000.

Namun kalian bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan harga terbaik melalui promo-promo berikut:

1. Early Bird Promo

Periode tanggal 18-31 Juli 2023. Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi (dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah). Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus exclusive store dan Asus authorized partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus online store.

2. Consumer Launch Promo

Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall. Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti: ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-shirt dan juga 1000 MLBB diamonds (dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah). Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tanggal 8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.

Nah, bagaimana menurut kalian – para kreator digital? Seberapa mupeng kalian dengan handphone canggih terbaru dari ASUS ini? Share yuk di kolom komentar! 😊

Makassar, 18 Juli 2023


Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 7 Blog Writing Competition di Blog Travelerien


Catatan kaki:

[1] https://acadium.com/blog/what-is-a-digital-creator/, diakses 17 Juli 2023, pukul: 22:48 WITA.

[2] Idem.

[3] Idem.



Share :

15 Komentar di "ASUS ROG Phone 7 Series, Dukung Kinerja Kreator Digital to The Max"

  1. ASUS tidak membiarkan dunia gaming Indonesia bernapas, setelah ROG ALLY muncul ASUS ROG7 ini. Beneran ini para gamers dimanjakan dengan banyak pilihan gadget keren gini

    ReplyDelete
  2. Desainnya futuristik dan kece banget ya kang. Aku selalu suka ama type ROG ini. walaupun sampe sekarang belum kesampaian buat memiliki. Masukin list dulu deh, kalau udah cukup tabungannya baru eksekusi

    ReplyDelete
  3. Sungguh luar biasa
    keren banget
    cocok buat saya nih
    speknya mantap

    ReplyDelete
  4. Wah, desainnya aja udah cakep banget ya kak, keren ganteng. Soal performa, ASUS ini juaranya. Ponsel ini ternyata nggak cuma cocok buat gamers aja ya, buat kreator digital juga dijamin andal. Pasti sudah ditunggu-tunggu banyak orang nih ponsel ini...

    ReplyDelete
  5. Wah, lengkap ini buat kreator konten. Saya juga ikutan nulis untuk pertama kalinya, dengan terbata-bata bagaimana mengolah data teknis dan berbagi manfaat buat pembaca :)

    ReplyDelete
  6. Yeay, akhirnya ada perangkat phone yang bisa memenuhi kebutuhan kreator digital, ya, Mba. Buat gamers juga pastinya kabar baik karena semua keinginan mereka seolah terkabulkan.

    ReplyDelete
  7. Cocok banget untuk konten kreator. Apalagi yang terbaru ini kualitas kameranya sudah ditingkatkan. Tak ada keluhan lagi HP gaming kamera kalah dengan HP non gaming. Yang ini sudah bisa semuanya.

    ReplyDelete
  8. Wow spesifikasinya ngeri dan memang ditujukan untuk para gamers dan kreator digital yang membutuhkan alat bantu smartphone dengan performa di atas rata-rata. Harganya lumayan sih tapi sebanding dengan kualitas produk yang ditawarkan. Kapan ya punya kesempatan memiliki Asus Rog Phone 7 Series.

    ReplyDelete
  9. Suka nih sama spesifikasinya, benar-benar tanpa kompromi ya.
    Dan memang untuk kualitas smartphone dengan spek seperti ini harganya pasti 2 digit. Tapi itu belum sebanding sih dengan kualitas yang ditawarkan, menurut saya.

    ReplyDelete
  10. Setuju banget dengan kemampuan yang diharus dimiliki oleh content creator digital, terlebih di bagian editing dan desain grafis. Nah untuk itu perlu lah smartphone canggih. ASUS ROG jawaban yang tepat. Bahkan speknya bisa lebih untuk kegiatan itu..

    ReplyDelete
  11. Pengen punya de ASUS ROG...
    Karena mumpuni juga buat ngedit-ngedit video or gambar.
    Tapi hp sultan nih...
    Hiks..

    ReplyDelete
  12. kalau sudah membahas tentang ASUS ROG, baik itu Phone ataupun Laptop, memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kemampuanya, untuk game ada lancar apalagi Ngeblog ngebuut........

    ReplyDelete
  13. Pas banget Asus Rog Phone 7 series ini buat pelaku gaming ya kak. Btw beli pas early bird banyak banget promonya. Bikin mupeng

    ReplyDelete
  14. Ah ternyata sekarang ini detik detik terakhir untuk early bird promo Asus ROG Phone 7 ya. Duh yang bisa mendapatkan Asus ROG Phone 7 ini beneran mendapatkan banyak keuntungan ya. Jadi pengen juga dong

    ReplyDelete
  15. Ini nih kalau saya punya banyak aplikasi jadi memicu meningkatnya suhu si smartphone yang akhirnya merembet pada performa HP..Memang mesti ganti ke HP Gaming seperti ASUS ROG Phone 7 nih

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^