Cari Cargo Terdekat, Cara Murah dan Aman Kirim Barang Besar dan Berat

Suatu ketika adik saya sekeluarga harus membayar kelebihan bagasi sebanyak jutaan rupiah. Sayangnya saya tidak tahu akan seperti itu, seandainya tahu, saya bisa mengusulkannya untuk cek ongkir di cargo terdekat. Soalnya saya pernah dengar pengalaman orang yang lebih memilih mengirim barang menggunakan jasa cargo ketimbang melalui jasa pengiriman biasa karena dalam kondisi tertentu lebih menguntungkan konsumen.

Cargo terdekat

Lucunya, saya terpikir demikian saat mengetahui keadaan adik tetapi saya justru lupa cek cargo terdekat untuk tahu kirim cargo minimal berapa. Saat itu saya harus mengirim barang yang beratnya sekitar 4 kilogram dan ongkos kirimnya lebih dari seratus ribu rupiah padahal dengan menggunakan cargo mungkin bisa lebih murah.

Namanya manusia ya, apalagi emak-emak, untuk segala hal biasanya mengecek apakah ada yang terjangkau yang bisa lebih murah harganya. Untuk ongkir pun demikian, dicari cara bagaimana cara memastikan ongkos kirim yang saya dapatkan adalah termurah juga hehe.

Berseliweran pula pertanyaan semacam “apakah ada cara mudah untuk cek ongkir semua ekspedisi?” – ah ya untuk yang ini sih sekarang mudah ya, mengecek secara oline juga bisa. Sekarang zaman digital, banyak hal bisa dilakukan secara daring, bukan hanya belajar daring, toko buku online pun ada. Tidak seperti dulu.

Di zaman dulu, kita harus ke luar rumah, naik-turun kendaraan untuk  mencari ekspedisi ataupun cargo terdekat untuk survei harga. Tapi boro-boro melakukannya ya, ongkos buat ke sana ke marinya saja sudah lumayan. Sekarang ini asyik, kita tinggal menekuni gadget untuk mengecek ongkir – bahkan cek ongkir semua ekspedisi. Yang penting tahu saja nama-namanya.

 

Mengapa Ekspedisi Cargo Lebih Murah

 

Nah, untuk pengiriman barang dalam jumlah besar, lebih menguntungkan menggunakan cargo. Kenapa ekspedisi cargo lebih murah? Karena pada umumnya cargo menetapkan jumlah berat barang minimal yang lebih besar daripada pengiriman pada ekspedisi reguler maka tarifnya menjadi lebih murah.

Sebaliknya pula, tarif pengiriman reguler pada ekspedisi pada umumnya lebih mahal untuk satuan berat yang besar karena jumlah barang yang dikirim dihitung berdasarkan berat satuan yang penetapannya lebih kecil daripada pada pengiriman cargo. Semoga tidak belibet yang penjelasan ini.

Tentunya urusan memilih jenis pengiriman barang, apakah ekspedisi reguler atau cargo disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan pengirim dan penerima. Ada saatnya yang kita butuhkan ekspedisi reguler dan ada kalanya yang dibutuhkan justru pengiriman melalui cargo terdekat. Pandai-pandainya kita memilih jenis pengiriman barang yang ongkirnya murah sekaligus aman dan tidak merepotkan.

Untuk pengiriman cargo biasanya yang dikirim adalah “barang yang terlalu besar atau terlalu berat” untuk dikirim melalui jasa ekspedisi reguler. Jika nekat menggunakan jasa kirim biasa maka hal tersebut bisa menjadi penyesalan seumur hidup akibat mahalnya ongkos yang harus dibayarkan. Saat ini banyak jasa pengiriman yang juga memiliki layanan cargo jadi kita tinggal mencari layanan cargo terdekat yang mudah dijangkau dari tempat di  mana barang yang akan dikirim itu berada.

Sentral Cargo Terdekat

Hal Penting Diketahui dalam Pengiriman di Cargo Terdekat

 

Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman cargo. Pertama, bill of lading (BOL) atau manifes kargo yang memberikan informasi pada ekspedisi tentang jenis barang yang dibawa. Isilah dengan sesuai dan terperinci jenis barang yang dikirim. Hal ini harus dilakukan karena pihak pengirim perlu mengetahui apa yang dibawa agar barang dikirim dengan aman.

Dokumen berupa BOL ini juga sekaligus berfungsi sebagai kontrak. Semisal ada yang rusak atau hilang selama pengiriman, BOL dipergunakan untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi. Pastikan mengisinya dengan sejelas-jelasnya dan seakurat mungkin.

Kedua, density barang perlu diketahui pula. Bukan hanya berat dan ukuran. Density juga memengaruhi tarif pengiriman barang. Dengan pengiriman kargo, barang yang lebih berat tidak selalu ongkosnya lebih mahal. Barang yang kepadatannya kurang seperti bola pingpong tarifnya lebih tinggi ketimbang buku yang lebih padat karena bola pingpong lebih berisiko rusak dalam perjalanan.

Oh ya, perhatikan batasan berat dan juga batasan ukuran khusus pada perusahaan-perusahaan ekspedisi yang berbeda karena hal tersebut pada masing-masing kategori pengiriman  bervariasi antara tiap perusahaan pengiriman.

Karena pengiriman kargo diangkut dalam jumlah besar maka moda transportasi yang digunakan adalah truk atau kereta api jika melalui jalan darat, menggunakan kapal laut jika melalui jalur laut, atau dengan pesawat terbang jika melalui jalur udara.

Cek ongkir di cargo terdekat

Dengan tarif yang terjangkau, pengiriman cargo melalui udara bekerja sama dengan maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air. Untuk jasa ekspedisi darat, perusahaan memiliki armada kendaraan sendiri yang dioperasikan oleh tenaga kerja andal yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

Sementara untuk jasa ekspedisi via laut, perusahaan cargo bekerja sama dengan kapal Pelni dan kapal roro (kapal barang). Armada dari perusahaan kargo terbaik biasanya sudah diperlengkapi dengan sistem segel keamanan dan GPS.

Jadi, untuk keamanan tidak perlu dipertanyakan lagi, ya. Perusahaan jasa ekspedisi cargo profesional sudah memperlengkapi diri dengan peralatan yang memadai sehingga bisa mengawal barang kita tiba dengan aman hingga ke tangan penerimanya. Pastikan saja untuk cek ongkir agar tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Makassar, 7 Januari 2022 



Share :

14 Komentar di "Cari Cargo Terdekat, Cara Murah dan Aman Kirim Barang Besar dan Berat"

  1. Pengiriman cargo sekarang jadi andalan karena murah dan pelayanannya yang memudahkan. Apalagi minimal pengirimann sekarang 5kg, lumayan juga kalau butuh mengantarkan paket yang besar. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih info tentang ekspedisi cargo ini. Pengiriman cargo dalam jumlah besar menjadikan biaya menjadi lebih hemat

    ReplyDelete
  3. Kirim barang bukan sekadar asal kirim ya, Mbak. Kirim pake cargo juga sekarang jauh lebih aman, asal pilih jasa cargo profesional.

    ReplyDelete
  4. senangnya sekarang cargo minimal 5 kg ya mba, dulu kan minimal 10 kg, jadi pastinya bisa menghemat dari sisi biaya, apalagi kalau pengirimannya kurang dari 10 kg

    ReplyDelete
  5. Bener banget Mbak, terkadang barang yang terlihat kecil justru biaya pengirimannya setara dengan jumlah barang yang lebih berat dan banyak, karena isi barang yang dikirim juga dipertimbangkan dan masuk dalam biaya pengirimannya. Makasih mbak informasinya, siapa tahu nanti mau kirim barang dalam jumlah besar dan bisa memilih cargo yang tepat.

    ReplyDelete
  6. Memang kalau kirim-kirim barang kudu milih jasa ekspedisi yang terpercaya ya. Termasuk kargo kudu yang terjamin dan integritas. Soal harga biasanya konsumen ga papa mahal dikit asal barangnya aman. Selama harganya pas di kantung. Tapi kalo pwrusajhaannya ada promo twntu senang jugaaaa.

    ReplyDelete
  7. Aku juga baru kirim barang ke Medan pakai cargo, Mbak. Ongkirnya jauh banget dari ekspedisi. Tetapi ada minimal berat 30 kg. Puas pokoknya.

    ReplyDelete
  8. Di Batam mahal banget mba bea ngirim barang keluar. Pajaknya tinggi. Sayang banget padahal. Ongkir lebih mahal daripada harga barang. Moga aja kebijakan di sini berubah, pake expedisi biasa atau cargo lebih diperhatilan soal bea.

    ReplyDelete
  9. Bener banget mbak, pakai cargo memang lebih murah kalau barangnya berat dan banyak. Kebetulan almarhum paman kerja di cargo. Sedikit banyak tahu tentang cargo ini.

    ReplyDelete
  10. Saya pengguna ekspedisi kargo juga, betul, untuk barang yang besar dan berat, biayanya lebih murah. Apalagi untuk pengiriman dari pulau Jawa ke Sulawesi, Manado, wah lumayan itu selisih harganya...

    ReplyDelete
  11. Memang keki banget klo kelebihan bagasi tuh, bayarnya sampai gak kira2 lagi huhu, untung saja sekarang sudah banyak layanan kirim cargo yang harganya bersahabat ya mba, kirim sampai ke seluruh Indonesia lagi

    ReplyDelete
  12. Solusi banget ekspedisi kargo ini. Apalagi saya yang orang Sumatra dan sekarang tinggal di Jawa.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget cargo lebih hemat untuk pengiriman banyak karena saya dah sering banget pake cargo untuk kirim sepeda motor, bantal guling dagangan yang mencapai seratus kilo lebih jakarta solo hanya kena 300rb aja.

    ReplyDelete
  14. Benar pengiriman bisa lebih cepat bila menggunakan ekspedisi laut

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^