Mengenal Lebih Dekat Freight Forwarding Indonesia

Jasa forwarding saat ini memang sedang banyak dicari, terutama oleh para pebisnis di bidang ekspor impor barang. Padahal, perusahaan freight forwarding Indonesia sudah banyak berdiri sejak lama. Tentu saja ini sangat dipengaruhi oleh pola belanja di era saat ini mengingat munculnya banyak e-commerce dan UMKM yang bekerja sama dengan e-commerce pun semakin banyak. Jika Anda sedang menjalani dunia bisnis tersebut, sepertinya pembahasan ini wajib disimak sampai selesai.

Seperti namanya, forwarding merupakan aktivitas pengiriman barang dari satu tempat ke tepat lain. Skalanya pun ada bermacam-macam, mulai dari lokal, regional, hingga internasional. Mulai dari UMKM yang sedang berkembang hingga pelaku ekspor perlu menggunakan jasa tersebut. Selain mempermudah proses pengiriman, berbagai urusan dokumen juga sudah diurus sehingga pengirim hanya perlu menyiapkan barangnya saja.


Mengenal freight forwarding indonesia

Kelebihan Jasa Freight Forwarding

Dari sedikit penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa jasa ini merupakan perantara antara pengirim dan penerima logistik. Akan tetapi, biasanya tugas forwarder tidak hanya terbatas pada pengiriman saja, melainkan ada hal-hal lain seperti mengurus izin, mempersiapkan dokumen, hingga memutuskan rute yang ingin digunakan. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kelebihan forwarder adalah sebagai berikut.

1. Membuat aktivitas ekspor impor lebih mudah

Beberapa barang mungkin hanya bisa ditemui di Indonesia saja. Itulah kenapa ketika dijual di negara lain harganya bisa lebih tinggi. Itulah salah satu kelebihan dari bisnis ekspor barang. Nah, masalahnya nih banyak orang yang terbentur masalah pemrosesan mengirim sampai hal perizinan olehnya itu mengalami kesulitan saat ingin mengekspor barang-barangnya.

Adanya jasa forwarder menjadi titik terang atas masalah tersebut. Artinya, pengirim tidak perlu kebingungan mengurus segala prosedur karena hanya perlu menyiapkan barang. Selanjutnya, barang akan dikemas dalam kontainer dan dikirimkan ke alamat tujuan. Namun, pastikan jika Anda ingin menggunakannya pilih perusahaan yang sudah terpercaya.

2. Melayani pembuatan dokumen

Selain prosedur yang rumit, ada banyak sekali dokumen harus diurus agar proses pengiriman bisa berjalan lancar. Menariknya, sebagian perusahaan forwarder juga mempunyai layanan pengurusan dokumen tersebut. Beberapa keperluan seperti izin pabean, asuransi, dokumentasi ekspor impor, dokumen manajemen, penyimpanan barang, serta pengemasan sudah ditangani.

3. Memberikan dokumen pengiriman barang

Untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan, forwarder juga berkewajiban menyampaikan laporan atas proses pengiriman yang dilakukan. Beberapa bukti laporan tersebut bisa berupa kontrak bill of landing, surat tagihan, certificate of origin statement, export packing list, lisensi ekspor, inspection certificate, hingga dokumentasi deklarasi ekspor pengirim.

4. Memudahkan bisnis

Bisa dikatakan dari semua kelebihan di atas dapat ditarik benang merah bahwa forwarder sangat membantu jalannya bisnis, terutama di bidang logistik. Semua pengiriman barang bisa dilakukan secara cepat, efisien, aman, dan mudah. Jika semua itu dilakukan secara mandiri, tentu saja akan banyak tenaga serta waktu akan terbuang sehingga Anda tidak bisa berfokus ke pengembangan bisnis.


Transportasi darat

Bagaimana Memilih Jasa Forwarder Secara Tepat?

 

Di era teknologi seperti saat ini, cara paling mudah dalam mencari forwarder terpercaya adalah melalui internet. Pastikan perusahaan tersebut mempunyai website resmi karena Anda bisa mengakses banyak informasi seperti alamat, nomor telepon, jenis layanan, harga, testimoni, profil perusahaan, dan masih banyak lagi. Perusahaan yang baik biasanya juga membagikan artikel atau informasi terkait jasa tersebut.

Demikian penjelasan mengenai keuntungan menggunakan jasa freight forwarding Indonesia. Salah satu perusahaan forwarder yang bisa Anda pilih adalah Hagajaya KS. Selain menjadi forwarder, Hagajaya juga menyediakan jasa-jasa lainnya yaitu sewa kontainer, sewa depo kontainer, modifikasi container, juga sewa genset. Well, kesemua layanannya tentunya dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih mudah dikembangkan.



Share :

2 Komentar di "Mengenal Lebih Dekat Freight Forwarding Indonesia"

  1. sangat bermanfaat, terima kasih infonya ya kak :D

    ReplyDelete
  2. Wih mantep gak hanya untuk mengirim dan menerima barang bisa juga untuk yang lainnya, baru tahu aku. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^