Menelusuri Kendaraan Ramah Lingkungan Hingga Digiroom

 Menelusuri Kendaraan Ramah Lingkungan Hingga Digiroom – Beberapa hari yang lalu saya upload tulisan berjudul Program Langit Biru: Harapan Itu Masih Ada. Program pemerintah yang sudah berlangsung 25 tahun itu membutuhkan keseriusan berbagai pihak untuk melaksanakannya.

Tulisan yang merupakan catatan saya dari talkshow berjudul Penggunaan BBM Ramah Lingkungan Guna Mewujudkan Program Langit Biru yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Radio (KBR) bekerja sama dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia melalui Zoom Cloud Meeting pada tanggal 11 Februari lalu.


Digiroom


Saya merasa beruntung menjadi salah satu saksi dari urun rembuk yang melibatkan bermacam pihak termasuk pemerintah, Pertamina, dan lembaga swadaya masyarakat ini. Setidaknya, masih ada usaha untuk mewujudkan pemakaian bahan bakar ramah lingkungan yang merata di seluruh Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, sebenarnya penggunaan BBM yang sehat bagi lingkungan sudah merupakan hal yang mendesak yang tak dapat ditawar-tawar lagi. Sudah mulai ada kesadaran dalam masyarakat namun tetap butuh “paksaan” agar semua warga Indonesia pengguna kendaraan bermotor benar-benar menggunakan BBM yang ramah lingkungan (juga ramah di kantong tentunya).

Nah, salah satu yang dibicarakan dalam diskusi itu adalah Kepmen KLHK Nomor 20/2017 yang mengharuskan ranmor menggunakan BBM standard Euro IV. Artinya, produsen mobil sudah harus memproduksi kendaraan berbahan bakar Pertamax (RON 92) dan Pertamax Turbo (RON 98).

Berkaitan dengan hal ini, bagaimana dengan produsen kendaraan roda empat yang produknya ada di Indonesia? Saya tertarik menelusurinya.


Menelusuri Kendaraan Ramah Lingkungan di Indonesia


Penelusuran pada peramban membawa saya pada sebuah artikel tahun 2013 di Oto.detik.com yang memberitakan bahwa Toyota mengimbau kepada para pengguna mobil murahnya untuk menggunakan BBM dengan RON 92

Hal demikian disampaikan oleh General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota-Astra Motor (TAM) saat itu: Widyawati di sela-sela acara media test drive Agya di Bandung, Jawa Barat.

Hal ini berkesinambungan dengan apa yang dikatakan oleh General Manager Technical Service PT TAM, Dadi Hendriadi pada tahun 2015: "Pemakaian RON 88 suka membuat mobil ‘mengetuk’ (knocking), power dan pengapian akan mundur. Bila secara global, RON 88 memang sudah tidak sesuai lagi. Beberapa produk Toyota saja sudah menggunakan RON 92 dan 95, bahkan Agya pun RON 92."

Aha! Menyenangkan mengetahui hal ini.


Toyota Meraih Indonesia Green Awards 2020


Dari website Toyota Indonesia dan beberapa website lain saya menemukan informasi bahwa Toyota Astra Motor berhasil menyabet 6 kategori pada Indonesia Green Awards 2020 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of Corporate Social Responsibility pada bulan Maret 2020. 


Mobil Toyota di Auto2000
Produk Toyota di Indonesia.

TAM berhak mendapatkan penghargaan-penghargaan tersebut karena dinilai berhasil sebagai perusahaan yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam upaya pelestarian lingkungan. Ke-6 kategori tersebut adalah:

  1. Brevet Pemimpin Hijau yang diraih oleh Direktur TAM Darmawan Widjaja.
  2. Penyelamatan Sumber Daya Air.
  3. Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Baru Terbarukan.
  4. Mengembangkan Keanekaragaman Hayati.
  5. Mempelopori Pencegahan Polusi.
  6. Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu.

Ajang Indonesia Green Awards 2020 ini melalui tahap penjurian yang “bukan kaleng-kaleng”. Mengapa saya katakan demikian? Karena dewan jurinya terdiri atas: Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Bambang Supriyanto (diwakili oleh Direktur Kemitraan Lingkungan – Jo Kumala Dewi), Anggota Tim Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan – Prof. Laode M Kamaluddin, Direktur Hijauku.com – Hizbullah Arief, Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia – Prof. Ibnu Hamad, dan Chairman The La Tofi School of CSR – La Tofi.

Kalian yang punya kendaraan merek Toyota sudah menjatuhkan pilihan yang tepat. Dengan Toyota Environmental Challenge 2050 menunjukkan Toyota menyadari dan mewujudkan kepeloporan perusahaan dalam kampanye menyelamatkan lingkungan akan memberikan dampak signifikan.

Melalui Toyota Environmental Challenge yang dinyatakan tahun 2015 itu, perusahaan menyatakan ikut berperan aktif dalam menciptakan lingkungan global yang lebih baik pada 20 atau 30 tahun ke depan. Hal ini juga menyatakan besarnya energi dan perhatian perusahaan terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup, bersanding dengan strategi kesinambungan perusahaan.


Di Mana Membeli Toyota?


Nah, bagi Anda yang ingin membeli mobil baru, semoga apa yang saya paparkan di atas bermanfaat untuk memantapkan pilihan hendak membeli mobil yang bagaimana. Membeli mobil Toyota saat ini tak perlu bertandang ke showroom jika merasa sulit atau gerak terbatas karena masih masa pandemi.

Anda bisa mengecek dealer Toyota secara online dulu untuk memantapkan diri sebelum memutuskan pilihan. Dealer daring yang bisa diakses adalah Auto2000.co.id yang disebut juga Auto2000 Digiroom.

Setelah melihat-lihat jenis kendaraan baru ataupun bekas yang ada, boleh tanya-tanya dulu sama asisten virtual bernama Tasia dalam ruang percakapan yang terletak di sudut kanan bawah aplikasi. Jika dianggap perlu, Tasia akan menghubungkan Anda dengan agen yang bisa menjawab pertanyaan Anda.


Apa itu Auto2000 Digiroom?


Auto2000 Digiroom adalah bentuk transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang saat ini sudah menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia. Mulanya dengan nama Astra Motor Sales yang berdiri tahun 1975 dari jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota, pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sepenuhnya di bawah PT. Astra International Tbk.


Tasia Asisten Virtual
Tasia, asisten virtual Auto2000.


Auto2000 Digiroom hadir dalam wujud website dan aplikasi untuk gawai Android dan Apple. Melalui layanan digital ini bisa dilakukan transaksi, yakni pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, hingga
Trade In dan pembelian mobil bekas bersertifikat (bekerjasama dengan Astra Auto Trust).

Aplikasi Auto2000 Mobile juga bisa membantu pelanggan dalam melakukan perawatan kendaraan Toyotanya dengan lebih mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).​​​​​​​

Beragam manfaat bisa diperoleh dalam layanan praktis layaknya show room Toyota dalam genggaman! Anda – pemilik mobil Toyota, sudah download aplikasinya, belum?





Share :

30 Komentar di "Menelusuri Kendaraan Ramah Lingkungan Hingga Digiroom"

  1. Sekarang makin nyaman dan praktis ya dengan kehadiran Auto2000Digiroom ini :) Kita yang pelangga Toyota dipermudah dalam urusan jual-beli mobil dan servisnya. Salut sama Toyota Astra Motor yang bersinar, menyabet 6 kategori Indonesia Green Awards 2020 :) Mantap.

    ReplyDelete
  2. Aaakkk, keren buangeett sik Auto 2000 ini!
    Sekarang meluncurkan Digiroom yang ngertiin banget keinginan plus kebutuhan masyarakat Indonesia.
    Senaaangg!
    Semoga berkah buat tim Auto 2000 yaa

    ReplyDelete
  3. Mudah2an toyota mengeluarkan mobil listrik agar ramah lingkungannya semakin berasa. Pasti kesitu sih masa depan mobil ya. Jd mngkn ga akan lama kita bs pake mobil listrik

    ReplyDelete
  4. pernah baca juga ttg mobil masa depan yg ninggalin bbm tak terbarukan. makin ke sini makin byk org pintar, semoga bijak jg. biar alam kita terjaga

    ReplyDelete
  5. Keren banget nih inovasinya Auto2000... mempermudah calon pelanggannya banget.. emang makin hari teknologi makin anti ribet

    ReplyDelete
  6. Wah keren ini. Semoga bener-bener bisa dioperasikan secara luas ya
    Makin banyak kendaraan ramah lingkungan di jalanan, semoga bumi kita makin sehat dengan udara yang bersih

    ReplyDelete
  7. Baru tau ada jenis kendaraan yang ramah lingkungan seperti ini. Nice artikel.

    ReplyDelete
  8. Mbak saya galfok sama tulisannya, lebih fokus sama ALphardnya. Ya, Allah bisa nggak ya punya Alphard satu aja. Eh tapi klo ornag bisnisa, mending beliin banyak mobil biar bisa disewakan. ehehehe..maaf komennya OOT

    ReplyDelete
  9. RON 88...jadi teringat merek air mineral:D
    Semoga makin banyak mobil ramah lingkungan supaya alam nggak semakin sakit. Hm...mesti dibarengi kebijakan pemerintah juga sih tentang kendaraan, plus kesadaran masyarakat.

    ReplyDelete
  10. mulai sekarang saya coba untuk tidak menggunakan bahan bakar dengan ron rendah, dan mulai menggantinya dengan bahan bakar ron tinggi

    ReplyDelete
  11. TOYOTA selalu berinovasi luar biasa!
    Eh, kepikiran deh jadinya, gimana kalo Toyota suatu saat me-launch mobil listrik!
    Pasti keren kan, makin ramah lingkungan

    ReplyDelete
  12. Wah Auto 2000 punya Terobosan baru, Auto2000 Digiroom
    Karena Auto 2000 selalu berinovasi, sehingga membantu calon konsumen maupun konsumen dalam pelayanan

    ReplyDelete
  13. Sebagai organisasi usaha yang sudah go public, TOYOTA tentunya memiliki tanggungjawab sosial yang lebih luas. Keberadaanya wajib terus memberikan contoh yang baik dan konsisten melaksanakan program² yang mendukung berbagai kebijakan nasional dalam lingkup penyediaan jasa tranportasi.

    Salut buat TOYOTA yang peduli akan lingkungan.

    ReplyDelete
  14. Toyota, mobil impian banget ini, tapi mahal huhuhu.... Seneng deh karena ternyata selain terus berinovasi, juga tetap memperhatikan kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  15. Akan saya inget nih Ron 92 adalah BBM yang ramah lingkungan. Termasuk juga kendaraan yang juga sejodoh dengan BBM Ron 92. Biar maknyoss makjleb di jalan ya kan.

    ReplyDelete
  16. Toyota banyak pengguna untuk mobil di Indonesia juga umumnya. Auto 2000 ada dimana mana sehingga memungkinkan pengguna Toyota serasa dilayani secara prima.

    ReplyDelete
  17. Toyota nggak hanya sebagai kendaraan andalan keluarga aja, tetapi juga memikirkan lingkungan. Kontribusi tersebut makin membuat bangga para penggunanya

    ReplyDelete
  18. Sejak lama terpecaya sebagai transportasi andalan keluaga Indonesia, Toyota kerap berinovasi seperti yang terbaru ini melalui pelayanan Auto2000 Digiroom pastinya jadi lebih memudahkan bagi pelanggan

    ReplyDelete
  19. Jadi semakin yakin, kalau mobil baru Toyota, pasti sudah menggunakan pembakaran yang ramah lingkungan dan akan semakin maksimal kinerjanya bila menggunakan BBM ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  20. Selain memilih bahan bakar yang digunakan, semakin banyak pula jenis mobil yang mendukung kesehatan lingkungan ya. Apalagi brand Toyota yang namanya nggak diragukan lagi. Pasti kualitas mobilnya pun jempolan.

    ReplyDelete
  21. bener banget sekarang pengguna mobil harusnya sadar dan wajib paakai bahan bakar ramah lingkungan kalau bisa ya petramax sekalian. hehe

    ReplyDelete
  22. Sempat melihat iklan mobil ramah lingkungan, tercengang sampai-sampai melihat iklan dari awal sampai akhir,xixi. Merk lain sih mbak. Karena memang baru tahu dan ingin tahu lebih dalam sayang uang belum mampu untuk memilikinya,xixixi. Lalu, setelah baca tulisan mbak mugniar ya jadi teredukasi mengenai mobil ramah lingkungan ini

    ReplyDelete
  23. Toyota sih memang termasuk yang dabes di Indonesia. Kualitasnya oke tapi ya harganya juga termasuk tinggi ya, sebanding lah. Hehe. Cuma harga jualnya tinggi juga jd nggak rugi pake toyota memang. Servicenya juga ada di mana-mana, apalagi skrg ada auto2000 digiroom ini makin gampang kalo mau perawatan mobil atau terjadi sesuatu sama mobil'y..

    ReplyDelete
  24. Toyota memang handal ya. Inovasinya selalu keren dan mengutamakan konsumen.

    ReplyDelete
  25. Wiwin | pratiwanggini.netMarch 12, 2021 at 6:12 PM

    Bersyukur saya karena selama ini kendaraan operasional sehari-hari yang dipakai juga keluaran Toyota. Mobil impian pun nantinya pengin yang merknya Toyita juga.

    ReplyDelete
  26. Wah bagus banget Toyota punya kendaraan yang ramah lingkungan ya. Semoga bisa mengurangi problem lingkungan yang disebabkan kendaraan bermotor

    ReplyDelete
  27. Wah baru tahu saya Astra dapat penghargaan di bidang lingkungan. Nggak salah deh kalau nanti beli mobil ke Astra aja

    ReplyDelete
  28. dari dulu Toyota selalu jadi kendaraan pilihan keluarga Indonesia ya mbak
    keren dgn inovasi Digiroom ini
    jadi lebih memudahkan pelanggan

    ReplyDelete
  29. Wah keren aplikasinya, jadi semakin dipermudah dengan segala fasilitasnya ya mbak. Jadi gak perlu repot-repot lagi karena bisa diakses dari smartphone aja.

    ReplyDelete
  30. Lho kok kereeenn...
    Toyota ini kalo bisa dibilang mobil sejuta umat, tapi ya emang dibarengi sama kualitas yang bagus dan mumpuni juga, apalagi kalau ada yang ramah lingkungan kaya gini, laris dan disukai pelanggan

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^