8 Ide Bisnis Makanan Kekinian dengan Modal Kecil

8 Ide Bisnis Makanan Kekinian dengan Modal Kecil - Bisnis makanan menjadi lini bisnis favorit bagi pegiat bisnis karena profitabilitasnya yang lumayan tinggi. Tentu saja, siapa pun butuh makan yekan dan banyak orang yang suka ngemil. Kalian bisa mencoba ide bisnis makanan dalam tulisan ini dengan modal kecil yang unik dan rasanya enak.

Di Indonesia peluang bisnis makanan juga cukup tinggi. Menurut riset Statista, pendapatan pada bisnis makanan diprediksi mengalami peningkatan hingga 10,79% sampai tahun 2025.

Bisnis Makanan Kekinian

Sekarang ini bisa lihat banyak sekali bisnis makanan yang bermunculan dari jenis jajanan, minuman, cemilan, bahkan makanan berat, dan bisa berkembang dengan pesat. Agar bisnis makanan yang sudah dirintis bisa berkembang dengan baik, jangan lupa untuk memanfaatkan aplikasi Spenmo sebagai aplikasi pengelola keuangan bisnis milik kalian, ya.

Ide Bisnis Makanan dengan Modal Kecil

Memulai bisnis makanan tidak melulu harus menyediakan modal yang besar, lalu apakah bisnis makanan bisa dimulai dengan modal yang kecil?

Well, mungkin ini adalah jawabannya. Berikut ini 8 ide bisnis makanan kekinian dengan modal kecil yang bisa kalian coba.

1. Seblak dan Baso Aci

Makanan kekinian satu ini namanya memang sudah terkenal di mana-mana, bahkan bisa ditemukan di luar Jawa Barat, lho. Jika kalian ingin memulai bisnis makanan dengan modal yang kecil, seblak dan baso aci bisa menjadi salah satu jawabannya.

Seblak dan baso aci banyak disukai oleh mayoritas masyarakat Indonesia karena rasanya yang pedas dan gurih. Sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

Memulai bisnis makanan seblak dan baso aci bisa dimulai dari rumah dan menjualnya secara online di aplikasi layanan pesan antar makanan atau kalian juga bisa mencoba bisnis franchise seblak dan baso aci. Kemudahan franchise adalah kita tidak perlu melakukan promosi yang memakan banyak biaya.

2. Kue dan Dessert

Ide selanjutnya adalah membuat bisnis makanan kue dan dessert. Belakangan ini banyak muncul penjual kue dan dessert yang bisa dijumpai dengan mudah di pinggir jalan pun usaha rumahan yang dipasarkan melalui aplikasi ojek online. Jenis yang dijual adalah kue-kuean dan dessert yang sedang kekinian.

Nah, cara ini juga bisa dicoba. Kalian bisa mencari informasi resep tentang jenis kue dan dessert yang akan dijual dengan mudah di internet. Butuh keberanian dan tekad yang kuat di awal sih karena memulai bisnis makanan kue dan dessert ini sebenarnya bisa dibilang mudah karena alat dan bahan yang mudah ditemukan.

3. Rice Bowl

Tips yang ketiga adalah rice bowl. Rice bowl juga menjadi salah satu jenis makanan yang sedang trending. Rice bowl menjadi makanan yang praktis karena dalam satu mangkuk sudah tersaji nasi dan berbagai jenis lauk.

Rice bowl untuk orang Indonesia sangat cocok dimakan kapan saja, sehingga ini menjadi opsi jika kita ingin memulai membuat bisnis makanan kekinian dengan modal yang kecil. Kita juga bisa mengkreasikan menu rice bowl yang lebih variatif serta rasa yang enak untuk menarik para pelanggan membeli produk rice bowl milik kita.

4. Aneka Bakaran Seafood

Tips selanjutnya adalah aneka bakaran seafood. Jenis bakaran satu ini belakangan juga sangat populer. Jenis bisnis makanan satu ini memang lebih sering ditemukan di tempat festival, bazaar, atau food court. Bahkan di pinggir-pinggir jalan pun banyak yang jual. Di dekat rumah saya ada yang berjualan jenis makanan ini di pinggir kanal.

Seafood tetap menjadi jenis makanan favorit untuk orang Indonesia, banyak yang suka. Sehingga ini menjadi peluang yang lumayan besar buat kamu yang ingin memulai bisnis makanan kekinian dengan modal kecil. Bisnis makanan jenis ini pun juga bisa kamu mulai dari rumah, lho.

 

5. Basreng, Makaroni dan Aneka Keripik Rasa

Keripik rasa, basreng, dan makaroni adalah cemilan andalan yang hampir ada di setiap rumah atau kosan, karena harganya yang terjangkau dan juga banyak sekali varian rasanya. Mayoritas orang Indonesia memang suka ngemil sehingga cemilan satu ini akan tetap dicari orang.

Kalian bisa mulai jualan kripik rasa, makaroni, dan basreng dengan modal kecil, lho. Caranya adalah dengan mencari supplier keripik dengan harga yang murah kemudian repack sehingga siap dijual secara online maupun offline. Keuntungan menjual keripik, basreng, dan makaroni ini adalah tahan lama.

Bisnis Minuman Kekinian
 

6. Aneka Minuman Kekinian

Ide selanjutnya yang bisa kalian coba adalah aneka minuman kekinian. Mungkin kalian sudah pernah mencobanya karena memang sangat mudah ditemukan di mana-mana. Salah satu minuman yang populer adalah thai tea, boba, cheese tea, kopi susu gula aren, dan regal drink.

Minuman kekinian ini menjadi populer karena memang inovatif. Kalian bisa mencoba ide bisnis ini dengan modal yang kecil dan dilakukan dari rumah. Jika ingin lebih praktis dan efisien bisa memilih franchise dengan perusahaan yang menjual produk minuman kekinian.

7. Croffle

Selanjutnya ada croffle. Kue satu ini sempat menjadi perbincangan di media sosial karena merupakan jenis makanan yang baru, unik, enak, dan tampilannya yang menarik. Croffle merupakan gabungan dari croissant dan waffle.

Croffle ini bisa menjadi opsi yang oke untuk memulai bisnis makanan kekinian dengan modal kecil dari rumah dan kamu juga bisa membuat kreasi croffle milikmu lebih menarik daripada kompetitor dengan memberikan topping yang beraneka ragam.

8. Crepes

Jenis makanan satu ini namanya sedang viral dan hits. Crepes juga dinamai “makanan sejuta umat” karena memang banyak yang suka. Sekarang bahkan ada kelasnya juga, ada crepes harga lima ribuan yang konsumennya masyarakat kelas menengah ke bawah.

Crepes adalah panekuk tipis dari adonan gandum, telur, susu, dan garam. Sangat simple dan mudah dibuat, bukan? Kita hanya perlu memodifikasinya sedikit dengan memberi opsi varian yang lebih banyak dengan rasa yang unik. Yang bikin menarik itu memang isiannya ya. Bisa dibuat bermacam modifikasi.

Ketika memulai bisnis makanan dengan modal kecil, kita harus bisa dengan cermat menghitung setiap pengeluaran untuk meminimalisir kerugian. Gunakan aplikasi menghitung pengeluaran yang mudah dan tepat milik Spenmo agar pengeluaran usaha kita lebih efektif.

Selain menentukan ide bisnis, sebagai pebisnis pemula kita juga harus bisa membaca peluang dan memiliki strategi yang tepat, ya. Semoga ide bisnis makanan di atas bisa membantu. Semangaat.




Share :

7 Komentar di "8 Ide Bisnis Makanan Kekinian dengan Modal Kecil"

  1. Saya pengen nyobain yang kue dan desert itu, karena memang saya suka kedua makanan tersebut, apalagi yang kue basah gitu, bisa dicoba niy untuk dijadikan usaha ya

    ReplyDelete
  2. Temen2ku pas pandemi kemarin banyak yg jualan makanan2 kecil di atas. Enak2, walopun kebanyakan skr ini ada yg udh stop juga.

    Tapi memang sebelum mutusin utk set up usaha, ntah kecil atau besar, harus dibikin juga strateginya, supaya usaha ga mentok tengah jalan. Apalagi yg namanya perhitungan pengeluaran dan pemasukan yg ada. Jadi pakai bantuan aplikasi semacam spenmo ataupun yg lain pasti berguna, dibanding hanya coretan kertas. Takutnya hilang atau salah hitung

    ReplyDelete
  3. Benar juga ya. Punya ide bisnis yang bagus. Mudah dan modalnya kecil tuh rasanya jadi percuma kalau kitanya nggak bisa mengatur keuangan. Bakalan kacau dan susah berkembang nggak sih.

    Lebih baik emang pake aplikasi keuangan kayak spenmo gitu.

    ReplyDelete
  4. Di era makanan yang mulai banyak digemari pastinya membuka peluang besar untuk berbisnis. Apalagi lumayan keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini, tapi karena banyaknya persaingan bisnis makanan jadi harus pandai-pandai, ya? Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  5. Ide bisnis makanan kekinian begini pasti banyak diminati. Terutama bila menunya lengkap dari mulai camilan hingga makanan dan minuman utama. Aku juga suka kalau beli makanan, trus semua menu yang disukai, ada. Berasa one stop shopping.

    ReplyDelete
  6. Wahhhh ini bisa pas banget untuk memulai bisnis karena makanan selalu dibutuhkan semua manusia. Apalagi dengan modal kecil nih. Boleh banget dicobainkan ya..... mayan buat nambah pemasukan

    ReplyDelete
  7. Di zaman sekarang bisnis modal kecil sepertinya memiliki potensi yang oke. Tapi untuk bisa bertahan dan berkembang memang butuh usaha dan keuletan. Kalau saya sampai sekarang jadi peikmat saja. Apalagi pas hujan gini, suka beli seblak, hehe.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^