5 Pekerjaan Sampingan dengan Modal Kecil

5 Pekerjaan Sampingan dengan Modal Kecil – Sebuah pesan Whatsapp dari seorang tak dikenal masuk ke ponsel saya. Dia mengaku mendapatkan nomor saya dari sebuah grup yang anggotanya muslimah semua dan mengajak menjalin ukhuwah. Dalam hati saya sudah punya praduga membaca pesan seperti ini.

Pasti ada maksud terselubung. Sepertinya bakal menawarkan sesuatu kepada saya.

Kalau lagi malas, saya mengabaikan pesan seperti ini tapi saat itu saya lagi berbaik hati. Ada kemungkinan perempuan itu akan menawarkan pada saya pekerjaan sampingan di rumah. Saya lagi tidak butuh karena alhamdulillah saya punya cara sendiri sebagai seorang freelancer. Tapi rasa penasaran membuat saya membalas pesan Whatsapp-nya.

Pekerjaan sampingan

Selama sekian menit kami saling berbalas sapa, tanya lokasi kediaman dan aktivitas. Rupanya dia barus selesai kuliah. Ya, tidak mengapa jadi teman saya. Saya punya banyak teman anak muda juga. Percakapan kami ditutup dengan saling sapa saja.

Kemudian saya membatin, sepertinya saya salah, ya. Dia mungkin tulus hendak berteman. Dia tidak menawarkan apa-apa kepada saya.

Singkat cerita, berlalu empat hari. Tiba-tiba masuk pesan WA darinya yang menawarkan ajakan mengikuti sebuah seminar peluang bisnis online untuk penghasilan tambahan dengan iming-iming traveling ke luar negeri.

Aha. Saya tak salah duga. Ternyata pola yang mengajak kenalan dan menjalin pertemanan seperti ini masih sama di mana-mana. Hanya saja yang ini lebih sabar. 😁

Biasanya yang lain langsung sambar, begitu sudah saling sapa, saling tahu nama, sudah tahu lokasi tempat tinggal di mana. Setelah itu langsung deh promosi. Wajar, sih ya. Pada masa sekarang, sepertinya nyaris semua orang butuh kerja sampingan online tanpa modal – kalau memang benar ada yang tanpa modal. Setidaknya dengan modal minim sudah memadai, semisal yang hanya butuh paket data internet.

Saya sudah tahu arah ajakan kawan baru itu. Bertepatan saya tidak bisa menghadiri undangannya – tidak berminat tepatnya maka saya menolak, “Maaf, saya tidak bisa datang.” Dia menjawab, “Oke deh, next time-lah.”

Hm, maaf, seperti yang sudah-sudah, next time pun saya tidak akan berminat, Dek. Saya sudah punya wawasan sendiri mengenai apa yang mau dan harus saya lakukan. Semoga dirimu mendapatkan orang yang pas, ya. Jika suatu waktu dirimu butuh informasi mengenai kerja sampingan mahasiswa mengingat baru lulus kuliah, saya bisa memberi tahukan hal-hal ini:

5 Macam Pekerjaan Sampingan di Rumah dengan Modal Minim

 

1. Penulis Konten

 

Dengan mengandalkan jaringan internet yang laju, pekerjaan sampingan online ini bisa dilakukan dari rumah, bahkan ketika dirimu di kamar kecil. Orang-orang yang menyebut dirinya content creator, “hanya” membuat konten marketing di akun media sosial atau di blog miliknya sendiri.

Ada juga yang membuat konten di website lain atau di media sosial milik pihak lain. Sebagai seorang bloger, saya pernah menjalani semuanya. Pernah dengar istilah influencer dan buzzer? Influencer dan buzzer pun pembuat konten kreatif. Tapi bukan buzzer politik lho ya, itu lain lagi. 😅

 

2. Data Entry

 

Beberapa situs pekerjaan lepas memuat informasi mengenai kebutuhan tenaga data entry. Pekerjaannya mudah, hanya memasukkan data ke dalam sistem yang ditentukan. Pekerjaan ini hanya bermodalkan sinyal internet dan bisa jadi pekerjaan sampingan untuk pelajar karena kemudahannya.


Pekerjaan tambahan

3. Desainer Grafis

 

Jika memiliki kemampuan mendesain grafis, jenis keterampilan ini termasuk yang banyak dicari zaman sekarang dan berharga cukup mahal. Desainer grafis dibutuhkan untuk membuat ilustrasi, flyer, logo, postingan media sosial secara berkala, dan sebagainya.

 

4. Fotografer

 

Punya kemampuan fotografi? Fotografer masih menjadi orang yang banyak dicari untuk mengabadikan momen spesial seseorang seperti pernikahan, akikah, dan wisuda sarjana. Jika pandai mencari situs yang mau membeli hasil jepretanmu, pundi-pundimu bakal lebih penuh lagi.

Teman saya yang punya sense yang tajam dalam mengolah obyek foto sudah memasukkan beberapa hasil bidikannya ke website tempat mengunduh foto berbayar. Dia akan mendapatkan bayaran dari setiap fotonya yang diunduh orang.

 

5. Dropshipper

 

Dropshipping adalah pekerjaan yang memungkinkan orang yang tidak memiliki stok produk bisa menjualnya kepada pihak lain. Seorang dropshipper berperan sebagai perantara dari penyedia atau pemasok kepada pembelinya.

Kalau zaman dulu dropshipper dititipi barang oleh pemasok tanpa dia perlu membelinya, hanya dibayar jika ada yang laku saja. Dengan kata lain dia yang mengurusi tibanya barang ke tangan pembeli maka pada zaman sekarang banyak bertumbuh dropshipper yang sama sekali tak memiliki stok serta tak mengurusi pengiriman barang namun dia butuh koneksi internet yang lancar untuk mendukung pekerjaannya.

Jika tertarik menjadi dropshipper, artikel 6 Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan dan Tanpa Ribet ini perlu dibaca terlebih dulu. Setelah itu, ketahui apa lagi “bekal” yang harus dimiliki oleh seorang dropshipper.


Dropshipper

Salah satunya adalah kerja sama dengan jasa kurir terpercaya seperti Ninja Xpress yang hadir di Indonesia sejak tahun 2015 dan senantiasa mendukung UMKM hingga e-commerce dengan memberikan solusi layanan pengiriman berbasis teknologi inovatif dalam pengiriman paket.

Dalam website www.ninjaxpress.co disebutkan bahwa Ninja Xpress telah dipercaya oleh lebih dari 600.000 pengirim di seluruh Asia Tenggara. Melalui melalui Situs Blog Obsesi Untuk Negeri, siapapun dapat memperkaya wawasannya dengan membaca dan menonton beragam informasi terkait dunia usaha sekelas UMKM, salah satunya adalah tulisan 6 Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan dan Tanpa Ribet yang saya sebutkan di atas.

Oya, dari kelima jenis pekerjaan tambahayang sudah saya paparkan di atas, sudah terpikirkan untuk mencoba yang mana? Atau mungkin sudah n ada yang dijalankan? Yuk,  berbagi cerita di kolom komentar jika kalian sudah pernah menjalani salah satunya. 😇

Makassar, 13 Oktober 2021

Baca juga:



Share :

22 Komentar di "5 Pekerjaan Sampingan dengan Modal Kecil"

  1. Nah, memang cara klasik berteman untuk membagikan apa pun, pasti ada saja tujuan terselubung dalam pertemanan. Bener banget ini pekerjaan yang mudah dilakukan, tapi perlu kemampuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, kemampuannya bia sembari belajar sembari jalan ya Mbak Nisa.

      Delete
  2. penulis konten di blog sendiri pastinya :D

    ReplyDelete
  3. Temenku ada yg sukses dengan dropshippernya. Sempet kepengin, tapi kayaknya memang bukan bidangku. Skr ini aku juga menghasilkan uang dari rumah mba, tapi jujur tetep pake modal. Yg pertama trading saham, yang kedua bisnis jual beli pulsa, bayarin listrik, PLN , isi e wallet apapun provider ya, dan langgananku biasanya temen2 kantor tempat aku kerja dulu :D. Ga gede untungnya, tapi setidaknya profit masih lebih gede drpd interest bank 😄. Yg aku Bener2 serius sih trading saham.

    See, sebenernya ga ada alasan memang untuk ga bisa kerja di jaman pandemi gini. Krn ada banyak jalan untuk menghasilkan uang dr rumah. Mau yg tanpa modal ATO modal kecil, ATO sekalian modal gede :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, memang perlu kreativitas mencarinya ya, Mbak Fanny. Kalau memang niat dan bisa mencari dengan cara yang pas, in syaa Allah ada jalannya ya.

      Delete
  4. Langsung blokir setelah terjadi penolakan dari saya biasanya hahaha. Karena kita tahu apa yang lebih kita butuhkan. Sadis sih tapi daripada mengganggu juga dikemudian hari. Saya lebih nyaman menjalani penulis fiksi untuk saat ini.belum terpikirkan mau jadi penulis konten

    ReplyDelete
  5. banyak memang ayng bisa dikerjakan sbg sampingan tapi ya hrs sesaui dengan passiion kalau mau berhasil

    ReplyDelete
  6. Baru aja hari ini, teman di sosmed DM chat, dst....makin dutanggapin beneran ternyata direkrut jadi downline. Beberapa kalimat langsung serbu, kok rasanya kaget gitu. Mbok ya kenal dulu, saling likom dst...baru kapan waktu nawarin paa gitu, jadi ga dadakan kwkwkw
    Btw, dari kelima pekerjaan sampingan ini baru serius di no 1, no 5 pernah tapi berhenti di tengah jalan. Senangnya ada Ninjaexpress yang senantiasa mendukung UMKM hingga e-commerce dengan memberikan solusi layanan pengiriman berbasis teknologi inovatif dalam pengiriman paket.Hm, mau coba dropshipper lagi ga ya

    ReplyDelete
  7. basa basinya udah basi ya Bun, udah ketebak duluan sebelum keluarin jurus, hihihh.
    sekarang kalau punya keahlian kekinian apalagi di bidang digital mah itu bisa jadi cara untuk meraih pundi-pundi, bisa jadi dropshipper juga oke tuh gak pakai ribet, apalagi jika ketemu jasa expedisi seperti Ninja Xpress, aman deh usahanya ;)

    ReplyDelete
  8. Cuan tambah terus nih karena modal kecil. Pokoknya selama halal do it aja

    ReplyDelete
  9. Wah sama, mbak. Terkadang kal lagi mood baik saya balas, kalau enggak ya saya read doang. Hehehehe..memang zaman digital ini membuat kita bisa bekerja dari rumah dan mendapatkan penghasilan yang tak terduga dari sana.

    ReplyDelete
  10. Iya dulu saya pernah gunain jasa ninja express ini, asli lho cepet banget

    ReplyDelete
  11. Aku sempat tertarik juga nih dengan layanan ninja Xpress yg mendukung impor barang dari Cina. Sepertinya menarik ya kalau ditekuni 5 pekerjaan sampingan ini

    ReplyDelete
  12. Wah kakak cukup sabar ya rupanya ngadepin orang-orang seperti ini. Hehehe. Kalau aku dijamin deh 99 persen bakalan auto blocked deh tu orang. Paling males akutu nanggepin orang asing yang nggak ada angin nggak ada hujan nawarin macem2.

    Ngomong-ngomong, jaman now banyak orang butuh kerjaan. Akupun pernah nyobain jadi dropshipper, pernah juga jualan baju online. Dan pemilihan jasa ekspedisi yang tepat kayak ninja express ini beneran mendukung bisnis ya. Cakep deh.

    ReplyDelete
  13. Kalo memulai bisnis dan usaha belum sih tapi kalo dengar layanan ninja express udah sering banget, semoga bis mewujudkan bisnis impian suatu saat nanti

    ReplyDelete
  14. Dropshipper sih yang pengerjaannya bisa banget dilakukan sambil santai selama punya banyak kenalan dan bisa memasarkan produk. Apalagi kitanya jadi nggak perlu nyetok produknya ya, melainkan dikirim langsung sama pengusahanya.

    Nah penting nih pilih jasa pengiriman yang terpercaya ya Bun.

    ReplyDelete
  15. Udah pernah cobain jadi dropship per sama penulis konten, sejauh ini seru juga ternyata hehe. Yang lainnya belum nyobain, tapi data entry kayaknya menarik juga yaa mbaa. Mau nyoba desain grafis sama fotografi tapi ga ada bakat :')

    ReplyDelete
  16. Terima kasih mba Niar rekomendasi pekerjaan dengan modal kecil dan ada kemudahan untuk dilakukan. Hanya saja memang juga harus tekun ya mba

    ReplyDelete
  17. Aku tertarik nih mba yang dropshipper ini, jadi pengen tahu lebih jelas lagi tentang dropshipper buat nambah - nambah cuan dari rumah

    ReplyDelete
  18. Aku juga sering curiga kalau mendadak nge-hubungin yaa, kak Niar.
    Berasa "Pasti ada apa-apa nih.."

    Dan aku pernah donk ikutan bisnis MLM.
    Beberapa kali sukses, tapi kaya yang awal-awal doank.. Kudunya kalau ditelateni, mungkin kaya orang-orang banyak yaa..hehhe, sampai kirim-kirim paket tiada henti menggunakan Ninja Express.

    ReplyDelete
  19. Zaman sekarang banyak peluang pekerjaan digital dengan modal kecil yang layak digeluti sebagai penulis konten modalnya emang kecil sama materi tapi modal waktu tenaga dan pikiran lumayan juga hehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^