Mempererat Bonding dengan Saudara, Liburan Cara Aku Bareng Traveloka

Mempererat Bonding dengan Saudara, Liburan Cara Aku Bareng Traveloka – Ada missed call dari adik laki-laki satu-satunya. Handphone saya mute makanya saya tak mendengar telepon dari Muhyi. “Ada materi. Orang Kemdikbud lagi bicara,” segera saya kirim text message melalui WhatsApp kepadanya. “Oh ... sampe malam, ya?” tanyanya.

Liburan dengan Traveloka

“Iya. Besok juga sampai malam. Sampai jam 9 atau malah lewat bede.”

“Pulang ke Makassar hari Ahad?”

“Iya, jam 15.30.”

Tanggal 11-13 November itu jadwal kegiatan Training of Trainer Fasilitator Ibu Penggerak yang saya ikuti di sebuah hotel di kawasan Bintaro berlangsung padat. Tak bisa sekadar janjian bertemu Muhyi atau ngumpul dengan teman-teman SMA yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

Sebenarnya kangen sama adik laki-laki ini. Sejak kedua orang tua kami berpulang September 2021, saya baru bertemu dengannya bulan September lalu, ketika menghadiri #IndiHomeBloggerInauguration di Jakarta. Dia bela-belain mengunjungi saya yang saat itu menginap di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan beserta 31 blogger lainnya.

Pelatihan - Liburan Cara Aku

Sepulang kantor, usai shalat magrib Muhyi meluncur dari arah Jakarta Barat. Kami mencari makan malam dekat-dekat tempat menginap saya saja. Hanya sekali itu saja pertemuan kami, setelah itu tak sempat lagi sampai kembali ke Makassar.

Sebelumnya dia sempat menanyakan saya ingin berjalan-jalan ke mana di seputaran Jakarta jika ada waktu kosong untuk berjalan-jalan. Sayangnya tidak ada kesempatan itu karena agenda yang lumayan padat padahal saya sudah membayangkan berjalan-jalan di dua tempat di Jakarta yang membuat saya penasaran, yaitu Kota Tua dan Perpustakaan Nasional.

Sebenarnya dia mengajak saya ke kediamannya bersama istri dan anak-anaknya di Bandung tetapi saya menolak. Baru lagi ke Jakarta Setelah 20 Tahun, saya mempertimbangkan fisik saya yang belum tentu sanggup melakukan perjalanan panjang ke Bandung nonstop lalu balik ke sekitar ibukota untuk terbang kembali ke Makassar.

Saya orangnya realistis, harus memperhitungkan peluang, tantangan, ancaman, dan kelemahan supaya tidak berakhir konyol. Dulu saya mudah mabuk perjalanan, baik itu moda transportasi darat, laut, maupun udara. Makanya saya berhati-hati sekali pada fisik saya dalam perjalanan September lalu. Jangan sampai tubuh saya kaget karena penerbangan terakhir saya 20 tahun lalu.

Padahal saya kangen Bandung. Bandung dan Gorden dalam Kenangan Pengantin Baru masih membekas dalam memori. Kangen juga dengan dua ponakan yang sudah memasuki usia remaja dan ibu mereka. Semoga nanti ada kesempatan lagi. Sepertinya harus direncanakan khusus untuk acara keluarga.

Perjalanan di bulan September dan November lalu itu sebenarnya sudah merupakan liburan yang menyenangkan bagi saya. Perjalanan yang sekaligus saya bisa mempelajari hal baru itu menarik. Mungkin ada orang lain yang bereaksi begini: πŸ˜’ tetapi saya malah antusias. Kedua perjalanan itu sekaligus menjadi tolok ukur untuk mengetahui ketahanan fisik diri. Setelahnya, baru saya bisa menyusun rencana jika ada kesempatan bepergian atau berlibur lagi.

Saya mungkin termasuk orang yang antimainstream. Jika liburan bertujuan untuk refreshing agar setelahnya bisa bahagia maka saya berbahagia dengan cara yang sederhana. Cukup dengan berkontemplasi, bisa dengan menulis, bisa juga dengan perjalanan dalam rangka bekerja selaku blogger atau content creator. Itulah “liburan cara aku”, kata anak jaman now atau cara liburan versi saya.

Sebenarnya masih ada satu lagi liburan cara saya, yaitu liburan khusus “acara keluarga” seperti yang saya sebutkan di atas: melepas rindu pada adik dan keluarganya. Kini harus ada alasan yang membuat kami bertemu. Dulu dia pulang ke Makassar dalam rangka sowan kepada orang tua atau jika ditugaskan kantornya.

Liburan Cara Aku Bertemu Saudara

Setelah kedua orang tua berpulang, tidak ada lagi alasan kuat yang mampu membuatnya pulang ke Makassar. Masih teringat ketika kami saling menatap dengan mata berkaca-kaca setelah urusan pemakaman orang tua kami selesai. Saat itu saya menanyakan, “Kapan ko ke Makassar lagi, Dek?” Dia menjawab, “Ndak tahu mi.”

Saya memiliki 2 orang adik. Keduanya tinggal di kota yang berbeda dengan saya tetapi adik perempuan sering ke Makassar Dalam setahun bisa 3-4 kali. Bagi saya, berkomunikasi dan bertemu saudara kandung memberikan manfaat berikut: mempererat bonding.

Hubungan dengan saudara kandung itu istimewa, tak ada bandingannya. Saya bersyukur kami bisa saling memahami perbedaan yang ada dan sevisi untuk banyak hal. Komunikasi dan pertemuan yang terjadi mempererat bonding di antara kami. Mengingatkan bahwa kami sedarah dan menjadi support system yang bisa diandalkan satu sama lain.

Doktor Mark Feinberg (psikolog dari Penn State University, USA) mengatakan bahwa hubungan saudara kandung memiliki pengaruh yang hampir sama kuatnya dengan orang tua, membentuk kebiasaan dalam hubungan pertemanan, hubungan romantis, termasuk menentukan kondisi kesehatan emosional dan mental (https://www.dream.co.id/parenting/mental-anak-juga-dibentuk-dari-hubungan-saudara-170428e.html).

Penelitian lain dari Universitas Calgary, UniversitΓ© Laval, Universitas Tel Aviv, dan Universitas Toronto, menemukan bahwa anak-anak yang memiliki saudara yang baik, hangat, dan mendukung, akan tumbuh menjadi anak yang berempati dibandingkan anak yang saudaranya tidak memiliki kepribadian tersebut. Para peneliti juga menemukan bahwa baik kakak maupun adik sama-sama secara positif memberi pengaruh terhadap sifat empatik ini. "Temuan kami menekankan pentingnya mempertimbangkan bagaimana semua anggota keluarga, bukan hanya orang tua dan saudara yang lebih tua, berkontribusi pada perkembangan anak-anak," kata Sheri Madigan, asisten profesor psikologi di University of Calgary, yang turut menulis penelitian ini (https://www.suara.com/health/2018/02/21/140858/studi-hubungan-dengan-saudara-kandung-tentukan-kepribadian-anak).

Nah, menurut saya, anak-anak yang melihat keharmonisan hubungan orang tuanya dengan om dan tantenya akan melihatnya sebagai teladan yang baik dan berlaku sama dengan saudara-saudarinya. Bukan begitu?

Baiklah, mari bikin wishlist-nya saja dulu. Wishlist kunjungan ke Bandung, kota di mana keluarga adik berdomisili. Tidak ada salahnya, kan. Dicatat dulu, sembari berdoa semoga terkabul suatu saat nanti. Saya tahu aplikasi yang bisa dipergunakan untuk melengkapi wihlist, mulai dari moda transportasi, penginapan atau hotel, hingga tempat-tempat asyik untuk release stress.

 

Rencanakan liburan di Traveloka

 

Asyiknya sekarang bisa menghitung anggaran, memilih moda transportasi, dan melihat-lihat tempat yang asyik bisa dengan Traveloka. Traveloka merupakan aplikasi andalan untuk bepergian bagi banyak orang.

 

Ke Jakarta

 

Lho tadi menyebut-nyebut Bandung, lalu kenapa tujuan pertama Jakarta? Jawabannya adalah karena adik saya bekerja di Jakarta. Setiap akhir pekan dia balik ke Bandung. Selain itu, cara yang paling masuk akal untuk ke Bandung dari Makassar adalah melalui Bandara Soekarno-Hatta dulu lalu disambung kendaraan ke Bandung. Alasan ketiga adalah, ada destinasi yang ingin sekali saya kunjungi di Jakarta.


Tiket Pesawat ke Jakarta

Naik Apa ke Jakarta?

Ada 2 maskapai yang harganya bersahabat dan cukup nyaman untuk ditumpangi dari Makassar ke Jakarta, begitu pun dari Jakarta balik ke Makassar, yaitu Batik Air dan City Link. Saya nyaman naik Batik Air dalam dua perjalanan di tahun ini hanya saja harus mengikhlaskan masalah waktu keberangkatan yang bisa saja mendadak berubah entah karena apa.

Kalau mau naik Batik Air memang tidak boleh dalam keadaan terburu-buru yang waktu tibanya mepet dengan aktivitas karena bisa kacau schedule jika tiba-tiba jadwal keberangkatan dimundurkan atau malah dimajukan. Kalau mau mempertimbangkan semua jenis maskapai, bisa lihat-lihat biayanya di Traveloka.

Dengan Traveloka, bisa memilih maskapai yang diinginkan di bagian Tiket Penerbangan. Masukkan kota asal dan tujuan, tanggal berangkat, apakah sekalian memesan untuk tiket pergi-pulang, setting berapa orang penumpang, kelas penerbangan, dan penerbangan dengan fleksibilitas tinggi atau reguler. Untuk reguler pilihannya lebih banyak dibandingkan fleksibilitas tinggi. Dalam satu hari ada puluhan penerbangan ke Jakarta, tinggal memilih yang paling sreg di hati. Harga tiket berkisar di angka 1,4 jutaan hingga 2 jutaan rupiah.

 

Ke mana di Jakarta?

 

Sayang dong kalau tidak ke Jakarta dulu. Di Jakarta ada 2 tempat yang saya ingin datangi, yaitu kawasan Kota Tua dan Perpustakaan Nasional. Sebenarnya saya pengen menjelajahi semua ruangan dan bangunan di kawasan Perpustakaan Nasional tetapi jika tidak memadai tidak mengapa ke beberapa ruangan saja yang penting bisa juga melihat Kota Tua yang terlihat instagrammable di internet.

 

Nginap di Mana di Jakarta?

 

Ada 2 hotel yang saya lihat recommended di kawasan Senen, Jakarta Pusat, yaitu Balairung Hotel Jakarta dan Grand Menteng Hotel. Kalau mau yang dekat dengan daily mart, bisa memilih Grand Menteng Hotel. Kedua hotel ini letaknya tak sampai 400 meter dari Perpustakaan Nasional jadi bisa berjalan kaki pergi dan pulang ke/dari Perpustakaan Nasional jika ingin berhemat.

Informasi Lengkap di Traveloka

Di aplikasi Traveloka, klik HOTEL. Setting nama tempat (Perpustakaan nasional Jakarta), tanggal booking, dan jumlah orang. Klik “cari” maka sejumlah hasil pencarian hotel muncul. Setelah melihat-lihat ulasan beberapa hotel, saya tertarik dengan Balairung Hotel Jakarta dan Grand Menteng Hotel.

Harga sewa kamar kedua hotel ini kurang lebih samalah ya. Untuk saat ini, di rate 400 ribuan rupiah dan sedang turun harga hingga 300 ribuan rupiah. Kalau mau puas-puasin menjelajahi Perpustakaan Nasional dan Kota Tua berarti sekurang-kurangnya butuh waktu 3 hari 2 malam menginap di hotel di Jakarta. Perlu menyiapkan budget Rp800.000 – Rp.1.000.000.

By the way, bagi yang lagi nyari hotel, sekarang di aplikasi Traveloka ada promo-promo menarik lho, yaitu Kupon Hotel, Kupon Hotel Internasional, Diskon Staycation s.d. 15%, Kupon Holiday Stays, dan Kupon Hotel khusus pelanggan baru Traveloka. Dapatkan diskon hingga 70% melalui aplikasi.

 

Ke Bandung

 

Tiga alasan yang membuat saya ingin ke Bandung adalah, pertama – ada keluarga adik saya di sana, kedua karena memori honey moon saya ada di Bandung, ketiga – karena banyak kuliner enak di Bandung. Bandung itu kota kuliner terbaik ke-5 di dunia untuk kategori Makanan Tradisional versi Taste Atlas, lho. Nah, nginapnya gampang, di tempat adik saya saja.

 

Naik Apa ke Bandung?

 

Ke Bandung saya nebeng sama adik dong. Dia biasanya naik kereta api. Kalaupun berangkat sendiri, bisa juga pesan tiket di Traveloka dengan menetapkan kota/stasiun asal dan tujuan, setting tanggal (pulang dan/atau pergi), dan jumlah seat. Untuk rute Jakarta-Bandung harga tiket berkisar di Rp130.000 dan Rp170.000. Budget yang disiapkan dikali dua untuk pulang-pergi.

Traveloka Xperience Bandung

Ke Mana Saja di Bandung?

 

Selama ini saya “memendam rasa” saja melihat postingan teman-teman blogger dan influencer Bandung terkait tempat-tempat wisata menarik di Bandung. Saya mencatat beberapa yang menarik yang ingin saya kunjungi. Bisa ke sana bareng ponakan. Tempat-tempat wisata itu adalah:

  1. Farmhouse Lembang (HTM mulai dari Rp25.500).
  2. The Great Asia Africa (HTM mulai dari Rp42.500).
  3. Floating Market Lembang (HTM mulai dari Rp29.750).
  4. Taman Rekreasi Air Panas Alam Sari Ater (HTM mulai dari Rp44.900).
  5. The Lodge Maribaya (HTM mulai dari Rp38.000).
  6. Dago Dreampark (HTM mulai dari Rp23.072).
  7. Fairy Garden (HTM mulai dari Rp38.000).
  8. Zen Family Spa & Reflexology Surya Sumantri (mulai dari Rp159.000)

Wuih banyak, ya. Nomor 1-7 itu tempat wisata, nomor 8 dibutuhkan untuk mengembalikan kebugaran tubuh setelah perjalanan. Informasi detail saya dapatkan di aplikasi Traveloka, di bagian Xperience. Mulai dari jam buka/tutup, apakah ada pembatalan gratis, penawaran spesial, harga promo dan bundling, keterangan mengenai hal menarik apa yang bisa dilihat/dialami di sana, fasilitas umum apa saja yang ada, petunjuk arah beserta peta, hingga ulasan pengunjung.

 

Wisata Kuliner di Bandung

 

Dalam Traveloka Xperience, ada Makanan & Minuman yang menunjukkan tempat wisata kuliner di Bandung, yaitu Weekend Roasting and BBQ Dinner at Feast Restaurant, Sheraton Bandung Hotel & Towers (harga mulai dari Rp276.000).

Jika memungkinkan, pengennya bisa menjelajah mencari tempat-tempat makan tradisional enak di Bandung atau tempat yang menjual makanan tradisional yang enak seperti seblak, lotek, nasi tutug oncom, surabi, colenak, tahu susu, pisang bolen, dan batagor. Di Makassar sebenarnya ada yang jual batagor Bandung dan pisang bolen Bandung tapi penasaran dengan yang dijual di Bandung, apakah ada perbedaan rasa? Biasanya kan makanan itu lebih enak di daerah asalnya.

 

Selama di Bandung Naik Apa?

 

Nah, untuk kendaraan selama ke tempat-tempat wisata dan berburu kuliner di Bandung bisa diperoleh dari aplikasi Traveloka juga. Kita bisa lihat di bagian Tiket Bus & Travel atau di bagian Mobil. One stop solution deh yang penting sedia handphone yang mumpuni beserta perlengkapan ngechargenya.

***

Relasi saudara kandung bisa jadi merupakan hubungan  terlama yang dimiliki seseorang. Perkembangan seseorang dipengaruhi juga oleh hubungannya dengan saudara kandungnya. Bertumbuh bersama, saudara sekandung saling belajar mendewasa dalam kebersamaan dan menyelesaikan konflik di antara mereka.

Impian berlibur di Jakarta dan Bandung bukan sekadar berlibur, melainkan juga untuk mempererat bonding dengan adik beserta keluarganya. Semoga bisa terlaksana suatu saat nanti. Kalian punya rencana liburan dalam rangka mengunjungi keluarga juga?

Traveloka One Stop Solution

Coba dipetakan saja dulu, gunakan aplikasi Traveloka. Rencanakan liburan di Traveloka untuk mengeksplorasi destinasi sembari menghitung budget-nya. Gunakan sebaik mungkin promo-promo yang ada. Ingat, dalam berlibur pun perlu mengikuti kata hati dan jalani hidup dengan cara kita sendiri #LifeYourWay agar liburan nyaman dan bermakna.

Makassar, 21 Desember 2022




Share :

72 Komentar di "Mempererat Bonding dengan Saudara, Liburan Cara Aku Bareng Traveloka"

  1. Bandung emang susah buat dilupain ya kak mugni. Terbayang dari 20 tahun lalu bandung pasti lebih berkembang lagi. Tempat wisatanya juga semakin keren. Dengan adanya traveloka membantu banget jadinya rencana perjalanan kita di berbagai kota tujuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur, Bandung memang bikin kangen πŸ˜ƒ apalagi ada keluarga adik saya di sana 😊

      Delete
  2. Rencana kami juga mau ke Bandung liburan ini. Kebetulan, ada adiknya Papi Mertua di sana. Siapa tahu bisaki ketemuan di Tanah Pasundan itu... Ayomi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah tahun ini ndak bisa ke sana. Semoga next time bisa ketemu kita. πŸ˜ƒ

      Delete
  3. Wah traveloka lagi banyak banget promo buat traveling ya mba, bisa kenana-mana dengan Traveloka saja, samaan saya juga kemana-mana pesannya apa apa di Traveloka

    ReplyDelete
  4. Salah satu tulisan #LifeYourWay Traveloka yang menarik buat saya. Bonding dengan saudara. Ini zaman sekarang sangat langka, terlebih kalau kita dan saudara kita masing-masing sudah berkeluarga. Semoga terwujud ya Mba Mugni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih ya, Mbak Mutia. 😊

      Delete
  5. Semoga keinginan Bunda buat bisa ketemu sama adik, adik ipar, juga ponakan, lalu jalan jalan bareng terlaksana. Aamiin.

    Kadang memang begitu ya, Bun. Ketika sudah merasa nggak ada alasan untuk datang ke suatu tempat ya jadinya nggak ke sana lagi.

    ReplyDelete
  6. Nanti mampir juga ke Cianjur dong hehehe

    Dari Jakarta, sebelum ke Bandung, kalau dulu itu pasti lewat Cianjur. Kini sih sudah banyak tol dan kereta cepat jadi gak lewat Cianjur lagi. Traveling melalui aplikasi Traveloka jadi makin mudah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya, ada Teh Okti di Cianjur. Senangnya jika bisa ke Bandung, banyak teman di Bandung dan sekitarnya. πŸ˜ƒ

      Delete
    2. Cianjur punya banyak objek wisata alam yang menari. Salah satu destinasi favorit saya era 2003-2010an. Gak pernah puas ke Cianjur mah. Selalu ada yang baru.

      Delete
    3. Ayo kapan kapan ke Bandung infokan. Semoga bisa melipir menemui hehehe

      Delete
    4. Ikuuuttt silaturahmi nya, eh 😁.
      Cuss agendakan sambil ke Bandung lalu ke Cianjur bisa ketemuan sama Teh Okti.

      Delete
  7. Aku aja yang sekarang tinggal dekat Jakarta kalau liburan seperti staycation pasti ke Jakarta, Mba. Karena gak pernah bosenin, apalagi transportasinya lengkap. Bandung juga masih banyak tempat wisata yang belum dikunjungi. Semoga bisa menjelajah Bandung bersama Traveloka. Biasanya untuk pesan tiket kereta lewat Traveloka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Jakarta itu kalau tahu ke mana naik apa, transportasi bisa murah ya, Mbak. Teman saya dari Bekasi ke Jakarta naik kereta cuma 20 ribu rupiah bayarnya.

      Delete
  8. Aku udah susah ketemu saudara kandung, Mbak. Jauh-jauh. Penginnya aku, sebagai yang masih bebas, bisa wara-wiri ngunjungin kota mereka. Tapi ya, apa daya, masih krisis. Aplikasi travelokanya masih dianggurin πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segala sesuatunya segera membaik ya, Mbak Dhenok supaya bisa berkumpul bareng saudara kandung lagi :)

      Delete
  9. Kalau jalan2 memang nyaman sekali pakai Traveloka ya kak. Banyak fiturnya, harga terjangkau pula. Pokoknya traveloka deh nomor satu teman traveling kita semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traveloka memang one stop solution ya, Mbak Laila.

      Delete
  10. hiks, auto inget kakak perempuan saya satu2nya
    Jadi pingin jalan dengan dia, ke Bali ah...hehehe
    Walau tabungan belum penuh, tapi kan ada Traveloka Paylater

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aah iya, Ambu ... bisa pakai Traveloka Paylater :)

      Delete
  11. Semoga rencana liburan ke Jakarta dan bandung bisa terlaksana ya mbak. Silaturahmi mengunjungi keluarga Adik di Bandung, sekaligus berwisata menyenangkan diri sendiri.

    ReplyDelete
  12. Sebelum berlibur memang kudu matang membuat perencanaan perjalanan. Apalagi bisa dikatakan lintas provinsi ya.
    Semoga sukses silaturahmi dengan saudara tercinta ya Bu. Jaga kesehatan juga ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mbak Fen ... kalau saya juga seperti itu. Perjalanan ribuan kilometer soalnya dan saya pada dasarnya bukan traveler yang bisa lompat2 kota dengan santai :D

      Delete
  13. Dalam setiap melakukan perjalanan memang penting banget untuk selalu perhatikan kondisi fisik juga ya kakak. Enggak mau ngoyo sih bahasanya yah. Utamakan kesehatan dan perencanaan matang ketika mau liburan. Btw aku setia banget juga sering pesan untuk liburan pakai Traveloka nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mbak Ririn. Saya gak mau ngoyo .. apa adanya, realistis, benar-benar menghitung kemampuan diri. Wih iya, Traveloka banyak promonya yaa.

      Delete
  14. "Doktor Mark Feinberg (psikolog dari Penn State University, USA) mengatakan bahwa hubungan saudara kandung memiliki pengaruh yang hampir sama kuatnya dengan orang tua, membentuk kebiasaan dalam hubungan pertemanan, hubungan romantis, termasuk menentukan kondisi kesehatan emosional dan mental."

    Kutipan yang saya suka banget. Bonding yang erat antar saudara tuh memang bikin hati tenang dan bagus untuk kesehatan mental. Saya sangat merasakan ini. Baik dengan saudara kandung sendiri maupun dengan saudara kandung suami. Pekerjaan seringkali menjadi hambatan yang mengurangi waktu untuk bersapa langsung. Saat yang berharga meski kita bisa bertemu secara digital. Semoga kita semua diberkahi dengan kesehatan dan umur panjang agar dapat tetap menjalin hubungan berkualitas dengan saudara-saudara kita ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Yuk ... iya, penting ya mengekalkan hubungan baik dengan saudara kandung. :)

      Delete
  15. Asli sih emang. Dengan Traveloka, kita bisa merencanakan perjalanan yang paling menyenangkan. Mana bisa kita atur sesuai budget kita pula. Karena kita bisa membandingkan harga modal transportasi atau fasilitas perjalanan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ... sudah begitu one stop solution pula kan aplikasinya, jadi mau cari banyak hal bisa di Traveloka saja.

      Delete
  16. Pakai Traveloka jadi lebih mudah mengatur liburan tanpa khawatir tentang masalah pemesanan hotel ya, mba. Dengan Traveloka, kita bisa menemukan berbagai pilihan hotel yang sesuai dengan budget juga. Liburan juga jadi lebih nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Ila ... bisa dicari senyaman-nyamannya kita ya di Traveloka itu.

      Delete
  17. Bersama Traveloka, mewujudkan banyak impian untuk travelling yang bukan hanya travelling ya.. Tetapi juga silaturahm dengan adik kak Niar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Lendy .. kalau bisa ke Bandung, kita bisa ketemuan yaa.

      Delete
    2. Siap kak Niar..
      BIsmillah, semoga dimudahkan selama perjalanan.

      Pilihan terbaik saat travelling memang bersama Traveloka ya, kak Niar.
      Selain pilihannya banyak juga semua kebutuhan ada dari mulai transportasi & akomodasi. Nyaman banget..

      Delete
  18. Semoga liburannya bisa terwujud ya mbak. Seru pasti bisa jalan-jalan bareng saudara lagi apalagi ke Jakarta dan Bandung yang notabene banget banget tempat wisatanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... makasih Mbak Dyah ... iya, kebayang keseruannya. :)

      Delete
  19. Hotel balaiurang emang unik dengan bangunan atap rumah tradisional rumah gadang. Liburan pakai Traveloka jadi menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hotelnya unik ya ... iyes, in syaa Allah nyaman dan menyenangkan karena bisa menghitung budget dulu di Traveloka ya, Mpo. Mulai dari kendaraan hingga wisata.

      Delete
  20. Aplikqsi si burung biru rekomended suka ada promo promo yakin kalau rajib okut berhasil deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Yeni, bisa dapat murah banget di Traveloka?

      Delete
  21. Dengan Traveloka, semua perjalanan jadi lebih mudah dan menyenangkan ya kak. Banyak promonya juga pula kan. Jadinya bua kita menpererat silaturahmi dengan keluarga makin gampang aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa liburan sembari mempererat silaturahmi ya Mbak Nengsi.

      Delete
  22. duh, terakhir ke bandung jaman kuliah tahun 2010, sekarang udah banyak banget tempat wisata...

    pernah ke kota tua, meski panas, tapi bangunannya benar-benar unik dan jadul banget termasuk stasiunnya, ada cafe favorite juga di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah yaa, berarti Kota Tua di Bandung perlu masuk dalam itenerary ya, Mbak Manda.

      Delete
  23. Seru banget ya mbak untuk menghabiskan waktu liburan bareng keluarga. Setuju banget sih buat kulineran, paka Traveloka Xprience tuh tjakep banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai tiket perjalanan hingga makanan bisa dicari melalui Traveloka ya Mbak.

      Delete
  24. Nah.. Komunikasi dan silahturahmi itu penting banget apalagi sama saudara sendiri jangan sampai terputjs meski sdh pada berumah tangga... Tentunya salah satu quality time bersama saudara misalnya berlibur bisa mengobati rasa rindu.. He.. He untung ada aplikasi traveloka jadi terencana nih liburan yg penuh indah dan berkesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya begitu, Mbak ... semoga kesampaian :)

      Delete
  25. Emang bener bahwa pertemanan bisa diperkuat dg cara (salah satunya) traveling. Apalagi dg traveloka bisa lebih hemat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, bisa jadi bonding dengan saudara kandung, Mas.

      Delete
  26. Banyak pilihan ya destinasi wisata di Jakarta dan sekitarnya kita tinggal pilih mau kmna2nya setuju bngt nih aku travelling bisa buat nguatin bonding sma sodara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ya Mbak ... untuk Jakarta saya penasaran dengan Perpusnas dan Kota Tua .. untuk Bandung, saya punya sederetan destinasi impian :)

      Delete
  27. Traveloka emang nyenengin banget kalo kasih pilihan buat liburan. Jadi mudah milih hotel ama tempat wisatanya juga. Nyari yang deket hotel dan harga diskon pake voucher ya mba

    ReplyDelete
  28. Traveling bisa memperkuat pertemanan itu benar adanya ya mba, karena jadi kenal lebih dalam siapa orang itu konon yang dengan nginap sehari aja

    ReplyDelete
  29. Pas gede gini emang kyknya ma saudara tu agak renggang krn masing2 punya kesibukan dan keluarga ya mbak. Namun bukan berarti tak bisa diusahakan utk ketemu atau bahkan pelesir bersama. Wah org lain pengen ke tenpat sepi mbak Mugniar malah pengen ke Jakarta. Menyepinya di Bandung aja yaa. Tp emang kedua kota itu menarik sih, selain bisa berwisata, bisa belanja juga yaa.

    ReplyDelete
  30. Traveloka ini jadi pegangan aku banget kemanapun akan pergi. Penawaran menariknya itu loh ga bisa dilewatkan begitu saja

    ReplyDelete
  31. Kita belum jadi ketemuan ya kak....semoga satu saat bisa berjumpa ya kak

    ReplyDelete
  32. Sesekali butuh waktu untuk mempererat bonding dengan saudara kandung ya.

    ReplyDelete
  33. Unik nih mbanya, tujuannya bonding dengan saudara kandung. Biar tetep harmonis hubungan persaudaraannya ya mba, apalagi orangtua sudah tiada. Btw emang seru banget mba kalo ke The Lodge Maribaya dan Fairy Garden tuh, menyenangkan dan bikin pikiran fresh

    ReplyDelete
  34. Memanfaatkan waktu dengan bijak ya mbak dari pelatihan sempat bersilahturahmi ke Bandung sejenak.
    Emang pakai Traveloka tuh praktis dan banyak pilihan jasa yang bisa digunakan dari tiketing, penginapan dan kegiatan.

    ReplyDelete
  35. Asiknya ya merencanajan liburan dan perjalanan, ada aplikasi travel yg ngebantu bgt karena semyanya lengkap mulai dari moda transportasi bahkan akomodasi. Ga pake worry lagi deh karena segalanya lebih berasa efisien

    ReplyDelete
  36. Aku jg kaget pas buka aplikasi traveloka bahkan mereka udah sediakan asuransi dan paket internet luar negeri lho bahkan.

    ReplyDelete
  37. Salah satu yang membuat pikiran dan hati lebih segar setelah liburan menurut saya karna ada bonding dengan keluarga. Walaupun liburannya hanya olahraga bersama ya, Mbak

    ReplyDelete
  38. Masyaallah aku pengen ke Sulsel lagi. mbak Mugniar pengen ke Jakarta ya . Xixxixi yuk ntar meet up ya kalau kesini

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^