Oreo 110th Birthday Celebration Mengiringi Aktivitas Bersama Keluarga yang Sederhana dan Seru

Oreo 110th Birthday Celebration Mengiringi Aktivitas Bersama Keluarga yang Sederhana dan Seru - “Kakak … Sarah Viloid nge-hack!” ekspresi si bungsu Afyad terlihat sedang menyampaikan kabar penting kepada Athifah kakaknya.

“Bukan nge-hack, akunnya di-hack,” Athifah mengoreksi perkataan adiknya.

Aktivitas Bersama Keluarga

“Iya, di-hack,” ujar si bungsu lagi. Ekspresinya menggemaskan, seolah-olah dia mengabarkan info penting tentang orang penting padahal saya tidak tahu siapa yang dia perbincangkan dan tidak akan memengaruhi apa-apa dalam kehidupan orang banyak pula.

“Siapa itu Sarah Viloid?” tanya saya.

“Youtuber,” jawab Athifah lalu mereka berdua berpindah ke ruang sebelah, tempat komputer desktop kami diletakkan.

Membersamai satu anak yang berusia dewasa dan dua anak berusia remaja saat ini, membuat saya harus makin belajar banyak dan belajar sabar banyak-banyak. Terkhusus dalam menghadapi si bungsu yang pernah saya ceritakan di blog ini sebagai seorang yang speech delay.

Kini dia sudah ceriwis namun masih mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara verbal dan emosional dengan tepat. Terkadang masih ada salah persepsi yang harus diluruskan dengan sabar karena persepsi dia dan kami berbeda. Dia mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran sekolah namun di sekolahnya yang menjalankan sistem inklusi, dia diberi kemudahan.

Masya Allah, ada satu kemampuannya yang kebanyakan teman seusianya tak memiliki. Dia bisa mencerna cara kerja komputer dan beberapa aplikasi di komputer dan handphone secara otodidak. Seperti suatu ketika, si sulung Affiq yang sedang berada di kota lain meminta dikirimkan sejumlah file-nya yang tersimpan di laptop yang ada di rumah.

“Sebentar, Afyad. Carikan dulu file-file foto di folder Kakak Affiq di situ. Kakak minta dikirimkan,” pinta saya kepada Afyad yang lagi asyik bermain game.

“Nanti saya …. Saya yang kirim,” Afyad menawarkan diri.

“Di-RAR-kan dulu,” ujar saya.

“Iya, nanti saya.”

“Afyad tahu caranya?”

“Saya tahu!”

Affiq meminta saya untuk mengompresnya ke dalam ekstensi RAR. Saya masih berpikir bagaimana mengirimkan kepada Affiq, ketika Afyad dengan cepat mencari file-file yang dimaksud, membuatnya jadi file RAR, lalu membuka browser yang ter-setting atas akun Google saya.

Selebrasi dengan Oreo

Setelah itu dia membuka Whatsapp di browser itu, mencari chat saya dengan kakaknya dan mengunggah file RAR yang dimaksud di situ. Saya bengong melihatnya melakukan semuanya dengan cepat. Tadi sempat berpikir mau minta alamat email Affiq dan mengirimkannya via emal eh tahu-tahu si bongsor ini sudah selesai mengirimkannya kepada kakaknya.

Melakukan hal yang disenangi di depan komputer atau dengan HP, Afyad bisa fokus dalam waktu lama. Berbeda halnya di dalam kelas. Kecuali jika gurunya mampu membuatnya berkosentrasi dengan metode-metode berbeda.

Bersyukur, guru-guru pendamping khususnya (GPK) bisa mengupayakan Afyad untuk mengikuti pelajaran meskipun tidak harus sama pemahamannya dengan teman-teman sekelasnya. Selama menghadapi pembelajaran tatap muka di tahun ajaran kali ini, GPK yang sekarang mencarikannya teman-teman kelompok yang kondusif, yaitu anak-anak yang ramah dan tidak suka mengejek karena Afyad bereaksi keras bila diejek. Semoga dia betah hingga jelang ujian akhir sekolah dasar.

Lalu bagaimana di rumah? Saya harus belajar banyak dalam memahami dan mengajaknya berkomunikasi. Saya sudah bisa mengerti bagaimana dia berpersepsi terhadap sesuatu yang mana kadang-kadang persepsinya meleset jauh dari fakta sebenarnya dan saya sudah paham karakternya seperti apa.

Sebisa mungkin saya menghadapinya, sama seperti saya menghadapi Athifah – kakak perempuan yang dekat dengan Afyad sehari-hari. Kecuali dalam hal di mana Afyad mengalami keterbatasan, saya menggunakan cara khusus.


3 Cara Membersamai Anak Usia Remaja

 

Secara umum, dalam menghadapi kedua remaja ini, saya menjalankan hal-hal berikut:

 

1. Berkomunikasi Sebagai Teman

 

Cara berkomunikasi yang dipergunakan lebih banyak sebagai teman. Saya menjauhi menginterogasi berlebihan atau mengatur berlebihan. Saya berusaha menggunakan gaya bertutur positif, menghindari yang negatif kecuali jika tidak ada cara lain atau sedang khilaf 🤭. Yang terakhir itu jangan ditiru.🙈

 

2. Membersamai dalam Beraktivitas

Nonton Film Bersama
 

Nonton bersama, bisa menjadi salah satu aktivitas asyik yang bisa dilakukan bersama. Belum lama ini saya mengajak kedua remaja ini nonton film animasi Minions: The Rise of Gru. Keduanya sudah pernah nonto sekuel-sekuel The Minions sebelumnya dan penasaran dengan film yang terbaru ini. Kalau bukan dengan saya, anak-anak nonton dengan papanya.

Dalam mengerjakan tugas sekolah, saya dan suami juga terlibat dalam membantu anak-anak, dalam batasan-batasan yang kami anggap wajar. Selain itu, main bersama juga bisa menjadi cara beraktivitas bersama yang menggembirakan. Paling sederhana adalah ngobrol dan bercanda bersama.

 

3. Ngemil Bersama

 

Bercanda bersama rasanya tidak afdol tanpa adanya makanan ringan yang dihadapi bersama. Biasanya dalam acara ngemil bersama, papanya mengeluarkan candaan lawas, yaitu berpura-pura merebut atau menguasai cemilan sehingga satu atau dua anak ini tertipu, mengira sang ayah benar-benar mau mengambil snack mereka. By the way, lucu juga melihat Pak Suami menikmati leluconnya sementara saya merasa tidak lucu sama sekali. 😅

Ngemil Bersama Keluarga
 

Ngemil Asyik dengan Oreo

 

Ngemil bersama selalu saja asyik, apalagi jika kudapan yang dihadapi OREO. Beberapa hari yang lalu, ketika saya sedang mengamati biskuit Oreo Birthday Sprinkle (biskuit sandwich cokelat dengan krim rasa vanila dan butiran gula aneka warna) di sebuah supermarket, Pak Suami berkata beli 3 supaya yang satunya disimpannya, nanti buat dipakai gangguin anak-anak. Hih, lihat kan, sespontan itu ide jailnya. 😄

Sesampainya di rumah, saya belum mengelurkan kemasan Oreo produk baru varian spesial ulang tahun Oreo “Birthday Cake Flavor” yang saya beli itu. Eh, kedapatan deh sama Athifah. Dengan mata berbinar-binar dia mendekati saya. “Mama belum keluarkan Oreo dari tas,” ujarnya. Dikiranya saya lupa padahal sengaja, menunggu saat yang tepat 😉.

Saat yang tepat adalah ketika si bungsu sudah menjalani hari-hari sekolahnya dengan baik, semaksimal daya yang dimilikinya. Anggaplah suatu bentuk selebrasi. Walaupun Oreo Birthday Cake Flavor ini khusus dikeluarkan dalam rangka perayaan hari jadi Oreo yang ke-110, tidak berarti kami menikmati keseruan dengannya saat salah satu dari kami berulangtahun.

Soalnya tak ada di antara kami yang berulang tahun di bulan Agustus ini. Yang paling dekat si dua remaja ini, mereka in syaa Allah berulang tahun di bulan September. Boleh dong selebrasi bulan Agustusnya dalam rangka bersyukur atas pencapaian si bungsu yang sedang semangat bersekolah dan ini kami nikmati bersama-sama? Boleh doong, masa tidak boleeh. 😏

Seperti biasa, Afyad dan Athifah senang melihat biskuit kesukaan terhidang. Seperti bisa pula, si Papa jail. Ada-ada saja yang diucapkannya untuk menggoda anak-anaknya. “Ya, sudah … sisanya untuk Papa.” Dikatakannya “sisa” padahal jauh lebih banyak daripada yang “tersisa” ketimbang yang sedang dipegang anaknya.


Makan Oreo Bersama


Si bungsu memandangi saya dengan tatapan berharap dan nyaris mewek. Segera saya tambahkan lagi jatahnya karena saya memang belum selesai membagi bikuit berwarna coklat dark dengan taburan  sprinkle warna-warni pada krim putihnya.

Ndak bisakah tidak mengganggu anaknya, Pa?” ucap saya gemas ketika si Papa kembali menggoda Athifah. “Tidak!” ujarnya puas. Entah kenapa pula, di antara kedua anak ini selalu saja ada yang terpancing oleh kejailan papanya padahal sudah bertahun-tahun si Papa melakukan hal seperti ini pada mereka. 🤭

Siapa yang rela jatah Oreo yang aromanya bak birthday cake ini diambil meskipun oleh ayahnya sendiri? Saya kira tak ada anak-anak yang rela, begitu pula kedua remaja ini. 😁 Cukuplah dibagi rata cemilan ini, jangan sampai ada yang mengambil jatah milik mereka lagi.

Oreo pertama kali beredar di Indonesia pada tahun 1994 dan berhasil menjadi biskuit yang memiliki tempat istimewa di hati keluarga Indonesia, termasuk keluarga kami. Tagline zaman dulu – diputar, dijilat, dicelupin masih membekas di benak banyak orang, tak terkecuali Titi Kamal – sebagaimana dikutip dalam press release Ulang Tahun ke-110, Oreo Hadirkan Rangkaian Keseruan Perayaan #WishOreo110[1].

 

Yang Seru di #WishOreo110 #UlangTahunOreo

 

Oreo yang dapat ditemukan di lebih dari 100 negara ini selalu saja memiliki cara seru dalam berbagi kebahagiaan dengan pecintanya. Di seluruh dunia kurang lebih ada belasan variannya yang beredar. Brand ikonik dari Mondelez ini mengajak keluarga Indonesia untuk turut merayakan keseruan #WishOreo110 #UlangTahunOreo dengan aneka keseruan di sepanjang tahun melalui berbagai inovasi dan kejutan dari rangkaian produk Oreo.

Selain peluncuran produk baru varian spesial ulang tahun Oreo “Birthday Cake Flavor”, ada fitur AR (augmented reality) yang bisa diperoleh dengan cara memindai kode QR pada kemasan produk varian Birthday Cake Flavor yang langsung menghubungkan pemindainya dengan filter Instagram #WishOreo110 milik akun instagram @oreo_indonesia. Saya sudah mencoba filter Instagramnya, ngos-ngosan tapi seru 😆.

Bukan sekadar seru-seruan, lho, bagi 110 partisipan yang beruntung karena telah berhasil meniup 110 lilin dengan menggunakan fitur AR Oreo pada filter tersebut berkesempatan memenangkan hadiah-hadiah menarik!

Selain itu, ada pula kolaborasi spesial bersama beberapa merchant ternama dalam bidang food and beverage, seperti Bitter Sweet by Najla. Najla Farid Bisyir – founder Bittersweet by Najla telah launching dessert box spesial dengan tema “Cookies and Cream Special Anniversary” guna menambah keseruan di momen spesial #WishOreo110.

Sebelumnya, Oreo telah berkolaborasi dengan GrabFood untuk menghadirkan jajanan spesial Oreo pada tanggal 27 Juli – 3 Agustus lalu dan meluncurkan merchandise eksklusif. Btw, selamat ulang tahun Oreo, semoga selalu menjadi ikon yang mampu menguatkan ikatan keluarga dengan aktivitas bersama yang sederhana sekaligus seru.

Oreo Birthday Cake Flavor

Pentingnya Aktivitas Seru Bersama Keluarga

 

Saskhya Aulia Prima M.Psi Psikolog & Co-founder Rumah Psikologi TigaGenerasi pada saat launching varian baru Oreo menjelaskan alasan penting untuk menciptakan momen bersama keluarga, “Sejatinya menciptakan momen kebersamaan melalui aktivitas seru bersama keluarga memang penting untuk rutin dilakukan agar ikatan emosional dapat terjalin dengan baik. Salah satunya dapat diciptakan melalui berbagai aktivitas seru dan menyenangkan dengan menikmati camilan favorit bersama keluarga.[2]

Saskhya juga mengatakan bahwa ada banyak manfaat yang diperoleh dengan cara menjalin ikatan bersama orang tua dan anak, mulai dari dapat meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional, hingga menciptakan kenangan jangka panjang untuk anak[3].

Psikolog Anak dan Keluarga, Vera Itabiliana dalam sebuah webinar mengatakan bahwa dengan melakukan kegiatan menyenangkan bersama anak bisa memicu munculnya hormon oksitosin atau hormon cinta. Ketika hormon itu keluar, kita merasa lebih dekat, nyaman, aman. Hal ini penting untuk anak sebab keluarga menjadi tempat berpijak anak-anak sekaligus sumber inspirasi[4].

#WishOreo110 #UlangTahunOreo

Nah, bagaimana, ingin mencoba keseruan berbeda dalam kebersamaan dengan keluarga? Coba deh cara-cara yang saya paparkan di atas dan munculkan hormon cinta dalam keluarga sekaligus menstimulasi kecerdasan intelektual dan emosional anak.  Toh menciptakan kebersamaan yang seru tidak selalu harus keluar rumah, bukan? Cara-cara ini sederhana dan asyik! 😘

Makassar, 9 Agustus 2022



[1] Press release yang disisipkan dalam https://ibuibudoyannulis.com/iidnreborn/lomba-blog-oreo-110th-birthday-celebration/, diakses 9 Agustus 2022, pukul 9:20 WITA.

[2] Press release yang disisipkan dalam https://ibuibudoyannulis.com/iidnreborn/lomba-blog-oreo-110th-birthday-celebration/, diakses 9 Agustus 2022, pukul 9:28 WITA.

[3] https://lifestyle.bisnis.com/read/20220726/236/1559194/psikolog-beri-tips-bangun-ikatan-keluarga-dengan-cara-sederhana, diakses 9 Agustus 2022, pukul 19:48 WITA.

[4] https://www.suara.com/health/2022/08/08/191522/jangan-pelit-waktu-untuk-quality-time-bersama-keluarga-ya-ini-manfaatnya-menurut-psikolog, diakses 9 Agustus 2022, pukul 19:28 WITA.



Share :

35 Komentar di "Oreo 110th Birthday Celebration Mengiringi Aktivitas Bersama Keluarga yang Sederhana dan Seru "

  1. Wah si kecil udah kenal Sarah Viloid, tahu kalau youtuber sih cuma enggak begitu mengikuti bisa bayangin ngadunya gimana, oalah. Pinter juga udah bisa mengoperasikan laptop dengan baik. Memang seru kalau bisa dampingi anak-anak kayak gini. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia tahu saja YouTuber gaming yang lagi hits, Mbak. Terima kasih ya Mbak Nisa.

      Delete
  2. Afyad keren bangeet bisa belajar otodidak.. sisi positif zaman sekarang anak anak cepat belajar komputer ya.. pandemi terpaksa juga belajar tentang virus.. yang keren Oreo nih, sudah melewati berbagai zaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin semangat dia belajarnya bila ada Oreo hehe.

      Delete
  3. Baru sadar nama anak kak mugni semuanya A. Afif, Athifah dan Afyad

    Sungguh Afyad mencengangkan dengan kemampuan lain yang Allah titipkan ya kak. Saya bacanya terharu, bagaimana Allah selalu memberi kelebihan meskipun kita melihatnya ada kekurangan.
    Senangnya bila keluarga punya we time bersama ya kak, apalagi dengan oreo biskuit kesukaan keluarga. Saya jadi penasaran yang varian khusus selebrasi ultah ke 110 oreo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah ya, Mbak ...di balik keterbaasannya, dia cepat banget belajar komputer.

      Delete
  4. Keren ih si kecil uda mengenal IT dg baik. Ini ya besanya generasi sy dengan generazi Z. Emak perlu bgt belajar biar ga kudet ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, anak generasi Z, Mbak .... benar banget, ibunya perlu belajar hehe.

      Delete
  5. Seru sekali makan oreo dengan keluarga, tambahan sprinkle warna-warni dibagian putihnya pasti anak-anak suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang dewasa pun senang makan Oreo yang sprinkle ini :)

      Delete
  6. Oreo memang bener-bener cemilan favorit keluarga ya kak, ga hanya Afyad dan Athifah saja yg suka, mama dan papanya juga suka. Aku penasaran nih sama Oreo Birthday Cake Flavor, belum pernah icipin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha benar banget Mbak Leha ... Papa dan mamanya pun suka.

      Delete
  7. Aku sudah stok oreo birthday cake buat dibikin kreasi sama si kecil pas weekend. Walau si kecil sudah gak sabar banget, apalagi oreo cemilan favoritnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung pengen diicip saja, ya Mbak hehe.

      Delete
  8. Afyad usia berapa mb? masuk generasi Alpha kah mb? Memahg generasi anak-anak sekarang cepat sekali mengenal teknologi. Alhamdulillahnya juga tahu bagaimana baiknya menggunakan teknologi, termasuk fungsinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afyad masih generasi Z, Kak .... iya, anak2 sekarang cepat belajar teknologi yang berhubungan dengan komputer.

      Delete
  9. Wah oreo pun kesukaan anak² jagoan sy kak. Tiap bulan belanja pasti ada oreo nya. Mmg camilan ini ok bgt tuk ngemil bareng sambil santai sm keluarga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya macam-macam .. bikin penasaran pengen icip semuanya ya :D

      Delete
    2. Iya bener... Btw jadi terinspirasi cerita kak Niar nih, dengan oreo bisa bikin aktivitas seru juga ya bareng keluarga.

      Delete
  10. Masya Allah emak hebat, semoga kita bisa membersamai tumbuh kembang anak selalu ya makk 🤲🤲.
    Jaman sekarang, kita harus bisa menjadi teman yang baik buat anak2.
    Oreooo mah cemilan anakku banget maak termasuk minuman2 yg ada campuran oreo sukak👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin penasaran ya semua rasa Oreo, Mbak ... pengen campur-campur jadi minuman pun enaak.

      Delete
  11. Anakku juga gitu mba, klo udah ngikutin channel Youtube kesukaan cepet banget hapalnya, coba sama pelajaran gitu ya wkwk, kami juga suka nih sama Oreo birthday cake flavor, cocok dimakan pas ngumpul bareng2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, varian baru ini cocok untuk dicemilin saat ngumpul bareng apalagi untuk selebrasi ya, Mbak Iid.

      Delete
  12. Selamat ulang tahun Oreo semoga makin banyak penggemar setia cemilan oreo. Ores selalu berinovasi dengan produk baru sehingga di sukai konsumen selalu

    ReplyDelete
  13. Nggak nyangka ternyata Oreo udah selama ini menemani aku, tahun 94 ya. Rasanya kayak baru kemarin aja
    Dulu waktu aku masih SD, cemilan Oreo udah berasa mewah banget. Sekarang Oreo juga mudah dicari, dan aku suka ngikuti iklannya yang dinikmati sama susu

    ReplyDelete
  14. Tentunya saya mau mencoba keseruan keluarga bersama oreo, pasti nikmat deh dimakan rame rame. Apalagi kalau nyobai varian spesial limited edition

    ReplyDelete
  15. Wah Afyad hebat bisa kirim file RAR buat Abangnya. Memang ya membersamai anak remaja mesti ada triknya, Beraktivitas bersama di antaranya...seperti dengan menikmati OREO bersama-sama

    ReplyDelete
  16. duh gak kebayang deh kalau anakku mulai remaja nanti kayak gimana, belum memasuki fase itu tapi sekarang aja anakku masih 8 tahun tapi rasanya udah berasa membersamai anak remaja, heheh. btw aku penasaran dengan Oreo “Birthday Cake Flavor” yang baru ini, anakku suka yang original dan yang small bite. coba beli ah, penasaran, hehe

    ReplyDelete
  17. Jadi penasaran pingin cobain yg ada sprinkle-nya gini. Oreo memang kesukaan siapa aja, bukan cuma anak-anak hehehe

    ReplyDelete
  18. Wah, usia oreo lebih tua dari usia mamaku pantas sangat melekat dalam ingatan kita, terutama jargonnya. Dibuka, dijilat terus dicelupin.

    ReplyDelete
  19. Aku ga nyangka loh Oreo ini udah segitu lamanya 😅. Malah lebih lama dari kemerdekaan negara kita 🤣.

    Nash rasa yg baru ini aku blm coba mba. Ntr belanja bulanan akhir bulan mau beli buat stok cemilan anak. Mereka paliiiing suka Oreo. Jadi kalo aku belanja cemilan , paling banyak itu pasti Oreo. Mulai dr yg original, yg rasa icecream, Oreo soft cake atau Oreo mini. Pernah juga pas ke KL ada eskrim rasa Oreo di sana, uwaaaah anak2 langsung happy . Mereka belum tau nih Oreo rasa baru ini. Mau diem2 beliin ah 😄

    ReplyDelete
  20. Nyemil bersama anak2 itu emang paling seru banget ... ga cuman bikin semakin akrab tetapi anak2 bisa terbuka dan bercerita apapun yg dia rasakan

    ReplyDelete
  21. Seru banget ya Kak ngumpul keluarga sambil makan Oreo, anak-anak happy, kalau ke minimarket pasti yang dicari Oreo berbagai rasa deh

    ReplyDelete
  22. Waaah...sudah nobar Minions: The Rise of Gru.
    Aku kemarin nonton via laptop, hehehe... Soalnya anak-anak lagi pada adaptasi masuk sekolah full day lagi, jadi kondisi badan up and down.
    Beneran kudu ngemil yang pasti enak dan berkualitas seperti biskuit Oreo.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^