Makanan Ringan yang Aman untuk Tubuh

Saya terpaku membaca sebuah tulisan yang di paragraf awalnya mengatakan, “Namanya manusia tidak akan dapat dipisahkan dengan mengemil. Wih, saya banget ini. Saya sanggup saja seharian tidak mengkonsumsi nasi, asalkan tidak lepas dari yang namanya mengkonsumsi makanan ringan. Well, mengemil tentu bukanlah suatu masalah besar yang harus dilarang. Bukan hendak mencari teman senasib jika saya mengatakan: bagi kamu yang memiliki hobi mengemil, tidak perlu merasa bersalah – karena memang tidak ada undang-undang yang melarang, hehe. Akan tetapi apabila Anda sedang menjalankan program diet, alangkah baiknya jika memperhatikan dengan baik mengenai jenis makanan ringan yang dapat dikonsumsi tanpa membuat berat badan kamu nambah.

Tak dapat menjaga tubuh agar terhindar dari kemungkinan menjadi gemuk (baca: tidak sehat)  – itu yang sering membuat orang yang senang ngemil merasa bersalah. Jujur, ini yang saya rasakan. Karena ketika kepincut sama satu jenis makanan ringan, saya sanggup menghabiskannya sendiri, sebanyak apapun itu. Kalau tidak habis dimakan selama sehari, saya bisa konsisten mengkonsumsinya selama berhari-hari!


Namun demikian saya menyadari, hal seperti ini harus diperhatikan dengan baik untuk kesehatan diri sendiri. Ketika umur semakin bertambah, metabolisme tubuh berpotensi besar mengalami kemerosotan. Yang perlu dilakukan yaitu menghindari cemilan-cemilan yang membuat perut keroncongan ketika melihatnya, dan menjadikan ngiler ketika sudah berusaha sekuat tenaga untuk menghindarinya karena menjadi penyebab kegemukan. Tahu, kan kalau kebanyakan makan cemilan enak itu mengandung kalori tinggi, banyak lemak, serta memiliki kandungan gula yang jauh lebih banyak?

Nah, penggemar cemilan tidak sedikit yang mengetahuinya. Namun sayangnya, di sisi lain banyak penggemar cemilan yang memutuskan untuk melakukan program diet dan menjauhi makanan ringan yang justu melakukan kesalahan-kesalahan seperti ini:
  1. Memilih cemilan yang memiliki banyak kandungan gula dan lemak padahal jenis makanan ringan yang dipilihnya ini tidak memberikan efek kenyang sehingga tanpa disadari dia telah menghabiskan sekantong cemilan.
  2. Memilih makanan ringan berkarbohidrat tinggi misalnya yang terdapat pada buah pir atau apel sementara jenis buah-buahan ini dapat dengan cepat diproses oleh sistem pencernaan sehingga yang mengkonsumsinya dengan cepat akan merasakan lapar (lalu makan lagi).
Bagi Anda yang sedang dalam program diet tetapi Anda tipe orang yang tidak bisa atau tidak sanggup menghindarkan diri dari ngemil makanan ringan untuk menemani aktivitas maka di bawah ini saya berikan tips dari kawan saya yang patut dicoba agar gaya hidup ngemil itu tidak memberikan dampak buruk kepada pertambahan berat badan Anda:

1. Pilih makanan yang kaya dengan serat larut.
Cara ini dapat untuk kamu temui pada makanan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian. Pilihlah sayuran yang mengandung serta nutrisi, dengan mengkonsumsi susu rendah lemak, daging tanpa lemak.

2. Kacang Almond.
Kacang merupakan cemilan yang memiliki waktu lama untuk dapat diproses atau dicerna sehingga kamu dapat memilih cemilan jenis ini.

3. Yogurt.
Selain enak di lidah, yogurt merupakan susu yang memiliki lemak rendah.

4. Konsumsi buah.
Anda bisa menggantikan cemilan dengan mulai mengkonsumsi buah-buahan yang membuat kenyang lebih lama, seperti alpukat.

5. Biji-bijian.
Selain sebagai cemilan anti gemuk, makanan jenis ini pun juga mampu menurunkan kolesterol. Contohnya adalah cereal.

Bagi orang yang tidak memiliki wawasan luas mengenai kesehatan atau seputar informasi yang lainnya, pasti akan menganggap mengemil itu akan membuat badan melar, akan tetapi kenyataan yang ada tidak seperti itu, karena masih ada cara lain yang dapat untuk dilakukan bagi kamu yang memiliki hobi mengemil. Tapi harus diingat, untuk mengganti makanan ringan yang tak sehat dengan salah satu dari 5 jenis cemilan di atas. Karena yang namanya hobi itu susah untuk dihilangkan, bukan? Melakukan hobi itu rasanya seperti sedang ber-me time. Oleh karena itu selagi masih ada cara lain untuk menanggulangi cemilan tanpa membuat berat badan naik, kenapa tidak? “Kita hanya perlu mengubah persepsi saja!” begitu kata orang-orang bijak. Semoga saya bisa mengikutinya ... (note to my self).


Makassar, 19 Juli 2017


Share :

33 Komentar di "Makanan Ringan yang Aman untuk Tubuh"

  1. saya juga suka mengemil. tapi kalo seharian gak makan nasi, suka pusing mba hehehe... perutnya udah perut nasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kadang-kadang kayak berasa belum makan ya kalau belum ketemu nasi, padahal sudah kenyang ngemil sebenarnya hahaha

      Delete
  2. sayangnya almond harganya selangit ya mbak :(

    ReplyDelete
  3. aku banget suka ngemil rasanya ni bibir agak asem klo ga ngemil hahaha dan sama spt mba Rosa klo almond itu onde mande harganya bikin meringis 😁😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jadi berpikir, apakah ngemil itu kebiasaan perempuan, ya? :D

      Delete
  4. Aku sunga mengemil juga, jadi timbunan lemak di tubuh nggak hilang-hilang. Duh! Harus ganti dengan cemilan yang sehat aja ya.

    ReplyDelete
  5. nice sharing. saya juga hobi banget ngemil nih :)

    ReplyDelete
  6. Meskipun cemilannya sehat dan aman untuk tubuh, tetap harus dalam batasan yang wajar juga, ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Yang halal kalau berlebihan pun tidak baik. :)

      Delete
  7. DUOzam doyan banged ngemil,
    wafer2 sama snack keripik itu no banget buat anak2 ya kak
    sy coba deh tips diatas ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali boleh, sih Qiah. Kasihan juga kalau sama sekali tidak boleh

      Delete
  8. Untungnya aku nggak suka ngemil, hehehe, tapi boleh juga tu ngemil buah yang mengandung banyak serat.

    ReplyDelete
  9. Makasih sharing nya mbak Mugniar.

    ReplyDelete
  10. asal gak overdosis ngemil aja gan ,, dan jangan langsung molor sehat sehat aja

    ReplyDelete
  11. aduuh saya mi ini. Hobby ngemil tanpa rasa bersalah. Apalagi banyak ketemuan selalunya di kafe. Umur sudah seperti saya begini ya sudah harus memilih makanan minimal di kurangilah ya makanan yang banyak karbo dan tinggi lemak. Niar, sukaku itu sangrai kacang almond. enak sekali memang. Teman-teman yang tau suka bawakanka kacang almond dari tanah suci. itu mi oleh-oleh favoritku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ini harus mi mengurangi yang berlemak, Kak. :D

      Wow ternyata Kak Novie favorit sama kacang almond yaa

      Delete
  12. Betul sekali, kacang almond muantep tapi ya itu, bikin kantong cepet kosong :(

    ReplyDelete
  13. sha suka banget kacang almod. Tapi sayang mahal, terus kulitnya dibuang hahaha

    kemarin sha di email juga sama miro, ms dua toko sih. Tapi kayaknya sekarang emang lambat gitu. dari bulan mei jumlah evaluasinya cm berkurang sedikit. padahal dah dua bulan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini jumlah tokonya nambah tapi MS-nya yang berkurang :))

      Delete
  14. Kangen banget minum yogurt. Udah lama ngga cobain. Hehe

    ReplyDelete
  15. saat ini aku lagi rajin banget tiap hari dikantor ngemilnya yogurt tiap siang kenapa selalu tiap siang aku pilih makannya karena asem kecutnya bikin aku ga ngantuk huahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh bisa bikin tidak ngantuk? Hm, patut dicoba :D

      Delete
  16. Sekarang saya lagi sukaa banget sama yogurt mbaak. sekalian diet gtu tp tetep sehat :D

    ReplyDelete
  17. buah sayur mah aman ka... banyak2 makan juga aman keknya... ya kecuali untuk yg pantang, kek sakig mag makan yg kecut2 ato yg laen

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^