Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak untuk Hadapi PTM

Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak untuk Hadapi PTMAlhamdulillah saya ditolong oleh masa liburan sekaligus peralihan tahun ajaran baru ini. Qadarullah, stamina saya ngedrop hebat sehingga saya tidak bisa memperhatikan anak-anak sebagaimana mestinya namun saya bisa beristirahat dengan maksimal. Dua hari jelang sekolah berlangsung, saat stamina mulai pulih sedikit demi sedikit, saya teringat si bungsu yang pernah terdengar ngeden saat BAB. Saya tanyakan apakah dia merasa sulit buang air besar. Si bungsu bertubuh bongsor ini mengiyakan.

Interlac

Rada khawatir juga, soalnya pada kenyataannya kan 80 persen dari sistem imun kita itu letaknya di saluran cerna. Saya tak mengada-ada, hal ini disebutkan oleh Profesor Soebijanto Marto Sudarmo, pakar gastroenterologi dari Universitas Airlangga, Surabaya[1] dan Dokter Saptawati Bardosono, MSc[2]. Oleh karenanya, para ahli medis bersepakat bahwa kesehatan saluran cerna yang baik adalah cerminan dari kesehatan tubuh secara umum.

Segera saya ambilkan si bocah Interlac. Satu tablet kunyah saya serahkan kepadanya. “Boleh pake air, Mama?” mungkin Afyad berpikir tablet ini rasanya pahit seperti obat flu. “Digigit saja, Nak. Dikunyah. Rasa jeruk itu,” saya menjawab keraguannya.

Back to school

Afyad langsung mengunyah Interlac tanpa keraguan. Tablet ini merupakan kombinasi probiotik dan vitamin D. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Hampir saya lupa mempersiapkan staminanya menjelang back to school di tahun ajaran baru kali ini. Beberapa kali berita-berita di media daring menginformasikan kurva pandemi COVID-19 di Indonesia mengalami kenaikan lagi.

 

Kegalauan Seorang Ibu Jelang Tahun Ajaran Baru

 

Di tengah terpaan berita naiknya angka covid-19 ini, juga menjadi dasar kekhawatiran melepas anak bersekolah tatap muka (lagi). Soalnya virus ini karakteristiknya tak selalu sama, dia bisa bermutasi. Berubah-ubah dan menjadi varian virus covid yang baru.

Tapi saya sadar juga, sih ya. Mau sampai kapan dipelihara kekhawatiran ini. Mau tak mau kita memang hidup berdampingan dengan si corona dengan berbagai variannya sebagaimana kita berdampingan dengan serangga mungil bernama nyamuk dan harus waspada dengan berbagai penyakit yang dibawanya.

PTM 100%

Nah,
berbekal 2 kali vaksin anak, untuk sementara cukup dulu bagi anak. Usia dia ini belum boleh booster soalnya. Selanjutnya anak perlu diperhatikan staminanya supaya bisa kembali menjalani sekolah offline. Untuk stamina, peran saluran pencernaan ternyata tidak boleh diabaikan ya, Kawan, sebagaimana yang saya paparkan di atas.

Saluran cerna merupakan organ terbesar manusia. Ukurannya bisa mencapai 300 meter persegi atau sebesar lapangan tenis! Masalah kesehatan saluran pencernaan seperti diare, sembelit, kembung, begah bukan hal sepele. Satu masalah pasti menghambat “kemulusan” atau kelancaran kerja saluran pencernaan. Kalau dibiarkan dan berlarut-larut, efeknya bakal makin besar lalu daya tahan tubuh anak secara keseluruhan terpengaruh. Ngeri, ya.

Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang turut mendukung sistem imun. Kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat. Bakteri jahat bisa muncul akibat kebiasaan makan yang buruk, higienitas yang juga buruk, stres, diare, atau pemakaian obat yang berlebihan.

Kesehatan saluran cerna

Saat sekolah tak bisa selalu memantau higienitas si bongsor ini. Tangannya masih suka memegang benda-benda yang dilaluinya, setelah itu diusap ke wajah atau bagian tubuh lain. Tahun ajaran lalu sudah PTM 100% dan dia setiap hari memakai masker ke sekolah namun tak bisa terpantau juga apakah maskernya nangkring terus di posisi yang seharusnya atau tidak. Keinginan saya sih, saluran cernanya selalu sehat agar dia bisa terjaga secara maksimal dari berbagai kuman di luar sana.

Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang mendukung imunitas tubuh. Cara agar saluran cerna kita memiliki kandungan probiotik adalah dengan mengkonsumsi Interlac.

 

Keunggulan Interlac

 

Interlac Tablet + Vit D3 ini merupakan kombinasi probiotik vitamin D yang dapat membantu meningkatkan penyerapan vitamin D secara lebih baik dibandingkan hanya mengkonsumsi vitamin D tunggal.

Vitamin D perlu menjadi perhatian karena manfaatnya yang besar bagi tubuh. Fungsinya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi; menjaga fungsi sistem imun, saraf, dan otak; meregulasi kadar insulin dan membantu tatalaksana diabetes, menjaga fungsi paru dan kesehatan kardiovaskuler; mempengaruhi ekspresi gen yang terlibat dalam perkembangan kanker; membantu menurunkan tekanan darah; dan membantu memperbaiki fungsi otak.

Suplemen praktis

Interlac merupakan probiotik berpaten yang memiliki paling banyak studi dibanding probiotik lainnya. Berbentuk suplemen praktis, tinggal kunyah 1 kali sehari sehingga mudah diberikan pada anak, terlebih rasanya pun enak bagi anak.

Oleh karena keunggulan yang dimiliki Interlac ini, ada saja modus pemalsuan produk Interlac di pasaran. Jangan sampai terkecoh. Kalau kalian mau beli Interlac yang asli, di Interbat Official Shop. Salah satunya ada di Shopee dengan link https://shopee.co.id/interbathealth. Produk yang asli hanya bisa diperoleh di akun resmi Interbat. Jangan lupa follow akun instagram Interlac @interlacprobiotics untuk info terbaru seputar Interlac.

Tidak harus beli online, kok. Interlac juga bisa ditemukan di apotek dan babyshop kepercayaan para bunda. Manfaatnya bukan hanya buat anak. Interlac cocok untuk anak usia 2 – 18 tahun, orang dewasa, dan ibu hamil. Cocok untuk keluarga!

Makassar, 18 Juli 2022



[1] https://www.tribunnews.com/kesehatan/2013/03/26/80-persen-sistem-kekebalan-tubuh-tergantung-saluran-pencernaan, artikel tahun 2013 ini diakses 16 Juli 2022, pukul 21:12.

[2] https://www.mugniar.com/2017/08/happy-wonderland-dan-5-bahasa-kasih.html, artikel yang saya hadiri acaranya ini dibuat tahun 2015. 



Share :

31 Komentar di "Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak untuk Hadapi PTM"

  1. Iya nih mbak kesehatanpencernaan anak kudu diperhatikan banget, kasian juga emang kalau anak konstipasi. Anakku jg gtu biasnaya kalau malas minum dan pas gak banyak gerak. Nah klau sekolahnya offline kan anak jd banyak gerak biasanya lbh lancar BAB-nya.
    Suplemen bat membantu kesehatan saluran cerna anak emang dibutuhkan ya biar sehat terus dan sekolah bisa belajar dengan lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak .... konstipasi pas mau sekolah kan bikin deg2an juga ya .. alhamdulillah ada Interlac.

      Delete
  2. Aduh gemas anaknya gagah dan keker banget, jadi pengin punya anak laki. Udah mulai PTM lagi tapi masih perlu waspada jaga kesehatan terlebih sistem imun. Mantep ini bisa jadi solusi, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  3. Saluran cerna sumber dari segalanya ya mbak, baik itu kesehatan maupun penyakit makanya harus dijaga banget. Anak-anak sudah terpatri kalau obat atau vitamin itu pahit, beda dengan interlac yang rasanya manis dan cukup dikunyah saja

    ReplyDelete
  4. Mantap nih suplemennya. Jadi anak pun terjaga imunitas tubuhnya. Selain itu juga tetap jaga asupan anak dong ya supaya makanan & minuman yg dikonsumsi memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anak.

    ReplyDelete
  5. Aku kira ini jg diminum pakai air mba, ternyata hisap ya. Mereka lebih gampang konsumsinya karena seperti permen dihisap 😁 anak aku kayaknya bisa suka. Semoga sehat terus ya mba, anak2 sekolah lagiii happy bertemu teman2

    ReplyDelete
  6. Iya juga yaa, kak Niar.
    Kitanya yang harus perkuat dengan benteng terbaik menggunakan Interlac.
    Alhamdulillah, rasanya enak dan cara konsumsinya pun diemut, jadi anak-anak senang.

    ReplyDelete
  7. anakku yg kecil malah blm bisa vaksin mbak tapi karena udah sempat kena covid ya semoga daya tahannya jdi lebih kuat ya. antara seneng udah masuk skolah tatap muka tapi ya pasti ada kuatir juga jadinya tiap hari kasih madu dan vitamin boleh juga ntar kutambahkan interlac biar makin kuat

    ReplyDelete
  8. Senang sekali rasanya anak-anak sudah Pembelajaran Tatap Muka. Namun sebagai orangtua harus menjaga selalu kesehatan anak termasuk menjaga daya tahan tubuh, saluran pernafasan dan saluran cernanya agar berfungsi dengan baik. Memberi suplemen yang tepat seperti Interlac ini juga dapat membantu menjaga kesehatannya..

    ReplyDelete
  9. Meskipun sudah vaksin dan menerapkan protokol kesehatan, namanya ibu ibu melepas anak sekolah udah kaya melepas ke medan perang ya. Untungnya ada interlac yang bikin hati lebih tenang karena daya tahan tubuh anak bisa dioptimalkan.

    ReplyDelete
  10. Nah, ini kekhawatiran hampir semua orang tua dirasakan, alhamdulillah ya berbekal 2x vaksin plus suplemen kek Interlac ini bisa membuat booster daya tahan tubuh tercukupi. Apalagi berupa tablet rasa jeruk anak2 pasti sukaa.

    ReplyDelete
  11. Saluran cerna sebisa mungkin harus kita jaga kesehatannya ya mba apalagi anak-anak kalau di sekolah suka jajan. Ponakanku juga selalu konsumsi interlac mba.

    ReplyDelete
  12. Mengahadapi sekolah tatap muka ini butuh banyak persiapan ya mbak
    Salah satunya dengan menjaga daya tahan tubuh anak
    Makanya penting juga untuk konsumsi suplemen seperti interlac ini

    ReplyDelete
  13. Interlac sedang jadi favoritnya anak anak nih jelang memasuki tahun ajaran baru. Semoga anak kita sehat dan terus berprestasi membawa manfaat. Aamiin ..

    ReplyDelete
  14. Yess kegalauan ibu menjelang PTM di saat covid naik takut anak2 tertular.

    Tapi kita ga boleh parno, harus tetap optimis yakss, salah satu cara dengan memperkuat imun tubuh anak2 dengan makanan bergizi dan suplemen atau vitamin.

    Interlac bisa menjadi solusi untuk.suplemen anak 👌

    ReplyDelete
  15. Enak nih kalau bisa dikunyah. Soalnya si sulung saya, Rani, kendalanya ya di situ. Susah bener disuruh minum obat/suplemen yang mesti ditelan gitu. Pasti aja dikeluarkannya. Kalau dikunyah kan enak tuh, no drama..hahahaha

    ReplyDelete
  16. Selain makanan bergizi penting bangt tambahan suplemen untuk daya tahan tubuh ya mba kayak interlac ini.. semoga PTM yahun ini lancar dan seterusnya

    ReplyDelete
  17. iya mbak, saki juga tahun ini sekolah dan dia belum mendapatkan vaksin karena masih di bawah usia 6 tahun. salah satu yang saya lakukan sama dengan mbak Niar dengan menjaga imunitas tubuhnya tetap baik dengan memberikan interlac. alhamdulillah rasa jeruknya dan cara memakannya dengan dikunyah membuat mudah dikonsumsi.

    ReplyDelete
  18. Sejak paham urgennya probiotik aku selalu mengusahakan pemberian probiotik ke anak, krn tanpa probiotik yg bagus di usus, segala asupan makanan bergizi dan suplemen apapun gak aka maksimal y Mba

    ReplyDelete
  19. Kalau aku pribadi sih lebih suka beli online, Mbak Niar. Sebab terkadang kan sering ada diskon kalau di official storenya. Pencernaan sehat, dapat tambahan vitamin D pula ya

    ReplyDelete
  20. Baru tahu kalau suplemen ini bisa untuk usia mulai 2 tahun. Harus beli nih, karena Gi sedang sakit sekarang. Baru sekolah 4 kali, pulang bawa sakit mata. huhu

    ReplyDelete
  21. Kesehatan saluran cerna sangat penting diperhatikan ya, Mbak. Kalau sudah sakit akan berpengaruh ke fisik seluruhnya soalnya. Adanya Interlac sangat membantu kesehatan saluran cerna ya. Bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga pula. Sip!

    ReplyDelete
  22. iyaa mbak Niar walau udah ada aturan pakai masker dsb namanya anak-anak yah kadang lupa gitu. Kalau anakku main bola kan udah pegang macem-macem, lanjut makan jajan, haduh ... jadi yaa jaga kesehatan cerna dg konsumsi Interlac.

    ReplyDelete
  23. Suplemen ini enak nih, kata anakku rasanya kaya permen hehehe. Tapi selain suplemen, penting juga untuk menerapkan prokes yang ketat ke anak-anak. Biar tetap sehat & kuat dimanapun dan kapanpun

    ReplyDelete
  24. meskipun sudah mulai normal, tapi harus tetap waspada ya. PTM bikin emaknya senang sekaligus khawatir, heheh. ngasih suplemen ke anak emang penting banget, apalagi dikondisi saat ini.

    ReplyDelete
  25. Si bungsu kak mugni hampir mirip sulung saya yang pernah mengalami susah bab.
    Asyiknya interlac ternyata bukan hanya probiotik saja ya kak tapi juga ada vitamin D yang punya segudang manfaat bagi tubuh kita. Sama nih galaunya saya karena angka covid naik lagi. Tapi ikhtiar kita cukup memperkuat imun anak dan keluarga.

    ReplyDelete
  26. Gak berasa sudah 2 minggu masuk sekolah offline, dan memang harus memperkuat daya tahan tubuh salah satunya dengan konsumsi suplemen seperti Interlac.
    Semoga sehat selalu yaa anaj2 kita.

    ReplyDelete
  27. Bagus ya ada Interlac, meningkatkan imunitas lewat pencernaan.. tentu saja masker dan jaga prokes lainnya tetap dilanjutkan.. semoga semua bisa melewati wabah ini denagn baik

    ReplyDelete
  28. mantab kk,,, info keren nih buat yg punya anak, banyak pencerahan di artikel ini....kereeeen

    ReplyDelete
  29. Minggu ini ada 2 anak yang positif Covid di kelas anakku..huhuhu. Kuatir aja karena di Jakarta masih ada terus kasusnya.
    Maka perkuat daya tahan tubuh anak wajib hukumnya, Di antaranya dengan jaga saluran cerna agar sehat dengan mengkonsumsi Interlac.

    ReplyDelete
  30. Kita sebagai ibu jadi lebih tenang ya Kak, melepas anak-anak ke sekolah, karena di rumah sudah dibekali dengan vitamin yang recommended seperti Interlac ini.Semoga kita semua dilimpahi kesehatan ya Kak,, aamiin yra.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^