5 Tulisan Paling Dicari Sepanjang 2020 Menurut Google Search Console

5 Tulisan Paling Dicari Sepanjang 2020 – Terinspirasi dari tulisan Mbak Herva Yulianti, saya jadi tergerak menuliskan mengenai 5 tulisan terpopuler di blog ini sepanjang tahun 2020 tapi berdasarkan pencarian Google yang dilaporkan oleh Google Search Console. Blog ini kan terhubung dengan Google Search Console dan tiap bulan memberikan laporan ke email saya. Kemudian terpikir, kenapa saya tidak mengecek pencapaian blog ini selama setahun, ya. Begini-begini, blog ini sering kedatangan tamu juga melalui Google search engine kan. Melihat laporan dari Google Search Console, rasanya terhibur. Bisa juga ya orang-orang menemukan blog ini.

Bagi yang belum tahu apa itu fitur Goole yang bernama Google Search Console, saya kutipkan penjelasan dari https://support.google.com/ berikut ini:

Google Search Console  adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs Anda di hasil Google Penelusuran. Anda tidak harus mendaftar ke Search Console agar situs Anda dicantumkan di hasil Google Penelusuran, namun Search Console dapat membantu Anda memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs Anda.

Jadi ya maklum saja kalau saya terkagum-kagum dengan banyak ketidaksengajaan membawa anugerah yang terjadi di blog ini. Kelima tulisan dengan pembaca terbanyak dari mesin pencari saya buat tidak dengan menerapkan prinsip-prinsip SEO (Search Engine Optimization) yang matang. Ada yang hanya menulis dan tahu-tahu mendapatkan keberuntungan dan ada yang dibuat dengan pengetahuan SEO minim.


Google Search Console

Kalau Anda tahu, betapa tak mudahnya mendatangkan pengunjung ke blog kecuali melalui media sosial yang dengan sengaja disebarkan, Anda pasti paham dengan “kekaguman” saya. Ternyata, tulisan-tulisan sederhana dari sebuah blog pribadi bisa mendapat tempat juga di mesin pencari sebesar Google.

Tak berpanjang-panjang lagi, inilah 5 tulisan yang paling banyak dicari sepanjang tahun 2020 di blog Mugniar’s Note:

 

1. Pembelajaran Daring: Solusi Atau Masalah

 

Tulisan organik yang dibuat dengan “hanya mengira-ngira” keywords yang pas ini merupakan catatan dan suara saya dari diskusi berjudul Pembelajaran Daring, Solusi Atau Masalah? yang diselenggarakan oleh Forum Kelompok Kerja Guru Kota Makassar pada 28 April melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Sejak diunggah hingga akhir tahun lalu, Google Search Console mencatat impresi dari page ini sebesar 41.045 dengan jumlah klik sebesar 7.353. Nah, kata-kata yang diketikkan para pencari dalam kolom penelusuran Google banyak juga sehingga menemukan blog yang dalam kata kunci utama berada di halaman 1 pencarian Google ini, yaitu:

  1. solusi pembelajaran daring
  2. kendala dan solusi pembelajaran daring
  3. solusi untuk pembelajaran daring
  4. solusi dalam pembelajaran daring
  5. solusi dari pembelajaran daring
  6. masalah pembelajaran daring dan solusinya
  7. solusi belajar daring
  8. masalah dan solusi pembelajaran daring
  9. pemecahan masalah pembelajaran daring
  10. solusi kendala pembelajaran daring
  11. solusi daring
  12. solusi masalah pembelajaran daring
  13. cara mengatasi pembelajaran daring
  14. masalah pembelajaran dan solusinya
  15. kendala pembelajaran dan solusinya
  16. permasalahan pembelajaran daring dan solusinya
  17. solusi permasalahan pembelajaran daring
  18. solusi sekolah daring
  19. kendala pembelajaran daring bagi guru
  20. kesulitan pembelajaran daring
  21. cara mengatasi kendala pembelajaran daring

Pembaca sebanyak ribuan belum apa-apa jika dibandingkan blog-blog milik para celebblogger namun buat bloger biasa seperti saya, hal seperti ini menjadi anugerah tersendiri. Upaya membagikannya di media-media sosial dan aplikasi chatting tidak akan menyamai hasil yang diberikan oleh Google Search Console. Benar kata orang, pengunjung terbanyak itu berasal dari mesin pencari!


Laporan GSC dalam Excel
Sedikit dari penampakan laporan GSC selama
setahun dalam file Excel. Menampilkan Urutan queries
yang paling banyak mendatangkan pengunjung
ke blog mugniar.com.

2. 5 Hal Tentang Lomba Bercerita Tingkat SD/MI yang Perlu Anda Tahu

 

Salah satu dari 4 tulisan pengalaman putri kedua saya mengikuti lomba bercerita ketika duduk di bangku sekolah dasar ini merupakan tulisan kedua yang paling banyak mendatangkan pengunjung dari mesin pencari Google sepanjang tahun 2020. Pada tahun sebelumnya pun tulisan yang dibuat tahun 2018 ini banyak dicari orang.

Lomba bercerita ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan juga dinas-dinas perpustakaan di daerah tingkat 2 seluruh Indonesia. Pemenang dalam tingkat kota/kabupaten akan bertanding memperebutkan posisi juara pertama di tingkat provinsi.

Para pemenang pertama di tiap provinsi akan bertanding di tingkat nasional dan memperebutkan predikat bergengsi, sebagai juara nasional lomba bercerita. Makanya saya berharap tulisan ini menjadi salah satu yang evergreen dan bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Tak ada bayangan hendak memasukkan keywords apa ketika membuat tulisan organik ini, saya hanya berniat membuat tulisan yang pada tahun-tahun berikutnya masih bisa memberikan informasi kepada siapa saja yang membutuhkan. Ya, semacam tulisan evergreen begitu. Berdasarkan catatan GSC, tulisan ini menghasilkan impresi sebesar 16.586 dengan jumlah klik sebanyak 1.971.

Apa yang orang-orang ketikkan di Google search engine sehingga menemukan tulisan ini? Jawabannya adalah:

  1. kriteria penilaian lomba bercerita
  2. kriteria penilaian bercerita
  3. penilaian lomba bercerita
  4. format penilaian lomba bercerita
  5. kriteria lomba bercerita

 

3. Maskumambang: Karya Rendra yang Masih Relevan Setelah 7 Tahun

 

Tak menyangka, tulisan organik yang dibuat dan tayang pada tahun 2016 ini masih menyumbangkan pengunjung ke blog ini. Tulisan ini dibuat setelah saya diundang membacakan puisi Rendra pada acara bertajuk Membaca WS Rendra di UPRI (Universitas Perjuangan Indonesia) yang dilaksanakan tanggal 19 November 2016.

Tulisan ini ada 3 seri tetapi khusus yang memuat puisi berjudul Maskumambang ini yang paling banyak dicari orang. Dengan impresi sebesar 11.036 dan jumlah klik sebesar 1.756, para pencari masuk ke blog ini melalui queries:

  1. puisi maskumambang
  2. makna puisi maskumambang
  3. maskumambang ws rendra
  4. maskumambang ws rendra
  5. makna puisi maskumambang ws rendra
  6. tema puisi maskumambang
  7. analisis puisi maskumambang
  8. parafrasa berdasarkan penggalan puisi karya w.s rendra yang berjudul “maskumambang”

 

Google Search Console
Penampakan GSC di website, pengunjung
dari Google selama 1 tahun.

4. Cantik Alami Berkat Regenerasi Kulit Wajah dengan Maxi-Peel Micro-Exfoliant Fluid

 

Kalau tulisan 1 – 3 di atas merupakan tulisan organik, tulisan ini berkaitan dengan jenama perawatan wajah Maxi-Peel. Pada tanggal 22 Juli 2018 lalu saya menghadiri acara peluncuran produk pembersih wajahnya di Makassar sekaligus mengikuti lomba blognya.

Alhamdulillah saya beruntung menjadi salah satu pemenang lomba blog Maxi Peel. Keberuntungan lainnya, setelah itu, tulisan ini berkali-kali menjadi sumber pengunjung blog saya melalui mesin pencari Google sejak ditayangkan. Tulisan ini sepanjang tahun 2020 menghasilkan impresi sebesar 45.047 dan jumlah klik sebesar 1.699.

Adapun queries yang diketikkan orang-orang di mesin pencari sehingga menemukan tulisan ini adalah:

  1. manfaat maxi peel
  2. manfaat maxi peel pink
  3. manfaat maxi peel untuk muka
  4. perbedaan maxi peel hijau dan pink
  5. pengalaman pakai maxi-peel
  6. perbedaan maxi-peel hijau dan pink
  7. manfaat maxipeel
  8. maxi peel bpom
  9. manfaat maxi-peel untuk muka
  10. manfaat maxi peel hijau
  11. maxi peel pink
  12. manfaat toner maxi peel
  13. maxi peel zero
  14. manfaat maxi-peel hijau
  15. manfaat cream maxi-peel
  16. maxi peel pink bpom
  17. manfaat maxi-peel pink
  18. toner maxi peel bpom
  19. maxi-peel hijau bpom

Banyak juga ya? Apakah saya menuliskan semua kata kunci di atas di dalam tulisan itu? Jawabannya adalah TIDAK. Anda boleh membaca tulisan saya tentang Maxi-Peel itu. Saya tak membahas soal Maxi-Peel hijau ataupun pink karena memang tak menyadari adanya dua macam varian tersebut. Saya malah mengira hanya ada 1 macam tapi Google begitu baik mengarahkan para pencari ke blog saya.


5. 1/4 Kilogram dan 2 Ons yang Beda Jauh

 

Saya amat tak menyangka tulisan organik yang tayang tahun 2015 dan sangat pendek ini bisa mendatangkan para pencari ke dalam blog saya. Rasanya konyol karena yang membacanya takkan mendapatkan informasi apa-apa di sana. Tulisan ini menghasilkan impresi tinggi, sebesar 99.378 dengan jumlah klik sebesar 1.055. Tahun-tahun lalu pun tulisan ini juga merupakan salah satu tulisan yang banyak dicari orang.

Terbayangkan tidak, kata kunci apa saja yang mendatangkan orang ke dalam blog ini melalui tulisan ini? Check these out:

  1. seperempat berapa ons
  2. timbangan seperempat
  3. 1/4 berapa ons
  4. ukuran timbangan seperempat
  5. 1/4 dalam timbangan
  6. timbangan 1/4 kg
  7. gambar timbangan 1/4
  8. anak timbangan seperempat
  9. timbangan 1/4
  10. seperempat itu berapa ons
  11. gambar timbangan seperempat
  12. jarum timbangan 1/4
  13. gambar timbangan 1/4 kg
  14. seperempat dalam timbangan

Ternyata ya, banyak yang mencari hal sesederhana itu di Google. Saya tidak menuliskan dengan detail, apalagi mengenai gambar timbangan. Thank to Google, memasukkan tulisan saya ke dalam pencarian.

💙💚💜

Istri Fadly Padi
"Istri Fadly Padi" merupakan salah satu query
yang mendatangkan pengunjung ke blog ini.

Yah, demikianlah hasil saya bermain-main dengan GSC. Yang menarik setelah mengamati aneka queries yang masuk, ada yang masuk ke blog saya dengan kata kunci “istri fadly padi”. Saat saya cek, pencarian dengan query itu nyangkutnya di tulisan berjudul Pre Event MIWF 2015: Berakuaponik Bersama Fadly PADI hehe.

Bagi yang penasaran, di dalam tulisan itu hanya menemukan secuil cerita tentang Echie, istri Fadly, yaitu bahwa saya mengenal Echie, juga Fadly sejak SMA. Mereka berdua adik kelas saya sewaktu SMA. Sayangnya, tidak ada foto Echie di sana.

Nah, itu sekelumit kisah menarik saya dengan GSC. Kalian punya kisah menarik lain? Cerita, yuk.

Makassar, 7 Januari 2021 



Share :

10 Komentar di "5 Tulisan Paling Dicari Sepanjang 2020 Menurut Google Search Console"

  1. Wahh, keren. Akutuh sampai sekarang kok masih gagap blog ya, terlebih untuk cari info semacam Saeao dan Gaa atau apalah apalah kekgitu. Duilee, padahal dah lama ngeblog. Blogger malesan akutuuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bermain-main dengan GSC dulu, Mbak. Jangan mikir SEO dulu hehehe.

      Delete
  2. Mantap Mbak Mugniar. Semuanya dirincikan lagi 😍 mari kita semangat menulis terus, amiin

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen ngecek dan nulis juga tentang begini, penasaranka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, ayo bermain2 dengan GSC, Nanie. Seruuu. 😅

      Delete
  4. mantap,kak. jadi penasaran juga sama istrinya fadli Padi #eh. Tapi, aku masih belum pernah cek mendalam mengenai hasil pencarian di gsc nih. kayanya harus dicoba juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dicoba saja. Banyak hal menarik 😊

      Delete
    2. Oya, banyak yang tidak tahu istri Fadly ya hehehe.

      Delete
  5. Eh, aku juga rutin dikirimin google ttg angka2 blog ini, tapi sejujurnya jaraaaaaaang banget aku buka mba -_- . Pernah sesekali tp itu cm tampilan bagian depan aja. Aku ga klik utk melihat detil2 nya :D. Ternyata bisa utk melihat postingan yg paling populer juga yaaaa hihihihi...

    Jadi tau :).

    Waktu itu aku sempet liat di bagian depan email dr google, kalo pencarian org yg msk ke Dcatqueen, jg kebanyakan dr mesin pencari bukan hsil share medsos

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^