2014: Blogger Gado-Gado, Ide, dan Menulis

Butuh waktu 3 tahun lebih untuk kemudian saya memutuskan membeli domain dot com. Tak bisa ditunda lagi karena PR (page rank) pelan-pelan merangkak dan alexa rank pelan-pelan melangsing. Saya sudah bulat, ingin menjadi blogger yang lebih profesional lagi. Akhirnya, setelah semingguan memelototi cara melakukannya di sebuah website perusahaan penyedia jasa ganti nama domain, nama blog saya pun berpindah ke dot com.

Saya tidak begitu paham mengenai teknis blog. Yang saya tahu hanyalah mengisi blog saya dengan tulisan-tulisan. Beberapa orang mengatakan harus punya spesialisasi tertentu untuk branding tapi saya tak mau menentukan. Spesialisasi saya ya apa adanya saya dengan blog yang isinya gado-gado ini. Saya hanya yakin, saya spesial dengan keunikan saya, dengan gaya menulis saya, dan dengan ide-ide yang saya tuangkan lewat tulisan.

Toh alhamdulillah page views blog ini meningkat cukup tajam. Waktu memasuki tahun 2014 page views (toyal tayangan laman) blog ini baru menembus angka 100.000 dan sekarang, di awal tahun 2015 sudah dekat dengan angka 500.000. Ini merupakan salah satu berkah menjadi Srikandi Blogger Favorit 2014. Dan ... bukankah ini nikmat yang amat nyata untuk seorang blogger gado-gado macam saya ini? J

Sumber: www.mackcollier.com
Untuk itu saya harus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pembaca blog saya. Selain komentar yang bisa menjadi penyemangat, mengamati kenaikan page views setiap harinya sungguh membuat saya bersemangat dan bahagia. Itu berarti, blogger gado-gado ini pun punya tempatnya sendiri sehingga ada orang-orang yang rela masuk ke sini dan membaca tulisan-tulisan saya.

Di tahun 2014, saya menambah keaktifan menulis. Dari yang tadinya 2 blog yang saya kelola, sekarang sudah ada 3 blog (satunya di Kompasiana, satunya lagi di Blogdetik). Bulan Desember kemarin rekor tertinggi jumlah tulisan yang saya hasilkan selama ini, yaitu sebanyak lebih dari 70 tulisan (dalam sebulan). Selain itu saya juga berkontribusi mengisi beberapa website lainnya. Saya pun bertekad untuk mengisi semuanya dengan tulisan-tulisan berbeda.

Sepanjang tahun 2014, saya mengirim lebih banyak tulisan ke media cetak dibandingkan pada tahun sebelumnya (kira-kira hampir 20 tulisan). Lumayanlah, ada 6 tulisan yang gol di Harian Fajar (lokal Makassar), Koran Jakarta, dan Majalah Potret (terbit di Aceh). Tiga tulisan berupa opini khas perempuan, dua tulisan resensi (yang anehnya yang lolos justru resensi novel, bukannya resensi buku nonfiksi padahal saya suka berkoar-koar mengatakan kalau saya ini bukan penikmat fiksi hihihi. Tetapi saya bisa memaksa diri membaca fiksi kalau melihat ada poin menarik (sifatnya subyektif) dalam sebuah buku).

Secara langsung, saya cukup berhasil menantang diri saya untuk menulis lebih cepat dan lebih banyak. Rekor yang pernah saya lakukan adalah 5 tulisan dalam sehari. Beberapa kali saya menulis 4 dan 3 tulisan dalam sehari. Sering kali saya menulis 2 tulisan dalam sehari.

Ini menunjukkan bahwa walaupun saya tak ke mana-mana berhubung profesi mulia yang saya sandang sebagai ibu rumahtangga rumahan, ide itu bisa mengalir serupa mengalirnya air yang dibuka krannya. Tak perlu ke mana-mana. Cukup bisa jeli saja dalam menyikapi berbagai hal!

Ada banyak pengalaman menarik saya temui dalam tahun 2014. Beberapa antologi saya terbit. Buku duet saya dengan Vina Sjarif diterbitkan oleh penerbit mayor. Ada pengalaman menjadi nara sumber di dua buah acara talk show dan di televisi (live pula), dan ada beberapa kegiatan sosial di mana saya bisa terlibat dengan teman-teman IIDN Makassar.

Yang juga tak kalah menariknya adalah saya makin kenal banyak pribadi secara lebih dekat, bahkan dengan masalah-masalah pribadi mereka (dan juga masalah saya), hanya bermula dari kegiatan kami yang sama: menulis. Menulis memang bentuk komunikasi. Kalau kami jarang bertemu dan berbincang secara lisan, bahasa tulisan mendekatkan kami dan bisa membuat kami saling membantu dan saling menguatkan.

Untuk yang percaya bahwa menulis itu bakat, percayalah itu salah. Saya adalah bukti bahwa menulis itu bukan bakat. Menulis bisa dilatih, hanya butuh keinginan kuat, ketekunan, dan konsistensi. Saya sudah membuktikannya hingga di tahun 2014 lalu, anugerah luar biasa diberikan Allah kepada saya melalui kegiatan menulis.

Makassar, 4 Januari 2014


Share :

43 Komentar di "2014: Blogger Gado-Gado, Ide, dan Menulis"

  1. Keren mbak Niar !

    Manulislah semata manfaat dan berbagi ilmu, insya Allah mesin pencarian akan ramah pada tulisanmu

    ReplyDelete
  2. S3mangat menulisnya menginspirasi banyk orang. Terima kasih krn sy bisa belajar dari tulisan2 di blognya mbak Mugniar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita saling belajar, bu Abby ... saya pun masih menganggap diri saya harus terus belajar. Belum saatnya saya berhenti belajar :)

      Delete
  3. Setuju mbak Niar. Menurutku, branding ngeblog itu tidak selamanya harus menulis spesifikasi tertentu. Branding mbak niar adalah apa adanya sebagaimana selama ini mbak. tetap begitu saja mbak. Tidak selamanya semua tips itu benar adanya :D

    ReplyDelete
  4. Mengagumkan mak :) menulis memang tak selalu merupakan sebuah bakat, tapi memang ada orang-orang yang dikaruniai kelebihan bisa menulis dengan apik..

    ReplyDelete
  5. sepakat bu, blog gado-gado memang lebih mudah dan bebas memilih artikel apa saja yang akan tayang, hanya menurut para master blog nice blog yang akan mendapatkan banyak penghasilan, tapi bagi blogger gado-gado seperti kita mah,penghasilan ngga terlalu penting kan?...udah banyak penghasilannya sih..hehe

    ReplyDelete
  6. wauwww...mulutku sampaonyong-monyong untuk menyatakan kekaguman atas ide-idemu.
    Selalu dapat inspirsi di tulisan-tulisanmu.
    Yup, setuju banget, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu adalah pekerjaan yang super mulia, dan tidak semua ibu yang Allah berikan anugrah dan kesempatan untuk melakoninya. Saya salah satu mom yang menikmati anugrah itu.
    Keep writing dan tetaplah memberi inspirasi..

    ReplyDelete
  7. Selamat mbak dgn berbagai prestasi yg telah mbak raih ini.
    Luar biasa semangat menulis mbak. Saya sekarang baru mampu posting 1 post saja per minggu. Di tahun 2015 mungkin saya akan tambah post per minggu nya.
    Tentang berganti domain, ah saya baru kepikiran dari akhir tahun ini. Belum bulat banget, masih bermain dulu di wordpress.com saja nih mbak.
    Semangat terus berbagi lewat tulisan mbak.

    Salam dari saya di Sukabumi,

    ReplyDelete
  8. Mak, sy banyak belajar dari Mak Niar krn sama2 sbg IRT. Sy belajar bagaiman mengolah kejadian sehari2 mjd tulisan. Sy jg gado2 Mak dan msh terus belajar.

    ReplyDelete
  9. wah salut dengan produktifitas menulisnya. jadi ngiri (ngiri yg baik) :-) salam kenal

    ReplyDelete
  10. Saya acungkan jempol buat kak mugniar karena sudah berani berganti nama memnjadi mugniar.com. Suatu kemajuan yang sangat penting untuk menjadi blogger profesional.

    ReplyDelete
  11. haduuuh... saya selalu suka tulisan sampean mbak... hehee...

    selamat mbak buat prestasi kebloggerannya... semoga menjadi lebih profesional kelas dunia... hehe :))

    ReplyDelete
  12. Wah pengen banget deh bisa produktif nulis dan tulisannya bagus2 seperti Mak Niar.. minta tips2nya dong Mak.. :)

    ReplyDelete
  13. saya pengagum mak Niar. ikut bangga karena blog saya juga gado-gado. saya juga nggak paham soal gimana-gimananya blog, tahunya cuma nulis saja, itu pun masih tertatih-tatih. yang saya heran dari mak Niar itu...kok produktif banget. tiap hari selalu saya jumpai mak Niar share tulisannya di facebook. huaduh...kereeen...

    ReplyDelete
  14. terimakasih juga buat mak mugniar dan teman2 lainnya juga yang selalu memberi semangat dan saling blogwalking semoga kita tetap bisa menjalin silaturahmi ini...

    ReplyDelete
  15. pengen niru nulis cepatnya tante niar.. bismillah.. *hosh hosh *singsingkan lengan!

    ReplyDelete
  16. Kadang ide memang ada cuman malasnya minta ampyuuuun deh :D

    ReplyDelete
  17. Selamat buat mbak niar atas beberapa prestasinya di dunia blog dan menulis.
    Sangat berbeda dengan saya, saya membuat blog hanya sebagai catatan hati yg harapannya kelak bisa dibaca dan jadi pembelajaran buat anak anak.
    Saya tidak pernah akan menjadikan blog itu untuk tujuan komersial makanya saya tidak pernah memikirkan branding, PR ataupun alexa.

    ReplyDelete
  18. semoga januari ini saya bisa mendaftarkan blog saya biar punya domain sendiri

    ReplyDelete
  19. Keren mbak :-D

    Bagi resepnya dong mbak, gmn caranya membagi waktu biar bisa menghasilkan bnyk tulisan setiap bulanny? Pengenlah saya kayak mbak niar (´∀`)

    ReplyDelete
  20. eheemmmmm... keren nih tante, maaf ya tante baru mampir disini hiks..hiks..
    maklum lagi mencoba mulai exist lagi neh

    ReplyDelete
  21. Lanjutkan kakak! Tetap semangat :)

    ReplyDelete
  22. 70 postingan itu keren bangeet. Produktif banget!!! Terus semangat ya, Mbaak.

    ReplyDelete
  23. Waaa... Keren... Salut deh sama Mak Mugniar. Semoga aku bisa meneladani :). Semoga semangat terus ya Mak, & tetap menginspirasi. Tapi aku penasaran, kok orang bisa cepat dlm membuat tulisan? Kapan2 berbagi tips dong, Mak. Sebab kalau aku, meski itu cuma postingan pendek yg gak perlu riset apa2 (curhat, misalnya) selalu ngabisin waktu lamaa.. :(

    ReplyDelete
  24. 70? Wowwwww!!!!

    Saya bisa gak, yah? :(

    Tos kita, Mbak! Penulis blog gado2 :)

    ReplyDelete
  25. Maju terus Jeng
    Mari menulis dengan niat untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat agar bernilai ibadah.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  26. wow, keren mak...blogku juga gado-gado pisaan..semoga bisa mengikuti jejak blogmu yang awesome yaa, yg pentin g terus menulis, terus berbagi..cemumut..:*

    ReplyDelete
  27. Wah mak, inspiratif, semoga saya juga bisa terus menulis seperti mak Niar

    ReplyDelete
  28. benar sakli bu mugniar, menulis itu bukan bakat cuma kebiasaan yang harus di biasakan. hehe semoga 2015 lebih sukses ya bu.

    ReplyDelete
  29. Salam.
    Salut pada yang punya blog ini, tetap konsisten dengan post-post inspiratifnya !
    ini menjadi blog pertama yang saya kunjungi setelah hiatus sekian lama, berharap membawa pulang semangat untuk terus konsisten ngeblog, sama dengan semangat yang di punyai si empunya blog ini.
    Sukses selalu dengan tulisan dan post-postnya di 2015 ini :)
    Salam.

    ReplyDelete
  30. gado-gado itu enak mbak, jadi blog gado-gado juga gak ada masalah ya :)
    Aku kagum sama mbak Niar nih menulisnya produktif banget

    ReplyDelete
  31. terima kasih mbak telah memberikan postingan inspiratif ini. Meskipun gado-gado dan kadang terasa biasa saja, namun bagi orang lain sangat personal dan bermangaat. Tetap semangat menulis

    ReplyDelete
  32. Subhanallah page views sampai 500rb mak? hebat dan keren, saya masih seratusan mak, itu wajar sekali selain prestasi, Mak Niar ini produktif sekali

    ReplyDelete
  33. terima kasih juga telah berbagi inspirasi.. blog ibu selalu dinanti untuk saya baca. selamat bu sukses selalu...

    ReplyDelete
  34. 70 post dalam sebulan? 20 tulisan utk koran?... Ahhhh mbakkkk keren banget... Blog aku juga gado2 meski sampe sekarang belum juga ngerti tentang optimalisasinya :D

    Selamat ya mbak, 2014nya mbak Niar inspiratif..moga2 2015 makin banyak rejeki.

    ReplyDelete
  35. keren mbak..
    meskipun blog gado-gado..tapi visitornya meningkat drastis..jadi pngn..hehe
    kelebihan blog gado-gado, kita bisa menulis topik sesuka hati.. :D

    ReplyDelete
  36. tahan nafas liat prestasi nulis mba Niar.... , duh, bisa ngga ya seproduktif itu... -.-'

    ReplyDelete
  37. Subhanalloh, sangat menginspirasi Mak....... pengen belajar banyak sama Emak satu ini ...... Saya jg disarankan untuk melakukan spesialisasi tapi memang enak gado-gado ya Mak. Seneng sama semangat menulis dan menjaga mood menulisnya serta ide2 yg tak pernah kering... ^_^

    ReplyDelete
  38. mba niar produktif bgt ya tahun ini...
    keren :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^