Amaliah Ramadhan Bersama Teman Lama

Amaliah Ramadhan Bersama Teman Lama – Ketika ide melakukan amaliah Ramadan tercetus dalam sebuah pertemuan sekelompok kecil teman lama yang saya hadiri, sudah ketahuan siapa yang akan melakukannya. Siapa lagi kalau bukan sekelompok kecil teman lama itu.

3 Dekade Antek 92 FT Unhas

Kami sudah berteman selama 31 tahun, dahulu sama-sama menjadi mahasiswa di Fakultas Teknik Unhas yang berasal dari jurusan berbeda-beda: Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, dan Teknik Geologi. Beberapa dari mereka sudah saya kenal sejak SMA, bahkan ada yang sejak SMP.

Tahun lalu kami menjadi panitia pada rangkaian kegiatan reuni 3 Dekade Angkatan 92 FT Unhas yang puncaknya dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2022. Kali ini, kami menjadi pelaksana kegiatan amaliah Ramadhan yang para donaturnya dari kalangan internal – teman-teman kami seangkatan.

Dalam waktu singkat donasi terkumpul dalam jumlah yang lumayan lalu tibalah waktunya untuk bergerak, menyalurkan donasi ke sejumlah panti asuhan dan mengadakan buka puasa bersama angkatan 92 FT Universitas Hasanuddin.

Amaliah Ramadan Antek 92 FTUH

Sebagaimana dugaan saya sebelumnya, teman-teman panitia pada sibuk. Butuh upaya lebih untuk meeting sebelum pelaksanaan dan untuk mengatur langkah-langkah yang harus dilakukan. Alhamdulillah, akhirnya bisa juga meeting satu kali sekaligus bukber, disponsori oleh Pak Ketua Hartono yang digadang-gadang menjadi ketua selamanya, kalau perlu sampai reuni 5 dekade 😁.

Sayangnya yang hadir meeting tidak banyak namun demikian berhasil disusun teknis pelaksanaan kegiatan sekaligus alokasi dananya. Saat pelaksanaan kegiatan pun ternyata yang muncul juga tak banyak, bersyukur semua rangkaian kegiatan bisa terlaksana dengan baik.

Rangkaian kegiatan amaliyah Ramadhan yang kami lakukan meliputi:

Pertama.

Penyaluran sembako dan santunan di panti asuhan Setia Karya (jl. Mannuruki, Makassar), panti asuhan dan sekolah gratis Al Muhajirin (Gowa), dan Rumah Tahfiz Qur'an Muhajirin di Towata (Takalar) pada tanggal 7 April 2023.

Kegiatan hari itu berlangsung lancar. Masya Allah, rasanya seperti memperoleh “berkah Jumat”. Urusan belanja sembako di salah satu tempat belanja grosir di Makassar hanya makan waktu singkat. Tempat belanja yang terletak di jalan Sultan Alauddin ini letaknya cukup dekat dengan panti asuhan Setia Karya.

Saya mengusulkan berbelanja di situ karena tahu banget harga grosirnya murah dan saya sudah lama jadi anggota. Nominal yang dikeluarkan sama persis dengan hitung-hitungan kasar yang direncanakan sebelumnya padahal ada perubahan mendadak pada beberapa item lha koq bisa jumlahnya sama persis. Saya dan Wiwi merasa amazing sendiri.


Amaliah Ramadan FTUH angkatan 1992

Pukul 09.30 kami sudah berada di panti asuhan Setia Karya. Lebih cepat setengah jam dari prakiraan jadwal sebelumnya. Kunjungan saya hanya sampai di sini tersebab satu dan lain hal, saya tidak bisa ikut perjalanan ke panti asuhan berikutnya yang letaknya di kabupaten sebelah. Masya Allah, ada teman-teman lain yang bersedia melanjutkan perjalanan.

Wiwi, Haris, beserta Lely dan putrinya menuju Gowa dengan mengendarai mobil Haris. Rupanya perjalanan mereka tak mulus karena Google Maps menunjukkan kepada mereka jalan sempit yang sehari-harinya hanya dilalui kendaraan roda dua. Bersyukur medan yang lumayan menantang adrenalin bisa terlewati.

Dari Panti Asuhan Al Muhajirin, mereka ke kampus Teknik Unhas di Gowa untuk menyerahkan sembako dan santunan kepada Kole. Kole melanjutkan perjalanan hantaran ke Kabupaten Takalar. Masya Allah.

Kedua.

Buka puasa bersama, bertempat di SIT Nurul Fikri pada tanggal 14 April 2023.

Kegiatan bukber berlangsung lancar dengan makanan dan minuman yang semuanya lezat dan berlimpah. Walaupun sudah woro-woro di grup besar namun yang datang tidak banyak. Sisi positifnya, mamak-mamak yang hadir – termasuk saya dong dapat rezeki nomplok, bisa bungkus-bungkus makanan dan minuman yang enak-enak itu. Sangat meringankan pekerjaan mamak-mamak dalam mempersiapkan sahur hari itu karena tidak perlu masak-masak lagi. 😄


Amaliyah Ramadan Antek 92 Unhas

Ketiga.

Penyaluran santunan kepada 3 panti asuhan yang berlokasi di Kabupaten Gowa, yaitu: panti asuhan Nur Faisal, panti asuhan Wahyu Ilahi, dan panti asuhan Nur Iksan pada tanggal 18 April 2023.

Kegiatan terakhir ini dilaksanakan oleh Wiwi dan Haris. Ketiga panti yang dituju cukup dekat jaraknya dari tempat kerja mereka di Kampus Teknik Unhas Gowa. Masya Allah, keren sangat dua teman ini.

Alhamdulillah, lega rangkaian kegiatan amaliah Ramadhan sudah terselenggara dengan baik. Laporan aliran kas di-upload di grup besar agar bisa dilihat oleh semua donatur. Terima kasih banyak kepada teman-teman yang sudah berdonasi, semoga berkah dan berlimpah rezekinya. Untuk selanjutnya, semoga kita diberi kemudahan untuk bereuni 3 Dekade +2 tahun depan (hasil keputusan rapat 14 April). Dilanjutkan dengan reuni-reuni di tahun-tahun mendatang. Semoga semuanya sehat ya supaya kita bisa jumpa-jumpa lagi. 😍

Makassar, 21 April 2023



Share :

2 Komentar di "Amaliah Ramadhan Bersama Teman Lama "

  1. nah penyaluran santunan itu yang menarik bagi saya
    semoga berkah buat semuanya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^