3 Tempat Belanja Bulanan Murah dan Nyaman di Makassar

3 Tempat Belanja Bulanan Murah dan Nyaman di Makassar – Sebagai orang yang tidak suka cuci  mata di mall, saya menghindari berbelanja kebutuhan sehari-hari atau belanja bulanan di mall. Realistis saja, cuci mata itu bagi saya bikin sakit kepala kalau tidak ada budget kemudian melihat barang-barang menarik yang rasanya melambai-lambai minta dibawa pulang. So, mendingan berbelanja itu memang sesuai kebutuhan, itu yang paling masuk akal bagi saya. Kalau Anda berpendapat lain, ya sah-sah saja, ya, tidak untuk diperdebatkan. 😅

Tempat Belanja Bulanan di Makassar

Nah, simple-
nya, saya menyukai tempat berbelanja yang langsung bisa ke sana, bukan yang terletak di dalam mal meskipun tidak menutup kemungkinan sesekali saya ke mal juga tapi itu jarang.

Minimarket mungkin memenuhi tujuan berbelanja saya namun sayangnya harga di minimarket pada umumnya lebih mahal dibandingkan dengan tempat-tempat yang menjual barang yang sama dengan harga grosir. Namun demikian sesekali saya juga berbelanja di minimarket Indo-Alfa itu ketika memiliki voucher, ada diskon atau promo untuk produk-produk tertentu saat memang membutuhkannya atau saat kepepet karena selain warung konvensional, ada 2 Alfamidi dan Indomaret yang letaknya sangat dekat dengan rumah kami.

Nah, setelah sekian tahun di Makassar, akhirnya saya menemukan 3 tempat berbelanja kebutuhan harian yang nyaman. Ketiga tempat ini memiliki tempat parkir sendiri dan berpendingin ruangan. Menuju ke tempat-tempat ini langsung saja masuk, tidak perlu keliling-keliling dulu seperti jika tempat belanjanya ada di dalam mal.

3 tempat belanja murah dan nyaman di Makassar yang saya maksud adalah:

 

1. Lotte Grosir

 

Lotte Grosir terletak di jalan Sultan Alauddin nomor 87. Lapangan parkirnya luas, tempat berbelanjanya pun luas. Dahulu berbelanja di sini tak perlu membayar parkir namun baru-baru ini sudah dikenakan tarif parkir.

Saya senang berbelanja ke sini karena banyak yang harganya memang murah dan suka dengan keluasannya, tidak bersenggolan dengan pengunjung lain. Rasanya leluasa selama berada di sana. Tersedia aneka kebutuhan sehari-hari, mulai dari sembako hingga kebutuhan tersier – kadang-kadang ada juga mobil atau kendaraan lain dijual di sana, dipamerkan di depan pintu masuk.

Pada waktu-waktu tertentu ada diskon, kadang-kadang juga ada barang yang turun harga pada waktu-waktu random. Yang paling saya suka di sini adalah tersedia banyaknya jenis cemilan. Harganya lebih murah dibandingkan di minimarket ataupun supermarket yang di mal.

Persis di depan bangunan Lotte Grosir yang tampak seperti gudang raksasa ini ada tenant-tenant yang menjual makanan dan minuman. Ada meja-kursi makan yang bisa menjadi tempat menikmati makanan/minuman usai berbelanja. Oya, yang boleh berbelanja di sini hanya anggota, ya. Kalau belum jadi anggota, daftar dulu deh.

Belanja Bulanan Murah di Makassar

2. Sejahtera Department Store

 

Sejahtera Department Store yang terletak di Jl. K. H. Ramli No.64 ini keberadaannya sudah sangat lama. Di tahun 1980-an akhir seingat saya sudah ada tetapi hanya menjual pakaian. Sekarang Sejahtera sudah menjual berbagai jenis kebutuhan. Di lantai 1 tersedia aneka pakaian, mulai dari pakaian bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Di lantai 1 ini juga ada aneka alas kaki yang modelnya bagus-bagus yang dijual dengan harga sangat murah.

Di lantai 2 tersedia aneka sembako hingga kebutuhan lain seperti skincare, taplak meja, peralatan plastik, dan sebagainya. Yang paling saya suka di sini adalah sering ada promo – banded, beli 1 gratis 1. Saya pernah membeli minuman vitamin C botolan yang di-banded dengan minuman untuk panas dalam. Bertepatan saat itu saya dan si bungsu saya sedang butuh. Saya yang lagi sariawan minum vitamin C-nya, anak bungsu yang lagi naik suhu tubuhnya minum larutan penyegar.

Ada booth khusus skincare wajah di lantai 1. Di lantai 2 pun masih ada produk-produk skincare lainnya. Ada berbagai jenama dijual di sini. Tempatnya pun nyaman, cocok sekali jadi tempat belanja keluarga.

Jenis cemilannya juga macam-macam dan harganya murah dibandingkan dengan yang dijual di minimarket. Ada pula kudapan produksi UMKM lokal yang tidak terdapat di minimarket mana pun bisa diperoleh di Sejahtera. Jika kalian mencari oleh-oleh khas Makassar, bisa cari di sini. Btw siapapun bisa berbelanja di Sejahtera Departement Store, tidak harus jadi anggota dulu.

Belanja Grosir di Makassar

3. Berkah Supermarket

 

Saya termasuk terlambat menyadari Berkah Supermarket yang terletak di Jl. Boulevard ini. Keberadaannya memang baru-baru ini sebenarnya, tidak seperti Lotte Grosir dan Sejahtera yang keberadaannya jauh lebih lama. Suatu kali saya mencoba berbelanja di Berkah Supermarket dan jadi ketagihan karena banyak barang yang harganya lebih murah dibandingkan dengan yang dijual di minimarket ataupun supermarket. Segala macam barang dijual di sini, mulai dari sembako hingga keperluan lain seperti skincare dan alat kebersihan.

Pada saat kedua kali berbelanja di Berkah Supermarket, pada bulan November 2022, saya mendapatkan rezeki BELANJA GRATIS. Beneran gratis, tidak perlu bayar sama sekali. Masya Allah .. rasanya seperti mendapatkan durian runtuh. Pulangnya bahagia sekali karena duit yang sedianya dipakai untuk membayar, dikembalikan oleh kasir. 😍

Mekanisme belanja gratisnya diatur oleh sistem yang terhubung dengan kasir. Tahu-tahu saja alarm berbunyi nyaring lalu segenap karyawan bertepuk tangan. Kemudian nama saya disebut sebagai penerima anugrah belanja gratis saat itu. Waktu-waktu alarm belanja gratis berbunyi tidak tentu, bisa siang atau malam hari. Para karyawan pun tidak mengetahui kapan waktunya. Belanja gratis ini tidak berlaku untuk setiap pembelanja ya, harus jadi anggota dulu.

Saat hendak membayar, kasir menanyakan keanggotaan kita. Sebutkan saja nomor handphone yang terdaftar di Berkah Supermarket. Tentunya sebelumnya harus mendaftarkan diri sebagai anggota dulu dong ya. Anugrah belanja gratis tentunya diberikan khusus bagi anggota yang tercatat sebagai anggota Berkah Supermarket. Kalau tidak mau jadi anggota juga bisa kok berbelanja di sini tetapi tidak akan ada harapan dapat anugerah belanja gratis.

Sebagaimana dengan di Lotte dan Sejahtera, di Berkah Supermarket ini juga tersedia aneka cemilan dan banyak yang harganya murah. Ada juga produk-produk dari UMKM lokal yang tidak dijual di minimarket.

Di pelataran Berkah Supermarket terdapat tenant-tenant yang menjual makanan dan minuman kekinian seperti crepes, bolen, dan minuman aneka rasa. Juga terdapat kafe yang bisa jadi tempat nongkrong asyik bersama keluarga atau teman.

Belanja Kebutuhan Pokok Murah di Makassar

💚💛💙

Bagi saya, ketiga tempat belanja kebutuhan harian di Makassar ini terjangkau karena lokasi rumah letaknya di tempat yang memudahkan saya menjangkau ketiga tempat ini. Jika ada pembaca yang punya rekomendasi tempat belanja murah lainnya, di Makassar yuk share di kolom komentar.

Makassar, 5 Februari 2023



Share :

11 Komentar di "3 Tempat Belanja Bulanan Murah dan Nyaman di Makassar"

  1. Berkah supermarket kayaknya nyaman banget ya, lantainya kayak supermarket yang di mal gitu, mana ada program belanja gratis lagi, kalo tinggal di Mks pasti aku udah jadi member nih hihihi

    ReplyDelete
  2. Namanya Sejahtera dan berkah gitu kok berasa satu nada ya ha ha ha, kapan kalau ke Makasar mampir kesana, Iseng.

    ReplyDelete
  3. Lama tinggal di Alauddin tapi cuma sering lewat di Lotte Mart saja. Dan baru tahu nih ternyata yang boleh belanja di sana hanya anggota. Pernah sih sekali diajak teman belanja di sana, mungkin karena dia udah jadi anggotanya kali ya, haha saya kudet banget, biasanya belanja di Indo Mode saja wkwk

    ReplyDelete
  4. Lotte grosir aku ga Nemu lagi di Jakarta mbak, ga tau ya kalo di Jaksel. Tapi di Jaktim kayaknya udh ga ada.

    Sama sih aku termasuk yg ga suka windowshopping, lebih suka belanak beneran. Nyiksa kalo cuma lihat2 🤣

    Di Jakarta sih aku udah ada langganan tempat belanja bulanan, biasanya di Tip top rawamangun. Untuk daerah dekat rumahku, ini sangat murah sih. Sampe aku pernah bandingin belanja bulanan di tiptop dengan swalayan lain, dengan jumlah barang yg dibeli sama. Hasilnya ada selisih 400rb lebih murah kalo belanjanya di tiptop 😂. Sejak itu ga mau lagi di tempat lain.

    Kekurangannya, Krn ini murah, jadinya ruameeee. Kdg antri bisa sejam lebih

    Untungnya ada onlinenya skr, walopun jadi ada onkir. Tp GPP, Krn diitung2 ttp lebih murah. setidaknya ga ush bayar parkir, dan beli jajan 🤣

    ReplyDelete
  5. seneng banget kalau bisa menemukan tempat belanja yang ngga terlalu jauh dari rumah dan super lengkap plus juga harganya yang lebih murah dari yang lainnya. Huaaaaah belanja jadi menyenangkan ya

    ReplyDelete
  6. Penting sekali untuk menemukan tempat belanja bulanan yang tepat karena berpengaruh sekali dengan efisiensi bujet. Apalgi kalau ada yang ngasih diskon khusus atau penawaran buy one get one. Sungguh kusuka ahhaha. Kadang suka buat kalap dan tidak sesuai dengan perencanaan. Mumpung promo

    ReplyDelete
  7. Sejahtera Departemen Store adalah tempat belanjaku. Semua kebutuhan selain ikan dan sayur ada dan tergolong cukup dekat dari rumahku. Kalau Lotte Grosir belum pernah ke sana karena terbilang jauh dari rumah apalagi Berkah Supermaket, malahan baru dengar.

    ReplyDelete
  8. Lotte tuh klo di Semarang bisa dibilang sepi bgt utk belanja bulanan, tpi berbeda dgn lotte Makasar yaa. Aku pun lebih suka Supermarket lokal gitu, krna sering kasih promo

    ReplyDelete
  9. Kapan yaa jalan² ke Makassar? Hehe.. Bersyukur ada bnyk pilihan tempat belanja murmer ya. Apalagi deket rumah, jd nyaman belanjanya tiap bulan

    ReplyDelete
  10. Kak Niaarr..
    MashaAllah~

    Beruntung sekali mendapatkan berkah belanja gratis. Rasanya keberuntungan ini ingin sekali terulang lagi. Apakah program tersebut rutin diadakan saat berbelanja di Berkah Supermarket?

    ReplyDelete
  11. Wah jadi kangen Makassar niy mba, udah lama ga kesana, dan kalau saya traveling, tempat belanja gini menjadi sangat penting buat saya, karena sering belanja makanan terutama buah-buahan buat stok selama di penginapan

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^