Di Balik #IndiHomeBloggerInauguration: Tentang Materi Tulisan

Di Balik #IndiHomeBloggerInauguration: Tentang Materi Tulisan – Kalau tak diundang IndiHome Makassar menghadiri gathering pelanggan prioritas IndiHome dan diminta bertestimoni pada tanggal 16 Juni lalu, mungkin saya tak terpikir menulis LedakanKolaborasi Ala Fadel Group untuk diikutkan IndiHome Blog Competition 2022. Saat acara itu saya bertemu Muhammad Iqbal Bachtiar – owner Fadel Group.

Beberapa hari setelah acara gathering itu saya membaca informasi mengenai lomba blog IndiHome di laman resmi website IndiHome. Ketika mengetahui salah satu kategori yang dilombakan adalah Bisnis dan Ekonomi, saya teringat pertemuan dengan Iqbal di acara IndiHome itu.

Di balik #IndiHomeBloggerInauguration

Sebenarnya sudah lama saya mengetahui sekilas model bisnis Fadel Group ini tetapi belum terpikir untuk menuliskannya. Kompetisi inilah yang menjadi momen yang tepat untuk menulis dan memperkenalkan Fadel Group secara lebih luas.

Tepat kan, bertemu (lagi) di acara IndiHome, acara untuk pelanggan prioritas pula. Sudah pasti ada kisah istimewa Iqbal dengan IndiHome yang bisa saya kulik. Bisa nih jadi bahan tulisan saya. Saya juga terpikir, mengambil kategori Bisnis dan Ekonomi tepat karena kurang peminatnya.

Tidak tahunya … mungkin sedikit peminatnya tapi orang-orang yang langganan jawara lomba blog juga ikut kategori ini. Mungkin pikiran mereka sama seperti saya ya … kurang yang ikut jadi mereka ambil kategori ini juga. 😅

Masya Allah, ketika sudah terbiasa menuangkan ide ke dalam tulisan, menghubung-hubungkan segala sesuatu di sekitar topik yang ingin dituliskan menjadi lebih mudah. Luar biasanya, Allah memberi jalan kemudahan. Ketika ide muncul, saya langsung mengontak Iqbal dan janjian bertemu di lokasi bisnisnya.

Fadel Group

Tak sulit mewawancarai Iqbal karena beliau memang welcome untuk menceritakan tentang perkembangan bisnisnya. Selain itu, Iqbal ini teman saya yang paling lama. Sejak sekolah dasar di SDN Mangkura, kami sekelas selama 6 tahun. Di SMAN 2, sekelas di kelas Fisika 2 selama 2 tahun. Kuliah, sejurusan di FT Unhas. Maka kelewatan deh kalau dia pelit informasi hahaha.

Jadilah pada suatu siang, suami menemani saya mewawancarai Iqbal. Selain ringan informasi mengenai bisnisnya, Iqbal juga tidak berkeberatan menceritakan bagaimana penggunaan internet dalam lingkup usahanya.

Bagaimana pemanfaatan internet di Fadel Group dengan mudah saya dapatkan informasinya dari Iqbal. Jelas sekali perkembangan usahanya dengan dukungan internet dari IndiHome dan dia melakukan penelitian untuk mengembangkan pola pemakaian internet di lingkup Fadel Group. Hal ini klop sekali digabungkan dengan model bisnisnya yang khas – menerapkan sharing technologies dan sharing resources.

Di area Fadel Group saya bertemu dengan Nine – teman sejak SMP (sekelas di SMPN 6 selama 3 tahun, sekelas bahkan sebangku di SMAN 2 selama 2 tahun di kelas Fisika 2, dan sefakultas namun beda jurusan di FT Unhas). Nine menemani saya sebelum saya mengunjungi ruko yang ditempati Gunawan.

Nine dan Gunawan merupakan mitra dari Fadel Group. Mereka menjalankan bisnis percetakan dengan nama usaha masing-masing. Masing-masing memiliki karyawan sendiri dan menempati ruko berbeda.

Gunawan menempati ruko berlantai dua dengan beberapa pegawai dan ada mesin cetak di lantai 2 ruko yang ditempatinya. Selain sebagai mitra pemilik bisnis, Gunawan juga menjadi mitra pemilik mesin cetak. Dia mendapat keuntungan juga dari mitra lain yang menggunakan mesin cetak di ruko itu.

Saya senang sekali mendapatkan banyak bahan dari Iqbal dan mitra-mitranya yang juga kawan-kawan saya itu. Makin senang lagi ketika mendapatkan penjelasan di YouTube Prof. Rhenald Kasali mengenai kolaborasi zaman now terkait sharing technologies dan sharing resources itu. Jalan makin mulus! Dua hari setelah itu, tulisan saya susun dan daftarkan ke IndiHome Blog Competition 2022.

Kategori Bisnis Lomba Blog IndiHome

Masya
Allah, takdirnya, tulisan saya menjadi pemenang ketiga untuk kategori Bisnis dan Ekonomi. Begitu tahu siapa pemenang pertama, kedua, dan harapan, saya menyadari ternyata persaingan di kategori ini “keras” juga.

Ketiga pemenang lain: Koh Deddy Huang dari Palembang (pemenang pertama), Mbak Nabilla DP dari Surabaya (pemenang ke-2), dan Mbak Marita dari Semarang (pemenang harapan) adalah langganan pemenang pertama dalam berbagai lomba blog … nah, perasaan saya itu begini gambarannya: fabi ayyi ‘alaa i rabbikuma tukadzdzibaan. Maka nikmat yang mana lagi yang kamu dustakan? Saya bersyukur dan bangga berada sepanggung dengan mereka!

Makassar, 6 Oktober 2022 



Share :

0 Response to "Di Balik #IndiHomeBloggerInauguration: Tentang Materi Tulisan"

Post a Comment

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^