Ke Jakarta Setelah 20 Tahun untuk #IndiHomeBloggerInauguration

Ke Jakarta Setelah 20 Tahun untuk #IndiHomeBloggerInauguration - Tell me lebay tak mengapa. Dalam perjalanan dari Makassar ke Jakarta, di atas pesawat berkali-kali mata saya berkaca-kaca tersebab rasa syukur yang luar biasa ke hadirat Yang Maha Kuasa. Setelah 20 tahun, saya bisa menginjakkan kaki di Jakarta, bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Lomba blog IndiHome memungkinkan keajaiban itu terjadi.

Akhir Agustus lalu, saya dihubungi panitia lomba, menanyakan kesediaan menghadiri inagurasi di Jakarta (untuk menghadiri acara pengumuman pemenang). Gercep saja jawab "bersedia" padahal belum ngomong sama suami. Suami pasti merestui saya ke Jakarta pikir saya. 🤭

Terakhir kali menginjakkan kaki di Jakarta tahun 2002, sewaktu suami resign dari kantornya di Pekanbaru. Kami menempuh perjalanan Pekanbaru - bandara Halim - bandara Cengkareng - Makassar. Istrinya tak pernah lagi beperjalanan jauh, kali ini pasti bakal diizinkan. 😁

Dugaan saya benar, suami setuju saya berangkat ke Jakarta maka  tanggal 21 September pagi saya sudah di bandara Sultan Hasanuddin, ikut antrean bagasi pesawat Batik Air menuju Jakarta.

Sudah 20 tahun tak "terbang" ke mana-mana, saya kudet dengan keadaan bandara yang sudah banyak sekali perubahannya. Nyaris ketinggalan prosedur, untungnya saya dibantu adik-adik dan suami mengenai informasi check in, ruang tunggu, dan sebagainya. 

Betapa pentingnya kemampuan mencari informasi dipunyai. Zaman now, kemampuan ini harus didukung dengan sinyal internet yang memadai di mana pun berada.

Alhamdulillah penerbangan berlangsung lancar. Panitia menjemput di bandara Soekarno-Hatta. Tak disangka saya bertemu dengan Mbak Dian Kusumawardani, blogger dari Surabaya yang baru tiba dari Surabaya. Sepanjang perjalanan menuju hotel kami ngobrol seolah sudah pernah bertemu sebelumnya padahal ini pertemuan pertama kami. Selama ini kami berinteraksi di dunia maya sebagaimana interaksi dengan para peserta lain yang datang dari seantero Indonesia untuk menghadiri acara inaugurasi blogger yang diadakan oleh IndiHome.

Long story short, acara perkenalan berlangsung saat makan malam dan sarapan. Sebelum ke kantor-kantor Telkom Group yang direncanakan, sebagian besar sudah saling kenal.

Company Visit ke Bogor

Pukul 8 pada 22 September pagi para peserta berombongan ke kantor OPMC (Outside Plant Maintenance Center) di jalan Padjadjaran Bogor. 

Kantor ini melayani bermacam keperluan pelanggan terkait jaringan telekomunikasi, seperti pengajuan jaringan internet Telkom IndiHome, dan call center

Company tour dilakukan di lantai 2 dan 4, tempat monitoring traffic yang masuk (mention ataupun tidak pada akun IndiHome Care) dan tempat tim social media merespon.

Manajer Operation Segmen 2, Kang Dera Kartiwa di lantai 4 menyampaikan bahwa Social Care Digital Interaction mengelola mulai dari fullfilment sampai dengan assurance

Kami melihat para karyawan yang tengah bekerja merespon reaksi/keluhan/komentar para pelanggan di medsos resmi IndiHome (IndiHome Care). Ketika saya tanyakan berapa orang yang bertugas sekali shift, seorang karyawan mengatakan "ratusan". Bagi saya, ini menunjukkan keseriusan IndiHome dalam melayani pelanggan setianya.

Untuk pelayanan pelanggan ada segmentasinya yang dibagi berdasarkan variabel tertentu. Ada yang namanya pelanggan prioritas. 

Kang Dera.

Kang Dera menjelaskan, pelanggan prioritas alias high value costumer ini ditangani oleh agent khusus (VVIP agent) yang mempunyai akses langsung ke back end langsung hingga bisa bernegosiasi dengan LO terkait. Dengan demikian penanganannya lebih cepat karena agent VVIP melakukan interaksi face to face kepada pelanggan sampai selesai permasalahannya, tidak dioper ke agent lain.

Tele Account Management (TAM) ada di lantai 2 dan 3. Di lantai 2 kami mendapat penjelasan mengenai fullfilment control center. Dalam 1 FCC ada 720 orang, tidak ada libur. Jam 6 pagi sampai 00, para karyawan kerja sistem shift. Ada 2 objective besar: benefit dan experience pelanggan. Dari sini melayani nasional - 7 regional Telkom dari web, aplikasi MyIndiHome, dan dari lapangan, yaitu sales dan Plasa Telkom. Di sinilah dilakukan verifikasi kelengkapan identitas dan profile calon pelanggan.


Company Visit ke Telkom Gatsu Jakarta

Dari Bogor, lanjut ke Jalan Gatot Subroto Jakarta. Di jalan Gatot Subroto inilah Telkom Hub berada. Telkom Hub adalah kompleks perkantoran yang terdiri atas 3 menara. Gedung tertua di kompleks ini adalah Graha Merah Putih, dua bangunan lain adalah Telkom Landmark Tower dan Telkomsel Smart Office.

Peralatan olahraga di lantai
31 TLT.

Bangunan yang kami sambangi pertama kali di area ini adalah TLT (Telkom Landmark Tower) di lantai 31.  Melihat-lihat area lantai 31 ini rasanya pengen rekreasi. Ada banyak fasilitas olahraga, termasuk track untuk lari, ada ruang karaoke yang dikhususkan bagi para direktur, ada mini bar yang menyediakan kami kopi, dan menyuguhkan pemandangan Jaksel dari ketinggian. Usai ishoma, kunjungan dilanjutkan ke dua bagian lain dari Telkom Indonesia.

Dari Sport Center di lantai 31, kami berkesempatan melihat-lihat Command Center di TLT. Duty Manager TIOC  (Telkom Integrated Operation Center) - Pak Ropo menjelaskan bagaimana aneka gangguan di-handle di sini. Bermacam tools digunakan untuk memonitor aneka layanan Telkom (bukan hanya IndiHome).

Semua aduan konsumen memiliki SOP tersendiri. Gangguan teknis berat akan diketahui dari Command Center yang mana ketika terjadi, ada karyawan di situ yang tidak pulang ke rumah karena berjaga mengamati layar monitor selama perbaikan berlangsung. Perbaikan pun kadang menunggu waktu tengah malam. Namun sayangnya, masih ada saja ada yang komplain dengan seenaknya.

Teman-teman blogger menyimak materi.

Dalam perjalanan balik ke hotel, saya membawa kenangan hari ini. Sebagai mantan mahasiswi Teknik Telekomunikasi (alhamdulillah sampai diwisuda tahun 1997 🤭), saya excited ketika malam sebelumnya dikabari panitia perihal kunjungan di kantor-kantor Telkom.

Saat masih kuliah, teknologi telekomunikasi terbaru yang kami pelajari di Unhas masih CDMA. Sekarang CDMA sudah almarhum dan sudah banyak sekali perkembangan teknologi telekomunikasi dan informasi. Teknologi telekomunikasi saat ini tak bisa lepas dari IT, melihatnya dari dekat sangatlah menyenangkan bagi saya.

Terima kasih IndiHome. Bukan hanya memberikan saya kesempatan jalan-jalan gratis ke Jakarta setelah 20 tahun, juga memberikan saya kesempatan untuk menyaksikan dari dekat kantor Telkom yang canggih dan humanis. ❤️

Jakarta, 22 September 2022



Share :

2 Komentar di "Ke Jakarta Setelah 20 Tahun untuk #IndiHomeBloggerInauguration"

  1. Aku speechless sama awalannya 'tell me lebay gpp' memang gitu ya blogger, kadang berpikir kalau orang lain akan menganggapnya alay karena menceritakan berbagai hal. Padahal wajar aja memang penulis, kembali ke topik wah kumpul nih blogger. Keren acaranya, indihome memang luar biasa. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Wih.. Senangnya. Jalan-jalan juga, pulang bawa dowe juga hahaha.
    Kalau saya kebalikan, Mbak. Malah pengin ke Makassar segera untuk bernostalgia hahaha.
    Selamat, Ki, Mbak Mugniar menang juara 3.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^