Bahagia Bersama di Jalan Tuhan

Bahagia Bersama di Jalan Tuhan – Hampir 20 tahun yang lalu, almarhum ayah saya berkesempatan menjalani ibadah haji dengan dibiayai rumah sakit tempatnya bekerja. Menjadi anugerah tersendiri bagi keluarga kami karena biaya naik haji tidaklah kecil. Dalam sebuah acara gathering karyawan dan pemimpin rumah sakit di sebuah restoran kala itu, nama ayah disebut sebagai penerima reward haji.

Sebagai anak sulungnya, saya bersaksi ayahanda merupakan seorang pekerja keras bagi keluarganya yang rela mengabdi di tempat bekerjanya demi menafkahi keluarga. Mulai dari pagi hingga siang hari di rumah sakit itu, dilanjutkan dari sore hingga jam 10 malam di sebuah apotek.

bahagia di Jalan Tuhan

Kedua orang tua yang sederhana Allah ridhai mengantarkan 3 anaknya menjadi sarjana Teknik. Dua orang anak perempuan mereka lulusan Universitas Hasanuddin dan anak lelaki satu-satunya lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Maka sangat pantas jika ayah saya mendapat reward naik haji itu. Selain merupakan hadiah dari kantor, sekaligus juga hadiah dari Allah. Selalu salut dengan kantor/perusahaan yang rela memberikan hadiah beribadah kepada karyawannya yang mana ibadah itu harus dijalankan di luar negeri. Perusahaan semacam ini tak segan melibatkan Allah dalam beroperasi.

Namun tak banyak perusahaan yang bisa terus mempertahankan keuntungannya dalam menghadapi pandemi covid-19, terlebih lagi dalam mempertahankan amal-amal baik kepada masyarakat dan karyawannya dalam jumlah besar.

 

Tetap Banyak Berbuat Baik di Masa Pandemi

 

Di saat pandemi melanda, ketika sejumlah perusahaan megap-megap dan harus mengurangi karyawan, JNE tak melakukannya. JNE justru memberikan diskon 50% untuk pengiriman APD kepada paramedis yang berjuang di “garis depan” dengan layanan JNE Trucking (JTR). Diskon 50% untuk pengiriman masker ke seluruh Indonesia juga diberikan, bekerja sama dengan beberapa pihak. Selain itu JNE juga berdonasi kepada sejumlah pemda dan mengadakan “Paket Peduli Bencana Gratis Ongkir” kepada siapa saja yang mengirimkan bantuan ke lokasi bencana[1].

 

Ksatria dan Srikandi JNE Berumrah

 

Pada tanggal 16 – 24 Mei 2022 lalu, sebanyak 140 Ksatria dan Srikandi JNE (sebutan untuk karyawan JNE) yang berasalah dari berbagai kantor cabang di seluruh Indonesia menjadi jamaah umrah kloter pertama yang diberangkatkan ke tanah suci. Mereka mengaku terharu dan bangga hingga meneteskan air mata saat pertama kali berada di Masjidil Haram, di depan Ka’bah. Ucapan haru dan bahagia terlontar dari jamaah. Beberapa di antaranya saya kutipkan di sini:  

Suasana Kota Mekah begitu luar biasa indahnya, membuat perasaan saya menjadi terharu. Seperti mimpi yang menjadi kenyataan, karena jika mengingat Mekah yang tertuju adalah Ka’bah. Di depan Ka’bah saya menangis karena Allah telah mengabulkan doa saya untuk bisa sampai ke Mekah ini (Dara, asal Medan),

Saya mendapat keajaiban dan kenikmatan, di mana selalu di awal misalnya sarapan di awal, pembagian kunci kamar di awal, jadi saya merasa sangat bersyukur (Edi, Jakarta). Dia mengaku spontan menangis ketika melihat Ka’bah pertama kalinya dan spontan teringat dosa-dosanya.

Saya merasa sangat bersyukur menjadi karyawan JNE, di mana perusahaan memberangkatkan untuk umrah yang menjadi impian saya. Umrah ini juga menjadi kado istimewa dari Allah, karena  tanggal keberangkatan 15 Mei 2022 adalah hari ulang tahun saya. Tentu saja saya juga berdoa demi kemajuan JNE di depan Ka’bah, karena lewat JNE saya bisa datang ke Tanah Suci (Yunus, Jakarta).

Ini rezeki dari Allah melalui JNE sehingga saya bisa berangkat ke Tanah  Suci Mekah. Saya di sana fokus ibadah dan berdoa untuk keluarga dan juga untuk kemajuan JNE (Bubun Bunyamin, Cilegon). Bubun sampai berkaca-kaca matanya karena impiannya sujud di depan Ka’bah akan terlaksana. Dia mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada JNE yang memberangkatkannya yang telah bekerja lebih dari 12 tahun.

Berbisnis dengan Tuhan, connecting happiness, bahagia bersama, adalah 3 frasa yang sering saya dengar dan baca terkait JNE. Sebagaimana yang diungkapkan Bapak M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE dalam rilis media:

Setelah dua tahun sempat tertunda akhirnya para karyawan ini dapat diberangkatkan kembali ke tanah suci. Kegiatan ini kami jalankan sesuai dengan amanah Ayah kami sekaligus founder JNE H. Soeprapto Soeparno (almarhum) yang menggagas umrah gratis bagi karyawan JNE yang sudah mengabdi kepada perusahaan selama lebih dari 12 tahun.  

Ksatria JNE Umrah

Nilai yang Sama dalam Jalan Allah

 

Nilai-nilai yang ditanamkan JNE juga menjadi nilai yang diterapkan oleh karyawannya, seperti pada sebuah kisah yang diceritakan oleh Yuda Hermawan (Solo) yang mengaku bangga dan terharu bisa menjadi tamu Allah karena mengingat dosa dan seakan tidak percaya akhirnya bisa melihat Ka’bah secara langsung.

Dalam suatu perjalanan menuju Ka’bah, Yuda bertemu seorang kakek yang kehilangan rombongan keluarganya. Yuda tetap menyelesaikan tawaf atas nasihat ustadz pemimpin rombongan JNE. Selama melakukan tawaf, Yuda dan Agus (rekannya) menggandeng sang kakek agar tetap bersama rombongan JNE.

Setibanya di bukit Safa akhirnya Sang Kakek bertemu kembali dengan rombongannya. “Ketika tawaf sambil menggandeng Kakek tersebut rasanya kedua almarhum orangtua saya menyertai badal umrah yang saya lakukan untuk mereka, ”Yuda mengungkapkan rasa syukurnya.

 

Bahagia Bersama, Upaya Konsisten dalam Kebaikan

 

Membaca kisah mereka, lagi-lagi membat saya merinding dan ikut merasakan keharuan itu. Bagi saya, membayangkan berada di depan Ka’bah saja air mata ini sudah menitik, bagaimana jika berada tepat di hadapannya. Makin terharu mengetahui peran JNE dalam connecting happiness dan slogan “bahagia bersama”.

Saya membuka kembali halaman 93 buku Bahagia Bersama. Ada 2 paragraf yang sangat menyentuh di sana[2]:

Dengan segala tantangannya dalam bisnis ini, jaga selalu hubungan baik dengan konsumen tetapi itu saja belum cukup. Ada yang lebih utama: jaga hubungan baik dengan Tuhan dan terus berusaha berada di jalan Tuhan, melalui zakat, bersedekah, dan melakukan perbuatan-perbuatan  baik lainnya.

Tolok ukur kesuksesan sebuah perusahaan bukan cuma hitungan omzet, hitung income, hitung revenue tetapi berapa jumlah kenaikan jumlah kurban, zakat, dan sedekah kita tahun ini. Dalam keadaan sempit atau luas, dalam keadaan ringan maupun berat, JNE wajib konsisten membantu dan berbuat baik, kalau ingin terus didoakan banyak orang. Saban tahun harus diupayakan meningkat.

Hal-hal yang saya baca dalam buku Bahagia Bersama memang diterapkan oleh JNE. Kebahagiaan yang dirasakan para karyawannya nyata, senyata apa yang dilakukan oleh JNE. Semoga JNE konsisten dalam memberangkatkan karyawannya untuk berumrah.

Makassar, 16 Juni 2022



[1] Halaman 68 buku Bahagia Bersama karya Kang Maman dan Mice, diterbitkan oleh Gramedia Widiasarana Indonesia tahun 2021.

[2] Dalam sub bab “Mohamad Feriadi (Direktur Utama)”, kutipan tersebut merupakan kata-kata beliau.



Share :

27 Komentar di "Bahagia Bersama di Jalan Tuhan"

  1. masyaallah JNE terbaik banget sih ini karyawannya diajakin umroh bareng, berkah deh JNE sebagai perusahaan yang benar-benar memikirkan karyawannya

    ReplyDelete
  2. Wah luar biasa bisa naik haji, JNE dan programnya selalu membawa kebahagiaan ke orang lain dan mengajak berkembang. Mulai dari meningkatkan UMKM sampai mengajak haji, terima kasih JNE dan sukses selalu. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  3. Wah salut dengan JNE yang memberangkatkan karyawannya pergi umrah, pasti bahagia sekali mereka. Sukses terus buat JNE dengan program-programnya ke depan, semangat terus untuk berbagi kebaikan.

    ReplyDelete
  4. Senang sekali tahu kalau JNE memberikan umroh kepada para pegawainya. Salut dengan kepedulian JNE yang Memberi gratis ongkir untuk pengiriman ke tempat bencana. Semoga semakin banyak yang terbantu dengan keberadaan JNE. Dulu waktu berbisnis online saya sering pakai JNE sebagai ekspedisinya

    ReplyDelete
  5. Masya Allah, salut sekali aku pada JNE yang memberangkatkan para karyawan terpilihnya beribadah umrah ke Tanah Suci. Semoga menjadi mabrur aamin. Mudah2an perusahaan jasa ekspedisi terkemuka ini semakin meningkat kinerjanya dan sukses terus.

    ReplyDelete
  6. Subhanallah mereka pasti bangga dan bahagia akhirnya bisa menjadi Tamu Allah. JNE ini selalu bikin kegiatan atau inovasi yang selalu menggugah semangat dan takjub ya...

    ReplyDelete
  7. JNE keren banget sehhh. Ke tanah suci kan emang impian semua orang yah, apalagi lihat daftar tunggu haji yang puluhan tahun. JNE bisa mewujudkan mimpi mereka, alhamdulillah banget.

    ReplyDelete
  8. Betul mbak,kadang aku juga suka terharu kalau ada perusahann yang ngasih reward ke karyawannya berbentuk pergi ke tanah suci, Masya Allah..
    Berkah selalu untuk JNE

    ReplyDelete
  9. Keren ya memberikan reward ke karyawannya, masya Allah sekali yah. Semoga selalu memberikan yang terbaik ya untuk semuanya.

    ReplyDelete
  10. Salut banget sama JNE. Programnya bagi-bagi ini dan khususnya buat karyawan. Mereka memakmurkan pekerja dengan ngasih hadiah umroh. Jadi makin berkah dan jadi penghubung kebahagiaan buat semua

    ReplyDelete
  11. Terharu banget baca cerita2 mrk ksatria dan srikandi JNE. Ikut seneeng. JNE ini emang selalu connecting happiness ya. Makin setia pakai JNE deh

    ReplyDelete
  12. Salut buat JNE
    Berbagi kebaikan dengan para karyawannya
    Mengajak bahagia bersama di jalan Tuhan ya mbak

    ReplyDelete
  13. Selalu salut pada perusahaan yg mau memberikan reward ke tanah suci

    ReplyDelete
  14. :") smeoga aku jadi salah satu yang dipanggil Allah ke tanah suci ya Allah liat jne ke sana jadi pengen banget sumpah ke sana mba pengen tau rumah ALLAH

    ReplyDelete
  15. MashaAllah~
    Pentingnya menjaga keseimbangan hidup. Dengan memiliki kebaikan untuk sekitar, yang berarti kita menjalin hablumminannash juga jangan ketinggalan kencengin hubungan baik dengan sang pencipta, hablumminallah.

    Semoga JNE senantiasa sukses dan penuh keberkahan untuk seluruh pengguna dan karyawannya.

    ReplyDelete
  16. Masya Allah ikut senang dan terharu, semoga berkah buat yg membiayai umroh dan buat yg mendapatkan hadiah Gratis perjalanan religi ke tanah suci.

    JNE semoga makin jaya dan bermanfaat buat babyak orang

    ReplyDelete
  17. Ya Allah, jadi ikut terharu baca ceritanya Ksatria dan Srikandi JNE yang sudah diberangkatkan umrah oleh JNE. Kalau Allah sudah berkehendak, pasti umatnya akan tiba juga di Tanah Suci, ya, Mbak. Alhamdulillah melalui JNE panggilan itu akhirnya datang.

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah keren rezeki banget mbak almarhum ayahnya dapat reward diberangkatkan ke tanah suci ma kantornya.
    InsyaAllah kita pun demikian ya, pada saat berniat dan udah usaha plus doa, kalau Allah berkenan kita pun akan diundang-Nya ke sana. Walau kadang caranya kek gak masuk akal manusia.
    Karyawan JNE juga beruntung yaaa punya perusahaan yang ngajakin umroh gratis.

    ReplyDelete
  19. Wah mbak kalo dapet reward naik haji aku bakalan pingsan kali ya. Masya Allah. Senang banget liat keseruan para kesatria JNE pada diberangkatkan umroh oleh JNE. Semoga ada jalan insya Allah untuk naik haji

    ReplyDelete
  20. Masya Allah bahagia bacanya Kak, Alhamdulillah JNE peduli karyawannya dan memberangkatkan mereka yang berprestasi untuk umrah luar biasa bahagia..sukses ya JNE..

    ReplyDelete
  21. Masyaallah, ikut terharu dan bahagia baca pengalaman papa yang dapat hadiah naik haji. Secara susah sekali mau berangkat ke sana jika Allah memang belum memanggil ya.

    ReplyDelete
  22. Berbuat baik itu tidak pernah expired, ketinggalan jaman atau tampak norak ya Mbak. Kalau lah ada nilai yang tak bisa diberi bobot nilai, itu lah kebaikan. Insya Allah almarhum Bapak yang pernah menerima kebaikan dengan naik haji, tentu karena sudah melakukan kebaikan pula. Energi positif dibayar dengan energi positif. Al fatihah untuk Bapanya Niar. Amin

    ReplyDelete
  23. MasyaAllah.. Salut tuk JNE yg mengapresiasi karyawannya dgn memberangkatkan mereka ke Baitullah. Ini salah satu cara Allah memberi rejeki kepada hambaNya, lewat tangan manajemen JNE

    ReplyDelete
  24. Karyawan yg dpt hadiah umroh pasti seneng banget . Makin berkah jne

    ReplyDelete
  25. Salut dengan JNE yang mengapresiasi karyawan setianya dengan memberangkatkan umrah. Banyak pula yang diberangkatkan ini. Melibatkan Allah dalam menjalankan bisnis Insya Allah berkah tersendiri ya mba.

    ReplyDelete
  26. Masyaallah ayah mbak apoteker kah? Salut sama perjuangannya. Pasti ga mudah dan lelah insyaallah jadi lillah. Allah berkehendak untuk diberangkatkan umroh. Sama seperti karyawan jne yang sudah 12 tahun mengabdi

    ReplyDelete
  27. Sering sekali membaca berbagi kebaikan ala JNE. Sungguh luar biasa sih kalau sampai memberangkatkan karyawannya ke Mekkah, di mana tempat paling suci umat Islam.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^